10 Rekomendasi Popok Lansia yang Tepat dan Aman Digunakan (2019)

10 Rekomendasi Popok Lansia yang Tepat dan Aman Digunakan (2019)

Sumber gambar pixabay.com

Penggunaan popok lansia kini dirasa penting untuk orangtua untuk membantu aktivitasnya dan membuat tidur menjadi lebih nyaman. Popok lansia juga bisa digunakan jika lansia memiliki masalah kesehatan. Ketahui cara tepat memilih popok lansia dan pilihan popok tepat yang aman digunakan setiap saat!

Penggunaan Popok Sangat Penting bagi Lansia

Seiring berjalannya waktu, manusia akan bertambah usia. Hal tersebut berarti akan berdampak pada kekuatan otot yang terus menurun, terutama di sekitar kandung kemih dan saluran kencing. Kondisi tersebut kerap dialami lansia, sehingga berpengaruh pada kurangnya kemampuan untuk menahan pelepasan urine.

Supaya para lansia tetap nyaman dalam beraktivitas di siang hari dan beristirahat di malam hari bisa menggunakan popok. Popok dapat mengatasi permasalahan, seperti inkontinensia urine, pembesaran prostat (benign prostatic hyperlasia), atau kerusakan otak pasca-stroke.

Dengan mengenakan popok, lansia dan orang yang mengalami kondisi tertentu, tak perlu bolak-balik ke toilet. Pakaian maupun tempat tidur juga tidak akan basah apabila tiba-tiba buang air kecil saat tidur.

Memilih Popok Lansia yang Tepat

Jangan sampai salah memilih popok dewasa, karena bisa jadi popok yang tidak tepat akan menyebabkan ruam kemerahan, iritasi, gatal, dan infeksi kulit karena bakteri dan jamur. Berikut ini adalah tips untuk memilih popok lansia yang tepat. Yuk, simak selengkapnya!

Sudah Memiliki Nomor dari Departemen Kesehatan

Produk yang memiliki nomor keamanan dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia terbukti sudah teruji klinis dan benar-benar aman digunakan. Oleh sebab itu, pilihlah popok dewasa yang sudah memiliki nomor dari lembaga resmi tersebut. Nomor ini juga menandakan bahwa produk itu sudah memiliki nomor izin edar, lho.

Pastikan Ukuran Tepat

Sumber gambar pluspng.com

Popok dewasa yang ukurannya pas dengan tubuh akan berfungsi secara maksimal dan sangat nyaman saat digunakan. Apabila ukurannya terlalu besar, maka akan terjadi kebocoran, sedangkan yang terlalu kecil sangat tidak nyaman ketika dipakai. Mengingat hal tersebut, sebelum membeli popok dewasa, ketahuilah lingkar pinggang penggunanya dan suaikan dengan ukuran popok yang ada. Ukuran lingkar pinggang popok biasanya tertera pada kemasan produk, jangan sampai salah beli ya!

Teruji Secara Klinis

Mengapa harus memilih popok yang sudah teruji klinis? Umumnya popok yang sudah teruji klinis oleh lembaga kesehatan resmi sangat aman digunakan, bahkan untuk seseorang yang memiliki jenis kulit sensitif sekalipun.

Memiliki Daya Serap yang Baik

Di pasaran, beredar dua jenis popok dewasa. Pertama adalah jenis celana, umumnya dikenakan oleh orang dewasa yang masih bisa bergerak. Karena modelnya yang menyerupai celana, popok ini diharapkan tak akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Kedua adalah jenis perekat, sangat disarankan untuk orang yang sudah tidak mampu melakukan gerakan dan kesehariannya dihabiskan untuk berbaring di tempat tidur saja.

Terlepas dari kedua model tersebut, pilihlah popok yang memiliki daya serap baik serta terbuat dari bahan lembut dengan sirkulasi udara yang nyaman. Karena popok akan dikenakan hampir setiap saat, pastikan bahwa popok yang dibeli tidak akan menjadikan kulit ruam dan lecet.

