Yuk, Mengenal Aneka Kue Beras dari Beberapa Negara Asia Berikut! (2020)

Yuk, Mengenal Aneka Kue Beras dari Beberapa Negara Asia Berikut! (2020)

Kue beras tentu bukan jadi kue yang asing untuk kita. Ada banyak sekali jenis kue beras yang kita kenal. Nah, simak pilihan kue beras dari beberapa negara Asia ini. Cek juga kue beras yang bisa dibeli online ya!

Mengenal Sejarah Beras dan Kandungan Nutrisi di Dalamnya

Beras merupakan bahan makanan yang tidak asing bagi kita. Kebanyakan masyarakat di Asia mengolah beras sebagai nasi untuk menjadi makanan pokok. Pernahkah kamu merasa penasaran mengenai awal munculnya beras?

Beras diperkirakan ditanam di Thailand pada 4000 tahun sebelum masehi. Selanjutnya beras pun mulai menyebar ke wilayah China selatan dan India. Sementara itu, di India, beras ditemukan pada tahun 2500 sebelum masehi di wilayah Harrapa. Di Cina, sawah tertua ditemukan dan diperkirakan ada sejak tahun 3000 sebelum masehi.


Usai dikenal ke seluruh dunia, beras mulai muncul dalam berbagai variasi. Ada beras putih, beras butir panjang, beras gandum utuh, beras Jasmine, beras Basmati, beras aromatik, hingga beras Japonica. Dalam hal warna pun, beras memiliki beragam varian, mulai dari beras putih, merah, cokelat, dan hitam.

Beras kaya akan kandungan gizi. Salah satunya adalah serat. Setiap jenis beras memiliki kandungan serat yang berbeda. Serat paling tinggi ada pada beras merah. Kandungan gizi lain yang ada dalam beras adalah vitamin dan mineral. Ada kandungan mangan, selenium, tiamin, niacin, magnesium, dan tembaga yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikutnya, beras juga kaya akan karbohidrat sebagai penyuplai energi untuk tubuh. Beras juga kaya akan asam fitat yang bisa berperan sebagai antioksidan.

Beras Bisa Diolah jadi Aneka Makanan Bahkan Kue

Beras bukan hanya bisa diolah menjadi nasi saja loh. Setiap negara bahkan memiliki produk khas olahan dari beras. Beras bisa diolah jadi aneka makanan yang bisa jadi pengganti nasi. Sebut saja ketupat, lontong, lepet, arem-arem dan lainnya. Beras juga bisa diolah menjadi aneka minuman yang menyehatkan. Beras bisa jadi rice milk, jamu beras kencur, hingga sake.

Kita juga bisa mengolah beras menjadi aneka kue kering seperti biskuit, kreker, dan lainnya. Beras juga bisa jadi olahan seperti mi, roti, dan aneka jenis tepung. Yang tak kalah populer lainnya dari olahan beras adalah aneka kue. Kita bisa membuat rice pudding, tteokpokki, aneka jajanan pasar, dan lain sebagainya.

Yuk, Mengenal Aneka Kue Olahan Beras dari Beberapa Negara di Asia

Indonesia

Kue Lapis

Kue lapis merupakan salah satu dari sekian banyak jajanan pasar Indonesia yang memakai bahan dari beras, tepatnya dari tepung beras. Jajanan yang satu ini biasa digunakan sebagai hidangan arisan atau disajikan saat ada acara tertentu. Kue basah yang satu ini memiliki keunikan dari segi warnanya.

Warna kue ini berwarna-warni bisa disesuaikan dengan selera. Pembuatannya selain memakai tepung beras juga memakai tepung sagu, gula, garam, dan santan. Kue dengan tekstur kenyal ini rasanya manis. Untuk mendapatkannya bisa membeli di pasar tradisional atau toko kue basah.

Carabikang

Carabikang adalah jajanan berikutnya yang memakai bahan utama beras. Kue yang satu ini memiliki ciri bentuk seperti bunga dan memiliki serat. Kue tradisional ini memiliki rasa manis dengan tekstur kenyal dan lembut. Jajanan ini dibuat dari tepung beras yang dikombinasi dengan terigu, gula, telur, dan santan.
Warna kue yang satu ini juga beragam, ada yang hanya dua warna namun ada juga yang 3 warna. Keunikan lain dari kue ini adalah bentuknya yang merekah. Untuk mmebuatnya jadi merekah, perlu teknik khusus saat membuatnya. Kue ini bisa dibeli di toko kue atau pasar tradisional.

