Buat Anda yang Sedang Diet, Ini 10 Rekomendasi Beras Merah Terbaik Rendah Karbo (2022)

Buat Anda yang Sedang Diet, Ini 10 Rekomendasi Beras Merah Terbaik Rendah Karbo (2022)

Beras merah adalah solusi terbaik buat Anda yang sedang diet. Dengan kandungan gula lebih rendah, kalorinya juga lebih rendah. Simak rekomendasi beras merah terbaik dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Beras Merah Lebih Sehat Dibandingkan Dengan Beras Putih

Beras yang berwarna merah ini diketahui memiliki indeks glikemik yang rendah. Artinya, gula darah tidak akan cepat naik setelah makan beras merah. Oleh karena itu, beras merah ini pun direkomendasikan untuk penderita diabetes.

Bukan cuma bagi penderita diabetes, beras merah juga layak dikonsumsi untuk sehari-hari. Beras merah ini memiliki beragam manfaat kesehatan, contohnya mengontrol rasa lapar dan dapat mencegah obesitas.

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Baik Untuk Penderita Diabetes

Para penderita diabetes memiliki kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuhnya. Nah, beras merah ini dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara efektif karena kandungannya yang kaya akan asam fitat dan serat.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Beras merah kaya akan serat dan antioksidan, dimana kedua zat tersebut dapat membantu membersihkan plak yang terkumpul di arteri, dan dapat melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga mencegah penyakit jantung.

Menyehatkan Pencernaan

Beras merah memang dikenal sebagai “sahabat baik” orang-orang yang menjalankan program diet sehat. Kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu mencegah konstipasi, dan memelihara mikroba baik sehingga pencernaan pun jadi sehat.

Melancarkan ASI

Beras merah memiliki manfaat yang sangat baik bagi ibu dan bayi karena kaya akan asam folat. Beras merah juga bisa dijadikan sebagai alternatif makanan pokok, karena mampu menyediakan kalori untuk produksi ASI berkualitas tinggi.

Menjaga Kestabilan Kolesterol

Beras merah mengandung asam gamma aminobutyric (GABA) yang ampuh mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh. Seratnya juga berfungsi menjaga kolesterol karena menghambat penyerapan karbohidrat, lemak, dan protein.

Jenis Beras Merah yang Dijual di Pasaran

Beras Merah Biasa

Ciri khas utama dari beras merah biasa adalah teksturnya yang lebih pulen karena sudah melewati dua kali proses penyosohan. Dengan demikian, tipe ini biasa disebut beras sosoh. Harga beras merah biasa umumnya lebih murah daripada tipe beras merah yang lain, karena proses pembudidayaannya tidak membutuhkan perlakuan khusus laiknya beras merah organik.

Oleh karena proses produksinya tidak memakan waktu yang banyak, tipe beras merah ini pun mudah sekali didapat di pasaran, dan cocok untuk konsumsi skala besar seperti untuk restoran. Anda dapat mempertimbangkan beras merah sosoh jika mencari beras yang pulen, tahan lama, dan wangi, meski kandungan gizinya lebih rendah daripada beras merah lainnya.

Beras Merah Pecah Kulit

Tak hanya beras putih, beras merah pun ada versi pecah kulitnya. Beras merah pecah kulit ini hanya melewati satu proses penggilingan, sehingga kandungan nutrisinya jadi sangat melimpah. Meskipun kandungan nutrisinya lebih banyak, tekstur beras pecah kulit cenderung lebih keras, tidak terlalu pulen. Beras ini juga kurang wangi dan tidak begitu tahan lama.

Untungnya, sebagian besar beras pecah kulit yang beredar di pasaran adalah beras organik. Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena tak ada pestisida yang menempel di kulit luar beras. Karena gizinya yang melimpah dan tidak ada kandungan zat pestisida yang melekat, Anda dapat memilih beras ini untuk mendapatkan banyak manfaat sekaligus.

Beras Merah Organik

Tahukah Anda? Pertanian merupakan salah satu penyumbang polusi udara yang tinggi? Penggunaan pupuk kimia yang mengandung nitrogen tinggi ternyata berbuah polusi udara. Beberapa produsen yang ingin membuat lingkungan menjadi lebih sehat pun mulai memproduksi beras merah organik, yang ditanam tanpa pestisida maupun pupuk kimia.

Beras yang dihasilkan dari budidaya organik pun menjadi lebih sehat untuk tubuh karena menggunakan bahan-bahan alami dan bebas dari racun. Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan menjaga lingkungan pun membuat pamor beras organik kian meroket, karena masyarakat pun jadi lebih selektif memilih beras.

Sedang Diet Atau Ingin Hidup Sehat? Konsumsi Beras Merah Terbaik Ini

Jagapati Beras Merah Organik

Beras merah organik dari Jagapati dibuat dari padi asli Indonesia, yang diolah dengan proses modern tanpa bahan pengawet/kimia, dan dikemas dalam kemasan yang higienis. Beras merah ini kaya akan manfaat, seperti memperlancar metabolisme tubuh, dan menjaga kadar gula darah. Sangat cocok untuk pasien diabetes, atau bagi Anda yang ingin diet sehat.

Hadir dengan kemasan yang praktis, beras ini didesain simpel dengan kombinasi warna oranye dan merah. Jagapati Beras Merah Organik ini memiliki isi 2 kg, dan juga ada yang isi 5 kg.

Harga Rp. 100.000-150.000

Beras Merah Trukajaya

Beras organik Puspasari dari Warung Hijau Trukajaya di Salatiga ini ditanam dari benih unggul lokal. Diolah dengan cara alami, tanpa menggunakan pestisida. Produk ini tentunya aman dikonsumsi bagi Anda yang ingin memulai pola hidup sehat, atau yang sedang menjalani diet menurunkan berat badan, ataupun bagi penderita diabetes.

