Bersihkan Rambut Bayi dengan 10 Rekomendasi Sampo Bayi Terbaik 2020 Ini!

Bersihkan Rambut Bayi dengan 10 Rekomendasi Sampo Bayi Terbaik 2020 Ini!

Saat memandikan bayi, jangan lupa mengeramasinya juga jika kondisi rambutnya sedang kotor. Jangan biarkan sel mati menumpuk dan bikin kepala bayi jadi gatal. Nah, Anda bisa gunakan sampo khusus bayi untuk hal ini. Jangan asal pilih samponya, ya. Anda bisa cek cara memilih sampo bayi yang bagus. Simak juga rekomendasi sampo bayi terbaik dari kami!

Bayi Juga Wajib Keramas, Ketahui Fakta Seputar Keramas untuk Bayi!

Memiliki buah hati yang baru lahir tentu kita perlu merawatnya dengan benar. Sebagai ibu baru, kita perlu banyak belajar demi kenyamanan buah hati kita, termasuk dalam hal mandi dan keramas buah hati. Rambut bayi memang lembut dan masih sangat tipis. Ini sebabnya, untuk urusan keramas, kita tidak bisa asal saja.

Rambut bayi perlu dibersihkan secara rutin, salah satunya dengan cara dikeramasi. Ini akan membuat rambutnya lebih harum dan juga lebih sehat. Idealnya bayi bisa dikeramasi setiap hari, utamanya untuk bayi yang banyak berkeringat dan yang memiliki rambut tebal. Namun, jika sedang musim hujan, maka Anda bisa mengeramasinya 2 hingga 3 kali seminggu saja.

Keramas adalah cara untuk mencegah penumpukan sel kulit mati di kulit kepala. Jika sel kulit mati menumpuk maka bisa menghambat pertumbuhan sel kulit baru. Jika sudah begini maka kulit kepala bayi bisa berkerak dan bikin kepala gatal serta tidak nyaman.

Untuk keramas, si kecil tidak harus memakai sampo. Jika memang rambutnya masih sangat tipis atau kondisi rambut tidak terlalu kotor, Anda bisa cukup membersihkannya dengan air tanpa sampo. Pastikan Anda memakai air hangat untuk mencuci rambut bayi agar ia merasa nyaman. Boleh juga mengeramasinya memakai sampo namun pastikan samponya harus khusus untuk bayi,ya.

Yang perlu diingat adalah jangan keramas secara berlebihan. Jika kepala bayi tidak terlalu berkeringat atau kotor sebaiknya jangan keramas setiap hari karena bisa menyebabkan kulit kepala jadi kering. Sesuaikan intensitas keramas dengan cuaca dan kondisi kepala dan rambut bayi.

Tips Memilih Sampo Bayi yang Tepat

Pastikan Produk Khusus Bayi

Saat mengeramasi bayi dengan memakai sampo bayi maka pastikan Anda memakai produk khusus untuk bayi. Ini karena kebanyakan sampo orang dewasa banyak mengandung zat kimia yang membuat samponya begitu berbusa. Di satu sisi bisa jadi busa yang banyak mampu membuat rambut bersih. Di sisi lain kandungan busa yang banyak tersebut juga bisa membuat rambut jadi terlalu kering. Jadi jangan sampai memakaikan sampo dewasa pada nayi, ya.

Kulit kepala bayi masih sangat lembut dan sensitif maka dari itu harus berhati-hati memilih samponya. Bahkan Anda juga disarankan untuk melakukan tes terlebih dahulu terhadap tingkat sensitivitas kulit bayi terhadap sampo yang akan dipakainya. Ini supaya kita tahu apakah samponya aman untuk buah hati dantidak meninggalkan efek iritasi dan lainnya.

Cek Bahan dan Pastikan Hypoallergenic

Ketika membeli sampo bayi, tentu And wajib mengecek bahan samponya. Memang sih kita tidak paham dengan beberapa kandungan yang ada dalam komposisi bayi, kendati demikian Anda wajib memastikan beberapa hal. Pertama, pastikan samponya bebas alkohol. Kedua, pastikan samponya tidak memiliki busa berlebih. Dan ketiga, pastikan bahannya hypoallergenic. Artinya sampo tersebut minim risiko alergi pada bayi.

Sampo bayi juga harus bebas pewangi yang terlalu tajam. Bahan pewangi yang terlalu kuat bisa mengiritasi kulit kepala bayi. Contoh senyawa kimia wangi yang berbahaya adalah Phthalates. Usahakan memilih sampo bayi dengan bahan surfactant. Ini adalah bahan yang bisa menarik minyak yang mengandung kotoran dari rambut. Surfactant merupakan bahan yang lembut dan aman untuk kulit bayi.

Sampo juga harus memiliki pH yang seimbang. Untuk rambut bayi, pH seimbangnya adalah 4,5 sampai 6. Dengan pH seimbang maka rambut bayi tidak akan mudah kusut.

