30 Rekomendasi Susu Formula Terbaik dari Dokter Anak sebagai Pelengkap Gizi dan Nutrisi Bayi

30 Rekomendasi Susu Formula Terbaik dari Dokter Anak sebagai Pelengkap Gizi dan Nutrisi Bayi

Tumbuh kembang bayi harus ditunjang dengan berbagai asupan gizi dan nutrisi yang baik. Salah satunya bisa didapatkan lewat susu formula. Memberikan susu formula pada bayi tidak boleh sembarangan, lho. Yuk, simak rekomendasi susu formula terbaik untuk bayi dari BP-Guide berikut ini!

Baca juga

Peran Susu Formula Sangat Penting Bagi Kelengkapan Gizi dan Tumbuh Kembang Anak

Sumber gambar momjunction.com

Susu formula menjadi salah satu komponen yang penting untuk memaksimalkan pertumbuhan anak. Terutama bagi anak yang sudah tidak lagi mendapatkan ASI, susu formula dapat menunjang kesehatan dan tumbuh kembang anak.

Selain kandungan karbohidrat sebagai sumber energi, susu formula juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral lainnya. Misalnya ada kandungan AHA dan DHA untuk meningkatkan pertumbuhan otak dan mata anak.

Susu formula harus diberikan sesuai usia anak agar manfaatnya semakin maksimal. Biasanya produk susu formula dikategorikan untuk anak usia 1-3 tahun, 4-6 tahun, 6 tahun ke atas, dan seterusnya. Kebutuhan susu setiap anak berbeda sesuai dengan usia mereka.

Ibu harus tahu berapa porsi susu harian yang tepat untuk anak. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah komposisi dan kandungan gizi susu formula. Pilih susu dengan kandungan nutrisi lengkap yang terbaik untuk anak.

Jenis-jenis Susu Formula yang Perlu Diketahui

Susu Formula dari Susu Sapi

Jenis susu formula yang paling umum dan banyak dijual di pasaran adalah susu formula yang terbuat dari susu sapi. Pemberian susu sapi pada bayi tidak boleh sembarangan dan harus di bawah pengawasan dokter karena susu sapi memiliki kandungan protein dan mineral yang tinggi. Kedua kandungan ini dapat menambah beban kerja ginjal bayi menjadi semakin berat sehingga dapat menyebabkan diare dan demam pada bayi.

Perhatikan juga jenis susu sapi yang dikonsumsi bayi sesuai dengan usianya. Susu sapi segar UHT sebaiknya tidak diberikan pada bayi di bawah satu tahun karena memiliki kandungan lemak yang tidak baik bagi bayi.

Di dalam susu sapi terdapat 2 jenis protein yaitu whey dan casein. Susu formula yang baik untuk bayi adalah yang mengandung lebih banyak protein whey dengan perbandingan 60:40.

Susu Formula dari Kedelai

Sumber gambar www.riteaid.com

Susu formula yang satu ini terbuat dari kacang kedelai atau soya. Biasanya bayi yang alergi susu sapi akan diberi susu formula dari soya. Susu soya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Dalam setiap 240 ml susu soya (setara 1 gelas air) mengandung 7 gram protein, 4 gram karbohidrat, 4 gram lemak, dan 80-100 kalori.

Kandungan nutrisinya boleh tinggi, namun bayi yang baru lahir hingga usia 6 bulan sangat tidak disarankan untuk diberi susu soya. Nutrisi yang terkandung dalam ASI jauh lebih tinggi dan lengkap untuk memaksimalkan pertumbuhan bayi. Susu soya sebaiknya diberikan pada bayi setelah usia 6 bulan.

Meski komposisinya berbeda, susu soya tidak kalah dengan susu sapi. Bahkan susu soya memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki susu sapi. Misalnya mengandung protein nabati yang aman untuk bayi, bersahabat untuk pencernaan bayi yang belum sempurna, dan kaya akan lemak tak jenuh yang sangat menyehatkan bagi tubuh.

Susu Formula Bebas Laktosa

Sumber gambar www.dischem.co.za

Laktosa adalah gula yang terkandung dalam susu. Meski kasusnya sangat jarang, namun ada bayi yang alergi terhadap laktosa. Alergi laktosa disebabkan ketidakmampuan tubuh bayi untuk menyerap kandungan gula dalam susu. Beberapa gejala yang sering muncul antara lain diare, perut kembung, dan nyeri pada perut.

