9 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Menjaga Kebutuhan Nutrisi Lansia

9 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Menjaga Kebutuhan Nutrisi Lansia

Para lansia membutuhkan gizi dan nutrisi yang berbeda. Semakin tua, mereka membutuhkan asupan kalsium yang semakin banyak namun konsumsi lemak harus ditekan. BP-Guide punya rekomendasi merk susu terkemuka buat para lansia, agar kebutuhan gizi mereka tetap terjaga.

Lansia Membutuhkan Nutrisi yang Berbeda dengan Anak-Anak Maupun Orang Dewasa

Sumber gambar eonline.com

Semakin bertambahnya usia seseorang, semakin rentan juga tubuh mereka untuk terserang penyakit. Jenis penyakit yang paling sering menyerang lansia misalnya diabetes, hipertensi, hiperkolesterol, asam urat, hingga osteoporosis. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan para lansia, asupan gizi mereka harus terpenuhi.

Ketika memasuki lansia, ada beberapa vitamin dan mineral yang harus dikurangi dan beberapa yang ditingkatkan. Kebutuhan seperti lemak, garam, dan gula harus lebih banyak dikurangi. Sementara itu protein, mineral, serat, dan vitamin harus lebih ditingkatkan lagi. Namun yang pasti, asupan kalori bagi lansia tidak boleh ikut meningkat. Lansia biasanya tidak banyak beraktivitas, sehingga jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuhnya harus disesuaikan.

Menjalani gaya hidup sehat sangat penting bagi lansia untuk menjaga kualitas hidup mereka tetap baik dan mencegah datangnya berbagai macam penyakit. Salah satu cara mencukupi kebutuhan nutrisi lansia adalah dengan mengonsumsi susu khusus untuk lansia.

Memilih Susu yang Tepat Untuk Lansia, Tentu Saja Tidak Bisa Sembarangan

Cek Kandungan Gizi di Dalam Susu

Komponen utama yang dibutuhkan oleh lansia adalah vitamin yang membantu kesehatan dan kepadatan tulangnya. Kandungan seperti vitamin D, kalsium, dan magnesium sangat penting untuk usia 60 tahun ke atas. Kadar kalsium yang dibutuhkan oleh lansia dalam sehari mencapai 2.000-2.500 miligram. Kebutuhan nutrisi lansia lainnya yang harus dipenuhi antara lain adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Pertimbangkan Varian Rasa yang Disukai

Sumber gambar biggerbolderbaking.com

Susu untuk lansia hadir dalam varian rasa yang lezat. Ada cokelat, vanilla, dan plain atau tawar. Agar semakin semangat dalam mengonsumsi susu, sebaiknya berikan rasa yang disukai oleh lansia. Namun yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah kandungan gizi dan gulanya.

Jika rasanya lezat namun kandungan gulanya sangat tinggi, jangan berikan pada penderita diabetes. Teliti dengan baik kandungan gizi, gula, dan lemak di dalamnya. Jangan sampai justru menambah risiko kesehatan bagi lansia.

Sesuaikan dengan Bujet

Sumber gambar qsrmagazine.com

Ini dia yang tidak kalah penting dipertimbangkan. Beli susu lansia yang sesuai dengan bujet. Susu lansia hadir dalam berbagai macam merek dan harga yang berbeda pula. Sangat disarankan untuk membeli susu secara online, karena harganya relatif lebih murah.

Namun jangan lupa untuk mengecek keaslian produknya. Jangan sampai hanya tergoda dengan harganya yang murah saja dan memperhatikan apakah produk tersebut asli atau tidak. Bandingkan juga harga antara satu toko dengan yang lainnya, lalu pilih harga yang terbaik.

Berbagai Merk Susu Lansia Terkemuka

Entrasol Gold

Sumber gambar www.tokopedia.com

Entrasol Gold dapat memberikan asupan nutrisi yang cukup bagi para lansia untuk menjaga kesehatannya. Susu kaya kalsium ini mencegah pengeroposan tulang dan membantu lansia mempertahankan postur tubuhnya.

Entrasol Gold juga dilengkapi dengan berbagai vitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan gizi harian lansia. Susu ini juga melindungi organ tubuh dari serangan penyakit degeneratif yang rentan menyerang lansia.

Entrasol Gold kemasan 600 gram dapat dibeli di Shopee seharga Rp 83.000, sedangkan untuk kemasan 185 gram dengan rasa tawar dapat dibeli di Tokopedia seharga Rp 31.200.

Appeton 60+

Sumber gambar www.blibli.com

Appeton 60+ adalah susu lansia yang telah teruji klinis dapat meningkatkan nafsu makan, menambah berat badan, serta mengurangi resiko kekurangan nutrisi pada lansia. Kandungan gizi dalam susu ini diperhitungkan dengan teliti untuk memenuhi kebutuhan gizinya, serta memberikan protein yang cukup supaya tidak membebani kerja ginjal.

Susu ini mengandung inulin yang meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, kromium untuk menjaga kadar gula dalam darah, dan proteplex untuk menjaga kesehatan ginjal. Konsumsi yang disarankan adalah 2 gelas sehari sebanyak 5 sendok takar yang diseduh ke dalam 200 ml air hangat.

Appeton 60+ kemasan 450 gram dapat dibeli di Blibli seharga Rp 258.500 dan di k24klik.com seharga Rp 387.450. Sementara kemasan 900 gram dapat dibeli di Tokopedia seharga Rp 544.500.

