Yuk, Mulai Hidup Sehat dengan Konsumsi Produk Beras Merah Pilihan, Ini 10 Rekomendasinya (2020)

Yuk, Mulai Hidup Sehat dengan Konsumsi Produk Beras Merah Pilihan, Ini 10 Rekomendasinya (2020)

Bukan rahasia lagi bahwa nasi merah lebih sehat dikonsumsi daripada nasi putih karena rendah gula dan kaya serat. Semakin pedulinya masyarakat pada kesehatan membuat produk beras merah mudah ditemukan di pasaran. Bingung memilih beras merah terbaik untuk konsumsi sehari-hari? Ini dia rekomendasi beras merah terbaik pilihan BP-Guide yang bisa kamu coba.

Beras Merah Dipercaya Lebih Sehat daripada Beras Putih

Saat ini kepedulian masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan semakin meningkat. Bahkan, konsumsi makanan sehat telah menjadi tren di kalangan milenial. Tak heran jika kini masyarakat lebih selektif dalam memilih makanan sebagai asupan nutrisi.

Salah satu perubahan pemilihan makanan yang paling terlihat adalah banyak masyarakat mulai beralih mengonsumsi nasi putih ke nasi merah. Konsumsi nasi merah disebut lebih sehat, karena kandungan gula yang lebih rendah, namun kaya serat dan nutrisi lain. Maka dari itu, nasi merah kini menjadi sumber karbohidrat pilihan yang baik bagi kesehatan.

Pilih Beras Merah dengan Warna yang Lebih Gelap karena Lebih Baik

Banyaknya produk beras merah di pasaran kerap membuat para pemula bingung dalam memilih. Salah satunya adalah ketika dihadapkan dengan beras merah beraneka tingkatan warna. Ada beras merah yang berwarna lebih cerah, ada pula yang lebih gelap. Beras merah dengan warna gelap lebih direkomendasikan, karena hanya menjalani satu kali proses penggilingan yang membuat nutrisi di dalamnya masih bertahan.

Manfaat Lainnya dari Beras Merah Selain untuk Program Diet

Mengontrol Penyakit Diabetes

Beras merah banyak dipilih oleh para pelaku diet dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah untuk mengontrol penyakit diabetes. Para penderita diabetes dituntut untuk selalu membatasi asupan karbohidrat agar kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil. Dengan demikian, banyak penderita diabetes yang berhenti mengonsumsi nasi putih dan beralih ke nasi merah yang rendah gula. Beras merah juga lebih kaya serat yang efektif dalam menurunkan kadar gula darah.

Pencegahan Penyakit Jantung

Selain rendah gula, beras merah juga mengandung serat dan antioksidan. Kandungan ini efektif dalam menghilangkan plak yang terakumulasi dalam arteri. Dengan demikian, aliran darah menjadi lancar. Beras merah juga mengandung lignan yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Secara otomatis, kandungan ini akan menurunkan risiko penyakit jantung.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat beras merah yang tak bisa dilewatkan adalah mampu menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat larut di dalamnya mampu memberikan cairan yang membantu pergerakan usus agar lebih halus. Dengan demikian, pencernaan menjadi lebih lancar dan terhindar dari gangguan pencernaan, salah satunya sembelit.

Rekomendasi Beras Merah untuk Hidup Lebih Sehat

Beras Merah Kokoku Premium

Rekomendasi produk beras merah yang pertama adalah Beras Merah Kokoku Premium. Beras ini diolah dari beras merah pilihan yang dibudidayakan pada area pertanian yang jauh dari polusi. Produk keluaran Kokoku ini bebas dari bahan kimia, sehingga aman dikonsumsi.

Diproses menggunakan mesin berteknologi modern membuat beras ini terjamin kebersihan dan kualitasnya. Beras dari pertanian subur ini menghasilkan nasi beras merah yang wangi dan pulen, sehingga menggugah selera. Produk yang cocok untuk para pelaku diet ini tersedia dalam kemasan 2kg yang ekonomis.

Harga Rp. 65.200-85.000

Beras Merah Cap Bunga 5kg

Mau melakukan diet agar badan tetap sehat, beras merah adalah sumber karbohidrat yang tepat. Bagi yang bingung memilih produk beras merah untuk diet, Beras Merah Cap Bunga 5kg bisa menjadi pilihan. Produk ini merupakan beras merah yang diproses pecah kulit, sehingga perlu direndam sebentar sebelum dimasak agar mendapatkan nasi yang enak.

Dibandingkan beras yang lain, beras merah pecah kulit memiliki pigmen yang mengandung aleron dan endospermia. Kandungan ini menghasilkan antosianin yang berguna sebagai zat antikarsinogenik, antioksidan, dan meningkatkan kadar trombosit. Beras yang kaya serat dan zat besi ini tersedia dalam kemasan 5kg.

