Suka Makan Gorengan? Gunakan 10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik dari BP-Guide! (2020)

Suka Makan Gorengan? Gunakan 10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik dari BP-Guide! (2020)

Gorengan memang menjadi makanan favorit banyak orang. Kalau kamu suka makan gorengan, perhatikan minyak yang dipakai untuk menggoreng demi keamanan dan kesehatan kita, ya. Cek rekomendasi kami yuk!

Orang Indonesia sangat Hobi Makan Gorengan

Hayo, siapa nih yang suka makan gorengan setiap hari? Gorengan memang tak terpisahkan dalam kehidupan kita. Makanan yang diolah dengan cara digoreng memiliki rasa gurih yang bikin nagih. Tekstur kriuk dan garing pada gorengan bikin kita ingin terus nambah dan susah untuk berhenti makan gorengan. Apalagi jika gorengannya dicocol dengan saus sambal dan dimakan dengan cabai rawit.

Orang Indonesia memang paling gemar makan makanan yang digoreng. Kita tahu bahwa makan gorengan dalam porsi banyak dan terlalu sering bikin risiko kolesterol hingga penyakit jantung, kendati demikian masih banyak diantara kita yang suka makan gorengan. Sebenarnya boleh saja kok makan gorengan, asalkan porsinya tidak berlebihan dan tidak setiap hari ya.

Gorengan yang dijual di pinggir jalan memang menggoda selera. Variasinya banyak dan tentu saja harganya ramah di kantong. Sayangnya jajanan yang satu ini kurang sehat, utamanya karena penggunaan minyak goreng yang tidak sering diganti. Kita tahu sendiri minyak yang digunakan berwarna hitam legam dan ini jelas tidak sehat.

Supaya gorengan yang kita konsumsi lebih aman, sebaiknya membuat gorengan sendiri di rumah. Gorengan yang dibuat di rumah jauh lebih higienis. Kita juga bisa mengontrol minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng makanan. Jika sudah tak layak pakai tentu kita mengganti minyaknya sehingga risiko kolesterol dan penyakit jahat lainnya bisa dikurangi.

Tips Sehat Memakai Minyak Goreng

Membuat gorengan memang tak selamanya memakai minyak goreng. Kita masih bisa membuat gorengan pada wajan yang bisa menggoreng tanpa minyak atau pada penggoreng elektrik. Namun tentu saja rasa gorengannya berbeda dan kita merasa gorengan dengan minyak lebih enak rasanya.

Tenang saja, bagi Anda pecinta gorengan, bisa tetap aman saat menyantap gorengan asal tahu tips sehat memakai minyak goreng. Yang pertama, pastikan Anda tidak memanaskan minyak goreng dengan suhu terlalu tinggi. Selain itu jangan memasukan bahan makanan sebelum minyak panas karena bisa menyebabkan makanan terlalu banyak menyerap minyak.

Jangan lupa untuk meniriskan makanan setelah digoreng. Hal ini bertujuan supaya kandungan minyak pada makanan bisa berkurang. Ada baiknya jika Anda memakai tisu kertas untuk mengurangi kelebihan minyak.

Hal paling penting berikutnya dalam penggunaan minyak goreng adalah sering menggantinya. Pemakaian minyak goreng idealnya hanya sekali saja dengan suhu di bawah 120 derajat Celcius. Penggunaan maksimal minyak goreng adalah 3x. Minyak yang terlalu sering dipanaskan dan digunakan bisa membuat makanan menjadi bau karena adanya oksidasi.

Supaya minyak goreng yang kita gunakan lebih aman, jangan lupa untuk menyimpannya dengan baik. Simpan pada wadah tertutup yang tidak terkena cahaya. Usahakan tempatnya juga sejuk supaya kandungan pada minyak tidak mengalami perubahan.

Tips Memilih Minyak Goreng yang Baik untuk Kesehatan

Pilih Minyak dari Bahan Dasar Pembuatannya

Minyak goreng memiliki banyak varian jika dilihat dari bahan dasar pembuatannya. Ada yang dibuat dari kelapa sawit, jagung, buah olive dan lain sebagainya. Kendati demikian yang paling umum dan paling banyak digunakan masyarakat adalah minyak dengan bahan dasar kelapa sawit dan juga jagung.

Minyak goreng dengan bahan kelapa sawit banyak digunakan di berbagai negara tropis. Minyak semacam ini memiliki komposisi asam lemak yang seimbang dan stabil. Harganya jauh lebih ekonomis dan juga produknya mudah didapatkan. Hal ini membuat minyak kelapa sawit banyak diminati.

