Ulang Tahun Pertama semakin Meriah dengan 10 Rekomendasi Kado untuk Bayi Perempuan 1 Tahun yang Bermanfaat (2020)

Ulang Tahun Pertama semakin Meriah dengan 10 Rekomendasi Kado untuk Bayi Perempuan 1 Tahun yang Bermanfaat (2020)

Bayi berusia satu tahun sedang mengalami perkembangan yang pesat, apalagi jika distimulasi dengan benar. Nah, di hari ulang tahun pertamanya, kita hadiahkan kado yang bermanfaat yuk. Kali ini BP-Guide sudah merangkum berbagai rekomendasinya. Yuk, cek dulu!

Ulang Tahun Pertama Bayi menjadi Momen yang Ditunggu

Peringatan ulang tahun pertama bayi tentu menjadi momen yang spesial dan ditunggu-tunggu. Hal ini dinilai wajar, mengingat ulang tahun pertama bayi turut menjadi tanda orang tua telah genap setahun dalam merawat si kecil. Maka tak heran jika orang tua justru lebih bersemangat dalam menyambut momen tersebut.

Perkembangan Bayi Berumur 1 Tahun

Dalam waktu satu tahun, tentu bayi mengalami beberapa perkembangan. Perkembangan-perkembangan ini juga menandakan bahwa si kecil mulai memasuki masa batita dan balita. Selain perkembangan fisik, tentu ada banyak perkembangan lain yang tak boleh dilewatkan begitu saja oleh orang tua.

Aspek Kognitif

Salah satu perkembangan anak setelah menginjak usia satu tahun adalah aspek kognitif. Dalam umur tersebut bayi mulai menyadari keberadaan diri dan juga lingkungan. Sehingga si kecil akan mulai tertarik dengan apa yang ada di sekitarnya.

Ketertarikan ini tentu perlu diperhatikan oleh orang tua untuk mengembangkan kemampuan kognitif bayi lebih lanjut. Sebab pada tahap ini memori anak mulai berkembang. Usia ini adalah saat yang tepat untuk mengenalkan anak dengan aneka bentuk dan warna.

Perkembangan Sosial dan Emosional

Mulai menyadari keberadaan diri dan juga lingkungan membuat aspek sosial dan emosi anak turut berkembang. Perkembangan ini bisa dilihat dari perilaku si kecil, misalnya saja menangis ketika dipisahkan dengan orang tua atau sosok terdekat lainnya.

Bahkan, pada tahap ini anak tak jarang menunjukkan tantrum ketika sedang marah untuk meluapkan emosinya. Dalam menghadapi tahap ini, orang tua perlu memahami dan mengarahkan si kecil.

Perkembangan Sensorik dan Motorik

Perkembangan berikutnya yang dialami oleh bayi pada tahun pertama adalah aspek sensorik dan motorik. Koordinasi antara otot dan saraf menunjukkan bahwa keterampilan motorik anak mulai berkembang. Perkembangan ini biasanya ditandai dengan kemampuan si kecil untuk mulai merangkak hingga berjalan.

Dengan memberikan kebebasan bagi anak untuk menjelajahi lingkungan sekitar, maka si kecil akan lebih cepat mencapai tahap kontrol dan koordinasi. Dengan demikian, orang tua dapat mengajak anak untuk beraktivitas di luar ruangan dengan selalu memperhatikan keamanan dan keselamatannya.

Aspek Bahasa

Menginjak usia satu tahun, aspek bahasa bayi juga turut berkembang. Bayi mulai memahami kosa kata yang sering digunakan oleh orang di sekitarnya.

Meski masih terbatas, tak jarang si kecil mampu merespons pertanyaan dan mengikuti kata-kata yang diajarkan orang tua. Untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak, orang tua perlu aktif mengajaknya berbicara agar mampu menyerap dan memahami kosa kata baru.

Kriteria Kado untuk Bayi Berumur 1 Tahun

Memasuki usia baru, tentu banyak yang ingin memberikan kado spesial untuk anak. Apalagi pada ulang tahun pertama yang kerap dianggap spesial. Meski tersedia banyak pilihan, dalam memilih kado untuk bayi berusia satu tahun perlu dipertimbangkan dengan serius.

Pasalnya pada usia tersebut bayi masih rentan, sehingga perlu hati-hati dalam memilih barang sebagai hadiah. Memahami kebutuhan anak pada usia tersebut merupakan salah satu cara untuk menemukan hadiah yang tepat.

Mainan yang Menimbulkan Suara

Dari berbagai pilihan kado, mainan tentu menjadi opsi yang kerap dipilih lantaran mudah didapatkan. Salah satu jenis mainan yang bisa dijadikan pilihan adalah mainan yang menimbulkan suara.

Pada usia satu tahun, si kecil mulai tertarik dengan hal-hal yang ada di sekitarnya. Memberikan mainan yang menghasilkan suara akan membuat anak menstimulus ketertarikan dan kemampuan sensorik serta motoriknya.

