Yuk, Praktikkan 9 Resep Kue Beras Korea yang Paling Disukai di Indonesia Ini! (2020)

Yuk, Praktikkan 9 Resep Kue Beras Korea yang Paling Disukai di Indonesia Ini! (2020)

Apa kamu salah satu penggemar drama Korea? Pastinya sudah tidak asing lagi dengan kue beras Korea. Nah, cari tahu lebih banyak tentang kue beras (tteok) ini, yuk? Kamu juga bisa lho, membuat kue yang populer di negeri ginseng ini dengan mengikuti resep kue beras Korea yang Bp-Guide sajikan.

Kue Beras Korea adalah Salah Satu Makanan Populer di Korea Selatan

Korea memang memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak orang di dunia. Tidak hanya para selebriti dan fashion-nya saja yang populer, tapi makanan yang sering ditampilkan dalam acara variety show dan drama Korea pun juga turut dikenal. Salah satu makanan khas Korea yang populer saat ini adalah tteok atau kue beras.

Tteok bentuknya mirip dengan lontong yang ada di Indonesia, hanya saja teksturnya lebih padat, halus, dan kenyal. Kue beras Korea ini pun memiliki banyak varian yang diolah dalam bentuk kudapan maupun masakan. Salah satu jenis kue beras Korea yang paling dikenal adalah tteokbokki.

Kue Beras Korea juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Di balik populernya kue beras Korea, ternyata tersimpan manfaat baik untuk tubuh. Mengonsumsi tepung beras diketahui dapat menurunkan risiko osteoporosis dan sangat baik untuk diet. Tepung beras pun memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, yakni 10mg kalsium per 100 gr tepung.

Kandungan serat yang tinggi dalam kue beras juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hidangan tteokbokki yang sehat dan tampak begitu lezat dari balik layar pastinya membuat kamu penasaran dengan rasanya, bukan? Kamu bisa kok, mencicipi kue beras dan aneka masakan Korea lainnya dengan datang langsung ke restoran Korea yang ada di Indonesia.

Inilah Daftar Beberapa Restoran Korea yang Ada di Indonesia

Mujigae-Mall Kelapa Gading

Sumber gambar anakjajan.com

Salah satu restoran Korea di Indonesia yang bisa kamu datangi adalah Mujigae yang ada di Mall Kelapa Gading, Jakarta. Di restoran Mujigae yang berarti "pelangi" ini kamu akan merasakan nuansa K-Pop yang begitu kental. Restoran ini memiliki desain yang futuristik dengan ornamen Korea.

Serunya lagi, kamu juga bisa request lagu Korea favoritmu yang akan ditayangkan pada layar depan restoran. Kamu pun juga bisa mengabadikan momen seru di restoran ini lewat iPad yang tersedia, bahkan foto kamu juga bisa ditayangkan di layar, lho! Untuk memesan makanan pun dilakukan melalui iPad.

Salah satu makanan yang bisa kamu coba di restoran Mujigae ini adalah budae jjigae. Satu porsi budae jjigae terdiri dari jamur, sayuran, ramyun, dan masih banyak lagi. Porsi yang terbilang besar ini konon menjadi makanan favorit tentara Korea, lho! Menu lainnya yang bisa kamu coba adalah bibimbap dan oden.

Satu porsi bibimbap terdiri dari nasi, sayuran, dan daging dengan topping telur dan saus. Untuk menikmati bibimbap kamu harus mengaduknya menjadi satu. Paket bibimbap dan oden yang terdiri dari bibimbap, gorengan, dan kimchi dijual seharga Rp 37 ribuan.

Han Kook Gwan-Bandung

Sumber gambar www.infobdg.com

Kamu yang berada di Bandung, bisa menikmati makanan khas Korea di restoran Han Kook Gwan. Restoran ini beralamat di Jl. Karangsari No.21, Pasteur, Sukajadi, Bandung. Suasana di restoran Korea Han Kook Gwan ini begitu nyaman dengan konsep perpaduan Korea-Indonesia dan bangunan restoran ini masih berbentuk rumah pada umumnya.

Satu porsi makanan Korea di restoran Han Kook Gwan ini bisa dinikmati untuk 5-6 orang, lho! Hidangannya terdiri dari tteokbokki dengan bumbu pedas manis yang super enak dan odeng tang yang lebar dengan irisan jamur. Untuk hidangan pendampingnya ada tumisan taoge, bayam, dan buncis serta keripik ubi karamel. Untuk makan di sini kamu cukup menyediakan bujet sebesar Rp 200 ribuan.

