10 Susu Kental Manis untuk Topping Berbagai Hidangan Rekomendasi BP-Guide! (2020)

10 Susu Kental Manis untuk Topping Berbagai Hidangan Rekomendasi BP-Guide! (2020)

Susu kental manis menjadi salah satu topping andalan untuk aneka makanan dan minuman. Simak yuk cara memilih susu kental manis yang enak. Jangan lupa cek rekomendasi produknya dari kami!

Susu Kental Manis, Pelengkap Sajian yang Bikin Nagih

Susu kental manis merupakan salah satu bahan topping makanan dan minuman yang sangat disukai. Dari jajanan seperti roti, pudding, hingga aneka sajian es tentunya akan lebih enak jika diberi topping berupa susu kental manis. Produk makanan yang satu ini mampu menambah kenikmatan, tekstur, dan aroma pada hidangan yang disajikan.

Susu kental manis bisa juga diseduh dengan air panas atau air dingin untuk jadi minuman. Susu kental manis begitu praktis dan rasanya enak, sehingga cocok juga untuk berbagai hidangan pencuci mulut. Produk susu kental manis banyak disukai semua kalangan, baik anak-anak hingga dewasa. Produk ini hadir dalam berbagai rasa bukan hanya cokelat dan vanila, ini juga yang membuatnya disukai banyak kalangan.

Susu kental manis merupakan susu sapi yang dihlangkan airnya dan diperbanyak kandungan gulanya. Susu ini bertekstur kental ini sudah dikenal di Indonesia sejak tahun 1873. Sejak kemunculannya, susu ini banyak digunakan sebagai pelengkap sajian yang bikin nagih. Lalu pada tahun 1967, Indonesia mulai memproduksi susu kental manis sendiri lewat PT Indolakto dan juga PT Frisian Flag.

Manfaat Susu Kental Manis

Susu kental manis berbeda dengan susu pada umumnya. Jika susu pada umumnya kaya akan kalsium dan tinggi protein, maka susu kental manis memiliki kandungan protein dan kalsium yang rendah. Susu kental manis tinggi akan lemak dan gula. Dalam susu kental manis ada 50 % kandungan gula dan 43% kandungan lemak. Ini membuat susu kental manis kadang dipandang rendah dan dianggap sebagai susu yang mudah menggemukkan badan secara tak sehat.

Namun, susu kental manis rupanya juga mengandung manfaat baik kok. Susu dengan rasa cenderung sangat manis ini memiliki beragam gizi makro dan mikro yang dibutuhkan oleh tubuh. Susu ini mangandung karbohidrat, protein, dan lemak. Selain itu ada juga kandungan vitamin dan mineral. Dengan berbagai kandungan tersebut, susu ini bisa memenuhi asupan gizi seseorang.

Susu kental manis bisa juga digunakan sebagai produk untuk membantu memperbaiki kualitas tidur. Mengonsumsi susu kental manis sebelum tidur pada malam hari akan mempercepat kita terlelap. Ini karena ada zat asam amino di dalam susu kental manis yang bisa memperbaiki kualitas tidur.

Tips Memilih Susu Kental Manis

Cek Tanggal Kedaluwarsa dan Bahan yang Digunakan

Ketika akan memilih susu kental manis, tak ada salahnya untuk mengecek tanggal kedaluwarsa. Adanya tanggal kedaluwarsa yang diletakkan pada bagian kemasan produk susu kental manis adalah supaya kita lebih mudah mengecek kapan produk tersebut sudah tak layak konsumsi.

Maka dari itu, sebaiknya pilih produk dengan tanggal kedaluwarsa yang masih lama agar produknya masih layak konsumsi. Produk yang sudah tak layak konsumsi, rasanya tidak enak dan sudah tidak memberikan manfaat baik untuk tubuh.

Hal lain yang perlu dicek adalah bahan yang digunakan. Cek bagian komposisi produk yang ada di kemasan. Perhatikan kandungan yang ada di dalamnya. Pastikan kadar gulanya masih dalam batas aman konsumsi.

Berdasarkan ketentuan Codex Alimentarius Commission, susu kental manis harus memenuhi ketentuan antara lain kandungan lemak susu 8% dan protein 6,5% untuk dianggap bahwa produk tersebut aman dan layak konsumsi.

Pilih Varian Rasa Sesuai Favorit

Susu kental manis hadir dalam berbagai pilihan rasa yang enak. Dulunya mungkin hanya ada rasa vanila dan menyusul rasa cokelat. Kedua rasa ini begitu disukai dan cocok untuk aneka hidangan pencuci mulut.

Rasa vanila cocok untuk kamu yang suka rasa cenderung manis dengan aroma vanila yang harum menggoda. Rasa cokelat cocok untuk kamu penggemar cokelat sekaligus kamu yang gemar rasa manis dengan hint sedikit pahit khas cokelat.