Rekomendasi Popok Lansia yang Bisa Didapatkan dengan Mudah Di Pasaran

Saat ini banyak sekali pilihan popok lansia yang ada di pasaran. Berikut adalah 10 rekomendasi popok dewasa yang bisa jadi pilihan yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Pamperindo Popok Dewasa

Sumber gambar Bukalapak

Pemperindo menyediakan popok dewasa model perekat yang bisa dipakai untuk wanita dan pria. Teknologi side leaks guard pada popok ini berfungsi untuk menghindari kebocoran. Jangan khawatir akan daya tampungnya karena Pamperindo sudah membekalinya dengan teknologi extra absorbency untuk menampung carian lebih banyak.

Kontur oval pada pamper membuat cairan menyebar rata, sehingga akan terserap dengan cepat dan membuat permukaan selalu kering dan nyaman. Perekatnya tahan lama dan bisa disesuaikan lebih dari sekali. Popok dewasa dari Pamperindo bisa dibeli secara online. Anda dapat membelinya melalui Lazada seharga Rp 36.800 size L isi 7 pcs dan Rp 31.990 di Shopee.

Confidence Adult Classic Day Popok Dewasa

Sumber gambar Shopee

Dengan permukaan yang lembut dan daya serap empat kali lebih besar, Confidence Adult Classic Day menjadi popok dewasa model perekat yang bisa jadi pilihan. Popok ini mampu menyerap dengan sangat cepat sehingga sesuai untuk penderita inkontinensia yang parah.

Perekatnya juga bisa dilepas-pasang berulang kali. Confidence Adult Classic Day dapat dibeli secara online di Bukalapak dengan harga Rp 47.500 atau di Shopee seharga Rp 44.000.

Bagus Entrust Plus Adult Diaper

Sumber gambar Shopee

Bagus Entrust Plus Adult Diaper merupakan popok dewasa yang dibuat dengan bahan berkualitas tinggi. Produk dirancang khusus memiliki daya serap ekstra untuk memberi kenyamanan saat beraktivitas. Popok ini memiliki berbagai fitur, seperti standing leak yang berguna sebagai pelindung ganda untuk mencegah kebocoran samping dan fitur anti bakteri.

Dibekali dengan segel ganda yang bisa dilepas pasang dan memiliki indikator kelembaban. Popok Dewasa Bagus Entrust Plus Adult Diaper dapat dibeli secara online. Anda bisa mengunjungi Lazada yang menawarkannya seharga Rp 109.000 dan Shopee dengan harga Rp 105.000.

Popoku Diapers Popok Dewasa

Sumber gambar Bukalapak

Popoku Diapers adalah popok yang bisa digunakan sebagai popok dewasa dan maternity pad. Kemampuannya dapat menyerap cairan lebih banyak dan mengubahnya menjadi gel. Popok sudah mengantongi sertifikat halal dan sertifikat Dinas Kesehatan ini sehingga aman digunakan dan mudah dibersihkan.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh popok dewasa Popoku adalah membuat kulit tidak mudah lembab dan mencegah timbulnya iritasi karena terbuat dari bahan yang higienis. Kelebihan lainnya dapat menyerap cairan secara maksimal, serta adanya wetness indicator system berupa gambar yang akan memudar apabila popok sudah penuh dan perlu diganti. Popok memiliki kemampuan daya rekat tinggi dan dapat dilepas pasang.

Popoku Diapers sudah mengantongi Sertifikat ISO 9001 dan dapat dibeli secara online. Produk asli buatan Indonesia ini bisa Anda beli melalui Bukalapak seharga Rp 65.000, atau di Shopee dengan harga Rp 47.000.

Linco Popok Dewasa

Sumber gambar Bukalapak

Linco merupakan popok dewasa model perekat yang memiliki berbagai kelebihan. Mulai dari proteksi samping untuk menghindari kebocoran, tampungan cairan ekstra, dan kontur oval yang membuat cairan menyebar secara merata sehingga terserap lebih cepat.

Selain itu kelebihan di bagian perekat tahan lama dan bisa disesuaikan lebih dari sekali. Bisa dipakai oleh pria dan wanita, Linco menggunakan bahan lembut yang dapat mengurangi iritasi. Anda bisa membeli Linco Popok dewasa di Shopee seharga Rp 41.000 Size XL isi 6 pcs.