Harga Rp. 66.000-152.000

Beras Merah Javara Cempo Merah 5kg

Beras organik memang tengah digandrungi oleh masyarakat, mengingat meningkatnya kepedulian akan kesehatan. Salah satunya adalah beras merah yang memang dikenal baik untuk pelaku diet dan penderita diabetes. Beras Merah Javara Cempo Merah 5kg adalah salah satu produk beras merah yang direkomendasikan.

Beras ini memiliki pigmen alami yang mengandung antioksidan optimal. Anti rapuh dan padat gizi, membuat beras ini tidak mengambang ketika dicuci. Beras dengan kualitas super ini dihasilkan oleh kelompok petani lokal yang tidak menggunakan bahan kimia dalam perawatannya.

Harga Rp. 159.000-264.000

Beras Merah MD Organic 2kg

Tahukah kamu, ada dua tipe beras merah yang beredar di pasaran. Pertama adalah beras merah pecah kulit, dan yang kedua adalah beras merah kupas kulit. Beras merah kupas kulit telah mengalami dua kali proses penggilingan, sehingga tidak terdapat kulit ari. Keunggulan beras merah tipe ini adalah tekstur nasinya yang lebih pulen dan tidak pera.

Bagi yang tertarik membeli beras merah kupas kulit, Beras Merah MD Organic 2kg adalah produk yang direkomendasikan. Beras ini mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Beras organik yang cocok untuk diet ini juga tersedia dalam kemasan ekonomis 2kg.

Harga Rp. 60.630-108.000

Beras Merah Botanik Organik 1kg

Beras Merah Botanik Organik 1kg adalah rekomendasi beras merah untuk kamu yang baru akan beralih dari beras putih. Tersedia dalam kemasan 1kg membuat produk ini cocok bagi kamu yang ingin mencoba mengonsumsi beras merah. Produk dari Botanik ini dijamin organik dan segar, karena dikemas langsung setelah proses penggilingan.

Bebas pestisida dan bahan kimia lainnya membuat beras ini aman dikonsumsi. Kandungan nutrisi dan mineralnya pun tinggi, sehingga lebih sehat. Beras Merah Botanik Organik 1kg telah lulus sertifikasi organik dari LeSOS secara nasional dan internasional, sehingga tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Harga Rp. 23.000-27.000

Beras Organik Merah Organi-Qu Vacuum 1kg

Rekomendasi beras merah berikutnya adalah Beras Organik Merah Organi-Qu Vacuum 1kg. Beras merah ini diambil dari petani organik lokal yang dikemas secara higienis dan profesional. Ditanam di lokasi yang tepat sehingga menghasilkan beras organik dengan kualitas premium.

Beras Organik Merah Organi-Qu Vacuum 1kg dihasilkan dari pertanian dengan menggunakan pupuk kompos dan tanpa pestisida. Pengairannya pun diambil dari mata air pegunungan yang segar dan bersih. Diolah secara tradisional dengan menonjolkan kemurnian kualitas, membuat beras ini telah lolos uji laboratorium Universitas Gadjah Mada.

Harga Rp. 22.000-36.000

Beras Merah Nutrice 2kg

Beras merah memang pilihan yang tepat bagi penderita diabetes. Selain rendah gula, jenis beras ini juga kaya serat, vitamin, dan mineral, sehingga tubuh lebih sehat. Salah satu produk beras merah yang direkomendasikan adalah Beras Merah Nutrice 2kg.

Produk keluaran Nutrice ini berasal dari beras merah mentik organik. Dengan kualitas premium, rasanya pun lebih enak dan pulen. Produk ini aman dikonsumsi segala usia, dan cocok sebagai makanan pendamping ASI untuk balita.

Harga Rp. 57.500-60.000

Beras Merah Organik Premium RHT 5kg

Beras Merah Organik Premium RHT 5kg adalah produk beras merah berikutnya yang direkomendasikan. Beras merah keluaran RHT ini cocok untuk pelaku diet, penderita diabetes, dan bisa digunakan sebagai makanan pendamping ASI. Hadir dalam kemasan 5kg, beras ini dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Produk ini merupakan beras organik yang ditanam secara alami tanda bahan kimia. Ditanam oleh petani lokal di daerah pegunungan Merapi membuat kualitas beras ini tak perlu diragukan lagi. Mengandung serat, vitamin, dan mineral, membuat produk ini baik untuk kesehatan.

Harga Rp. 119.000-182.000

Beras Merah Nature Eleven 1kg

Kesehatan adalah prioritas utama bagi setiap orang. Dalam memeliharanya, tentu makanan sebagai asupan nutrisi menjadi aspek penting. Begitu pula dalam memilih beras sebagai sumber karbohidrat. Beras Merah Nature Eleven 1kg adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang melakukan prosedur diet untuk menjaga berat badan maupun kesehatan.