Belakangan ini, sudah ada juga lho varian rasa lain untuk susu kental manis. Salah satunya adalah rasa cocopandan. Susu kental manis dengan rasa cocopandan paling pas untuk aneka sajian es. Selain bisa menambah rasa manis pada hidangan, rasa yang satu ini juga tentu saja bikin aroma hidangan jadi lebih menggoda.

Pilih dari Merek Ternama

Bukan hanya saat membeli produk elektronik saja kita wajib melihat nama merek. Saat membeli produk makanan pun, tak ada salahnya kita memilih dari yang mereknya sudah kenamaan. Begitu pula saat membeli susu kental manis. Kita bisa memilih produk yang mereknya sudah lama dikenal.

Ini wajib dilakukan supaya kamu tetap mendapatkan susu kualitas terbaik. Mereka yang sudah dikenal dalam bidang susu kental manis tentu sudah memiliki standar perusahaan tersendiri untuk menjamin produknya layak konsumsi.

Mulai dari proses pemilihan bahan, pembuatan, pengemasan, hingga penjualan tentu sudah melewati sederet uji standar kelulusan sehingga mutu dan kualitas produknya lebih terjamin. Di samping itu, produk yang dihadirkan oleh merek terkenal tentu bisa lebih mudah didapatkan di mana saja sehingga kita tak perlu bepergian jauh untuk membelinya.

Beli Sesuai Kemasan

Susu kental manis hadir dalam berbagai kemasan. Ada kemasan sachet, pouch, dan kemasan kaleng. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan dan selera. Setiap kemasan produk memiliki keunggulannya tersendiri.

Jika kamu membutuhkan susu kental manis dalam porsi besar dan untuk penggunaan sehari-hari, ada baiknya kamu memiliki susu kental manis kemasan kaleng. Ini bisa juga digunakan untuk kamu yang memakainya sebagai bisnis jualan. Susu kemasan kaleng terjaga kualitasnya dalam waktu lama. Selain itu, susu dalam kaleng tahan banting dan tak mudah rusak saat terjatuh.

Sebaliknya, untuk kamu yang ingin menikmati susu kental manis bersama keluarga namun tidak untuk penggunaan sepanjang hari, bisa pilih susu kental manis kemasan pouch. Kemasan ini praktis dengan harga lebih terjangkau dan isi yang tak terlalu banyak. Susu kemasan pouch mudah digunakan karena pada kemasan memiliki lubang untuk mengeluarkan susu yang dapat ditutup kembali. Ini membuatnya praktis disimpan dan digunakan kapan saja dibutuhkan.

Sementara untuk yang tak butuh banyak susu kental manis bisa lirik susu kemasan sachet. Ini cocok untuk sekali penggunaan saja. Susu dalam sachet lebih ekonomis. Kemasannya mudah dibuka dan mudah digunakan. Susu semacam ini tidak bisa disimpan kembali setelah dibuka.

10 Rekomendasi Susu Kental Manis yang Enak untuk Aneka Hidangan

Nestle Carnation

Nestle Carnation merupakan produk yang bisa jadi pilihan. Susu kental manis yang satu ini begitu enak rasanya. Produk ini cocok untuk ditambahkan pada secangkir kopi untuk membuatnya jadi lebih enak.

Susu kental manis Carnation juga cocok untuk aneka minuman es. Kamu bisa juga memakainya untuk aneka dessert seperti puding, roti bakar, dan lainnya.

Susu kental manis yang satu ini telah diproduksi sejak 1899 lalu dan hingga kini masih jadi produk favorit masyarakat untuk memaniskan aneka hidangan. Produk ini memiliki tekstur kental yang pas dan aroma yang menggoda.

Harga Rp. 9.000-15.000

Frisian Flag Omela Krimer Kental Manis

Frisian Flag Omela Krimer Kental Manis adalah produk susu kental manis enak selanjutnya yang bisa dicoba. Susu kental manis yang satu ini tak hanya memiliki rasa manis namun juga ada rasa gurih di dalamnya.

Aroma susu kental manis ini bikin kita tergoda untuk mencobanya. Produk ini cocok untuk topping aneka hidangan. Susu kental manis ini cocok juga untuk campuran aneka minuman dan es.

Susu ini bisa memenuhi kebutuhan gizi dari kandungan protein, kalsium, serta vitamin yang ada di dalamnya. Produk tersedia dalam kemasan kaleng ukuran 470 dan 490 gram.

Harga Rp. 8.000-12.500

Indomilk Kental Manis Pouch

Jangan lewatkan untuk mencoba Indomilk Kental Manis Pouch. Produk yang satu ini hadir dalam kemasan yang praktis. Ini membuat kamu mudah membuka dan menutupnya.

Selain bisa jadi minuman hangat dan dingin, susu kental manis ini juga bisa jadi topping roti untuk sarapan, kukis, dan lainnya. Produk ini tersedia dalam pilihan rasa vanila dan cokelat.

Selain tersedia dalam kemasan pouch, ada juga kemasan kaleng dan sachet. Di dalam susu kental manis ini terdapat vitamin, zinc, kalsium, fosfor, dan kolin. Kandungan tersebut bisa mencukupi kebutuhan gizi kita.