Reaksi alergi biasanya muncul sekitar 30 menit setelah bayi meminum susu. Ditandai dengan seringnya bayi mengeluarkan kentut, perut yang semakin membesar, dan kotoran bayi berbusa dan berair.

Susu formula bebas laktosa biasanya menggunakan pemanis pengganti seperti sirop jagung yang lebih aman dan mudah diserap oleh tubuh bayi.

Susu Formulai Hidrolisat

Sumber gambar abbottnutrition.com

Jenis susu formula yang keempat adalah susu formula hidrolisat. Susu ini tidak bisa sembarangan diberikan pada bayi. Susu jenis hypoallergenic ini biasanya diberikan pada bayi yang memiliki alergi tertentu.

Alergi bayi ini sudah diprediksi sebelumnya karena orang tuanya memiliki riwayat alergi tersebut. Sehingga misalnya seorang bayi memiliki alergi susu sapi, maka dokter akan merekomendasikan susu formula hidrolisat.

Ada dua jenis susu formula hidrolisat yang harus diketahui. Pertama adalah susu formula hidrolisat ekstensif. Pada susu jenis ini, seluruh protein susu sapi telah dipecah dengan sempurna. Susu jenis ini baik diberikan pada bayi yang alergi susu sapi dan menunjukkan gejala parah seperti eksim atau asma.

Kedua adalah susu formula hidrolisat parsial. Kandungan protein susu sapi pada susu formula jenis ini hanya dipecah sebagian saja dengan tujuan agar bayi dapat kebal terhadap susu sapi nantinya. Dibandingkan dengan susu formula biasa, harga susu formula hidrosilat relatif lebih mahal.

Manfaat Susu Formula Bagi Anak

Menguatkan Struktur Tulang

Susu formula, terutama yang terbuat dari susu sapi, adalah sumber vitamin D yang sangat baik untuk anak. Manfaat dari vitamin D antara lain menguuatkan dan memadatkan tulang dan gigi pada anak. Dengan asupan vitamin D yang cukup, anak akan terhindar dari kelainan tulang dan osteoporosis. Kandungan susu formula lainnya yang berfungsi menguatkan tulang anak adalah kalsium, magnesium, dan fosfor.

Membantu Pertumbuhan Otak

Sumber gambar urbanhealth.com.my

Kebutuhan nutrisi untuk menunjang perkembangan otak anak sangatlah penting. Susu formula mengandung zat besi yang bisa memaksimalkan pertumbuhan otak anak. Saat memilih susu formula, pastikan ada kandungan AA dan DHA yang merupakan dua komponen terpenting bagi otak.

AA memiliki peranan yang penting dalam menyusun jaringan otak, meningkatkan kecerdasan, dan merangsang perkembangan saraf mata untuk penglihatan yang lebih sempurna. DHA punya fungsi yang sama dengan AA, yaitu meningkatkan perkembangan otak anak secara optimal.

Pemberian susu pada anak sangat penting karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengonsumsi susu secara rutin lebih cerdas dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Sumber Kalsium

Sumber gambar parenting.firstcry.com

Kalsium adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan. Bersama dengan protein, kalsium adalah kandungan terbesar yang ditemukan dalam susu formula. Pilih susu formula dengan kandungan kalsium tinggi dan rendah lemak. Rendah lemak bukan berarti menyebabkan penurunan berat badan pada anak, tetapi mengurangi masuknya lemak tak jenuh yang tidak baik.

Membuat Anak Lebih Aktif

Sumber gambar babycenter.com

Susu formula secara tidak langsung membuat gerak anak semakin aktif dan bersemangat. Di dalam susu formula memang tidak ada kandungan nutrisi yang bisa merangsang kemampuan motorik anak. Namun energi yang didapatkan dari susu formula membuat anak terus bersemangat dalam beraktivitas.

Jika anak punya banyak energi, ia tidak akan cepat lelah sehingga bisa mengeksplorasi dan mengembangkan diri mereka secara maksimal. Susu formula berperan sebagai sumber energi tambahan yang juga dapat menunda rasa lapar pada anak.