Mainan Tarik dan Dorong

Mainan tarik dan dorong adalah kriteria kado berikutnya yang cocok diberikan untuk anak usia satu tahun. Jenis mainan ini bermanfaat dalam membangun kekuatan dan koordinasi saraf serta otot bayi.

Tak hanya itu, mainan tarik dan dorong berguna untuk meningkatkan keseimbangan dan membangun rasa percaya diri si kecil dalam bergerak.

Agar anak makin tertarik, Anda bisa memilih mainan tarik dorong yang dilengkapi berbagai fitur, seperti sortir bentuk, mainan berwarna, hingga musik.

Mainan Building

Kriteria kado selanjutnya adalah mainan building. Jenis mainan ini biasanya berupa balok yang bisa ditumpuk, dikombinasikan, dan diseimbangkan untuk membuat suatu bangunan imajiner.

Memasuki usia satu tahun, anak mulai menikmati permainan semacam ini untuk bereksperimen. Mainan jenis ini sangat direkomendasikan untuk melatih kreativitas, imajinasi, emosi, penyelesaian masalah, dan kemampuan motoriknya.

Sensory Block

Sensory block adalah mainan berikutnya yang masuk ke dalam kriteria kado untuk bayi usia satu tahun. Mainan ini direkomendasikan karena mampu mengenalkan berbagai bentuk, warna, suara, struktur, dan bahan. Dengan mainan ini si kecil dapat bereksperiman dan menstimulasi imajinasinya. Sensory block juga meningkatkan keterampilan sensorik dan koordinasi anak.

Buku Penuh Gambar

Buku penuh gambar adalah kriteria kado berikutnya yang bisa diberikan kepada si kecil. Ada berbagai macam buku bergambar yang bisa diberikan pada si kecil, seperti buku cerita, buku mewarnai, busy book, ataupun board book.

Selain mengenalkan anak pada berbagai bentuk, buku ini juga berguna dalam memperkaya kosa kata dan pengetahuan. Tak hanya buku, flash card dan poster juga bisa dijadikan pilihan kado.

10 Rekomendasi Kado Mainan Terbaik untuk Bayi Perempuan Berusia 1 Tahun

Mainan Anak Shopping Trolley

Mainan Anak Shopping Trolley adalah barang pertama yang direkomendasikan sebagai kado untuk bayi perempuan umur 1 tahun. Produk ini hadir dengan ukuran keranjang 26 x 18 cm. Sementara tinggi troli dari pegangan hingga lantai adalah 42 cm.

Mainan ini cocok dimainkan untuk si kecil yang suka meniru orang tuanya kala berbelanja. Layaknya troli asli, produk ini bisa didorong sehingga lebih menyenangkan untuk bermain. Mainan ini telah dibekali dengan berbagai mainan yang melengkapinya, seperti buah, sayur, dan garpu.

Harga Rp. 38.999-49.000

Buku Dongeng Ayam dan Kupu-Kupu

Bukan rahasia lagi bahwa anak-anak menyukai dongeng. Bahkan dongeng banyak dibaca sebagai pengantar tidur. Anda bisa memberikan kado si kecil berupa buku dongeng, misalnya Buku Dongeng Ayam dan Kupu-Kupu.

Buku ini berisi dongeng fabel yang banyak disukai anak-anak sebagai cerita sebelum tidur. Hadir dalam 32 halaman berwarna, buku ini tidak hanya menarik dari segi cerita namun juga tampilannya. Tak hanya sebagai hiburan, dalam buku dongeng ini juga memuat pesan moral yang mudah dipahami oleh anak-anak.

Harga Rp. 15.000-46.800

Baby Soft Book Mainan Edukasi Bayi - Numbers

Baby Soft Book Mainan Edukasi Bayi - Numbers bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tengah kebingungan mencari kado yang pas untuk bayi perempuan berusia 1 tahun. Mainan edukasi ini memiliki ukuran sekitar 12 x 12,5 cm yang ideal untuk dipegang dan hadir dengan warna yang cerah.

Terbuat dari kain yang lembut dan empuk, buku ini akan berbunyi jika dipegang atau diremas. Dengan demikian, mainan ini cocok untuk menarik perhatian bayi. Hadir dalam 8 halaman, mainan ini bisa dibersihkan dengan cara dicuci.

Harga Rp. 31.500-62.000

Lego Friends 41335

Dari berbagai jenis mainan untuk anak-anak, lego memang menjadi mainan yang tak pernah termakan zaman. Salah satu mainan lego yang bisa dipilih sebagai kado untuk si kecil adalah Lego Friends 41335. Lego ini menghadirkan tokoh Mia, Daniel, dan tokoh kelinci Mim serta Kayu Manis.

Mainan ini dibekali dengan berbagai aksesori, seperti skateboard, pistol air, buku cerita hantu, obor, wortel, dan masih banyak lagi. Dengan lego ini si kecil dapat menstimulus imajinasi serta kreativitasnya. Tak hanya itu, mainan ini juga mampu meningkatkan konsentrasi si kecil.

