Gula Darah Terkontrol dengan 10 Rekomendasi Susu Diabetes dari BP-Guide

Gula Darah Terkontrol dengan 10 Rekomendasi Susu Diabetes dari BP-Guide

Susu diabetes merupakan asupan wajib bagi penderita diabetes. Supaya penyakit diabetes tak makin parah, Anda wajib memilih susu yang tepat, ya. Cek rekomendasi dari kami ya!

Penderita Diabetes Harus Pandai Menjaga Kadar Gula Darahnya

Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang memiliki ciri berupa kadar gula yang tinggi. Glukosa alias kadar gula memang menjadi sumber energi bagi sel tubuh, namun jika glukosa menumpuk dan tak diserap sempurna oleh sel tubuh, maka yang terjadi adalah munculnya aneka gangguan pada organ tubuh. Saat kadar gula tak terkontrol, akan terjadi komplikasi yang membahayakan nyawa mereka yang menderita diabetes.

Pankreas dari para penderita diabetes tak bisa memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Padahal, tanpa insulin maka sel tubuh jadi kesulitan mengolah glukosa menjadi energi. Supaya kadar gula tak berlebihan dan tak membahayakan nyawa, maka penderita diabetes wajib terus mengatur pola makan dan rajin berolahraga supaya tubuh tetap sehat.

Penderita diwajibkan mengonsumsi buah, sayur, protein dan aneka biji-bijian. Selain itu makanan rendah kalori dan lemak juga sangat disarankan. Bahkan jika bisa, penderita diabetes harus rutin berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan pola makan yang tepat. Selain dari menjaga makanan dan pola makan, penderita juga wajib olahraga rutin 10 hingga 30 menit setiap hari. Hal penting lain yang wajib dilakukan penderita diabetes adalah menjalani tes HbA1C guna memantau kadar gula darah selama 2 hingga 3 bulan terakhir.

Penderita Diabetes Wajib Minum Susu Diabetes

Para penderita diabetes sangat disarankan untuk rutin minum susu. Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama sepuluh tahun terhadap 3.000 responden yang dibagi dalam dua kelompok, didapatkan hasil bahwa kelompok yang mengonsumsi berbagai jenis produk susu memiliki resistensi insulin 70 persen lebih rendah. Berbagai kandungan dalam susu, seperti laktosa, protein dan lemak memang bisa meningkatkan kadar gula. Tetapi jika laktosa diubah menjadi kadar gula diproses lebih lambat maka hasilnya malah bagus untuk mengontrol kadar gula darah.

Susu untuk penderita diabetes pun tak bisa asal susu saja. Ini karena tak semua susu bagus untuk penderita diabetes. Penderita wajib mengonsumsi susu khusus karena susu untuk penderita diabetes kaya akan nutrisi seperti kalsium guna menekan risiko osteoporosis.

Susu untuk penderita diabetes juga pastinya rendah gula sehingga lebih aman untuk dikonsumsi. Dengan susu semacam ini, penderita diabetes tetap bisa menikmati lezatnya susu tanpa khawatir kadar gulanya naik. Susu untuk diabetes juga bisa menjaga kadar gula dalam darah sehingga kadar gula jadi lebih stabil.

Tips Memilih Susu Diabetes

Utamakan Susu yang Rendah Lemak dan Tinggi Protein

Diabetes merupakan masalah kesehatan yang sangat mengkhawatirkan. Untuk itu tak salah jika kita mencoba segala cara guna menanggulangi diabetes. Salah satunya adalah memilih susu yang tepat untuk diabetes. Utamakan untuk memilih susu rendah lemak dan tinggi protein. Ini karena susu yang rendah lemak bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Seperti yang kita tahu, kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penderita diabetes mengalami stroke atau serangan jantung. Dengan susu yang kaya protein dan rendah lemak, maka kestabilan gula darah lebih terjaga dan kolesterol jahat bisa berkurang sehingga risiko membahayakan pada tubuh bisa diminimalisir.

Pastikan Susunya Rendah Gula

Pastikan bahwa susu yang dipilih untuk diabetes adalah susu rendah gula. Sebab jika memilih susu dengan kadar gula tinggi maka akan terjadi resistenti insulin. Hal ini hanya akan memperparah kondisi penderita diabetes. Meski susunya untuk diabetes, Anda tetap wajib mengecek kandungan gulanya. Jika kandungan gula tinggi, maka yang terjadi adalah penumpukan lemak perut yang bisa memperparah komplikasi diabetes.