Mencegah Dehidrasi pada Anak

Sumber gambar workingmother.com

Tingkah polah anak yang sangat aktif dapat membuat mereka mengalami dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi kekurangan cairan pada tubuh yang bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Selain air, susu adalah sumber cairan yang baik untuk mencegah dehidrasi pada bayi dan anak. Kandungan mineral dan molekul air pada susu menjaga cairan di dalam tubuh tetap seimbang.

Dehidrasi juga bisa terjadi pada anak dengan disebabkan oleh beberapa kondisi. Misalnya anak yang sedang demam tinggi, diare dan muntah parah, hingga tidak mau banyak minum karena menolak ASI atau sedang tumbuh gigi.

30 Rekomendasi Susu Formula Terbaik Menurut Dokter Anak Sebagai Pelengkap Gizi dan Nutrisi

1. SGM Eksplor

SGM EKSPLOR 5PLUS 400GR ALL VARIAN - Madu hadir sebagai pelengkap nutrisi untuk memaksimalkan pertumbuhan di kecil. Diformulasikan dengan komposisi pilihan seperti kolin, prebiotik FOS-Inulis, 8 asam amino esensial kalsium untuk meningkatkan kepada tulang dan gigi anak serta membantu pembentukan membran sel secara optimal. Hadir dengan varian rasa madu yang manis dan lezat, membuat anak semakin bersemangat minum susu.

Harga Rp. 40.700-342.500

2. Susu Formula Nutribaby Royal

ASI memang susu terbaik untuk bayi yang baru lahir. Sayangnya, beberapa hal dapat menyebabkan bayi tidak bisa mendapatkan ASI dari ibunya. Untuk memastikan bayi tetap mendapat asupan gizi dan nutrisi yang seimbang, Nutricia Nutribaby Royal bisa dijadikan solusi tepat. NUTRIBABY Royal 1 Formula Bayi 0 - 6 Bulan adalah susu formula untuk bayi usia 0-6 dengan tekstur yang mirip dengan ASI agar lebih mudah dicerna oleh lambung bayi.

Harga Rp. 104.000

3. Susu Formula Vidoran Xmart 1+ Madu

Susu Formula Vidoran Xmart 1+ Madu hadir dengan kandungan Cod Liver Oil dan Asam Linoleat yang penting untuk tumbuh kembang anak. Dibuat dengan formula Nutriplex yang diperkaya beragam jenis vitamin dan mineral yang cocok untuk mendukung pertumbuhan anak usia 1-3 tahun. Susu ini juga kaya akan vitamin A dan D, dan serat pangan inulin yang baik untuk pencernaan anak. Cod Liver Oil bermanfaat untuk membentuk jaringan otak dan retina mata serta meningkatkan nafsu makan dan daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit.

Harga Rp. 21.500

4. Enfamil A Plus

Satu lagi susu formula untuk bayi baru lahir yang aman. Enfamil A+1 Susu Formula Bayi diperkaya dengan berbagai nutrisi penting untuk bayi usia 0-6 bulan seperti ARA, DHA, dan probiotik GOS yang baik untuk pencernaan. Lima studi klinis menunjukkan banhwa susu ini dapat mendukung memori dan kemampuan memecahkan masalah pada anak. Pemberian susu formula pada anak di bawah 6 bulan harus berada di bawah pengawasan dokter.

Harga Rp. 202.000

5. Wakodo Gungun Baby Milk Formula

Wakodo menjadi salah satu merek susu formula ternama di Jepang dan merupakan pioner dalam menciptakan susu formula dan makanan untuk bayi. Adapun susu formula Gungun diciptakan khusus untuk bayi berusia sembilan bulan hingga tiga tahun. Kandungan di dalamnya cukup lengkap, termasuk vitamin dan DHA yang bisa membantu perkembangan otak di masa pertumbuhan.

Harga Rp. 425.000

6. Susu Formula Nutricia Bebelove 1

ASI eksklusif sangat disarankan untuk bayi, terutama pada usia 0-6 bulan. Namun jika ibu tidak bisa memberikan ASI untuk bayi, maka ada susu formula yang bisa diberikan sebagai pengganti ASI. Meski nutrisi ASI tidak dapat tergantikan, ibu harus pintar memilih merek susu yang kandungannya mirip dengan ASI. Nutricia Bebelove 1 kaya akan kandungan prebiotik FOS yang membantu kesehatan pencernaan bayi, laktoferin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kalsium yang menunjang pertumbuhan tulang dan gigi, serta zat besi dan vitamin serta mineral lainnya. Salah satu kelebihan susu ini adalah bebas dari gula pasir tambahan yang dapat menyebabkan obesitas pada anak.

