Rasakan Khasiat dan Rasa Uniknya! Ini 10 Rekomendasi Teh Oolong Terbaik 2022

Rasakan Khasiat dan Rasa Uniknya! Ini 10 Rekomendasi Teh Oolong Terbaik 2022

Teh oolong terbaik memang berasal dari China tetapi Indonesia juga punya produksi lokal, seperti Jawa dan Bali. Khasiat dari teh oolong memang tidak bisa Anda ragukan lagi. Mengonsumsi teh oolong akan memberikan kebiasaan hidup sehat minum teh terbaik setiap hari. Sebelumnya, ketahui dulu apa saja manfaat dari teh oolong. Ada rekomendasi teh oolong terbaik pula yang bisa menjadi pilihan Anda.

Teh Oolong Melalui Proses Oksidasi

Daun teh oolong diambil dari daun teh yang sama dengan teh hijau dan teh hitam, hanya saja pengolahannya berbeda. Spesies tumbuhan yang diambil ialah jenis camellia sinensis.

Teh oolong melalui proses pengeringan dan pemanasan oksidasi, yaitu melalui semi-fermentasi. Setelah proses pengeringan, daun teh tersebut digulung untuk memecahkan struktur sel yang ada di dalamnya.

Proses tersebut itulah yang membuat teh oolong memiliki khasiat yang tinggi bagi tubuh. Kondisi teh oolong akan memiliki warna 30% merah dan 70% hijau. Memiliki wangi yang tajam dan rasanya juga nikmat.

Sejarah teh ini juga berasal dari zaman Dinasti Ming pada 400 tahun yang lalu. Awalnya namanya “Teh Wu Liang”.

Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan

Memperkuat Tulang dan Gigi

Teh oolong mampu membantu proses penguatan tulang dan gigi. Hal ini karena kandungan teh oolong dapat mempertahankan kekuatan enamel. Rutin mengonsumsi teh oolong juga akan mengurangi pembentukan plak pada gigi.

Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam teh oolong akan memberikan kebutuhan antioksidan bagi tubuh. Fungsi antioksidan untuk tubuh, seperti menangkal radikal bebas dan menghindari timbulnya sel kanker.

Faktor radikal bebas juga bisa menyebabkan berbagai efek, seperti kulit kusam, rambut kering, dan lain sebagainya. Maka, konsumsi teh oolong dapat melindungi tubuh dari efek radikal bebas.

Menurunkan Risiko Diabetes

Kandungan antioksidan polifenol mampu membantu mencegah gula darah, sehingga mampu menurunkan risiko diabetes. Antioksidan tersebut juga membantu meningkatkan kinerja insulin, jadi sangat disarankan untuk penderita diabetes untuk mengonsumsi teh oolong.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Teh oolong ternyata cocok untuk Anda yang masih dalam program diet. Kandungan gulanya yang rendah dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. Mampu mengontrol lemak dalam tubuh dan mengontrol berat badan.

Mengurangi Tingkat Stres

Kandungan kafein pada teh oolong lebih tinggi daripada teh hijau atau teh hitam. Hal ini akan membantu mengurangi tingkat stres pada seseorang dan meningkatkan konsentrasi.

Teh oolong juga bisa menjaga mood lebih tenang sehingga stres dapat dihindari. Tidak hanya itu, teh oolong bisa meningkatkan performa dalam aktivitas sehari-hari dan aman pula dikonsumsi setiap hari.

10 Rekomendasi Teh Oolong Terbaik dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Taiwanese Imperial Oolong Tea

Memiliki kualitas premium dan daun tehnya berwarna hijau tua. Aromanya sangat fresh dengan wangi khas oolong yang sangat kuat. Ada tambahan aroma buttler/milky yang manis pada bagian akhir.

Menggunakan oksidasi di bawah 50% dan proses roastingnya minim. Warna seduhannya berwarna kuning muda dan transparan. Itulah yang menjadi ciri khas teh light oolong.

