Lengkapi Nutrisi Semasa Kehamilan dengan 10 Rekomendasi Susu Ibu Hamil yang Lezat (2020)

Lengkapi Nutrisi Semasa Kehamilan dengan 10 Rekomendasi Susu Ibu Hamil yang Lezat (2020)

Semasa kehamilan, seringkali ibu kehilangan nafsu makan karena mual yang tak terkendali. Agar nutrisi untuk janin tetap terpenuhi, ibu harus memaksakan diri untuk memakan atau meminum yang bergizi salah satunya susu yang penuh nutrisi. Yuk, cek rekomendasi susu ibu hamil terbaik yang punya rasa lezat!

Masa Kehamilan Adalah Waktu yang Tepat untuk Meningkatkan Asupan Nutrisi

Selama masa kehamilan kebutuhan gizi ibu harus terpenuhi. Umumnya ibu hamil mengalami peningkatan kebutuhan energi pada trimester ketiga kehamilan.

Dalam fase ini Anda tidak harus melakukan diet khusus, namun harus dapat mengatur pola makan sehat. Bila kecukupan kebutuhan gizi terpenuhi dengan baik, hal ini akan sangat menunjang tumbuh kembang janin dan ibu sendiri.  Selain itu juga memungkinkan untuk terhindar dari risiko kesehatan.

Ibu Hamil Terkadang Perlu Tambahan Asupan Nutrisi dari Susu Ibu Hamil

Ibu hamil sangat memerlukan nutrisi agar janin terhindar dari gangguan kesehatan seperti berat badan lahir kurang, cacat bawaan lahir atau hambatan tumbuh kembang. Ibu hamil harus sangat berhati-hati dalam memilih asupan makanan yang dikonsumsi karena akan diserap oleh janin sebagai nutrisi untuk pertumbuhannya.

Untuk itu ibu hamil sering dianjurkan makan makanan bergizi dan rajin minum susu hamil 3 gelas per hari agar kebutuhan kalsium, protein dan vitamin D terpenuhi. Ada baiknya sebelum memutuskan membeli susu hamil sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dulu.

Memilih Susu Ibu Hamil yang Tepat

Cek Kandungan Nutrisi

Susu ibu hamil memiliki kandungan gizi yang mampu menyempurnakan kebutuhan nutrisi. Sebelum memutuskan memilih membeli susu ibu hamil ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dulu dan membandingkan antara merek satu dengan lainnya.

Perlu diketahui bahwa kandungan nutrisi yang wajib ada dalam susu ibu hamil adalah asam folat, karbohidrat, protein, kalsium, zat besi,vitamin D dan DHA. Kandungan asam folat dalam susu ibu hamil dapat mencegah kecacatan pada janin, sedangkan untuk karbohidrat dapat membantu perkembangan janin. Sedangkan kandungan proteinnya bisa memperbaiki jaringan dan sel yang rusak.

Kalsium yang terdapat pada susu ibu hamil dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Kandungan zat besi mampu mencegah anemia sekaligus membantu pembentukan sel darah merah pada janin. Kandungan vitamin D-nya bisa membantu mengurangi risiko multiple sclerosis pada anak dan DHA bisa meningkatkan perkembangan otak janin sekaligus mempengaruhi IQ-nya. Pastikan kandungan tersebut ada pada susu ibu hamil.

Rasa yang Enak Sesuai Selera

Biasanya ibu hamil kerap mengalami masalah ngidam. Bahkan ada yang sensitif terhadap bau makanan sampai mengalami mual dan muntah. Oleh karena itu penting memilih susu dengan rasa yang disukai oleh ibu hamil.

Meskipun saat ini sudah banyak susu ibu hamil yang direkomendasikan untuk kondisi mual muntah, tentunya tidak bisa menjamin. Lebih baik Anda mencoba sendiri dan pastikan rasanya bisa dinikmati.

Hal ini memungkinkan ibu hamil mengonsumsi susu secara teratur. Disamping itu, ibu hamil lebih cepat merasa lapar sehingga susu dengan rasa yang enak bisa jadi alternatif mencegah lapar.

Cek Apakah Susu Hamil Tersebut Sudah Dipasteurisasi Atau Belum

Ketika memutuskan membeli susu ibu hamil sebaiknya pilihlah yang sudah dipasteurisasi. Hal ini dikarenakan proses pengolahannya menggunakan suhu tinggi yang dapat membunuh bakteri susu, seperti listeria, salmonella, dan E.coli, namun tidak merusak kandungan nutrisinya.

Bakteri tersebut merupakan bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan keguguran, kematian janin, lahir mati atau sakit parah pada bayi baru lahir. Untuk itu saat membeli susu ibu hamil sebaiknya perhatikan dengan baik kandungannya yang tertera pada kemasannya.