Pilih Susu yang Tinggi Kandungan Vitamin D dan Kalsium

Hal lain yang wajib diperhatikan saat memilih susu diabetes adalah kandungan vitamin D dan juga kalsium. Mereka yang menderita diabetes memiliki struktur tulang yang lemah dan rentan mengalami patah tulang. Maka dari itu, kandungan seperti vitamin D yang bisa meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh sangat diperlukan. Kandungan kalsium yang tinggi juga sangat dibutuhkan supaya bisa menjaga kepadatan tulang sehingga risiko patah tulang bisa diminalisir.

Pilih Susu yang Sudah Teruji

Tak ada salahnya memilih susu berdasarkan merek yang sudah ternama. Susu diabetes dari merek yang sudah ternama tentu sudah teruji kualitasnya. Susu semacam ini terbuat dari bahan-bahan terpilih dan telah melalui penelitian yang cukup panjang sehingga lebih aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Susu yang sudah memiliki nama besar tentu tak akan asal saja memproduksi produknya demi menjaga nama baik brandnya. Ini karena susu dari brand ternama juga pastinya ingin terus berjaya sehingga mereka pasti akan terus berinovasi yang terbaik untuk produknya.

Ini Dia Pilihan Susu yang Bagus untuk Penderita Diabetes

Susu Diabetasol 180gr

Diabetesol merupakan salah satu susu paling dikenal untuk para penderita diabetes. Produk ini tersedia dalam rasa vanila dan rasa cokelat yang enak. Susu yang satu ini bisa menjaga kadar gula dalam darah dengan gizi lengkap dan seimbang. Indeks glikemiknya rendah sehingga bisa mengurangi terjadinya lonjakan gula darah tinggi setelah mengonsumsi makanan jenis karbohidrat. Susu juga rendah lemak sehingga bisa menghindari riesiko penyakit jantung koroner. Produk ini memiliki 12 vitamin dan 9 mineral yang bisa membuat tubuh selalu fit. Susu ini bebas gula sehingga sangat aman untuk mereka yang memiliki gejala diabetes.

Harga Rp. 42.000-52.000

Tropicana Slim Skim Milk 500gr

Berikutnya ada Tropicana Slim Skim Milk yang bisa diminum penderita diabetes. Susu yang satu ini rendah lemak dan juga rendah kolesterol. Produk ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Susu juga diperkaya Omega 3 dan serat alami dari tumbuhan chocory. Bahan tersebut bsia mencegah penumpukan plak kolesterol dan juga penyumbatan jantung. Susu yang satu ini bebas lemak jenuh dan tinggi akan kalsium sehingga baik untuk kesehatan tulang. Ada 3 pilihan rasa yang bisa dipilih yakni cokelat, vanila dan rasa kopi. Susu ini juga kaya akan fitosterol dan serat inulin yang membantu menurunkan risiko diabetes.

Harga Rp. 93.000-106.000

Lactona Diabe 300 gr

Lactona Diabe ini juga bisa jadi pilihan minuman susu untuk penderita diabetes. Susu ini hadir dalam varian rasa vanila dan cokelat. Produk ini tak akan menyebabkan lonjakan gula darah karena dalam susunya tak ada tambahan bahan gula. Tinggi serat pangan inulin, susu yang satu ini akan bisa menstabilkan gula darah. Susu ini dilengkapi dengan 11 vitamin dan juga 4 mineral. Produk juga merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh sehingga bisa menjadi sumber energi pengganti karbohidrat bagi gizi harian. Konsumsilah susu ini dua kali dalam sehari sesuai dengan anjuran pada kemasan.

Harga Rp. 51.000-64.000

Appeton 60 Plus Diabetic 900gr

Appeton 60 Plus Diabetic adalah produk selanjutnya yang bisa diandalkan. Susu yang satu ini cocok untuk lansia. Produk sudah diuji secara klinis dan bagus untuk penderita diabetes. Susu ini juga bisa meningkatkan nafsu makan dan menambah berat badan. Selain itu susu juga bisa membantu penyerapan protein dan mengurangi risiko kekurangan nutrisi. Susu ini hendaknya diminum 2 hingga 3 kali sehari. Minuman yang satu ini bisa juga digunakan untuk mereka yang memiliki riwayat hipertensi, gangguan saat menopause dan mereka yang menderita osteoporosis.

Harga Rp. 500.000-900.000

Nutren Diabetes 400gr

Nutren Diabetes merupakan produk minuman susu diabetes selanjutnya untuk Anda. Produk yang satu ini hadir dengan 30 vitamin dan mineral yang bisa menunjang kesehatan. Lebih lengkapnya, susu ini bebas laktosa dan juga bebas gluten. Susu ini bisa jadi sumber gizi tunggal atau sebagai gizi tambahan. Anda bisa juga menjadikan susu ini sebagai bagian pola makan diabetik untuk dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Ada pilihan rasa cokelat dan vanili yang lezat pada susu ini. Dengan indeks glikemiks rendah, susu ini juga diperkaya Omega 3 dan Omega 6. Susu ini tinggi kalsium sehingga bisa mencegah pengeroposan tulang.

