Jaga Kesehatan dan Asupan Gizi Harian dengan Susu UHT Berkualitas Berikut Ini (2020)

Jaga Kesehatan dan Asupan Gizi Harian dengan Susu UHT Berkualitas Berikut Ini (2020)

Sumber gambar www.weightwatchers.com

Susu UHT menjadi salah satu minuman yang mesti masuk dalam minuman wajib harian. Sebab, selain menyempurnakan makanan sehat Anda, susu UHT juga memastikan asupan gizi Anda tetap cukup. Berikut ini ulasan tentang susu UHT berserta rekomendasi produk yang tepat untuk Anda.

Susu UHT Dapat Menjaga Komposisi Gizi Tetap Alami

Apa itu susu UHT? UHT adalah singkatan dari Ultra-high Temperature alias temperatur sangat tinggi. Nah, susu UHT inilah yang merupakan susu segar yang diproses dengan temperatur tinggi untuk menghilangkan bakteri tertentu, namun tetap menjaga komposisi gizi tetap alami.

Oleh karena itu, susu UHT memiliki rasa dan warna, juga aroma yang persis sama dengan susu segar. Hal itu disebabkan pemanasan dalam suhu yang tinggi itu, dilakukan dalam waktu yang sangat singkat. Tinggi suhunya mencapai 135 derajat C namun waktu pemanasannya hanya 3 detik saja.

Hasilnya, bakteri dalam susu segar akan mati, namun tidak dengan komposisi lainnya. Ditambah lagi, susu UHT juga tahan lama meski tanpa pengawet. Tanpa harus dimasukkan ke dalam kulkas, selama kemasannya masih belum terbuka, maka susu UHT akan bertahan hingga 6 bulan.

Proses Pembuatan Susu UHT

Sumber gambar www.dailymail.co.uk

Cara membuat susu UHT ada dua jenis. Jenis pertama adalah pemanasan langsung alias direct heating. Cara ini menjadikan susu akan bertemu uap panas. Bisa susu tersebut yang dimasukkan ke dalam uap panas, atau sebaliknya uap panas yang diinjeksikan ke dalam susu.

Cara kedua adalah pemanasan tidak langsung atau indirect heating. Cara ini menjadikan uap panas tersebut tidak bertemu dengan susu. Biasanya, ada yang menggunakan PHE atau Plate Heat Exchange. PHE ini ada dua jenis, yakni otoklaf yang digunakan untuk jumlah yang tidak begitu besar. Jenis kedua adalah retort, yang ditujukan untuk kapasitas yang lebih besar.

Pemanasannya menggunakan suhu yang sangat tinggi, bahkan ada yang mencapai 1.400 derajat C yang berarti 140 kali lebih panas dari titik didih air. Namun, waktunya tidak boleh lebih lama dari 4 detik. Selanjutnya, susu akan melewati berbagai tahap, mulai dari mixing, termisasi, pasteurisasi, steriliasi hingga pengemasan produk.

Tips Memilih Susu UHT yang Tepat

Perhatikan Tanggal Kadaluwarsa

Sumber gambar www.alligator.org

Pertama kali sebelum Anda membeli susu UHT pastikan tanggal kadaluwarsanya. Mendekati kadaluwarsa atau malah melewati tanggal kadaluwarsa menandakan produk tersebut jangan sampai Anda beli. Hal itu berbahaya, apalagi bila anak kecil yang mengonsumsinya.

Pertama, susu akan mengeluarkan warna kekuningan dan tekstur yang sangat kental plus aroma yang tidak sedap. Hal itu berasal dari asam laktat, yang hadir dari bakteri dari susu tersebut.

Susu kadaluarwarsa tentunya sudah tidak segar lagi, rasanya juga tidak sedap lagi. Ditambah lagi, bakterinya mulai berkembang, dan komposisi gizinya sudah mulai menghilang.

Rasa

Sumber gambar almondmilk.net

Memberikan susu pada si kecil, pastikan bahwa si kecil menyukai rasanya. Bila anak Anda menyukai rasa yang manis, maka Anda bisa memilih susu full cream, ketimbang rasa susu UHT yang normal. Ditambah lagi, sudah banyak varian rasa lain yang hadir dari susu UHT, mulai dari cokelat, strawberry sampai rasa lainnya yang unik dan lezat.

Meski demikian, jangan terlalu banyak memberi susu yang sudah diberi rasa manis tersebut pada anak. Sebab, ada masalah yang akan ditimbulkan, setidaknya masalah pada gigi, bila dikonsumsi terlalu sering.