Wecare Popok Dewasa

Sumber gambar Shopee

Wecare Popok Dewasa adalah popok dewasa tipe perekat yang punya berbagai kelebihan yang dibutuhkan oleh penderita inkontinensia urine. Popok ini memiliki fitur anti bacteria action yang mencegah tumbuhnya kuman berbahaya penyebab ruam dan penetral bau tak sedap.

Terdapat juga teknologi lapisan penyerap cairan yang cepat sehingga mampu memberi rasa kering dan nyaman, serta indikator penanda untuk mendeteksi kapan popok harus diganti. Anda bisa membeli produk ini secara online melalui Shopee seharga Rp 57.000 dengan isi 10pcs.

Lifree Popok Dewasa

Sumber gambar Shopee

Popok Lifree adalah jenis popok tipe celana yang dibuat dari bahan yang lembut sehingga membuat penggunaannya nyaman. Dengan daya serap enam kali, urine akan merata pada seluruh lapisan.

Bentuknya juga elastis sehingga mudah digunakan. Sirkulasi udara yang lancar pada semua bagian popok akan mencegah kelembaban berlebihan pada kulit. Anda dapat membeli popok ini secara online melalui Shopee dengan harga Rp 145.000 dengan ukuran XL dan isi 15 pcs.

Certainty Popok Dewasa

Sumber gambar Bukalapak

Rekomendasi popok perekat lainnya datang dari Certainty. Dengan bentuk yang elastis, menjadikan popok yang lembut ini sangat nyaman digunakan. Diperkaya dengan ekstra aloe vera yang mencegah timbulnya iritasi, popok dewasa yang satu ini juga mengandung anti bakteri yang mencegah tumbuhnya bakteri.

Tidak mudah bocor berkat keberadaan pelindung samping, popok tersebut juga memiliki kelebihan lainnya, yaitu daya serap yang cepat dan tinggi, sehingga permukaannya tetap kering. Popok dewasa ini bisa dibeli di Shopee dengan harga Rp 94.400 atau di Lazada dengan harga Rp 71.900 dengan ukuran L isi 10.

Oto Adult Diapers Popok Dewasa

Sumber gambar Shopee

Oto Adult Diapers adalah popok jenis rekat dengan harga ekonomis. Meskipun harganya murah, popok ini memiliki berbagai kelebihan, seperti daya serap yang tinggi dan permukaan popok yang sangat lembut serta tidak panas karena adanya sirkulasi udara. Selain itu, popok dilengkapi dengan pelindung perekat yang tidak mudah merusak popok. Anda bisa membeli popok ini di Lazada dengan harga Rp 52.900 dengan ukuran L atau di Shopee dengan harga Rp 45.000.

Sensi Diapers Popok Dewasa

Sumber gambar Shopee

Sensi Diapers adalah popok jenis perekat sekali pakai. Dengan keunggulan daya lapisan ganda yang mampu menyerap lebih banyak, pengunci cairan inti untuk mencegah kebocoran, dan daya rekat yang tinggi, popok dari Sensi ini sangat nyaman digunakan tanpa mengganggu aktivitas.

DIbuat dari bahan non-woven, Sensi Diapers akan memberikan kenyamanan ekstra karena permukaan kulit akan terlindungi dan bebas iritasi. Sensi Diapers Adult Pants XL8 tersedia di Shopee dengan harga Rp 70.000.

From our editorial team

Cermat Memilih Popok Dewasa dan Pastikan Keamanannya

Dalam memilih popok dewasa harus hati-hati. Popok yang tidak tepat dapat menyebabkan ruam kemerahan, iritasi, gatal, infeksi kulit (bakteri, jamur), serta luka. Untuk memilih bahan popok dewasa sebaiknya yang berbahan lembut selembut kain dan memiliki sirkulasi udara sehingga tidak panas dan nyaman untuk digunakan. Jika mengalami iritasi saat menggunakan popok, pertimbangkan untuk menggantinya.