Beras merah ini tersedia dalam berat 1 kg, yang dikemas dalam kemasan plastik vakum yang transparan. Di bagian depannya terdapat label informasi mengenai beras ini.

Harga Rp. 25.000-50.000

Beras Merah SundaKALA

Beras merah SundaKALA yang memiliki tagline “pilihan tepat untuk kesehatan Anda” ini merupakan produk petani lokal dari Desa Bantarjati Klapanunggal, Bogor, Jawa Tengah. Beras ini merupakan beras merah sosoh yang sehat, karena para petani membudidayakan dan merawatnya tanpa menggunakan zat pestisida kimia.

SundaKALA memakai pupuk olahan dan pestisida organik hasil inovasi Institut Pertanian Bogor (IPB), BioHara. Pemakaian BioHara bertujuan untuk menjaga tanaman padi dari serangan hama.

Harga Rp. 20.000-30.000

Lingkar Beras Merah Organik

Beras merah dari Lingkar Organik ini bisa menjadi opsi yang paling tepat bagi Anda yang ingin membeli beras merah dengan harga terjangkau, tapi memiliki kualitas premium. Beras merah ini mengandung serat dan antioksidan tinggi yang sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari, demi menjaga kesehatan sel-sel tubuh.

Hadir dengan kemasan vakum yang transparan, beras ini dapat dengan mudah dilihat dari luar. Di kemasannya juga terdapat waktu pengemasan dan tanggal kadaluarsa sebagai info yang penting.

Harga Rp. 20.000-50.000

Panino Beras Merah Organik

Beras merah Panino ini mengandung zat-zat baik seperti asam amino, antioksidan, serta serat. Di samping itu, indeks glikemiknya rendah, sehingga baik untuk mengontrol gula darah yang tinggi. Beras merah organik dari Panino ini pun sudah tersertifikasi, sehingga aman untuk dikonsumsi. Jadi, Anda pun tidak perlu lagi meragukan kualitasnya.

Untuk kelas beras merah, harga yang dibanderol untuk merek ini cukup terjangkau. Sayang, saat ini beras ini masih cukup sulit didapatkan dan hanya tersedia dalam netto 1 kg saja.

Harga Rp. 40.000-60.000

Nusa Beras Merah Organik

Beras merah dari Nusa Organic Rice pun menjadi salah satu pilihan beras merah berkualitas, karena pengolahannya yang organik, dan zat gizinya yang tinggi. Brand Nusa sendiri menghadirkan dua macam beras merah yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, yaitu beras sosoh dan beras pecah kulit (PK).

Sebagai beras produksi lokal, beras merah organik ini dibudidayakan serta dikemas secara higienis, sehingga kualitasnya pun tidak kalah bagus dengan produk dari luar.

Harga Rp. 25.000-75.000

Beras Merah Organik Seblang Banyuwangi

Beras merah organik dari Seblang Banyuwangi ini memiliki tagline “paling enak, paling aman, dan paling sehat.” Dari Banyuwangi, beras ini sudah menembus pasar internasional, lho. Beras merah Seblang Banyuwangi sendiri telah lolos pengujian Laboratorium Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Institut Pertanian Bogor.

Beras ini dikemas dalam kemasan transparan, dengan isi 1 kg. 1 kg beras ini dapat Anda gunakan selama 1 bulan, untuk mencukupi kebutuhan gizi makro Anda.

Harga Rp. 25.000-30.000

Beras merah Dua Tani

Beras merah premium dari Dua Tani ini merupakan beras dengan jenis long grain, yaitu memiliki wujud fisik yang panjang, tipis, dengan sedikit lekukan pada ujungnya. Saat dimasak, beras jenis long grain dapat mengembang, menjadi tiga kali lipat lebih panjang dari ukuran semula. Anda harus pandai menakarnya.

Produk beras merah yang diolah tanpa bahan pengawet dan pewangi ini tersedia dalam kemasan vakum transparan, dengan isi 2 kg. Beras ini layak untuk dipertimbangkan.

Harga Rp. 50.000-100.000

Hotel Beras Merah Premium

Beras merah premium merek Beras Hotel ini memiliki klaim lembut dan tidak seret di tenggorokan, terbaik di kelasnya dengan merah alami, serta diambil dari bibit dan varietas terbaik. Beras Hotel ini diolah dengan menggunakan mesin yang modern serta higienis. Beras Hotel sendiri memiliki misi untuk memudahkan Anda yang menjalani gaya hidup sehat.

Produk beras merah ini pun sudah teruji dan mendapat sertifikat dari Sucofindo. Selain itu, beras ini memiliki wangi harum yang akan tercium aromanya, sehingga dapat memicu nafsu makan.

Harga Rp. 50.000-75.000

Beras Merah Botanik

Beras merah Botanik dari Bondowoso, Jawa Timur ini ditanam tanpa menggunakan pupuk dan pestisida kimia, sehingga aman untuk dikonsumsi sehari-hari. Dalam mencegah serangan serangga dan hama yang dapat merusak kualitas produk, beras merah Botanik menggunakan pupuk kandang dan pupuk olahan alami lain.

Menariknya lagi, beras merah organik merk Botanik ini juga telah mendapatkan pengakuan secara global, yang bisa dibuktikan dengan sertifikasi internasional.

Harga Rp. 20.000-30.000
From our editorial team

Perhatikan Porsi Makan Beras Merah, Jangan Sampai Berlebih

Beras merah boleh rendah gula dan rendah karbo. Namun Anda tetap tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. Setelah memilih produk terbaik dari rekomendasi BP-Guide di atas, Anda juga harus mengimbangi dengan olahraga teratur untuk mendapatkan tubuh sehat impian Anda.