Harga Rp. 140.000-200.000

Abbott Glucerna

Abbott Glucerna merupakan produk berikutnya untuk Anda andalkan. Susu diabetes yang satu ini memiliki bahan khusus untuk mereka yang menderita diabetes. Produk ini kaya akan protein dan rendah karbohidrat. Dengan kandungan indeks glikemiks yang rendah, tubuh bisa lebih bertenaga usai meminum susu ini. Produk diperkaya dengan omega 3 dan 6. Susu juga rendah lemak, bebas kolesterol dan bebas lemak jenuh. Anda bisa mengandalkan susu bebas laktosa dan gluten ini sebagai asupan tambahan gizi dalam keseharian. Ada pilihan rasa vanila dan cokelat untuk produk ini. Susu ini bisa mendukung metabolisme karbohidrat atau manajemen penderita diabetes supaya memiliki berat badan ideal.

Harga Rp. 840.000-1.120.000

DMensol Susu Diabetes

Anda bisa juga mencoba DMensol Susu Diabetes. Produk yang satu ini hadir dengan formula khusus untuk memberikan nutrisi lengkap dan seimbang untuk penderita diabetes. Susu yang satu ini hadir dengan rasa vanila yang enak dan tidak eneg rasanya. Ini bisa jadi makanan diet rendah kalori yang bagus. Cara pembuatannya mudah, cukup tambahkan 3 sendok takar ke dalam 200 mL air hangat. Aduk hingga larut dan susu siap dinikmati.

Harga Rp. 119.000-330.000

GLUCOFIT

Glucofit merupakan susu diabetes pertama yang menggunakan ekstrak kayu manis. Produk ini adalah inovasi terbaru dari Integrity Nutraceutical International di USA. Penambahan kayu manis adalah untuk menstabilkan gula darah. Susu ini juga bisa memenuhi kebutuhan gizi pasien diabetes. Glucofit tinggi akan kalium sehingga bisa membuat tubuh lebih kuat. Dalam susu juga ada 10 vitamin dan 5 mineral yang dibutuhkan tubuh. Produk juga mengandung serat pangan yang tinggi sehingga bisa menyerap kadar lemak darah terutama trigliserida. Anda bisa menjadikan produk ini sebagai susu diet pengganti makan malam. Suus ini tak hanya akan mengenyangkan namun juga bisa mencukupi kebutuhan kalori harian.

Harga Rp. 125.000-150.000

Dianeral

Dianeral ini juga bisa jadi pilihan yang pas untuk diet. Susu yang satu ini kaya akan nutrisi yang seimbang untuk tubuh. Produk ini kaya akan karbohidrat, protein, dan lemak yang tepat bagi penderita diabetes. Susu ini dilengkapi dengan vitamin dan mineral. Tanpa asam lemak trans serta kolesterol, susu ini bisa mengurangi resiko penyakit jantung koroner. Ada kandungan Kromium Pikolinat yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas hormon insulin. Susu dari USA ini juga kaya akan ekstrak Cinnamon yang bisa membantu mengendalikan kadar gula darah.

Harga Rp. 45.000-64.000

DIASWEET Litesip

DIASWEET Litesip merupakan produk yang sayang untuk dilewatkan. Susu yang satu ini kaya akan kolin dan kalsium. Selain itu di dalamnya juga ada serat dan protein yang bisa membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Produk ini hadir dalam pilihan rasa cokelat dan vanila. Susu ini tak memakai tambahan gula dna sepenuhnya memakai perasa manis alami. Produk ini sudah terjamin halal sehingga aman dikonsumsi.

Harga Rp. 41.000-51.000
From our editorial team

Jaga Kesehatan Tubuh dengan Makanan Sehat dan Rutin Berolahraga

Tidak ada yang ingin terserang penyakit berbahaya, namun kita tak tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Supaya bisa mengantisipasi penyakit dan meminimalkan risiko terjangkit penyakit berbahaya, tak ada salahnya bagi kita untuk menjaga kesehatan. Konsumsilah makanan sehat dan juga rutinlah berolahraga. Jika perlu lengkapi asupan gizi dengan susu yang tepat ya. Untuk Anda yang sudah terjangkit dengan penyakit seperti diabetes, perhatikan kadar gula darah dan minumlah susu yang tepat seperti yang kami sarankan di atas.

Tag