Sementara itu, minyak jagung merupakan minyak yang diekstrak dari biji jagung. Minyak goreng ini kaya akan omega 3 sehingga banyak digunakan untuk mereka yang ingin menjaga tekanan kolesterolnya supaya tetap stabil. Minyak ini tidak dianjurkan untuk memasak dengan metode deep fried dan umumnya hanya dipakai untuk menumis, memanggang atau hanya sebagai salad dressing saja.

Sesuaikan Kemasan dan Ukuran dengan Kebutuhan

Saat membeli minyak goreng kita akan dihadapkan pada pilihan kemasan yang beragam. Ada yang dikemas dalam botol, cup, stand pouch hingga jerigen. Ukuran minyak goreng pun bervariasi dari ukuran 250 ml hingga 5 liter.

Nah sesuaikan saja pemilihan ukuran dan kemasan minyak goreng dengan kebutuhan Anda. Jika untuk konsumsi rumah tangga, ada baiknya memilih yang ukuran 250 hingga 2 liter saja. Sebab jika minyak terlalu lama dtimbun maka bisa beraroma tengik dan juga apak. Beli saja kemasan kecil supaya kesegaran minyak goreng lebih terjaga.

Pilih yang Tak Mudah Beku

Ketika hendak memilih minyak goreng, ada baiknya memilih yang tak mudah beku. Minyak semacam ini memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih sedikit. Supaya tahu minyaknya mudah beku atau tidak, maka Anda bisa melakukan tes organoleptik.

Ini adalah tes dengan cara mengecap sesendok minyak goreng. Jika rasanya seperti air, maka tandanya minyak gorengnya baik dan tak mudah beku. Minyak goreng yang tak mudah beku aman digunakan sebab bisa meminimalkan peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh.

Cek Warna dan Aroma Minyak Goreng

Jangan lupa untuk mengecek warna dan juga aroma minyak goreng. Minyak goreng yang baik memiliki warna kuning keemasan yang jernih. Jadi jika Anda mendapati warna minyak goreng keruh dan menggumpal, ada baiknya gunakan minyak yang lain, ya.

Aroma minyak goreng juga patut diwaspadai. Saat tercium aroma tengik maka dipastikan minyak goreng tersebut sudah rusak dan tidak layak pakai. Minyak yang aroma dan warnanya sudah berubah maka tandanya sudah mengalami oksidasi. Hindari menggunakan minyak teroksidasi supaya bisa menekan risiko terjadinya penyakit kanker, kolesterol dan lain sebagainya.

Anda Bisa Andalkan 10 Minyak Goreng Terbaik ini di Rumah

SunCo 2L

Pilihan rekomendasi minyak goreng terbaik pertama adalah SunCo. Minyak yang satu ini difortifikasi dengan vitamin A, lho. Produk ini sudah melalui 3 kali pemurnian dan juga 2 kali penyaringan. Hasilnya adalah minyak goreng yang bening dan berkualitas.

Karakternya yang seperti air membuatnya tidak mudah beku. Minyak kelapa sawit ini juga diperkaya vitamin E dan asam lemak tak jenuh tunggal. Dikemas dalam stand pouch 2 liter, minyak ini banyak jadi pilihan keluarga Indonesia.

Harga Rp. 23.000-28.000

Bimoli Special 2L

Selanjutnya ada Bimoli Special yang bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini terbuat dari biji kelapa sawit pilihan. Di dalam minyak ini juga terkandung Omega 9 dan asam lemak tak jenuh tunggal.

Diproses dengan teknologi golden refinery, minyak goreng Bimoli Spesial bisa dipakai menumis hingga deep fried. Minyak dengan 6 proses tahapan pengolahan ini juga kaya akan vitamin E. Produk minyak goreng ini memiliki warna jernih dengan kilau keemasan.

Harga Rp. 25.000-38.000

Sania Premium Cooking Oil

Sania Premium Cooking Oil tentu bisa jadi pilihan Anda selanjutnya. Minyak goreng yang satu ini diproses dengan teknologi yang canggih. Bahan baku minyaknya merupakan bahan pilihan. Produk ini diproses dalam dua kali penyaringan.

Minyak goreng ini terbuat dari kelapa sawit dan mengandung lemak tak jenuh yang tinggi. Selain ada vitamin E, minyak goreng ini juga memiliki omega 6 dan omega ( yang bisa membuat masakan lebih gurih, garing dan juga renyah. Ada juga kandungan vitamin A di dalamnya lho.

Harga Rp. 22.000-35.000

Tropical Minyak Goreng 2L

Tropical Minyak Goreng juga bisa jadi pilihan Anda berikutnya. Produk yang satu ini bisa membantu Anda menghadirkan makanan yang lezat, gurih dan bernutrisi tinggi.

