Lengkapi Peralatan Dapurmu dengan Teko Bunyi dan Ini 10 Rekomendasinya! (2020)

Lengkapi Peralatan Dapurmu dengan Teko Bunyi dan Ini 10 Rekomendasinya! (2020)

Teko bunyi atau teko siul mungkin sudah tidak asing lagi karena teko yang satu ini cukup umum digunakan. Kamu yang masih menggunakan panci untuk merebus air, tidak ada salahnya untuk beralih ke teko bunyi yang memiliki sejumlah keunggulan. Berikut adalah rekomendasi teko bunyi terbaik yang bisa menjadi pilihan.

Teko Bunyi Masih Sangat Diandalkan Dalam Rumah Tangga

Teko untuk merebus air menjadi salah salah satu peralatan dapur yang umum dimiliki. Dan yang menjadi favorit kebanyakan orang adalah teko bunyi atau ketel dengan fungsi peluitnya. Saat air yang dimasak telah mendidih maka teko akan menghasilkan bunyi yang nyaring seperti siul.

Tentunya teko bunyi sangat membantu dalam mengingatkan kita untuk segera mematikan kompor. Suara nyaring yang dihasilkan teko juga mencegah terjadinya kebakaran akibat lupa mematikan kompor. Jika dulu hanya ada teko untuk memasak air menggunakan kompor, kini juga sudah ada teko listrik yang lebih praktis.

Tidak hanya untuk memanaskan air, namun teko listrik juga dapat digunakan untuk memasak mi instan, merebus telur, dan keperluan lainnya. Bahkan beberapa teko listrik pun juga hadir dengan fitur yang bisa membuat air tetap hangat hingga beberapa lama.

Berbagai Jenis Teko yang Ada di Pasaran

Teko Listrik

Teko listrik untuk merebus air yang saat ini mudah ditemukan di pasaran hadir dengan beberapa keunggulan. Teko listrik lebih praktis karena hanya perlu dicolokkan ke sumber listrik untuk merebus air lalu kita tinggal menunggu teko mengeluarkan uap pertanda air mendidih.

Waktu memasak air dengan teko listrik juga cukup cepat dan beberapa teko didesain dengan fitur yang bisa mengatur suhu air sesuai dengan yang diinginkan. Teko listrik yang terbuat dari bahan stainless steel khusus juga aman dari sisi kesehatan karena materialnya tahan terhadap panas dan antikarat.

Bahan stainless steel pun dikenal tahan terhadap benturan sehingga membuat teko awet lebih lama. Dalam hal perawatan, teko listrik juga mudah untuk dibersihkan. Cukup dengan menyiram teko dengan air bersih dan mengeringkannya, maka teko pun bisa digunakan kembali.

Teko Siul

Jenis teko yang juga umum dijual adalah teko siul yang akan berbunyi nyaring saat air mendidih. Kenapa teko siul bisa menghasilkan bunyi yang nyaring mirip dengan suara siulan? Ross Henrywood dan Anurag Agarwal dari University of Cambridge, Inggris pun menemukan jawabannya. Teko siul bisa berbunyi saat mendidih disebabkan oleh aliran uap yang keluar lewat cerat.

Pada bagian cerat terdapat dua lapisan pelat logam yang membentuk celah sempit. Setiap lapisan logam ini memiliki lubang kecil tempat keluarnya uap. Pada tekanan tertentu uap yang ada pada celah tersebut akan membuat pusaran kecil sehingga menggetarkan udara di sekitar rongga.

Uap yang kemudian lepas keluar inilah yang menghasilkan bunyi yang nyaring. Makin tinggi tekanan air yang mendidih maka makin nyaring pula suara yang dihasilkan teko. Bunyi yang dihasilkan teko juga dipengaruhi oleh ukuran cerat. Teko dengan cerat pendek akan menghasilkan bunyi yang lebih nyaring dibanding teko dengan cerat panjang.

Perhatikan Hal Ini Ketika Memilih Teko Bunyi untuk di Rumah

Material

Jika kamu rutin merebus dan memanaskan air setiap hari, memilih teko bunyi memang menjadi pilihan tepat. Namun sebelum membeli alangkah baiknya untuk memperhatikan material teko yang dipilih, terutama pada teko listrik. Teko listrik ada yang berbahan plastik dan ada pula yang berbahan stainless steel.

Teko listrik dari bahan plastik PP atau polipropilena dijual dengan harga yang lebih murah. Selain sifatnya yang sulit menghantar panas, teko plastik juga dapat memberikan bahaya dari sisi kesehatan terkait senyawa yang terkandung dari bahan plastik. Tidak hanya itu saja, teko listrik berbahan plastik juga berisiko menimbulkan ledakan jika tetap hidup dalam keadaan kosong.