Legend of Noddle-Senopati

Sumber gambar anakjajan.com

Di Jl. Senopati No. 81 Jakarta Selatan, kamu juga bisa menemukan restoran mie Korea, yakni Legend of Noodle. Uniknya, menu yang ada di restoran ini ditulis di dinding restoran dalam bahasa dan huruf aksara Korea dengan ukuran besar. Restoran ini menyajikan aneka hidangan mie Korea yang enak.

Salah satu menu mi Korea yang bisa kamu nikmati di sini adalah jajang myeon atau mie saus hitam dengan topping daging ayam. Menu lainnya yang ada di restoran ini adalah kalguksu, jjampong, sujebi, omurice, chajang myun, dan masih banyak lagi.

Jajang myeon yang terdiri dari mie, bumbu, bawang bombai, dan potongan daging ini satu porsinya dijual seharga Rp 55 ribuan. Untuk omurice yang merupakan hidangan nasi dengan telur dan salad segar dijual seharga Rp 60 ribuan per porsi. Sedangkan untuk haemul jjampong yang merupakan hidangan mie berkuah dengan tambahan seafood per porsi dijual seharga Rp 80 ribuan.

Chung Gi Wa-Kota Kasablanka

Sumber gambar kitingan.wordpress.com

Makanan khas Korea juga bisa kamu nikmati dengan berkunjung ke restoran Chung Gi Wa ada di Kota Kasablanka, lantai upper ground, Jl. Kasablanka Raya, Tebet, Jakarta. Di restoran ini, gaya penyajian makanannya sangat mirip dengan restoran yang ada di Korea.

Seperti yang sering dilihat dalam drama, di sini kita bisa membakar daging di meja sendiri sebelum siap disantap dengan hidangan pendamping. Jika tidak mau membakar sendiri, kita juga bisa meminta bantuan pelayan dari restoran Chung Gi Wa ini.

Dagingnya sendiri berkualitas tinggi sehingga makan di tempat ini terasa begitu nikmat. Karena di sini juga tersedia daging babi dan aneka jenis bir lainnya, bagi kamu yang muslim harap berhati-hati memilih menunya, ya.

Menu makanan Korea lainnya seperti tteokbokki, yukgaejang, dan kimchi jjigae juga tersedia di sini. Untuk menambah sensasi makan ala Korea, kamu juga bisa menikmati soju asli dari Korea di restoran ini. Untuk makan berdua di restoran ini kamu cukup menyediakan bujet sekitar Rp 300 ribuan.

Ngorea Bistro-Bandung

Ingin menikmati makanan Korea yang lezat dengan harga terjangkau? Bagi kamu yang berada di Bandung bisa mampir ke Ngorea Bistro yang berlokasi di Jl. Progo No. 35, tidak jauh dari gedung sate, Yoghurt Cisangkuy, dan lapangan Gasibu.

Menu makanan dan minuman Korea yang dihadirkan di restoran ini sangat beragam. Beberapa menu makanan yang ada di Ngorea Bistro ini adalah kimchi, bulgogi, ramyeon, korean chicken curry katsu, kimbap, bibimbap, dan tteokbokki.

Kimbap merupakan sushi khas Korea berisi lobak, wortel, selada, dan telur yang rasa dan tampilannya tidak jauh berbeda dengan sushi dari Jepang. Untuk minuman ala Korea yang enak dan wajib kamu coba adalah green tea dan nokcha latte.

Untuk korean chicken curry katsu, satu porsinya terdiri dari nasi putih, kuah kari, dan chiken katsu yang disajikan terpisah. Satu porsi kimbap harganya Rp 21 ribuan dan Korean chicken curry katsu satu porsinya hanya Rp 28 ribuan, sedangkan segelas nokcha latte dijual seharga Rp 17 ribuan.

Resep Kue Beras Korea yang Paling Disukai di Indonesia

Injeolmi

Sumber gambar www.maangchi.com

Injeolmi salah satu jenis dari kue beras Korea bertekstur kenyal, lembut, dan lengket. Di Korea, kue ini umum disajikan pada acara-acara spesial seperti pada acara doljanchi (ulang tahun pertama). Kue beras (tteok) ini terbuat dari tepung beras ketan, tepung kacang tanah, dan kedelai.