Harga Rp. 13.000-19.000

Frisian Flag Bendera Cocopandan Kental Manis

Kamu bisa juga mencoba Frisian Flag Bendera Cocopandan Kental Manis. Susu yang satu ini rasanya begitu enak dan unik. Aromanya sangat wangi dan tentu saja menggoda untuk dicicipi.

Produk ini paling pas untuk melengkapi sajian es campur, dan aneka es lainnya. Rasa cocopandanya bikin kita ingin mencobanya lagi dan lagi. Kaya akan 6 jenis vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh, susu kental manis ini bisa jadi andalan kamu untuk jadi topping.

Harga Rp. 10.000-15.500

Frisian Flag Bendera Cokelat Susu Kental Manis

Frisian Flag Bendera Cokelat Susu Kental Manis ini juga tak bisa kamu lewatkan. Susu kental manis enak ini cocok untuk jadi olesan roti sarapan di pagi hari. Susu ini cocok juga jadi minuman dingin atau hangat.

Produk ini rasanya sangat kuat. Teksturnya lembut dan pastinya mudah untuk dipakai jadi olesan dan topping aneka makanan. Susu yang satu ini tersedia dalam kemasan sachet, kaleng, dan pouch. Pilih kemasan yang menurut kamu pas dengan kebutuhanmu.

Harga Rp. 10.000-15.000

Dairy Champ

Dairy Champ adalah produk yang bisa kamu lirik selanjutnya. Susu kental manis yang satu ini memiliki rasa enak yang cocok dipadukan dengan makanan dan minuman apa saja. Susu ini kaya akan vitamin A, B1, dan D3.

Produk yang satu ini hadir dalam satu varian rasa saja yakni original. Susu ini memiliki berbagai ukuran kemasan, dari 385 gram, 500 gram, dan 1 kg. Tutup lid kemasannya berbeda dari susu kental manis pada umumnya sehingga lebih mudah untuk dibuka tutup.

Harga Rp. 9.000-22.000

Susu Kental Manis Cap Enaak

Susu Kental Manis Cap Enaak ini jelas bukan produk asing untuk kamu. Susu kental manis enak ini bisa jadi penggugah selera untuk mereka yang malas makan. Dengan topping susu kental manis Enaak, segala makanan jadi lebih enak.

Rasa dan aroma susu kental manis ini jelas menggoda. Ada pilihan rasa vanila dan cokelat yang sama enaknya untuk dicoba. Produk ini hadir dalam kemasan pouch dan kaleng. Susu kental manis ini diproduksi oleh Indofood.

Harga Rp. 8.000-11.000

Tropicana Topping Kental Manis

Tropicana Topping Kental Manis adalah produk susu kental manis selanjutnya untuk kamu. Produk yang satu ini aman dikonsumsi mereka yang sedang diet dan mereka yang jenderita diabetes. Susu kental manis ini memiliki rasa yang sangat enak. Dengan tekstur kental yang pas, produk ini cocok untuk aneka topping. Susu yang satu ini diformulasikan bebas gula dan rendah kalori. Kamu bisa memakainya dalam berbagai minuman dan juga makanan.

Harga Rp. 27.000-31.000

Nestle Cap Nona

Nestle Cap Nona adalah pilihan selanjutnya. Susu kental manis yang satu ini memiliki rasa yang enak. Produk ini memiliki aroma yang menggoda.

Susu kental manis ini cocok untuk tambahan makanan dan minuman. Produk ini cocok juga jadi topping martabak, roti, hingga pudding. Kamu bisa juga menjadikannya tambahan pada aneka minuman. Produk ini kaya akan vitamin, gizi, dan juga protein.

Harga Rp. 9.000-15.000

Indofood Tiga Sapi

Indofood Tiga Sapi adalah produk pilihan selanjutnya. Susu kental manis yang satu ini memiliki kualitas yang bagus. Rasa susunya enak dan pastinya aromanya juga menggoda.

Produk yang satu ini tersedia dalam varian rasa original dan cokela. Susu kental manis ini dijual dalam kemasan sachet dan kaleng. Produk ini bisa jadi pengganti krimer untuk kopi.

Kamu bisa juga memakainya untuk topping roti, pudding, dan makanan lainnya. Produk ini hadir dengan kandungan kalsium, vitamin D3, A, dan B1.

Harga Rp. 9.000-15.000
From our editorial team

Konsumsilah Susu Kental Manis dalam Batas Wajar

Susu kental manis memang tak baik jika dikonsumsi setiap hari. Rasanya memang enak namun kamu tak boleh terlena dengan kelezatannya. Jika ingin menjaga kesehatan, ada baiknya dikonsumsi dalam batas wajar. Bagaimanapun segala sesuatu yang berlebihan tak akan memberikan dampak yang baik. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan bergizi sebagai penyeimbang jika kamu mengonsumsi susu kental manis.

Tag