10 Rekomendasi Teko Teh Unik Untuk Teman Ngeteh Anda (2021)

10 Rekomendasi Teko Teh Unik Untuk Teman Ngeteh Anda (2021)

Buat Anda yang suka ngeteh, jadikan pengalaman ngeteh makin menyenangkan dengan berbagai teko teh unik. Temukan rekomendasi produknya dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Teko Teh Unik Bikin Makin Semangat Ngeteh

Salah satu alat yang kita gunakan untuk menemani acara minum teh adalah teko teh. Selain sebagai wadah teh yang akan kita tuangkan ke cangkir, teko teh juga berfungsi untuk tempat menyeduh daun teh.

Saat ini banyak produsen membuat teko teh yang lucu dengan berbagai inovasi, mulai dari bahan material yang digunakan untuk membuatnya hingga desain atau bentuk teko itu sendiri.

Jenis Teh dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Teh Hitam

Teh hitam merupakan daun teh yang melalui proses pengeringan dan oksidasi hingga menghasilkan rasa yang kuat dan warna yang lebih gelap. Di samping itu, teh hitam juga mengandung kafein yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Dalam teh hitam juga terkandung antioksidan yang baik untuk jantung.

Teh Hijau

Proses pengolahan teh hijau lebih singkat dibandingkan jenis teh lainnya, sehingga kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya lebih terjaga dengan baik. Teh hijau yang kaya akan kandungan antioksidan ini mempunyai manfaat dalam melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Paparan radikal bebas berlebih dapat merusak sel-sel tubuh hingga menyebabkan penuaan dini dan penyakit berbahaya seperti kanker.

Teh Oolong

Teh oolong merupakan teh yang diolah melalui proses fermentasi. Proses fermentasi inilah yang memberikan warna gelap, rasa yang sedikit pahit, dan aroma yang khas pada teh oolong. Sama seperti teh yang lain, teh oolong juga mempunyai zat antioksidan yang dapat membantu mengurangi dan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Teh Putih

Teh putih diambil dari daun teh yang muda dan diproses dengan metode yang berbeda, sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang unik. Dalam pengolahannya, teh putih tidak melalui proses pengawetan dan fermentasi. Kandungan antioksidan teh putih ini sangat tinggi bahkan melebihi teh hijau.

Kandungan antioksidan di dalam teh putih ini dapat melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas serta menghambat sel-sel kanker tertentu di dalam tubuh.

Teh Puerh

Selain namanya yang unik, proses pembuatan teh ini juga unik. Teh ini dibuat melalui proses fermentasi yang cukup lama. Proses fermentasi ini membuat teh puerh kaya akan kandungan probiotik. Konsumsi probiotik bermanfaat terhadap kestabilan gula darah. Gula darah yang stabil dapat membuat respons lapar dan nafsu makanmu lebih terkontrol sehingga berimbas pada pengontrolan berat badan.

Tips Agar Teko Teh Tetap Awet

Perhatikan Cara Perawatannya

Pada umumnya teko teh tidak memerlukan perawatan khusus ketika akan digunakan untuk pertama kalinya. Anda cukup mencuci dengan air hangat dan membersihkan debunya.

Jika teko teh Anda memiliki suatu bau tertentu, cobalah untuk memasukkan kantong teh ke dalamnya. Kantong teh dapat berfungsi menyerap bau, termasuk bau dalam teko Anda. Biarkan agak lama hingga baunya tidak kentara dan Anda bisa menggunakan teko itu dengan nyaman.

Bilas Dengan Air Panas

Air panas akan lebih mudah untuk menghilangkan noda dibandingkan dengan air yang suhunya lebih rendah. Begitu pula dengan noda teh yang mengendap pada teko teh, akan lebih mudah dibersihkan dengan air panas.

Saat mencuci teko, bilas mulai dari bagian ceratnya dahulu, barulah dilanjutkan ke semua bagian teko. Setelah itu, Anda harus mengeringkan teko dengan baik. Taruh dengan posisi terbalik agar seluruh bagian teko bisa kering hingga ke bagian ceratnya.

Untuk membersihkan saringan, Anda bisa menggunakan sikat khusus saringan atau memakai sikat gigi baru. Hal ini bertujuan untuk membersihkan teko secara maksimal dari sisa teh yang mungkin tertinggal.

Gunakan Baking Soda Untuk Hilangkan Bau

Hindari menggunakan pembersih berbahan deterjen untuk membersihkan teko teh, karena teko teh sangat mudah menyerap bau. Jika Anda tetap ingin menggunakan detergen, sebisa mungkin hindari produk beraroma kuat.

Alih-alih menggunakan deterjen, Anda bisa menggunakan baking soda untuk membersihkannya. Baking soda dapat menggantikan deterjen untuk membersihkan teko, dan juga dapat menghilangkan bau.

Salah satu tips membersihkan teko adalah merebus baking soda karena mampu mengangkat kotoran yang menempel pada teko. Anda dapat merebus teko di dalam panci panas yang dicampur dengan dua sendok baking soda, di mana seluruh badan teko dapat terendam. Biarkan mendidih sekitar dua puluh menit. Anda bisa sambil menyikat bagian-bagian teko dengan lembut pada saat merebusnya. Menggosok dengan sikat atau benda kasar dapat merusak teko. Setelah itu, Anda bisa mematikan api. Saat suhunya telah dingin, Anda dapat mencobanya seperti biasa.

Namun, sebaiknya Anda tidak merebus panci berbahan alumunium ataupun teflon, karena baking soda berisiko merusak bahan-bahan tersebut.