Bahan:

  • 200 gram tepung ketan
  • 150 ml air/ secukupnya
  • 1/4 sdt garam
  • 3 sdm gula pasir
  • Bubuk kacang kedelai secukupnya

Cara Membuat:

  • Campurkan tepung ketan, garam, dan gula hingga merata.
  • Tambahkan air secukupnya dan aduk hingga adonan menjadi padat tapi tidak terlalu lembek.
  • Kukus adonan selama 5 menit dan jangan lupa untuk melapisi tutup kukusan agar uap tidak jatuh ke adonan.
  • Keluarkan adonan, aduk dengan sendok, dan uleni selagi masih panas. Kukus kembali adonan selama 5 menit. Angkat kembali dan uleni adonan.
  • Keluarkan adonan dari kukusan, tambahkan sedikir air agar adonan mudah dibentuk dan uleni.
  • Gulung adonan memanjang dan taburi bubuk kacang di atasnya, lalu potong-potong adonan.
  • Gulung kembali adonan dan taburi bubuk kacang hingga merata.
  • Sajikan dalam wadah dan injeolmi siap dinikmati.

Topokki/Tteokbokki

Sumber gambar qraved.co

Topokki/tteokbokki atau yang dikenal juga dengan pojangmacha ini merupakan jenis kue beras Korea yang sangat populer. Kue beras ini teksturnya padat dan dimasak dalam saus kental yang pedas.

Tidak hanya sekadar enak, tapi tteokbokki juga memiliki beragam manfaat seperti menambah energi dan menjaga metabolisme tubuh agar dapat memproses karbohidrat, kolesterol, dan protein di dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi kue beras juga dapat meningkatkan esensi mineral dan vitamin dalam tubuh.

Kandungan vitamin B6 dalam kue beras juga dapat mencegah anemia dan memproduksi serotonin neurotransmitter yang akan meningkatkan selera makan serta memperbaiki mood. Kandungan antioksidan dalam kue beras pun juga membuat tubuh terlindung dari radikal bebas.

Bahan:

  • 250 gram tepung beras
  • 5 sendok tepung tapioka
  • 1 sendok garam
  • Air untuk merebus
  • Minyak secukupnya

Bahan Saus:

  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 5 biji cabai rawit
  • 2 sendok saus tomat
  • 1 sendok gula pasir (bisa dicampur gula aren)
  • 1 sendok kaldu bubuk
  • 1 sendok bubuk cabai
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menumis
  • Air panas secukupnya

Cara Membuat Tteok:

  • Masukkan tepung beras, tepung tapioka, dan garam dalam wadah, tambahkan sedikit air panas dan aduk hingga merata dan menjadi adonan.
  • Uleni adonan hingga kalis dan bagi menjadi beberapa bagian dan bentuk silinder memanjang.
  • Rebus air hingga mendidih, masukkan semua adonan dan rebus hingga adonan mengapung, tiriskan.
  • Potong tteok sesuai selera, sisihkan.
  • Untuk membuat saus, haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit dan masukkan dalam wadah.
  • Tambahkan saus tomat, bubuk cabai, gula, garam, dan kaldu bubuk, aduk hingga tercampur rata.
  • Panaskan wajan, tumis bahan saus, masukkan tteok, dan tambahkan air secukupnya.
  • Masak hingga saus mengental sambil diaduk sesekali.
  • Sajikan tteokbokki dalam wadah dan nikmati.

Hwajeon

Hwajeon merupakan varian lain dari kue beras Korea yang kerap disajikan untuk menyambut datangnya musim semi. Bagian atas kue beras yang lembut ini dihias dengan bunga-bunga yang cantik. Dalam festival musim semi di Korea, tradisi menyantap hwajeon dinamakan dengan Kkeot Darim.

Dalam tradisi ini, hwajeon dimasak oleh para wanita di atas gunung dan untuk hiasannya diambil dari bunga-bunga yang tumbuh di sekitar tempat membuat hwajeon. Setelah matang, hwajeon pun disantap bersama-sama sambil menikmati pemandangan dari atas gunung.

Bahan:

  • 300 gram tepung beras ketan
  • 4 buah kurma cina
  • 100 ml air panas
  • 1/2 gelas gula pasir
  • 1/2 gelas air
  • 5 helai daun aster mahkota/bunga lain yang bisa dimakan

Cara Membuat:

  • Campur tepung beras ketan dengan air panas dan aduk hingga tercampur rata.
  • Ambil adonan sedikit saja, bentuk bulat tipis dengan diameter 5 cm.
  • Hias adonan dengan daun aster mahkota (bunga lainnya) dan kurma cina.
  • Panaskan wajan yang telah diolesi minyak dan goreng adonan hingga matang, taruh dalam wadah saji.
  • Buatlah sirup dari campuran gula pasir dan air (bisa juga menggunakan madu).
  • Siram hwajeon dengan sirup gula dan sajikan.