Sementara teko listrik berbahan stainless steel sifatnya dapat menghantar panas dengan baik dan tentunya lebih aman untuk kesehatan. Namun, teko dari bahan stainless steel bisa jadi berbahaya bagi kesehatan jika kebocoran pada sisi teko ditambal dengan cara disolder.

Hal ini karena logam yang digunakan untuk menyolder jumlahnya sama dengan yang terkandung pada bensin. Karena itu teko berbahan stainless yang telah bocor sebaiknya diganti dengan yang baru agar tidak membahayakan kesehatan.

Cara Perawatan

Dalam hal perawatan, beda jenis teko beda pula cara membersihkannya. Beberapa jenis teko ada yang bisa dicuci layaknya peralatan dapur biasa, ada yang bisa dimasukkan ke dalam dishwasher, dan ada pula yang harus dibersihkan dengan cara tertentu.

Karena itu, jika kamu membeli teko perhatikanlah langkah perawatan dan pencuciannya. Untuk membersihkan teko listrik yang tidak bisa dicuci dengan cara biasa atau dengan dishwasher, berikut cara yang bisa kamu lakukan.

Cara Membersihkan Teko Listrik:

  • Siapkan air, cuka makan, handuk kecil, dan sikat botol.
  • Campur air dan cuka makan dengan perbandingan 1:1 sebanyak setengah teko dan rebus hingga mendidih lalu biarkan dingin.
  • Sikat bagian dalam teko hingga bersih dan bilas dengan air keran.
  • Kemudian lap bagian luar teko dengan campuran air dan cuka atau bisa juga dengan air biasa.
  • Untuk menghilangkan aroma cuka dalam teko, rebus air biasa hingga mendidih agar aroma asamnya hilang dan buang airnya.

Kapasitas

Kapasitas teko juga penting untuk diperhatikan saat membeli teko. Di pasaran, teko dijual dengan ukuran dan kapasitas yang berbeda-beda dan kamu bisa memilih teko dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan.

Jika kamu membutuhkan teko untuk membuat beberapa cangkir minuman hangat atau untuk keperluan lainnya, teko berukuran 1 - 1,5 liter bisa kamu pilih. Namun, jika untuk kebutuhan air panas yang lebih banyak lagi kamu bisa memilih teko berukuran 2 liter atau yang lebih besar.

10 Rekomendasi Teko Bunyi Terbaik

Maspion Whistling Kettle Rigoletto Teko Air

Maspion Whistling Kettle Rigoletto Teko Air hadir dengan keunggulan material yang tahan terhadap asam, garam, karat, dan goresan. Teko bunyi dari Maspion ini juga tidak lengket dan mudah untuk dibersihkan Warna ketel pun tetap cemerlang walau sudah dipakai lama.

Teko dari bahan oxide aluminium yang keras ini dibuat dengan teknologi Jepang yang hemat energi karena bisa memanaskan air dengan cepat. Jangan khawatir menggunakannya karena teko ini juga aman untuk kesehatan karena bebas dari senyawa beracun. Kapasitas teko bervariasi antara 2,5 - 5 liter yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan akan menghasilkan bunyi saat air mendidih.

Harga Rp. 70.000-85.000

Teko Siul 4 Liter

Teko Siul 4 Liter ini terbuat dari bahan stainless steel yang tebal sehingga akan lebih awet dan tidak mudah bocor. Dilengkapi pula dengan pluit sebagai pengingat saat air telah mendidih.

Pegangan teko terbuat dari bahan plastik yang tidak panas saat dipegang. Teko dengan desain yang elegan ini juga hadir dalam ukuran lain seperti 3 dan 5 liter.

Harga Rp. 53.000-120.000

Teko Bunyi Fujika 20 cm

Masih bingung memilih teko bunyi yang cocok untuk dipakai sehari-hari? Ada Teko Bunyi Fujika 20 cm yang merupakan teko berkualitas premium, tahan karat, dan hemat energi.

Bahan teko ini dapat menyerap panas dengan cepat sehingga air lebih cepat matang. Teko berkapasitas 3 liter ini pun didesain dengan gagang antipanas sehingga memudahkan kamu saat memegang teko.

Harga Rp. 133.000-143.000

B'Sport Teko Siul Supra Teko Bunyi Stainless Supra

B'Sport Teko Siul Supra Teko Bunyi Stainless Supra ini berkapasitas 2 liter, tinggi teko 22,5 cm, diameter atas 9 cm, dan diameter bawah 18 cm. Teko ini terbuat dari bahan stainless steel yang kuat, tahan gores, dan antikarat, sementara bagian pegangannya terbuat dari bahan yang tahan panas.