Harga Rp. 34.500

7. Wyeth S-26 Promil Gold

Di masa awal pertumbuhannya, bayi harus mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap agar dapat tumbuh secara optimal. Pilih susu formula terbaik untuk bayi sebagai pelengkap asupan gizinya. S26 Promil Gold Tahap 1 adalah pilihan terbaik bayi bayi usia 0-6 bulan. Diformulaikan dengan kandungan khusus seperti protein, karbohidrat, asma linoleat, vitamin, kalsium, dan mineral yang dibutuhkan oleh bayi. Tidak ketinggalan zat besi dan zinc untuk pembentukan jaringan otak dan otot yang lebih sempurna. Omega 3 dan Omega 6 dalam susu ini adalah komponen terbaik untuk membentuk membran sel otak serta AA dan DHA yang tidak dapat dibentuk sendiri oleh tubuh.

Harga Rp. 165.000

8. Susu formula Nutramigen LGG

Meadjohnson Nutramigen LGG Formula Hipoalergenik 0-12 bulan adalah susu yang proteinnya telah terhidrolisa secara ekstensif atau menyeluruh. Protein susu sapi dipecah hingga ukuran yang sangat kecil agar tidak memicu reaksi alergi pada bayi. Pemberian susu ini harus di bawah pengawasan dokter. Susu formula ini tidak mengandung laktosa dan galaktosa, namun diperkaya dengan kandungan probiotik, DHA, ARA, serta kandungan vitamin yang lengkap. Telah teruji klinis mampu menurunkan reaksi alergi terhadap susu sapi.

Harga Rp. 360.000

9. Abbot Similac Advance

Similac Advance 2 dari Abbot adalah susu yang diformulasikan untuk bayi usia 6-12 bulan untuk mendukung tumbuh kembang mereka. Beberapa kandungan yang ada dalam susu formula ini antara lain minyak nabati pilihan untuk melancarkan pencernaan, laktosa dan GOS untuk menyehatkan lambung, AA dan DHA untuk perkembangan otak bayi, serta nukleotida untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Harga Rp. 195.000

10. Friso Frisolac Gold

Frisolac Gold 1 adalah susu yang tepat untuk melengkapi nutrisi di masa awal kehidupan anak. Dengan kandungan gizi yang lengkap, susu ini sangat tepat untuk bayi usia 0-6 bulan. Probiotik bekerja memerangi bakteri berbahaya dalam pencernaan bayi serta meningkatkan pertumbuhan bakteri baik agar pencernaan anak tetap sehat. Selain itu kandungan nukleotida mendukung pertumbuhan bayi secara keseluruhan. Kandungan AA dan DHA adalah nutrisi yang penting untuk otak. Namun pemberian susu ini tetap harus di bawah pengawasan dokter.

Harga Rp. 375.000

11. SGM Ananda

SGM Ananda merupakan susu formula untuk bayi berusia dari 0-6 bulan, yang diformulasikan dengan komposisi gizi yang membantu mendukung perkembangan bayi. SGM Ananda 1 juga mengandung komponen penyusun protein, zat besi yang dapat membantu pembentukan sel darah merah dan membantu mencegah anemia karena defisiensi zat besi, Prebiotik FOS Inulin yang dapat membantu mempertahankan fungsi saluran pencernaan serta Kolin yang berperan sebagai pembentuk fosfatidilkolin, yang merupakan bagian terpenting dari membran sel.

Harga Rp. 92.000

12. Nestle Lactogen 1

LACTOGEN 1 merupakan susu yang diformulasi secara khusus untuk bayi usia 0-6 bulan. Susu formula ini bisa membantu tahap awal pertumbuhan anak. Susu LACTOGEN 1 memiliki rasa yang enak dan bisa menjadi kesukaan si kecil untuk membantu tumbuh kembangnya. Susu LACTOGEN 1 ini tidak membuat mual si kecil.