Apabila Anda terlanjur membeli susu ibu hamil yang tidak dipasteurisasi sebaiknya rebuslah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Jangan Pilih Susu dengan Kandungan Gula yang Berlebihan

Memilih kandungan susu ibu hamil dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Meskipun begitu tetap perhatikan kandungan gula didalamnya agar tidak berlebihan. Pasalnya kandungan gula berlebih dapat berpengaruh kurang baik pada janin dan kesehatan ibu.

Selain itu, memilih susu ibu hamil yang rendah lemak dan gula dapat menghindarkan risiko diabetes selama masa kehamilan, kenaikan berat badan ibu hamil ataupun bobot janin terlalu besar.

Pilihan Susu Ibu Hamil

Anmum Materna

Anmum Materna merupakan susu ibu hamil dengan formula khusus yang dapat memberikan nutrisi tambahan untuk ibu hamil dan janin. Susu ini dilengkapi dengan nutrisi penting untuk otak janin seperti neulipid yang dapat meningkatkan gangliosida GA.

Selain itu, terdapat juga kandungan asam folat tinggi yang baik untuk perkembangan otak dan menjaga fungsi pencernaan. Susu ini juga memiliki kandungan asam sialat yang membantu perkembangan mental bayi.

Anmun Materna sangat tepat dikonsumsi pada awal perencanaan dan selama masa kehamilan. Dilengkapi dengan varian rasa chocolate nikmat yang bisa menjadi pilihan tepat Anda.

Harga Rp. 34.000-81.000

Prenagen Mommy

Prenagen Mommy merupakan susu ibu hamil tepat untuk kehamilan normal tanpa gejala mual dan muntah. Susu ini memiliki kandungan nutrisi lengkap seperti karbohidrat, protein dan lemak yang dapat menunjang gizi ibu hamil dan janin. Selain itu, dapat membuat berat janin bertambah setiap bulan sekaligus mencegah kelahiran prematur.

Dengan formula PRENAPro dan nutrisi lengkap Prenagen Mommy sangat tepat melengkapi gizi selama 1000 HPK (hari pertama kehidupan). Hal ini dapat membantu menjaga stamina ibu lebih fit selama kehamilan dan membuat janin lebih cerdas serta pertumbuhan bayi sempurna dan cukup umur. Prenagen Mommy memiliki 5 varian rasa yang lezat yaitu vanila, velvety chocolate, strawberry, mocha dan kacang hijau.

Susu ini juga dilengkapi dengan kandungan zat besi, tinggi asam folat, tinggi kalsium, fosfor, magnesium, vitamin D, less sodium dan terdapat serat insulin yang baik untuk pencernaan.

Harga Rp. 68.100-80.000

Vidoran Ibunda Nutriplex

Vidoran Ibunda Nutriplex merupakan susu ibu hamil dengan kandungan Cod Liver Oil (minyak hati ikan kod) yang kayak omega 3 (DHA dan EPA), vitamin A dan D. Kandungannya dapat mengoptimalkan tumbuh kembang jaringan saraf otak. Selain itu mampu menjaga daya tahan tubuh ibu.

Susu ibu hamil tersebut dilengkapi pula dengan kalsium yang membantu pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Ada juga asam folat untuk pertumbuhan dan pembelahan sel dan tumbuh kembang janin.

Vidoran Ibunda Nutriplex dilengkapi juga dengan bubuk kacang hijau sehingga memberikan kekuatan ibu hamil agar tidak mudah lelah selama kehamilan.

Harga Rp. 35.000-47.250

Frisomum Gold

Frisomum Gold merupakan susu ibu hamil dan menyusui yang dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi. Susu ini dapat menjadi pondasi baik bagi perkembangan bayi dan mengandung prebiotik dan probiotik untuk menjaga kesehatan pencernaan sekaligus mengurangi konstipasi atau sembelit.

Selain itu, terdapat pula kandungan ALA, LA, nukleotida, asam folat, kalsium dan zat besi. Kandungan tersebut bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak janin dan mencegah konstipasi pada ibu hamil. Tersedia dalam rasa vanila yang nikmat dan aman dikonsumsi setiap hari.

Harga Rp. 84.400-155.900

Soulful Pregnancy Milk Powder

Sumber gambar https://www.blibli.com

Soulful Pregnancy Milk Powder merupakan susu ibu hamil yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi ibu dan bayi pada semua tahapan kehamilan. Tahapan ini termasuk dari pra-konsepsi, selama kehamilan sampai dengan masa menyusui.

Susu ini terbuat dari semua bahan alami dan dari susu segar Australia. Selain itu, terdapat kandungan asam folat, kalsium, magnesium dan omega 3 DHA yang dapat memebrikan nutrisi berkualitas tinggi untuk ibu dan janin.