Songpyeon

Sumber gambar http://www.korea.net/

Menyambut musim gugur Korea biasanya diadakan festival yang dinamakan dengan Chuseok. Dalam festival ini masyarakat Korea menyajikan berbagai hidangan, salah satunya adalah kue tradisional. Kue yang menjadi bagian penting dalam festival ini adalah songpyeon, jenis lain dari kue beras Korea yang dihias dengan daun-daun pinus jarum.

Songpyeon terbuat dari tepung beras ketan yang dimasak dengan cara dikukus. Bentuk kue ini seperti bulan sabit yang dibuat dalam berbagai warna-warna cantik. Kue ini pun diberi isian berupa kacang merah, coklat leleh, biji wijen, dan madu yang menambah lezatnya rasa kue beras ini.

Bahan:

  • 50 gram tepung ketan
  • 100 gram tepung beras
  • 100 ml air hangat
  • 1/4 sdt garam
  • 2 sdm minyak wijen

Bahan Isi:

  • 40 gram gula pasir
  • 100 gram biji wijen
  • 1/2 sdm garam

Cara Membuat:

  • Untuk isian kue, campurkan semua bahan dan sangrai di atas api kecil, angkat, sisihkan.
  • Untuk membuat songpyeon, campurkan semua bahan, aduk hingga tercampur rata dan uleni.
  • Ambil 25 gram adonan, bulatkan, dan pipihkan.
  • Tekan bagian tengah adonan, masukkan isian, dan satukan sisi adonan agar tertutup rapat.
  • Genggam adonan dengan adonan agar udara keluar. Lakukan sebanyak 2-3 kali.
  • Panaskan panci pengukus dan kukus songpyeon selama 15 menit.

Rabokki

Sumber gambar https://ryukoch.com

Rabokki merupakan perpaduan dari ramyeon (mie instan) dan tteokbokki. Kamu yang hobi nonton drama Korea pasti sudah tidak asing dengan hidangan yang satu ini. Street food Korea ini tentunya tidak hanya lezat tapi juga mengenyangkan.

Bahan:

  • 1 bungkus mie instan/ramyeon
  • 5 buah tteok
  • 1/2 bagian bawang bombai. iris
  • 1/8 bagian kol, potong sesuai selera
  • Daun bawang secukupnya untuk taburan

Bahan Pelengkap:

  • Fishcake (bilas dengan air panas), potong sesuai selera
  • Telur matang

Bahan Saus:

  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 4 sdm saus gochujang (pasta cabai)
  • 1 ½ sdt bubuk mi instan
  • 1/2 sdm bubuk cabai
  • 2 sdm gula
  • 1 sdt kecap manis
  • 750 ml air

Cara Membuat:

  • Masukkan semua bumbu saus ke dalam panci, aduk hingga tercampur rata.
  • Masukkan tteok, masak selama 4 menit, lalu tambahkan bawang bombay, kol, dan fishcake.
  • Masukkan ramyeon, masak hingga matang.
  • Pindahkan dalam wadah saji dan taburi dengan daun bawang dan tambahkan bahan pelengkap.

Sirutteok

Sirutteok merupakan varian lain dari kue beras Korea yang rasanya manis dan legit. Sirutteok dibuat dengan cara dikukus dalam mangkok gerabah (siru). Bentuknya seperti kue lapis, lapisan dasar terbuat dari tepung beras dan lapisan lainnya dari campuran kue beras dan kacang merah.

Bahan:

  • 12 gelas tepung beras ketan
  • 1kg kacang merah, bersihkan dan rebus hingga empuk, lalu cincang
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sdm garam

Cara Membuat:

  • Campurkan gula pasir dengan tepung beras ketan.
  • Siapkan kukusan dan letakkan kain kapas pada panci kukusan.
  • Taburi cincangan kacang merah dan di atasnya taburi dengan tepung beras ketan yang telah bercampur dengan gula.
  • Taburi kembali kacang merah di atas tepung beras ketan dan ulangi hingga bahan habis dan tempatkan kacang merah pada bagian teratas.
  • Kukus hingga matang dan sajikan.