Harga Rp. 60.900

13. Vidoran My Baby

Vidoran My Nutriplex Susu Formula menjadi opsi susu formula bayi berusia 0 hingga 6 bulan. Cod Liver Oil (minyak hati ikan cod) dan nutrisi penting lainnya menjadi kandungan utama dari susu, yang diformulasikan khusus sesuai dengan kebutuhan si kecil. Susu ini bisa menjadi pendamping ASI, yang tetap menjadi makanan terbaik untuk bayi.

Harga Rp. 6.900

14. Frisian Baby Primamil

Susu Frisian Baby PRIMAMIL 0-6 Bulan merupakan susu formula awal untuk bayi usia 0-6 bulan sebagai pengganti Air Susu Ibu (ASI). Susu ini mengandung, DHA:AA, yang bersinergi maksimal dalam pembentukan sel syaraf otak bayi dan didukung Asam Sialat & Sphingomyelin. Selain itu, kandungan 9AAE (9 Asam Amino Esensial), yang merupakan protein luar biasa untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil secara prima juga terdapat dalam susu formula ini. Kandungan laktosa dan dominan protein whey, yang merupakan bentuk karbohidrat dan protein sederhana sehingga mudah diserap oleh pencernaan bayi yang belum sempurna, sementara Prebiotik FOS mampu meningkatkan kinerja pencernaan si kecil. Dukungan 14 nutrisi penting lainnya seperti omega 3, 6, vitamin A, C, E, zinc, selenium, kalsium, vitamin D3 melengkapi kandungan dalam susu formula ini.

Harga Rp. 22.000

15. Susu Bimbi 1

Karena merupakan makanan terbaik untuk bayi berusia 0 sampai 6 bulan, air susu ibu wajib diberikan dan dianjurkan dilanjutkan hingga anak berusia 2 tahun. Jika membutuhkan makanan tambahan, atau kondisi medis yang mengharuskan demikian, susu Bimbi 1 bisa menjadi susu formula pilihan. Kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak tersaji di dalamnya, termasuk vitamin, asam folat, DHA dan AA dan masih banyak lagi lainnya.

Harga Rp. 24.000

16. Morinaga BMT Platinum 1

Morinaga BMT Platinum 1 bbisa jadi pilihan sebagai susu formula lanjutan untuk anak usia 6 bulan -1 tahun untuk mengurangi risiko alergi. Kandungan susu formula di dalamnya sangat lengkap. Tiap 100 gram serbuk mengandung fat 20.7 gram, linoleic acid 2.5 gram, protein 13.8 gram, carbohydrate 55.2 gram, natrium 241.4 mg, kalium 655.2 mg, vitamin A 1,800 IU, vitamin C 79.3 mg, vitamin D 320.7 IU, vitamin E 9 IU, vitamin K 20 mcg, yang kesemuanya itu dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

Harga Rp. 145.000

17. PediaComplete

PediaComplete adalah minuman serbuk nutrisi padat energi yang diformulasikan secara ilmiah, yang berfungsi sebagai dukungan nutrisi untuk tumbuh kembang anak usia 1-10 tahun yang bermasalah makan dengan rasa yang lezat. Kandungan susu formula ini relatif lengkap, seperti padat energi 1Kkal/ml, rasio protein 12%, kandungan MCT (asam lemak rantai sedang), 14 Vitamin dan 9 Mineral, asam linolenat serta AA dan DHA untuk mendukung perkembangan otak. Susu formula ini juga rendah laktosa dan memiliki kandungan prebiotik, Vitamin A, C, dan E serta mineral Zink & Selenium.

Harga Rp. 153.900

18. Susu Blemil 1

BLEMIL 1 Susu Formula Tin merupakan susu formula untuk bayi berusia 0 - 6 bulan. Susu bayi dari Blemil ini diperkaya dengan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan giginya, zat besi untuk menghindarkannya dari berbagai penyakit, dan berbagai manfaat lain yang penting bagi tumbuh kembangnya.

Harga Rp. 75.000

19. Bebelove Gold Soya

Bebelove Gold Soya 1 merupakan susu formula bayi dengan Isolat Protein Kedelai untuk bayi usia 0-6 Bulan. Penggunaan susu soya bayi ini hanya dapat dilakukan sesuai saran dan petunjuk dokter dan ahli kesehatan lainnya. Adapun kandungan nutrisi di dalamnya tidak kalah lengkap dengan susu formula lainnya, seperti Maltodekstrin, campuran minyak nabati yang mengandung antioksidan askorbil palmitat dan tokoferol, vitamin lengkap, minyak ikan dan masih banyak lagi lainnya.