Bila yang mengonsumsi adalah orang dewasa, maka perhatikan dulu kegunaannya untuk apa. Bila digunakan untuk menjaga berat badan, diet atau malah menurunkan berat badan, pilih susu UHT yang low fat.

Nutrisi yang Ada di Dalamnya

Sumber gambar www.verywellfit.com

Susu alami sudah mengandung protein, kalium, kalsium dan vitamin B12. Namun, ketika prosesnya, susu sapi akan mendapatkan kandungan tambahan, salah satunya vitamin D ketika diproses dalam temperatur tinggi.

Tidak hanya itu, biasanya susu UHT juga akan mengandung vitamin A. Vitamin satu ini tentunya terkenal karena berhubungan dengan kesehatan mata. Tidak hanya mata, karena vitamin A memiliki dampak yang bagus bagi sistem imun anak.

Jadi sebelum membeli, pastikan Anda melihat dulu komposisi gizi dan mikronutrien di dalamnya. Untuk kalsium, setidaknya susu tersebut mengandung kalsium hingga 60 persen setiap kemasan. Atau, jumlah itu setara dengan 300 mg. Kandungan yang lain tentunya perlu dipertimbangkan, agar anak tetap terpenuhi kebutuhan gizinya.

Susu Rendah Lemak atau Full Cream

Sumber gambar www.healthline.com

Berdasarkan kandungan lemaknya, susu UHT terdiri dari dua jenis, yakni susu UHT low-fat dan susu UHT full cream. Berbeda dengan susu low-fat, susu full cream dikenal karena sangat tinggi kandungan lemak baiknya. Bagaimana cara memilihnya?

Pilihan susu UHT yang pertama adalah yang low-fat (rendah lemak) serta yang fullcream. Anak-anak bahkan sudah disarankan minum susu rendah lemak ketika sudah berusia 2 tahun. Lemak memang dibutuhkan oleh anak, karena mendukung pertumbuhan tubuh dan otak. Tapi, berlebihan jumlahnya justru akan menyebabkan overweight.

Kedua, full cream menjadi susu UHT yang paling tepat untuk dipilih apabila anak Anda memiliki berat badan di bawah rata-rata. Karena kebalikan dari susu UHT low-fat, susu ini mengandung lemak yang kaya. Jadinya, sangat mendukung pertumbuhan lemak, dan menjadikan tubuh menjadi lebih besar dan sehat. Lemak di dalam susu tentunya lemak yang baik, dan bisa menjadi energi cadangan bagi tubuh.

Kemasan Kotak yang Baik

Sumber gambar www.organicpastures.com

Selanjutnya, Anda bisa memastikan produk yang tepat dari bentuk kemasannya. Kemasannya tidak boleh rusak, penyok atau memiliki kekurangan tertentu. Sebab, hal itu akan berpengaruh pada kandungan gizi di dalamnya.

Kemasan yang rusak tersebut menjadikan susu UHT menjadi cepat rusak, serta muncul patogen dan bakteri yang tidak bagus untuk tubuh. Ditambah lagi, ketika Anda membelinya, pastikan susu UHT yang Anda beli tidak tersimpan di dalam lemari pendingin.

Tanggal kadaluwarsa juga ada di setiap kemasan. Jadi, jangan lupa untuk memperhatikannya. Meski kemasan bagus, tapi tanggal kadaluwarsa sudah mendekati, sebaiknya Anda hindari. Susu ada dalam kondisi terbaik ketika masih di atas 3 bulan dari tanggal kadaluwarsanya.

Rekomendasi Susu UHT Enak dan Terbaik

CALPICO SUSU UHT

Produk pertama yang direkomendasikan adalah Calpico Mini Paket. Susu satu ini merupakan salah satu jenis susu fermentasi dengan kandungan yang sangat baik bagi kesehatan. Produk ini juga memiliki rasa yang segar dengan berbagai varian seperti anggur, leci, mangga, original, blackcurrant dan stroberi.

Kelebihan susu yang satu ini adalah memiliki dampak yang positif untuk kesehatan sistem perncenaan. Jadinya, dengan sistem pencernaan yang lebih sehat, maka tubuh anak jadi gampang menyerap kandungan dari makanan serta pembuangan racun dengan baik.

Selanjutnya, susu ini juga sangat baik dalam meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh anak. Jadinya, anak tidak gampang sakit, apalagi di tengah musim pancaroba dan pandemi ketika berbagai macam penyakit bisa dengan mudah menyerang anak.