Harga Rp. 592.000-1.400.000

My Busy Book Disney Frozen

Frozen adalah film animasi keluaran Walt Disney Pictures yang populer di kalangan anak-anak, terutama anak perempuan. Tak heran jika banyak produk anak-anak terinspirasi dari film ini. Salah satu produknya adalah My Busy Book Disney Frozen. Buku ini cocok diberikan sebagai kado untuk bayi perempuan berusia 1 tahun.

Buku cerita anak ini berisi 10 board page yang tidak bisa disobek. Dilengkapi dengan sampul bertipe hard cover membuat buku berukuran 20 x 25 cm ini lebih awet. Produk ini juga dibekali dengan 12 boneka kecil tokoh-tokoh Disney yang menarik bagi anak-anak.

Harga Rp. 100.000-245.000

Lego Disney Moana 41150

Siapa yang tak tahu tokoh animasi Moana? Tokoh dari film animasi Disney ini sangat disukai oleh anak-anak, terutama anak perempuan yang memang tertarik dengan tokoh putri. Popularitas Moana membuat tokoh ini kerap dijadikan inspirasi produk anak-anak, salah satunya Lego Disney Moana 41150.

Lego Disney Moana 41150 adalah mainan lego dengan misi membangun kapal kayu dan bangunan lain. Dilengkapi dengan karakter Moana dan Maui membuat mainan ini semakin menarik bagi si kecil. Keistimewaan dari produk ini adalah bisa dimainkan di atas air, sehingga si kecil tidak akan bosan bermain di rumah.

Harga Rp. 900.000-1.500.000

Boneka Plush Bebek Kartun

Bila berbicara tentang bayi perempuan, boneka tentu menjadi pilihan kado yang tepat diberikan. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Boneka Plush Bebek Kartun. Boneka ini terbuat dari bahan PP cotton yang halus dan lembut.

Didesain dengan bentuk bebek membuat boneka ini semakin menarik dan disukai anak-anak. Boneka ini juga memiliki ukuran mini yang cocok untuk bayi perempuan berusia 1 tahun. Tak hanya sekadar lucu, produk ini juga bermanfaat dalam melatih motorik dan menumbuhkan empati bagi si kecil.

Harga Rp. 65.107-305.000

Sweet Home Magical Iron Board

Sedang memasuki usia emas, maka tak heran jika si anak-anak mulai penasaran dan meniru apa yang dilakukan orang di sekitarnya. Begitu pula ketika orang tua sedang melakukan pekerjaan rumah, tak jarang si kecil ingin mengikuti apa yang dilakukan orang tuanya. Sweet Home Magical Iron Board adalah mainan yang tepat dalam mengatasi fase tersebut.

Mainan ini membuat anak-anak dapat menirukan orang tuanya ketika menyetrika baju. Terbuat dari bahan yang aman, seterika mainan ini akan bergetar dan mengeluarkan melodi ketika menyala. Dilengkapi dengan lampu indikator on/off, mainan berukuran 52 x 18 cm ini menggunakan 2 buah baterai AA sebagai sumber tenaganya.

Harga Rp. 225.000-321.000

Animal Farm Piano

Ingin mengenalkan si kecil dengan musik? Anda bisa memilih Animal Farm Piano sebagai kado untuk bayi perempuan 1 tahun. Produk ini hadir dalam tiga mode permainan, yaitu mode doremi, mode random music play, dan mode nama-nama hewan.

Tak hanya digunakan untuk mengenalkan musik dan nada, mainan ini juga berguna untuk mengenalkan aneka hewan dan suara-suaranya. Terbuat dari bahan berkualitas dengan ukuran produk 22 x 3 x 19 cm, piano ini aman dan ideal untuk anak-anak. Animal Farm Piano tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu kuning dan merah yang bisa dipilih sesuai favorit si kecil.

Harga Rp. 35.000-61.380

Mainan Musik Piano Sapi Lucu

Rekomendasi kado untuk bayi perempuan 1 tahun berikutnya adalah Mainan Musik Piano Sapi Lucu. Produk ini hadir dalam bentuk sapi yang lucu dan disukai anak-anak. Memiliki ukuran 24 x 19 cm membuat piano ini ideal dimainkan oleh si kecil.

Mainan Musik Piano Sapi Lucu tak hanya berguna untuk mengenalkan musik dan nada, namun juga bisa digunakan untuk mengenalkan aneka jenis hewan. Piano ini dilengkapi dengan 6 suara hewan, yaitu burung, domba, gajah, kuda, kodok, dan sapi. Untuk tenaganya, mainan ini menggunakan 3 buah baterai AA.

Harga Rp. 109.443-200.000
From our editorial team

Carilah Mainan yang Edukatif untuk Kado

Mainan edukatif bagi bayi perempuan usia 1 tahun lebih dibutuhkan, lho. Selain sebagai sarana hiburan, yang paling penting adalah dapat mengasah kemampuan bayi mulai dari kognitif sampai motoriknya. Jadi, pilihlah salah satu mainan yang BP-Guide rekomendasikan yuk agar bayi dapat berkembang lebih pesat dengan mainan atau kado yang bermanfaat.