NutriGOAT Susu Kambing

Sumber gambar www.lazada.co.id

Susu kambing yang satu ini punya aroma lezat dan sama sekali tidak menyisakan aroma kambing. Dihasilkan dari kambing unggulan, susu yang 3 kali lebih terkonsentrasi dari susu kebanyakan ini telah dibuat dengan standar GMP. Susu ini bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh, mencukupi kebutuhan zat besi tubuh, mencegah anemia, mencegah osteoporosis, dan menjaga kesehatan jantung.

Juga bisa menjadi solusi untuk lansia yang alergi terhadap susu sapi. NutriGOAT Susu Kambing kemasan 200 gram dapat dibeli di Lazada seharga Rp 39.000 dan di Blibli seharga Rp 41.000.

Anlene Gold

Sumber gambar shopee.co.id

Anlene telah lama dipercaya sebagai merek susu kalsium yang menyehatkan bagi orang dewasa dan lansia. Kandungan utama susu adalah kalsium dengan kadar lemak yang sangat rendah.

Anlene Gold diformulasikan khusus untuk lansia usia 51 tahun ke atas, dengan fokus untuk penguatan dan pemadatan tulang. Dengan mengkonsumsi susu ini, tubuh dapat menyerap kalsium secara lebih baik. Selain kalsium, susu ini juga mengandung protein untuk meningkatkan regenerasi tulang, zinc untuk mengoptimalkan pembentukan tulang, dan magnesium untuk mengikat kalsium dalam tulang.

Anlene Gold rasa original kemasan 650 gram dapat dibeli di Shopee seharga Rp 101.900, varian plain kemasan 900 gram dapat dibeli di Blibli seharga Rp 130.250, dan varian cokelat kemasan 900 gram di Tokopedia seharga Rp 119.000.

Entramix

Sumber gambar www.kalbestore.com

Susu Entramix adalah suplemen makanan dengan 11 vitamin dan 8 mineral yang membantu mencukupi kebutuhan gizi harian pada dewasa dan lansia. Susu ini sangat baik diberikan untuk lansia yang sedang dalam masa pemulihan dan penyembuhan sehingga nafsu makannya meningkat.

Susu ini bebas gluten dan laktosa, sehingga aman untuk pasien dengan intoleransi terhadap dua zat tersebut. Kandungan gizinya lengkap dan seimbang, yaitu 57% karbohidrat, 28% lemak, dan 15% protein. Kaya akan inulin yang mampu meningkatkan bakteri baik dalam sistem pencernaan.

Entramix varian vanilla bisa dibeli di kalbestore seharga Rp 53.000 untuk kemasan 185 gram, sedangkan varian cokelat bisa dibeli di Tokopedia seharga Rp 48.000.

Prolansia

Sumber gambar www.tokopedia.com

Prolansia adalah susu yang cocok untuk lansia berusia 51 tahun ke atas. Susu ini memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan tulang lansia. Di dalamnya juga terkandung dietary fiber untuk memelihara kesehatan saluran cerna. Diperkaya pula dengan protein, vitamin B6 dan B12, serta asam folat. Prolansia kemasan 200 gram dengan rasa vanilla dapat dibeli di Tokopedia seharga Rp 29.000.

Skygoat Full Cream Susu Kambing Etawa Bubuk

Sumber gambar shopee.co.id

Susu Kambing Etawa dipercaya khasiatnya untuk mengobati TBC dan asma, melalui kandungan flourin dan betakasein di dalamnya. Butiran lemak yang halus dan lembut dalam susu memudahkan pencernaan tubuh, aman dikonsumsi, dan tidak menyebabkan diare.

Manfaat lain dari susu ini adalah meredakan gejala anemia, mempercepat pemulihan tubuh dari sakit, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu menguatkan tulang dan gigi. Skygoat Full Cream Susu Kambing Etawa Bubuk tersedia di Tokopedia seharga Rp 23.850 atau di Shopee seharga Rp 19.000 untuk kemasan 1 box isi 10 sachet.

Ensure Enlive

Sumber gambar www.tokopedia.com

Ensure Plus adalah nutrisi tambahan bagi lansia dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Di dalamnya terdapat vitamin C dan E sebagai antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan Omega-3 ALA untuk menjaga kesehatan jantung.

Terdapat juga prebiotik 3 meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan menyehatkan pencernaan, serta banyak mineral lainnya. Ensure Plus rasa Coffee dapat dibeli di Tokopedia seharga Rp 85.000, sementara varian Vanilla dapat dibeli di Blibli seharga Rp 132.000.

Nestle Nutren Boost Optimum

Sumber gambar www.tokopedia.com

Susu dengan kandungan gizi lengkap seimbang, hadir dalam rasa yang lezat. Kandungan 50% protein whey yang kaya sistein berfungsi untuk memelihara kekuatan otot. Susu ini rendah Laktosa serta tidak mengandung gluten dan lemak trans.

Kandungan probiotik membantu menjaga kesehatan pencernaan, dan lemak nabati kaya asam lemak tak jenuh untuk menjaga kesehatan jantung. Susu Untuk Lansia/Adult Nestle Nutren Boost Optimum Vanila 400gr tersedia di Tokopedia seharga Rp 149.000 untuk kemasan 400 gram.

From our editorial team

Sayangi Lansia, Jaga Kebutuhan Gizi Mereka

Anda pasti setidaknya punya satu orang lansia dalam hidup bukan? Entah itu orang tua atau kakek dan nenek, sayangi mereka dengan memenuhi asupan gizinya dengan baik. Salah satunya adalah konsumsi susu lansia terbaik rekomendasi BP-Guide di atas!

Tag