Harga Rp. 2.000-5.500

OVALTINE SUSU UHT

Produk berikutnya adalah Ovaltine Susu UHT Cokelat. Susu UHT dengan kapasitas 1 liter tentunya bisa dikonsumsi untuk satu keluarga, dan menambah asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Susu satu ini hadir dalam rasa cokelat yang lezat. Tentunya, dengan rasa ini, susu Ovaltine akan disukai oleh siapa saja. Dari usia muda, sampai dewasa.

Kandungan dan komposisinya sangat baik untuk tubuh. Ditambah lagi, meski tanpa pengawet namun daya tahun susu ini juga cukup lama. Anda mudah menyimpannya, serta bisa jadi minuman yang rutin dikonsumsi setiap hari.

Harga Rp. 17.800-18.900

MILO SUSU UHT

Produk berikutnya adalah Nestle Susu Milo Activ Go UHT kemasan 115 ml. Produk susu dari Milo tentunya sudah lama dikenal dan dipercaya oleh masyarakat. Milo menjadi produk susu dengan rasa yang nikmat dan kandungan gizi yang kaya.

Produk berikut ini mengandung banyak actigen-E serta protomalt yang sangat baik untuk tubuh dan menambah energi dari karbohidrat dan lemak menjadi lebih optimal. Selain itu, juga ada kandungan vitamin yakni B dan C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap sehat.

Kandungan mineralnya juga cukup banyak. Milo Active Go mengandung kalsium dan magnesium yang sangat kaya. Sehingga menjaga kesehatan tulang untuk Anda dan anak Anda yang aktif agar bisa terus bergerak.

Harga Rp. 2.500-3.570

PORORO SUSU UHT

Minuman berikutnya adalah Pororo Drink Milk Juice netto 235 ml. Produk satu ini menjadi salah satu produk yang sangat disukai anak-anak. Varian rasanya ada banyak antara lain rasa original (milk), stroberi, apel, blueberry, anggur hijau, peach dan mangga. Jadinya, bisa dipilih sesuai dengan kesukaan anak.

Minuman botol satu ini adalah minuman ringan, namun memiliki kandungan gizi dan segala kebaikan susu. Tidak hanya itu, kemasannya juga unik dan tentunya disukai anak-anak.

Produk ini mengandung vitamin D3, serta mengandung banyak mineral seperti kalsium dan sebagainya. Tidak hanya itu, kebaikan kacang kedelai dan susu skim menjadi kandungan di dalamnya yang sangat baik untuk tubuh.

Harga Rp. 11.800-17.500

INDOMILK COKLAT SUSU UHT

Produk yang direkomendasikan berikutnya adalah Indomilk UHT Cokelat 250 ml. Sebagaimana kita ketahui, Indomilk juga menjadi salah satu brand susu yang sudah memiliki kepercayaan di masyarakat. Oleh karena itu, setiap produknya menjadi populer dan difavoritkan oleh banyak orang.

Produk satu ini merupakan susu UHT yang memiliki rasa yang nikmat. Karena itulah, susu satu ini disukai banyak orang, dan mudah disimpan. Tanpa pengawet, namun daya tahan susu ini hingga 9 bulan selama kemasannya tidak rusak.

Tidak hanya itu susu satu ini juga sangat baik bagi pertumbuhan anak, juga menjaga kesehatan tulang. Susu ini mengandung sejumlah vitamin yang sangat penting bagi tubuh, di antaranya vitamin B1, B6, D3 dan A. Jadinya, dengan mengonsumsi susu ini, tentunya kesehatan akan terus terjaga.

Harga Rp. 4.390-5.900

DIAMOND CHOCOLATE SUSU UHT

Produk selanjutnya adalah Susu UHT Diamond Milk Rasa Chocolate. Produk satu ini bahkan diklaim sebagai salah satu susu UHT alternatif terbaik di dunia.

Produk satu ini merupakan salah satu andalan dari brand Diamond dan sangat baik bagi tubuh. Sebab, ada banyak kandungan gizi, seperti vitamin A, D, E dan mineral seperti fosfor, zat besi, kalsium, magnesium, riboflavin, thiamin serta sejumlah mineral lainnya. Susu ini juga mengandung protein, karbohidrat, omega 3 dan 6.