Tutup teko dibuat model pop-up yang dapat menutup dengan ketat. Kelebihan dari teko ini adalah dapat digunakan pada kompor gas, kompor glass-ceramic, dan kompor listrik. Untuk membersihkannya pun dapat menggunakan dishwasher.

Harga Rp. 95.000-353.000

Ecomax SA-1283 Teko Siul

Ecomax SA-1283 Teko Siul hadir dengan desain yang ergonomis dalam kapasitas 2,2 liter yang cocok untuk penggunaan harian. Materialnya dari bahan painting stainless steel berkualitas tinggi dan terjamin yang bebas PFOA, kuat, tidak mudah tergores, dan tahan terhadap karat. Bagian tutup teko dibuat model pop-up yang mudah dibuka tutup.

Teko ini juga dirancang dengan pegangan anti-scald yang tidak akan terasa panas jika dipegang setelah air mendidih. Teko ini dapat menghantar panas dengan cepat dan akan menghasilkan bunyi saat air mendidih. Anda juga bisa menggunakannya pada kompor induksi.

Harga Rp. 42.500-71.000

Bolde Teko Bunyi Super Kettle Genio Series

Bolde Teko Bunyi Super Kettle Genio Series berkapasitas 3 liter ini terbuat dari bahan stainless steel berkualitas tinggi dengan painting granit yang eksklusif.

Material teko juga aman untuk kesehatan karena bebas PFOA. Untuk mencegah tangan terkena uap panas saat air mendidih, teko ini juga dilengkapi dengan tombol pembuka yang praktis dan tinggal ditekan.

Bagian dasarnya berupa kapsul yang dapat menghantar panas dengan cepat sehingga lebih hemat gas. Teko bunyi berkualitas ini pun juga dapat digunakan pada kompor induksi.

Harga Rp. 134.000-199.000

Yundai Teko Whistling Kettle

Yundai Teko Whistling Kettle memiliki pilihan kapasitas yang besar, yakni 5 dan 7 liter. Ketel bunyi ini terbuat dari bahan stainless steel tebal yang tahan karat sehingga tidak mudah bocor.

Saat mendidih teko akan mengeluarkan bunyi sehingga dapat menghindari terjadinya kebakaran. Teko dengan desain yang elegan ini pun mudah untuk dibersihkan dan dapat memasak air dengan cepat.

Harga Rp. 132.000-145.000

Teko Bunyi 5 Liter Utu HK-06-NE 5L Ceret Whistling Kettle

Teko Bunyi 5 Liter Utu HK-06-NE 5L Ceret Whistling Kettle ini terbuat dari bahan stainless steel anti karat dengan gagang dan knob phenolic yang tahan panas.

Bagian bawah ketel dirancang lebih kuat dan teko akan berbunyi saat air telah mendidih sehingga lebih aman dari bahaya kebakaran karena lupa mematikan kompor. Bagian tutup teko pun dirancang untuk mudah dibuka dan ditutup.

Harga Rp. 115.000-120.000

Teko Bunyi Stainless Steel DNG

Teko Bunyi Stainless Steel DNG dibuat dengan teknologi terbaru dengan desain yang cantik dan elegan. Materialnya adalah bahan stainless 201 polish steel yang tebal, antikarat, dan berkualitas. Bagian gagangnya pun didesain antipanas.

Pada bagian tutup dan mulut teko terdapat alat pendeteksi uap yang dapat berbunyi saat air telah mendidih. Teko berkapasitas 3 liter ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang selalu merebus air setiap hari.

Harga Rp. 79.900-129.000

Teko Bunyi/Whistling Kettle Concerto 2.5 Liter Maspion Alcor Alumunium

Teko Bunyi/Whistling Kettle Concerto 2.5 Liter Maspion Alcor Alumunium terbuat dari bahan aluminium anodized yang aman untuk kesehatan karena bebas zat beracun. Bahan teko juga tidak meninggalkan bekas bau, higienis, mudah dibersihkan, dan anti karat.

Selain itu bahan alumunium ini juga tahan terhadap garam dan asam sehingga teko lebih awet. Warna teko tetap cemerlang meski telah dipakai lama. Bagian gagang teko pun didesain paten yang tidak bisa ditekuk.

Harga Rp. 72.000-118.000
From our editorial team

Hindari Risiko Kebakaran dengan Beralih Menggunakan Teko Bunyi

Daripada merebus air menggunakan panci biasa, akan lebih baik menggunakan teko siul yang dapat berbunyi nyaring ini. Terlebih jika kamu sering lupa mematikan kompor saat sedang memasak. Teko bunyi ini akan sangat membantu dan menyelamatkan kamu dari bahaya kebakaran karena lupa sedang merebus air.