Cara penyeduhannya cukup menuangkan satu sendok teh ke dalam cangkir. Seduh dengan 150 ml air panas pada suhu air 85 derajat celcius. Tunggu antara 3-5 menit kemudian teh dapat Anda minum.

Harga Rp. 57.000-62.000

Teh 63 Jawa Oolong Natural

Menjadi teh terbaik dari produksi lokal Teh 63. Mengandung antioksidan yang tinggi dan diambil dari daun teh pilihan.

Wanginya sangat menggugah selera dan tersedia untuk varian natural, melati, mawar, dan osmanthus. Pilihan wangi tersebut tetap memberikan wangi khas oolong.

Dikemas dalam kemasan pouch yang praktis, ukuran 100 gram. Pengemasannya pun melalui proses higienis dan eksklusif, sehingga tetap aman dan bersih. Kemasan tersebut juga dapat menjaga kualitas teh agar tetap berkualitas dan rasanya tidak berubah.

Anda bisa menggunakan tea maker untuk menyeduhnya. Bisa Anda minum secara rutin setiap hari. Anda bisa menyeduhnya menggunakan tea pot lalu diamkan antara 1-3 menit. Setelah itu, Anda bisa meminumnya dan menikmati aromanya yang khas.

Harga Rp. 69.000-70.000

Fujian Oolong Tea

Menjadi teh oolong yang sangat terkenal di China dan Taiwan. Asalnya sendiri dari China dan diperkenalkan pertama kali pada masa Dinasti Ming. Hingga sekarang Fuji Oolong Tea terus menjadi populer dan menjadi teh oolong terbaik.

Menggunakan proses semi fermentasi dengan teknik semi oksidasi enzimatis. Memiliki khasiat yang tinggi bagi tubuh, seperti menurunkan kolesterol, mengobati sakit kepala, hingga membantu pencernaan.

Memiliki lima varian, yaitu Yunan Ooolong Tea, Fujian Oolong Tea, Green Tea, Black Tea, dan Pu-erh Tea. Varian tersebut memiliki wangi yang kuat khas teh oolong.

Kemasan tersebut berukuran 125 gram. Rutin mengonsumsi teh oolong akan membantu kesehatan tubuh Anda.

Harga Rp. 33.000-35.000

Kazu t17 Tieguanyin

Produksi asli China yang pembuatannya juga menggunakan proses China. Menggunakan daun teh pilihan yang pemetikannya menggunakan tangan langsung.

Teh oolong Kazu T17 Tieguanyin ini sangat populer di China. Memiliki wangi yang kuat pada setiap variannya. Anda pasti akan senang ketika menikmatinya.

Tersedia sepuluh varian dan menggunakan nama China. Variannya yaitu Da Hong Pao, Tie Guan Yin, Wu Long Oolong Tea, Jin Jun Mei, Pu Er Cha, Gao Shan Lu Cha, Tan Bei Ti Guan Yin, Bi Luo Chun, Mo Li Hua Cha, dan Xiao Zhong Hong Cha.

Isi untuk setiap variannya ialah 5-7 gram. Menggunakan kemasan yang bisa menjaga kualitas teh tetap baik.

Anda bisa menggunakan tea pot untuk menyeduhnya dengan memasukkan kira-kira 2-5 gram. Seduh dengan 200 ml air panas dan tunggu hingga 2-3 menit, lalu nikmati teh dengan aroma yang wangi.

Harga Rp. 2.000-4.000

Pokka Oolong Tea

Teh oolong dengan kemasan praktis juga bisa Anda dapatkan. Pokka Oolong Tea punya dua kemasan, yaitu kaleng dan botol.

Cocok untuk Anda pilih ketika sedang bepergian. Meskipun kemasan praktis, tapi tidak menghilangkan rasa khas teh oolong.

Rendah gula dan sangat tepat untuk penderita diabetes atau yang memiliki riwayatnya. Cita rasanya tetap pekat dan wangi.

Memiliki manfaat antara lain meningkatkan konsentrasi, mengurangi kadar kolesterol, mencegah tekanan darah tinggi, dan menurunkan risiko diabetes. Pokka Teh Oolong kemasan kaleng memiliki ukuran 300 ml.