Harga Rp. 37.000

20. Nan Ph Pro 1

AN HA 1 ( NAN pH Pro 1 ) adalah salah satu pilihan susu formula untuk bayi usia 0-6 bulan, yang diformulasikan dengan kandungan OPTIPRO HA Protein hypoallergenic, Bifidobacterium Lactis, dan DHA yang akan memberikan asupan penting bagi tubuh anak. Diperkaya dengan nutrisi LA & ALA sebagai sumber asam lemak essensial untuk dasar pembentukan DHA, susu formula ini memiliki segala manfaat sebagai asupan nutrisi lanjutan anak.

Harga Rp. 185.500

21. SGM Ananda Soya

Meski tidak bisa menggantikan ASI sebagai nutrisi terbaik bagi bayi, susu formula SGM Ananda Soya bisa diberikan sebagai makanan tambahan. Susu formula ini diproduksi khusus untuk bayi yang mengalami alergi protein susu sapi/galaktosemia, yang digantikan dengan formula isolat protein kacang kedelai. Kandungan nutrisi di dalamnya lengkap, mulai dari kalsium, protein, zat besi, asam folat dan juga Vitamin B1, B2, B3, B6, B12.

Harga Rp. 30.600

22. Lovetona 1

Lovetona 1 adalah susu formula bayi sebagai pengganti ASI untuk bayi berusia 0 bulan sampai dengan 6 bulan. Susu ini diformulasikan menjadi satu-satunya sumber gizi dalam bulan-bulan pertama kehidupannya, sampai dengan bayi diperkenalkan kepada makanan pendamping ASI. Dengan bahan utama susu sapi, susu ini mengandung gizi utama, yakni protein, karbohidrat dan lemak, dilengkapi dengan vitamin-vitamin dan mineral-mineral dalam jumlah yang seimbang, disesuaikan dengan kandungan gizi yang terdapat dalam ASI dan diatur dalam Standar Nasional Indonesia (SNI). Selain gizi utama, Lactona 1 juga dilengkapi dengan Asam Folat, Asam Linoleat, DHA dan FOS (Frukto Oligo Sakarida).

Harga Rp. 12.000

23. Morinaga BMT Soya

Susu formula lain yang bisa dipilih untuk bayi yang mengalami kondisi medis alergi terhadap susu sapi, intoleransi laktosa, atau menderita galaktosemia. Isolat protein kedelai menjadi bahan dasar susu formula ini, dengan tanpa penambahan laktosa untuk menghindari gejala alergi. Susu formula ini mendapat asupan nutrisi dengan baik, membantu tumbuh kembang anak dengan sempurna karena mengandung kalsium, protein, AA & DHA, vitamin dan mineral dan menawarkan rasa yang nikmat.

Harga Rp. 80.000

24. Bellamys Organic

Bellamy's Organic Infant Formula 1 menjadi salah satu pilihan susu formula lain untuk bayi berusia 0-6 bulan. Kandungan nutrisi di dalamnya lengkap, mulai dari nutrisi organik seperti minyak sayur, DHA dan ARA dan banyak lagi lainnya. Vitamin dan mineral juga ditambahkan di susu formula ini, untuk meningkatkan manfaat sebagai susu formula pengganti ASI untuk bayi.

Harga Rp. 449.000

25. Morinaga BMT PHP Plain

Untuk bayi yang mengalami riwayat alergi susu, susu Morinaga BMT P-HP bisa menjadi alternatif untuk tambahan. Susu ini dibuat dengan kandungan protein susu sapi yang telah diolah secara enzimatik. Kandungan nutrisi di dalamnya juga lengkap, dari vitamin, mineral, DHA dan AA dan masih banyak lagi lainnya.