Gyeongdan

Gyeongdan merupakan kue beras Korea berbentuk bulatan dan bagian tengahnya diisi dengan pasta wijen atau kacang merah. Sementara bagian luarnya dilumuri dengan bubuk pemanis.

Bahan:

  • 1 cangkir tepung beras
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 cangkir air panas
  • Air biasa secukupnya
  • Pewarna secukupnya

Bahan Isi:

  • 5 sdm gula halus
  • 6 sdm kacang tanah

Cara Membuat:

  • Campurkan tepung beras, gula, dan garam, tuang air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan tangan hingga berbentuk gumpalan adonan.
  • Bagi adonan menjadi beberapa bagian dan beri pewarna sesuai selera.
  • Ambil sedikit adonan, pipihkan, dan masukkan isian, rapatkan sisinya hingga isian tertutup dan bulatkan adonan. Lakukan hingga semua bahan habis.
  • Didihkan air dan masukkan adonan, lalu rebus hingga matang, tiriskan.

Bukkumi

Sumber gambar https://en.wikipedia.org

Bukkumi merupakan jenis tteok goreng yang dibuat dengan campuran bubuk kayu manis. Bukkumi juga memiliki isian berupa campuran biji wijen, kacang merah, dan gula atau madu. Kue beras Korea ini dibentuk setengah lingkaran dan bagian atasnya dihias dengan irisan kacang.

Bahan:

  • 130 gram tepung ketan
  • Sejumput garam
  • 100-110 ml air dingin
  • Pasta kacang merah untuk isian
  • 1 sdm minyak goreng untuk olesan teflon
  • Tepung ketan untuk taburan secukupnya
  • Biji wijen secukupnya untuk dibalurkan

Cara Membuat:

  • Campurkan tepung ketan, garam, dan air lalu uleni hingga kalis.
  • Bagi adonan menjadi 4 bagian, bulatkan, dan taruh pada wadah yang telah ditaburi tepung ketan.
  • Ambil satu bagian adonan, cekungkan bagian tengahnya dan masukkan isian sebanyak 2 sendok makan. Rapatkan sisinya dan bentuk bulat kembali. Lakukan hingga semua bahan habis.
  • Baluri adonan dengan biji wijen, panggang adonan di atas teflon yang telah dipanaskan dan diolesi minyak.
  • Masak dengan api sedang sambil dibolak-balik hingga kering, adonan mengembang, dan wijen menjadi kekuningan.

Yaksik

Sumber gambar https://www.youtube.com

Yaksik menjadi hidangan spesial pada berbagai acara di Korea, seperti acara pernikahan, hari raya, ulang tahun, dan berbagai acara lainnya. Kue beras Korea yang satu ini rasanya asam manis yang terbuat dari perpaduan tepung beras ketan, buah kering, kacang-kacangan, dan madu.

Bahan:

  • 3 gelas beras ketan, rendam selama setengah hari, dan tiriskan
  • 1/3 gelas gula
  • 1/2 sdt serbuk kayu manis
  • 2 sdm madu
  • 3 sdm minyak wijen
  • 2/3 sdt garam
  • 3 sdm kecap asin

Bahan Tambahan:

  • 10 buah berangan, kupas dan potong jadi 4 bagian
  • 8 buah kurma Korea kering, buang bijinya dan potong 1 cm
  • 70 gram buah kenari, belah dua
  • 2 sdm biji labu
  • 2 sdm biji bunga matahari
  • 1 setengah sdm biji pinus

Cara Membuat:

  • Campurkan gula, madu, kecap asin, minyak wijen, serbuk kayu manis dan garam, hingga rata.
  • Panaskan kukusan dan alasi dengan kain kasa basah.
  • Masukkan beras di atas kain kasa dan kukus selama 50 menit di atas api sedang.
  • Setelah menjadi nasi ketan, angkat dan campurkan dengan bahan tambahan lalu kukus kembali selama 20 menit.
  • Setelah matang pindahkan ke dalam wadah saji dan olesi permukaannya dengan minyak wijen lalu potong sesuai selera.
From our editorial team

Yuk, Coba Bikin Kue Beras Korea di Rumah!

Ingin mencicipi lezatnya kue beras Korea tidak perlu datang ke restoran Korea yang belum tentu ada di kotamu. Tapi jangan khawatir, kamu bisa membuat kue beras atau tteok ini di rumah dengan mudah. Cukup ikuti saja resep dan langkah mudah membuat kue beras Korea yang telah BP-Guide sajikan.