Pilih yang Berbahan Alami

Anda bisa juga memilih sampo bayi dengan bahan yang alami. Sampo dengan bahan alami akan merawat rambut si kecil dengan lebih aman. Anda juga tidak perlu was-was dengan produknya. Risiko kulit kepala bayi iritasi pun bisa diminimalisir. Beberapa bahan alami yang umum digunakan dalam sampo bayi adalah aloe vera, madu, minyak zaitun, susu, minyak kelapa, kemiri, dan lain sebagainya. Anda juga bisa memilih bahan seperti seha butter, oat, dan lainnya yang sekiranya bisa menenangkan kulit bayi yang lembut.

Tidak Pedih di Mata

Tentu saja saat memilih sampo bayi kita wajib memilih yang bahannya tidak menyebabkan pedih di mata. Anda tentu tidak ingin si kecil menangis hanya karena samponya pedih saat terkena mata tanpa sengaja. Maka dari itu, pastikan samponya berbahan lembut. Cek pada labelnya apakah sampo tersebut tidak pedih di mata.

Ini Loh Produk Sampo Bayi yang Bisa Jadi Pilihan Anda

Cetaphil Baby Shampoo

Cetaphil Baby Shampoo merupakan rekomendasi pertama dari kami. Sampo bayi yang satu ini aman untuk digunakan buah hati. Ini karena samponya tidak mengandung pewangi sehingga kulit kepala bayi tidak akan iritasi. Selain itu, sampo ini juga kaya akan gliserin dan panthenol yang bisa menutrisi kulit kepala bayi tanpa membuatnya jadi kering.

Dengan formula hypoallergenic, sampo yang satu ini juga tidak pedih di mata. Saat keramas jadi lebih menyenangkan untuk bayi. Aroma samponya segar alami tanpa wangi buatan sehingga aromanya bisa tahan lama.

Harga Rp. 60.000-150.000

Aveeno Baby Gentle Conditioning Shampoo

Aveeno Baby Gentle Conditioning Shampoo tentu sayang untuk dilewatkan. Produk yang satu ini akan menjadikan rambut buah hati jadi makin halus dan lembut. Rambut si kecil juga bisa lebih ternutrisi dengan penggunaan yang tepat. Sampo yang satu ini hadir dengan bahan utama gandum dan vitamin E. Berkat kedua bahan tersebut, kulit kepala bayi lebih bersih dari keringat, sel kulit mati, dan kotoran.

Rambut buah hati jadi lebih mudah diatur setiap hari. Produk ini cocok untuk kulit sensitif. Sampo ini bebas sabun dan paraben sehingga tidak pedih di mata.

Harga Rp. 120.000-405.000

Sebamed Children Shampoo

Jangan lewatkan untuk menggunakan Sebamed Children Shampoo. Produk yang satu ini adalah sampo yang pas untuk buah hati. Sampo ini hadir dengan bahan seimbang yang bisa menyuburkan dan menyegarkan rambut buah hati. Dengan kandungan ekstrak chamomile, sampo bayi yang satu ini bikin kulit bayi tidak iritasi. Rambut bayi juga jadi lebih halus sehingga lebih mudah disisir.

Sampo yang satu ini mampu menstabilkan mantel asam pelindung biologis kulit kepala sehingga kepala bayi tetap sehat. Produk dengan kandungan pH 5.5 ini aman untuk kulit bahkan untuk bayi yang memiliki alergi. Dikemas dalam botol flip flop, sampo ini mudah digunakan.

Harga Rp. 93.000-212.000

Zwitsal Natural Baby Shampoo Aloe Vera

Zwitsal Natural Baby Shampoo Aloe Vera adalah pilihan selanjutnya untuk buah hati Anda. Sampo yang satu ini mampu membersihkan kulit kepala bayi dengan maksimal sehingga bisa bebas debu, kotoran, keringat, dan sel kulit mati. Selain itu, produk ini juga bisa merawat dan memperindah rambut.

Dalam sampo ini terdapat kandungan alami aloe vera, kemiri, dan seledri. Bahan-bahan tersebut bisa membuat rambut si kecil lebih ternutrisi dan lebih sehat. Produk yang satu ini juga tidak pedih di mata. Sampo ini hypoallergenic jadi aman untuk digunakan. Produk ini bekerja aktif dan membuat rambut bayi lebih lebat dan lebih hitam.

Harga Rp. 11.900-29.900

Pigeon Baby Shampoo Chamomile

Pigeon Baby Shampoo Chamomile menjadi produk rekomendasi selanjutnya dari kami. Sampo bayi yang satu ini hadir dengan ekstrak jojoba dan chamomile. Kandungan tersebut bikin rambut si kecil lebih ternutrisi secara menyeluruh. Rambut jadi lebih lembut dan tidak mudah kusut. Rambut mudah disisir dan aromanya begitu menyegarkan. Karena memakai bahan alami, jadi sampo ini tidak memakai pewangi buatan. Produk ini juga tidak akan mengiritasi mata sehingga aman digunakan.