Minyak goreng ini melewati banyak proses penyaringan sehingga warnanya kuning keemasan dan aromanya tidak apek. Minyak ini mengandung omega 9 dan juga pro vitamin A.

Produk ini mampu membantu menurunkan kolesterol darah dan juga bisa berperan sebagai antioksidan berkat kandungan vitamin E di dalamnya.

Harga Rp. 25.000-30.000

CCO Corn Oil 2L

Selanjutnya ada CCO Corn Oil yang bisa jadi pilihan minyak goreng terbaik. Produk ini hanya memiliki sedikit kandungan lemak jenuh sehingga aman digunakan bagi para pelaku diet.

Dibuat dari biji jagung pilihan, minyak goreng ini diproses di bawah pengawasan tenaga ahli yang sudah berpengalaman. Produk ini cocok untuk menumis dan menjadi salah dressing. Di dalamnya ada kandungan vitmain E yang menyehatkan.

Harga Rp. 69.000-72.000

Happy Soya Oil

Jangan lewatkan juga untuk menggunakan Happy Soya Oil. Sesuai namanya, produk ini terbuat dari kacang kedelai murni. Dengan memakai minyak yang satu ini maka Anda bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Di dalamnya kaya akan protein dan isoflavon yang mampu mengurangi kolesterol LDL. Minyak goreng ini juga bisa memberi efek baik pada penderita diabetes dan sakit ginjal. Hal ini karena protein dan serat yang larut dalam kedelai mampu mengatur kadar glukosa darah dan filtrasi ginjal.

Harga Rp. 62.600-145.000

Mamasuka Corn Oil

Anda juga bisa menggunakan Mamasuka Corn Oil. Produk yang satu ini baik untuk kesehatan. Dalam minyak bebas kolesterol ini mengandung kadar lemak tak jenuh ganda dan juga vitamin E.

Anda bisa memakai minyak ini untuk campuran salad atau cocok juga untuk menumis. Minyak ini terbuat dari jagung pilihan dan diproses secara higienis.

Produk ini bisa menurunkan kolesterol dan menguatkan tulang. Minya goreng ini warnanya bening dan tentu saja aromanya tidak apek.

Harga Rp. 77.000-84.000

Palmvita Deep Frying Fat 1kg

Palmvita Deep Frying Fat bisa jadi pilihan selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dalam bentuk padat. Minyak goreng ini bisa bikin gorengan jadi sangat kriuk. Hasil gorengannya adalah kesat dan kering serta minyaknya tak menempel pada makanan.

Produk ini terbuat dari kelapa sawit. Sudah ada izin BPOM, minyak ini aman digunakan. Produk ini juga memiliki sertifikat dari MUI. Dengan minyak goreng padat ini, semua masakan jadi lebih enak dan gurih.

Harga Rp. 20.000-27.000

Bertolli Classico Olive Oil

Bertolli Classico Olive Oil juga tak bisa dilewatkan sebagai pilihan. Minyak goreng yang satu ini merupakan hasil pemurnian ekstrak zaitun. Produk ini aman untuk Anda yang sedang diet.

Minyak goreng ini bisa stabil pada suhu yang tinggi. Selain bisa meningkatkan kadar kolesterol baik, minyak ini juga bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Minyak ini sudah memiliki izin BPOM sehingga aman digunakan.

Harga Rp. 80.000-123.000

Tropicana Slim Minyak Jagung

Tropicana Slim Minyak Jagung merupakan produk selanjutnya untuk Anda. Produk ini hadir dengan kandungan lemak jenuh paling rendah dibandingkan dengan minyak goreng lainnya.

Minyak yang satu ini kaya akan Omega 3 dan 6 sehingga baik untuk kesehatan jantung. Produk yang satu ini terbuat dari jagung pilihan dan sudah diproses secara modern dan higienis. Hasilnya minyak ini memiliki warna bening dan kualitas yang bagus.

Harga Rp. 57.000-75.000
From our editorial team

Pilih Minyak Goreng yang Kaya Vitamin untuk Kesehatan

Memilih minyak goreng tak terlalu sulit seperti yang kita bayangkan. Cek saja komposisi produknya dan pastikan minyaknya dibuat dari bahan alami yang berkualitas. Selain mengecek kandungan lemak di dalamnya, cek juga kandungan nutrisi dan vitamin dalam minyak goreng tersebut. Usahakan memilih minyak goreng dengan kandungan omega guna menjaga kesehatan jantung. Pilih jgua minyak goreng dengan kandungan vitamin A dan E supaya bisa membuat kita lebih sehat. Cek rekomendasi kami di atas, ya.

Tag