Produk keluaran Nature Eleven ini merupakan beras merah organik pecah kulit yang berkualitas premium. Berasal dari padi berkualitas, membuat beras ini kaya akan serat yang baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, produk ini juga cocok bagi para penderita diabetes lantaran mampu mengontrol gula darah. Beras ini tersedia dalam kemasan 1kg yang praktis dibawa kemana-mana.

Harga Rp. 35.000-50.000

Mutuku Beras Organik Merah 5kg

Rekomendasi beras merah yang terakhir adalah Mutuku Beras Organik Merah 5kg. Produk ini berasal dari petani lokal yang ditanam tanpa pestisida serta diproses tanpa pengawet, zat kimia, ataupun pewarna. Beras ini telah mendapat sertifikasi halal dari MUI dan sertifikasi organik dari INOVICE.

Merupakan beras merah kupas kulit, produk ini cocok untuk para pelaku diet dan juga sebagai makanan pendamping ASI. Mengandung vitamin, mineral, dan serat, membuat beras ini sangat baik bagi kesehatan. Beras keluaran Mutuku ini hadir dalam kemasan 5kg yang bisa disimpan dalam waktu lama.

Harga Rp. 127.000-132.700

Tips Menyimpan Beras Supaya Bebas dari Kutu Beras

Setelah Dibeli, Beras Disimpan Terlebih Dahulu di Freezer

Apakah kamu gemar menyetok beras di rumah agar tak kehabisan? Kamu perlu memperhatikan cara penyimpanannya agar terbebas dari kutu beras. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyimpan beras di freezer terlebih dahulu setelah dibeli. Membekukan beras selama beberapa hari mampu membunuh larva dan telur kutu yang mungkin terselip dalam beras. Setelah disimpan dalam freezer kurang lebih empat hari, beras bisa disimpan ke dalam wadah yang semestinya.

Perlunya Wadah Bersih untuk Beras yang Baru

Dalam menyimpan beras, kamu perlu menempatkan beras yang baru dalam wadah yang bersih. Maka dari itu, bersihkan wadah beras secara berkala. Bila perlu kamu bisa menggunakan disinfektan untuk memastikan wadah penyimpanan bebas kuman. Sisa beras lama yang tidak dibersihkan ternyata mampu mengundang kutu dan jamur yang bisa menyebar pada beras baru. Dengan demikian, beras akan mudah berbau apek dan kenikmatannya menjadi berkurang.

Pastikan Wadah Penyimpanan Selalu Kering Setiap Saat

Tahukah, kamu wadah penyimpanan beras yang lembap dan tidak kedap udara ternyata membuat kutu tertarik untuk masuk dan berkembang? Maka dari itu, dalam menyimpan beras, pastikan wadah yang kamu gunakan selalu kering dan tidak lembap. Simpan pula wadah beras di tempat yang kering dan suhu yang sejuk, sehingga beras terjaga kualitasnya.

Letakkan Beberapa Helai Daun Salam

Daun salam rupanya mampu mengusir kutu dalam beras. Bahkan, sudah banyak yang memasukkan beberapa helai daun salam ke dalam wadah penyimpanan untuk mencegah masuknya kutu ke dalam beras. Aromanya yang wangi membuat kutu dan serangga enggan mendekat, sehingga kualitas beras tetap terjaga. Selain penyimpanan beras, kamu juga bisa meletakkan daun salam pada penyimpanan tepung dan olahan gandum lain.

Tambahkan juga Daun Pandan atau Daun Jeruk

Susah menemukan daun salam di sekitar rumah? Kamu juga bisa menggunakan bahan alam lain untuk mengusir kutu dalam beras, misalnya saja daun pandan atau daun jeruk. Prinsipnya sama, daun-daun ini memiliki aroma yang cukup menyengat dan tidak disukai kutu serta serangga lain. Sehingga, beras akan tetap bersih dan terhindar dari serangan kutu beras yang bisa merusak kualitasnya.

From our editorial team

Tak Hanya Nasi dari Beras Merah, Lengkapi Menu Dietmu dengan Sayur dan Lauk yang Bergizi

Dari rekomendasi di atas, kira-kira produk beras merah mana yang tertarik kamu coba? Cocok untuk pelaku diet, selain mengonsumsi nasi merah, kamu juga perlu melengkapi asupan nutrisi dengan sayur dan lauk yang bergizi. Untuk keberhasilan diet, makan nasi merah yang rendah kalori saja tidak cukup. Sayur, buah, dan juga lauk juga dibutuhkan dengan porsi cukup untuk mendukung kelancaran metabolisme tubuh. Dengan demikian proses diet yang dilakukan dapat berjalan dengan optimal dan tubuh tetap sehat.