Sampo ini juga bebas paraben dan memiliki pH yang seimbang jadi bisa menyehatkan kulit kepala si kecil. Sampo ini tidak pedih di mata. Produk ini tidak mengandung pewarna. Sampo juga sudah memiliki sertifikat Halal sehingga tidak perlu ragu lagi memakainya.

Harga Rp. 14.000-43.900

Cussons Almond Oil and Honey Baby Shampoo

Anda juga bisa memakai Cussons Almond Oil and Honey Baby Shampoo untuk buah hati. Sampo yang satu ini bikin saat mandi keramas jadi lebih menyenangkan. Samponya tidak pedih di mata karena bahannya lembut. Produk ini melindungi kulit kepala bayi dari kekeringan dan membuatnya lebih lembap. Sampo ini akan menjaga rambut tetap lembut sepanjang hari.

Sampo dengan almond oil ini membuat rambut lebih mudah disisir. Rambut bayi juga makin lebat dan indah. Rambut anti kusut dan pastinya memiliki aroma yang menyegarkan. Sampo yang satu ini memiliki pH seimbang. Selain itu, sampo ini bebas paraben dan sudah ulus uji dokter spesialis mata.

Harga Rp. 6.800-12.000

Mustela Gentle Shampoo

Mustela Gentle Shampoo menjadi rekomendasi selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan. Sampo bayi yang satu ini diformulasikan secara khusus untuk bayi baru lahir. Ini membuatnya sangat aman digunakan. Produk ini mampu menyeimbangkan kelembutan kulit kepala bayi. Dengan sampo ini maka rambut dan kulit kepala bayi jadi lebih bersih dan lebih lembut. Rambut jadi anti kusut dan lebih mudah disisir.

Sampo dengan kandungan Avocado Perseose ini tidak hanya bisa menghaluskan rambut bayi namun juga bisa memperkuat akar rambutnya. Dengan 93 % bahan dari alam, sampo ini bebas paraben dan pewangi buatan. Sampo ini hypoallergenic dan sudah diuji secara dermatologi sehingga dipastikan aman untuk buah hati.

Harga Rp. 99.000-246.000

Purebaby Wash

Purebaby Wash adalah produk selanjutnya untuk Anda pilih. Sampo untuk buah hati ini ramah untk kulit yang sensitif sekalipun. produk yang satu ini bisa menjaga kelembapan dan kelembutan kulit sensitif bayi. Sampo juga bebas dari berbagai zat aditif yang bisa membuat kulit bayi iritasi.

Produk ini hadir dengan Pro Vitamin B5 sehingga bisa melembapkan rambut dan membuatnya jadi lebih halus. Rambut bayi jadi lebih lebat dan lebih mudah disisir. Sampo yang satu ini bebas deterjen, alkohol, dan paraben. Sampo juga bebas pewangi buatan. Produk ini hypoallergenic dan tidak pedih di mata.

Harga Rp. 26.000-53.000

Pigeon Baby Foam Shampoo

Pigeon Baby Foam Shampoo adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini adalah sampo dalma bentuk foam yang lembut. Sampo bisa menghasilkan busa dengan cara yang mudah. Dengan fungsi mirip vernix, sampo yang satu ini akan membersihkan kulit kepala bayi dengan sangat optimal. Produk ini juga bisa melembapkan dan melembutkan kulit kepala bayi. Sampo ini bikin rambut lebih lebat dan lebih kuat.

Harga Rp. 258.000-442.000

Cow Style QP Baby Foaming Shampoo

Cow Style QP Baby Foaming Shampoo adalah rekomendasi terakhir dari kami. Sampo yang satu ini bisa menghadirkan busa yang mudah dibilas. Sampo ini juga bisa bikin Anda lebih cepat mengeramasi si kecil. Produk ini dikemas dalam botol praktis. Sampo ini bisa menghasilkan busa yang melimpah. Rambut bayi jadi lebih bersih maksimal. Rambut juga jadi lebih lembap dan lembut. Sampo ini tidak pedih di mata.

Harga Rp. 50.000-200.000
From our editorial team

Baca Aturan Pakai Sampo pada Kemasan

Saat mencuci rambut bayi jangan asal seperti saat kita mencuci rambut sendiri. Lakukan dengan perlahan dan penuh kehati-hatian. Jangan lupa juga untuk membaca dengan teliti aturan pakai samponya. Tuang sampo secukupnya pada telapak tangan lalu usap perlahan pada rambut si kecil secara menyeluruh. Gosok lembut lalu bilas perlahan dengan air memakai tangan. Selanjutnya keringkan memakai handuk dengan cara ditekan lembut.