Rekomendasi Teko Teh Unik Buat Anda yang Suka Ngeteh

Kamjove AM-05 Art Tea Pot

Daun teh yang lolos dari saringan teh dan tidak sengaja terminum tentu sedikit mengganggu kenikmatan minum teh. Untuk itu, Kamjove AM-05 Art Tea Pot menawarkan sebuah produk dengan saringan teh berlubang halus. Jadi, tidak ada lagi cerita daun teh tersangkut di gigi maupun di tenggorokan.

Harga Rp. 200.000-300.000

SUJI Yokode Traditional Japanese Teapot

Teko teh ini dilengkapi dengan pegangan lurus di samping teko. Dengan demikian, Anda dapat menuang teh hingga habis dengan mudah. Desain gagang panjang pada teko teh ini sama seperti teko teh tradisional Jepang, Kyusu. Cobalah teko teh ini jika Anda ingin mencoba minum teh dengan pengalaman yang unik!

Harga Rp. 500.000-700.000

Kedaung Rome Swirl Teko Teh

Kedaung Rome Swirl Teko Teh menghadirkan suasana vintage pada dapur Anda dengan corak swirl atau motif blirik pada tekonya. Nuansa vintage khas zaman dulu ini masih diminati oleh banyak orang karena memiliki keunikan tersendiri. Apabila Anda penggemar nuansa retro, jangan lewatkan teko untuk teh yang satu ini.

Harga Rp. 150.000-300.000

ZEN Teko Teh Purity Series

Teko teh ini tampil dengan desain dan kualitas yang premium. Cocok untuk menemani waktu ngeteh Anda bersama keluarga, bahkan keluarga besar. Teko teh ini berbahan porselen tanpa campuran abu tulang dari hewan sehingga sudah mendapatkan sertifikat halal. Teko teh ini juga dapat Anda bersihkan dengan dishwasher. Praktis, bukan?

Harga Rp. 175.000-250.000

Hario Chacha Fukami

Teko teh ini juga hadir dengan desain yang unik. Penggunaan material kaca pada seluruh bagian teko ini menjadikan Anda dapat menikmati proses ekstraksi teh secara langsung. Anda juga bisa lihat bagaimana proses indah teh Anda larut dalam air. Wadah saringannya yang cukup besar memungkinkan Anda untuk menuangkan banyak daun teh ke dalamnya.

Harga Rp. 350.000-750.000

Set Teh Poci Tanah Liat Tipe Borobudur

Set Teh Poci Tanah Liat Tipe Borobudur mempunyai tutup teko yang unik menyerupai stupa candi Borobudur. Tea set ini terbuat dari tanah liat. Selain untuk menemani acara ngeteh Anda, Anda juga bisa menghadiahkan satu tea set yang terdiri dari teko, nampan, dua cangkir lengkap dengan tutup dan piringan di bawahnya

Harga Rp. 100.000-150.000

Lumosh Eil Ceramic Teaset

Jika Anda bingung memikirkan kado pernikahan yang cantik, Anda juga bisa memilih tea set dari Lumosh ini. Tea set ini dibuat dengan tangan pengrajin keramik lokal sehingga ia akan memiliki bentuk dan warna yang berbeda satu sama lain, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai kado unik, bukan? Anda tak perlu khawatir juga soal keamanan material yang digunakan karena tutup dan handle teko dipoles menggunakan bahan food grade sehingga aman untuk dipakai.

Harga Rp. 200.000-300.000

Oxone OX-84TW

Produk Oxone yang satu ini hadir dengan teko teh yang elegan sekaligus anti mainstream. Teko ini hadir dengan rak berbahan stainless steel dan anti karat, ditambah tempat lilin pemanas di bagian bawah yang dapat menjaga minuman agar tetap hangat. Di samping itu, brand dalam negeri yang satu ini memang sudah terkenal akan produknya yang berkualitas.

Harga Rp. 350.000-500.000

Ikea Riklig Teapot

Ikea, siapa yang belum familiar dengan nama brand yang satu ini? Brand ini memproduksi hampir semua peralatan rumah tangga, tak terlepas dengan peralatan dapur. Produknya sangat bervariasi dan memiliki banyak penggemar. Ikea juga memproduksi teko teh bernama Ikea Riklig Teapot. Teko teh ini memiliki kapasitas yang besar sehingga Anda bisa menghadirkannya pada acara jamuan dengan banyak orang. Desainnya juga sederhana sehingga Anda Produk ini juga aman untuk ditempatkan di microwave.

Harga Rp. 150.000-250.000

Oigen Tetsubin Chigusa Cast Iron Teapot 0.55L

Oigen Tetsubin Chigusa Cast Iron Teapot ini juga akan memberikan akan sensasi menikmati teh dengan seduhan khas Jepang. Selain bentuknya yang unik, air yang direbus pada teko teh besi hitam Tetsubin ini akan terasa lebih lezat jika dibandingkan dengan air rebusan teko lain. Rasanya lebih ringan dan lebih lezat bahkan saat air atau teh sudah mulai dingin. Jika Anda penasaran dengan sensasinya, tak ada salahnya untuk membeli Tetsubin ini.

Harga Rp. 1.500.000-2.000.000
From our editorial team

Ngeteh Sangat Baik Untuk Kesehatan Lho!

Minum teh bukan sekedar gaya hidup. Teh diketahui punya banyak manfaat dan sudah dikonsumsi sejak ratusan tahun yang lalu. Yuk, mulai gaya hidup sehat dengan konsumsi teh secara rutin. Agar makin semangat ngeteh, pilih teko teh unik favorit dari rekomendasi BP-Guide di atas!

Tag