Harga Rp. 155.000

26. Arla Baby & Me Organic

Arla Baby&Me Organic merupakan susu organik yang dihasilkan oleh sapi organik. Sapi organik Arla hanya makan rumput dan biji-bijian organik, tidak disuntik hormon pertumbuhan, dan sapi bebas bermain di alam. Kandungan nutrisi di dalamnya juga komplet, dari Omega 3 dan Omega 6 Organik, serta AA DHA, FOS dan GOS Organik, tinggi zat besi serta mengandung 15 vitamin dan 12 mineral dan tidak menghadirkan gula tambahan. Seluruh kebaikan nutrisi ini dihadirkan dalam bentuk organik, karena lebih natural, lebih baik.

Harga Rp. 162.000

27. S-26 Promil Ultima Tahap 1

S-26 Promil Ultima Tahap 1 menjadi salah satu susu formula yang banyak direkomendasikan oleh tenaga kesehatan untuk bayi yang memiliki kondisi medis tertentu. Kandungan nutrisi di dalamnya dibutuhkan oleh bayi dalam tumbuh kembang tubuh dan otak. S-26 Promil Ultima Multicare System juga menjadi susu pertumbuhan pertama di Indonesia yang menggunakan susu skim berasal dari sapi A2 untuk bantu melengkapi kebutuhan nutrisi anak usia 0 sampai 6 bulan.

Harga Rp. 155.000

28. Nutrigizi Nature One Organic 1

Nature One Dairy Step 1 menjadi salah satu alternatif susu formula untuk bayi yang baru berusia 0 - 6 bulan. Susu formula ini diproduksi di Australia dengan menggunakan bubuk susu organik yang tersertifikasi oleh Australia Cerufied Organic dan mendapatkan sertifikat halal. Kandungan nutrisi di dalamnya juga lengkap, yang menjadikan susu ini ideal untuk pendamping ASI.

Harga Rp. 428.000

29. Aptamil Essensis Organic A2

Aptamil Essensis 1 Premium Formula Bayi merupakan alternatif lain susu formula dengan formulasi susu protein A2 organik, yang memiliki campuran sinbiotik yang dipatenkan. Susu ini juga diproduksi dari pertanian organik bersertifikat di Selandia Baru, menggabungkan campuran sinbiotik unik yang dipatenkan dengan susu protein A2 organik, menjadikannya formulasi paling eksklusif untuk membantu membangun fondasi yang kuat untuk masa depan bayi.

Harga Rp. 1.289.300

30. Nutricia Infatrini

Nutricia Infatrini membantu dalam memaksimalkan tumbuh kembang si kecil. Susu formula bayi ini juga menjadi rekomendasi dokter untuk anak yang memiliki keperluan medis khusus dengan gangguan pertumbuhan. Memiliki kandungan kalori lebih tinggi dari standar susu formula bayi umumnya, yaitu 100 kkal/100 ml, susu ini ideal digunakan untuk bayi yang mengalami masalah penyakit jantung, bronchopulmonary dysplasia, ataupun mengalami luka bakar. Susu ini tinggi nutrisi, baik kalsium sebagai komponen untuk membentuk dan mempertahankan kepadatan tulang serta gigi, hingga protein yang membangun jaringan tubuh serta sebagai komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi. Susu juga memiliki LCP (Long-Chain Polyunsaturated Fatty Acids) dengan kandungan Arachidonic Acid, AA, Docosahexaenoic Acid, serta DHA yang baik untuk perkembangan otak si kecil, formula Nutricia Prebiotics dengan kandungan Galacto-Oligosaccharides, GOS, Long-Chain Fructo-Oligosaccharides, dan lcFOS yang baik untuk sistem pencernaan si kecil, kandungan Nukleotida untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kekebalan si kecil serta kaya vitamin A, D3, E, K1, B1, B2, B3, B5, B6,B9, B12, dan C.

Harga Rp. 250.000
From our editorial team

Berikan Asupan Nutrisi Lengkap dan Seimbang untuk Bayi agar Tumbuh Kembangnya Sempurna

Susu adalah minuman bernutrisi yang wajib diberikan kepada bayi. Tetapi ibu juga harus ingat bahwa pemberian gizi yang seimbang dengan menu 4 sehat 5 sempurna adalah kebutuhan utama bagi bayi. Dengan 4 jenis makanan sehat, tumbuh kembang bayi akan lebih maksimal. Jangan lupa lengkapi komponen 5 sempurna dengan susu formula terbaik rekomendasi BP-Guide di atas ya!

Tag