Harga Rp. 5.000-6.000

ITO EN Oolong Tea Unsweetened

Menggunakan kemasan botol yang cocok untuk Anda bawa ketika bepergian. Tidak menggunakan pemanis buatan, tanpa pengawet dan pewarna.

Menggunakan bahan alami 100% dengan daun teh pilihan. Memiliki rasa khas teh oolong yang kuat dengan wangi yang menggugah selera.

Kandungan polifenolnya mampu mengikis lemak tubuh dan mengurangi kolesterol dalam darah. Adapun kandungan zat theanin-nya memberikan efek relaksasi dan meningkatkan konsentrasi.

Kemasan botol tersebut berisi 500 ml dan dalam satu dus nya 12 pcs. Cocok untuk keluarga atau kerabat.

Harga Rp. 9.000-10.000

Da Hong Pao Oolong Tea

Terkenal dengan nama Teh Oolong Jubah Merah. Menggunakan teh pilihan yang diambil dari Gunung Wuyi di China. Proses produksinya menggunakan teknik khas China.

Mampu menghasilkan rasa manis ketika di akhir. Ketika beberapa menit setelah penyeduhan, Anda akan mencium aroma wangi bunga dari Teh Oolong Jubah Merah ini.

Anda bisa menggunakan tea pot untuk proses penyeduhan. Gunakan air panas dengan suhu 95 derajat celcius. Diamkan selama 1-2 menit lalu Anda bisa meminumnya.

Harga Rp. 281.000-300.000

Sea Dyke Oolong Tea Chinese

Menjadi teh oolong yang populer di China karena diproduksi langsung dari China. Termasuk tea bag yang sangat praktis dan cocok untuk masyarakat Indonesia yang menyukai teh celup.

Menggunakan teh pilihan dan teh asli Xiamen China. Wanginya sangat pekat dan khas teh oolong. Proses semi fermentasinya juga menggunakan teknik China yang terkenal dalam pembuatan teh.

Satu packnya berisi 20 tea bag dengan berat 500 gram. Cocok untuk keluarga atau suguhan tamu di rumah Anda.

Harga Rp. 19.000-20.000

Dilmah Traditional Oolong Tea

Menjadi produsen teh terbaik yang diambil dari perkebunan sendiri. Itu mengapa melabeli merknya menjadi "Traditional Oolong Tea".

Memiliki rasa yang lebih ringan daripada teh oolong lainnya. Meskipun demikian, rasanya tetap khas dan aromanya tidak tertandingi.

Berbentuk tea bag yang praktis dan tidak perlu penyeduhan menggunakan tea pot. Anda langsung bisa menyeduhnya dengan air panas.

Satu packnya berisi 20 tea bag dengan berat seluruhnya 30 gr. Untuk teh oolong dari Dilmah ini hanya memiliki varian rasa natural, tetapi rasanya tidak kalah dengan teh oolong lainnya.

Harga Rp. 80.000-84.000

Brew Me Organic Balinese Oolong Tea

Teh oolong organik yang diproduksi dari tanah Bali, tepatnya dari Angseri Tabanan, Bali. Memiliki aroma yang fresh dengan wangi buah dan bunga.

Teh oolong ini akan meninggalkan rasa manis di akhir. Namun, wangi teh olongnya masih tetap melekat, itulah yang menjadi ciri khas teh oolong.

Berbentuk teh celup sehingga praktis ketika Anda ingin menyeduhnya. Satu tea bag bisa Anda seduh dengan air panas 150 ml dengan suhu 85-90 derajat celcius.

Harga Rp. 45.000-50.000
From our editorial team

Teh Oolong untuk Kesehatan Tubuh

Teh menjadi minuman tradisional China yang mendunia. Bahkan manfaatnya juga cukup banyak, termasuk teh oolong. Memilih jenis teh yang lebih berkhasiat akan membentuk kebiasaan sehat Anda setiap hari.

Tag