Jadinya, susu satu ini sangat baik bagi kesehatan tubuh, organ dalam, dan otak manusia. Tidak hanya itu, proses pengemasannya adalah aseptis alias kedap udara, untuk menjaga kandungan gizi dan kualitasnya tetap terjaga.

Harga Rp. 6.000-6.800

GREENFIELDS SKIM SUSU UHT

Bila Anda ingin mencari susu tanpa lemak, maka produk Greenfields Skim Milk Minuman Susu menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Susu skim dari Greenfields ini adalah susu sapi segar yang diproses dengan teknologi UHT.

Susu ini mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, D3, B1, B2 dan B12 untuk asupan gizi yang cukup bagi tubuh. Tidak hanya itu, kandungan fosfor dan kalsium di dalamnya juga sangat tinggi, sehingga memenuhi kebutuhan tubuh Anda setiap hari.

Cara atau proses susu ini adalah dengan menghilangkan air dan lemak di dalam susu. Jadinya, susu ini menjadi sangat sedikit lemaknya, bahkan tidak mencapai 1 persen. Karena itu, susu ini sangat pas untuk Anda yang sedang diet atau menjaga berat badan Anda.

Harga Rp. 20.500-23.000

MILKUAT CHOCHOMAL SUSU UHT

Brand susu yang populer berikutnya adalah Milkuat. Salah satu produk susu UHT dari brand ini yang bisa Anda pertimbangkan adalah Susu UHT Rasa Cokelat Malt Milkuat. Produk ini sangat cocok untuk anak usia di atas 5 tahun.

Seperti tagline-nya, susu dari Milkuat memang ditujukan untuk menjadikan anak menjadi kuat. Sebab, kandungannya yang diperkaya dengan berbagai jenis vitamin dan mineral sangat baik untuk kekuatan tubuh dan tulang.

Prosesnya juga melibatkan teknologi canggih, dan sterilisasi untuk memastikan semua bakteri buruk mati, namun gizi tetap terjaga. Total 10 vitamin dan 4 mineral yang dikandungnya akan sangat baik untuk anak, apalagi yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Harga Rp. 3.000-4.750

VIDORAN KIDS SUSU UHT

Brand Vidoran, yang mendedikasikan diri untuk memenuhi nutrisi anak, juga mengeluarkan produk susu UHT yang bisa Anda pertimbangkan jadi pilihan yang tepat. Produk yang direkomendasikan adalah Vidoran Kids Susu UHT 115 ml.

Susu satu ini mengandung cod liver oil, atau minyak ikan cod yang sangat tinggi kandungan omega 3 dan 6 untuk perkembangan otak anak. Ditambah lagi, juga ada kandungan vitamin, mineral dan asam amino yang sangat dibutuhkan tubuh anak untuk berkembang dan bertumbuh.

Vidoran Susu UHT memiliki dua varian rasa, yakni cokelat dan stroberi yang tentunya disukai anak. Selain itu, Anda juga akan tenang memberikannya pada anak sebab produk ini sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI, serta dinyatakan aman oleh BPOM RI.

Harga Rp. 4.500-9.000

ULTRA MILK RASA COKLAT SUSU UHT

Berikutnya, juga produk susu yang populer dan bersaing dengan sejumlah brand yang disebutkan sebelumnya. Produk tersebut adalah Susu UHT Ultra Milk. Produk dari Ultra Milk menjadi pilihan banyak orang karena rasanya yang lezat.

Rasa dari susu satu ini juga disukai oleh dewasa, termasuk anak muda bahkan balita. Oleh karena itu, menyediakan susu ini di rumah tentunya bisa menjadi pilihan jitu, karena mampu memenuhi asupan gizi harian, sekaligus menjaga kesehatan.

Ada berbagai rasa yang dimiliki susu satu ini, tentunya bisa dipilih sesuai selera. Pengemasan yang higienis dan proses dengan teknologi canggih menjadikan produk susu dari Ultra Milk menjadi susu yang aman dikonsumsi setiap hari.

Harga Rp. 5.300-5.400
From our editorial team

Susu yang Enak, Murah dan Menyehatkan

Susu adalah minuman favorit banyak orang, karena murah, enak dan menyehatkan. Bila Anda belum terbiasa minum susu setiap hari, maka mulailah dari sekarang. Asupan gizi akan terpenuhi, tubuh dan tulang menjadi kuat, serta sistem imun semakin kuat. Jadinya, produk yang direkomendasikan BP-Guide di atas bisa menjadi pilihan jitu untuk memulai minum susu.

Tag