Soulful Pregnancy Milk Powder terdapat juga kandungan zat besi yang bisa mencegah fetal neuro tube defects sekaligus mendukung perkembangan sistem saraf bayi. Kandungan zinc dan vitamin B1 & B2 dapat menjaga fungsi normal saraf. Tersedia dalam ukuran 900 gram yang dapat Anda beli di Blibli seharga Rp 835.000 dan JD 784.000.

Lovamil

Lovamil merupakan susu ibu hamil yang mengandung prebiotik inulin untuk menjaga fungsi saluran cerna. Susu ini dapat mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil dan membantu ibu tetap aktif dalam beraktivitas.

Lovamil memiliki kandungan polydextrose, asam folat, DHA, protein, zat besi esensial, vitamin, mineral dan ekstrak katuk yang sangat tepat untuk memenuhi gizi ibu hamil dan menyusui.

Kandungan asam folat dalam Lovamil dapat mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada janin, sedangkan Omega 3 & 6 efektif membantu perkembangan otak. Selain itu, kalsiumnya bisa membantu membentukan tulang dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.

Kandungan zat besinya bisa mencegah dan mengatasi anemia defisiensi sedangkan 11 vitamin dan 7 mineral efektif melengkapi gizi dan nutrisi.

Harga Rp. 15.500-19.500

A2 Milk Nutrition for Mothers Susu Ibu Hamil

Sumber gambar https://www.blibli.com/

A2 Milk Nutrition for Mothers Susu Ibu Hamil merupakan susu ibu hamil yang terbuat secara alami dari sapi pilihan khusus. Susu ini dibuat dari susu A2 murni dengan tipe protein A2 beta-casein. Susu A2 terkenal sebagai varietas asli protein yang lebih mudah dicerna.

A2 Milk Nutrition mengandung nutrisi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral, vitamin yang mendukung fungsi tubuh sekaligus sebagai sumber energi. Selain itu kandungan zat besi, iodine dan zincnya dapat membantu mendukung fungsi kognitif bayi sekaligus sistem perkembangan saraf.

Susu ini tentunya aman karena tidak mengandung pewarna, perisai buatan, bahan pengawet dan gula tambahan. Anda dapat membelinya di Blibli seharga Rp 599.600 untuk ukuran 900 gram.

SUN Ibu

SUN Ibu merupakan susu ibu hamil yang diformulasikan khusus melengkapi kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Selain itu susu ini dapat membantu mengurangi risiko berat bayi lahir rendah (BBLR).

Susu ini diperkaya kandungan zat besi yang efektif mencegah anemia dan pendarahan ketika persalinan. Dilengkapi pula dengan kandungan tinggi kalsium, asam folat, omega 3 dan 6 serta serat pangan yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

SUN Ibu memiliki kandungan DHA dan Choline yang mendukung pertumbuhan janin dan dapat menstimulasi perkembangan otak anak. Tersedia dalam rasa coklat dan strawberry yang nikmat dan dikemas dalam kemasan 150 gram.

Harga Rp. 18.700-20.000

Lactamil Pregnasis

Lactamil Pregnasis merupakan susu ibu hamil dengan formula ADIK+ yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu selama masa kehamilan. Susu ini memiliki kandungan tinggi asam folat, vitamin D, zat besi, kalsium dan sekaligus sebagai sumber protein. Susu ini juga aman karena rendah lemak dan gula.

Namun, yang perlu diperhatikan pergunakan susu ini dalam waktu tidak lebih dari 1 bulan dan jangan pergunakan apabila terdapat penggumpalan atau berubah rasa, aroma dan warna. Tersedia dalam 3 varian rasa vanila, cokelat dan strawberry dengan kemasan 200 gram.

Harga Rp. 33.000-80.000

Enfamama A+

Enfamama A+ merupakan susu yang direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui yang tepat menjadi pilihan Anda. Susu ini dilengkapi dengan sumber serat pangan (inulin) yang mencegah konstipasi. Selain itu terdapat pula kandungan asam folat, protein, kalsium, zat besi dan vitamin C.

Enfamama A+ memiliki rasa nikmat dengan varian rasa cokelat. Susu ini tidak menyebabkan timbulnya efek mual dan muntah. Anda dapat mengkonsumsi 2 gelas Enfamama A+ dalam setiap hari.

Harga Rp. 85.000-92.900
From our editorial team

Selain Susu, Imbangi Nutrisi dengan Sayuran dan Buah-buahan

Kebutuhan nutrisi ibu hamil tentu lebih banyak dari biasanya. Itulah mengapa ibu hamil perlu banyak makan sayuran dan buah-buahan agar kebutuhan nutrisi berupa vitamin dan serat bisa ikut terpenuhi. Pastikan untuk memilih makanan yang sehat dan abaikan makanan yang terlihat menggoda namun sebenarnya tidak sehat.

Tag