Nagasari

Kamu juga tidak bisa lewatkan nagasari sebagai salah satu kue tradisional yang memakai bahan beras. Kue asal Jawa ini disajikan dalam bungkusan daun pisang sehingga aromanya jadi luar biasa. Kue basah yang satu ini memiliki paduan rasa manis dan gurih. Kue ini dibuat dari santan kelapa murni, gula, garam dan vanili. Isian dari nagasari sendiri adalah buah pisang kepok. Nagasari mudah didapatkan di toko kue dan pasar tradisional.

Korea

Tteokbokki

Korea juga memiliki sederet jajanan populer dari beras. Bicara soal kue beras tentu tidak bisa lepas dari yang namanya tteokbokki. Kue beras yang satu ini tentu tidak asing untuk kamu yang gemar menonton drama Korea atau mengikuti budaya Kpop. Camilan ini berbahan dasar tepung beras dan dibuat dengan aneka bumbu kental berwarna merah.

Tteokbokki populer tidak hanya di Korea namun juga di seluruh dunia. Ini karena rasanya yang pedas manis sehingga mudah diterima oleh setiap orang. Tteokpokki merupakan jajanan kaki lima di Korea. Untuk menikmatinya, kita bisa memesannya secara online. Sekarang ini sudah ada banyak tteokpokki instan yang siap masak.

Songpyeon

Satu lagi nih kue beras ala Korea yang wajib kamu kenal, Songpyeon namanya. Ini adalah kue beras yang diolah dengan cara dikukus memakai daun pinus supaya kue tidak lengket dan supaya cita rasanya makin kaya.. Kue ini dibentuk seperti bulan sabit. Songpyeon ada dalam dua varian, yakni yang memiliki isian dan yang tidak memiliki isian. Untuk yang memiliki isian biaanya diisi kacang merah, kacang kedelai, kastanye, jujube atau wijen.

Ini adalah kue yang umum disajikan pada hari Chuseok atau pesta panen raya. Kue ini menjadi bagian penting dari tradisi festival musim gugur. Kue ini berwarna warni dan rasanya enak. Biasanya setiap rumah akan membuat songpyeon lalu saling dihantarkan kepada para tetangga yang biasanya juga menyajikan kue yang sama.

Hwajeon

Ada juga Hwajeon yang bisa jadi pilihan kue beras. Ini merupakan kue beras asal Korea yang tidak kalah enak. Umumnya kue ini dihidangkan saat festival musim semi. Yang menjadi ciri unik kue ini adalah adanya bunga di atas kuenya. Beberapa bunga yang digunakan adalah bunga azalea, bunga mawar, krisan, hingga sakura. Kue ini memiliki rasa manis. Hwajeon bisa disebut sebagai pancake berukuran mini. Teksturnya lembut dan ada aroma bunga yang membuatnya makin banyak disukai.

Jepang

Mochi

Jepang juga memiliki sederet kue beras yang enak untuk dicoba. Salah satu yang paling populer adalah mochi. Kue yang satu ini terbuat dari beras ketan yang ditumbuk hingga lembut. Mochi berbentuk bulat dan memiliki tekstur kenyal. Di Jepang, mochi sering dibuat untuk perayaan tradisional Mochitsuki atau perayaan Tahun Baru Jepang.

Mochi ada yang memakai isian dan ada juga yang tidak. Untuk yang memakai isian umumnya bahan isiannya adalah pasta kacang merah. Namun semakin kesini, isian untuk mochi makin dibuat beragam sesuai selera. Mochi bisa diisi selai, buah, keju, dan lainnya. Untuk menikmati mochi bisa membelinya secara online. Ada yang berbentuk bubuk siap olah sendiri, ada juga yang sudha jadi dan tinggal lahap saja.

Dango

Dango menjadi salah satu kue beras asal Jepang yang sanagt dikenal. Kue yang satu ini berbentuk bulat dan dibuat dari campuran tepung beras dan air. Adonan dango selanjutnya akan dikukus atau direbus hingga matang. Jika sudah matang, dango akan ditusuk memakai tusukan satai. Dalam setusuk dango berisi 3 hingga 4 dango. Tekstur dango adalah kenyal. Rasa dango sendiri beragam mulai dari green tea, kacang merah, wijen, atau bisa juga disiram aneka topping.

Uiro

Selanjutnya, ada uiro yang bisa kamu lirik sebagai kue beras dari Jepang lainnya. Ini adalah kue asal dari Nagoya yang dibuat dari beras Uruchi dan gula. Kue yang dibuat dengan cara dikukus ini hadir dalam beberapa warna mulai dari putih, hitam, cokelat, hijau hingga ungu. Rasa kue ini manis dengan tekstur yang kenyal. Uiro biasanya memiliki campuran gula hitam, kacang manis, daun ceri asin, dan chestnut. Kue ini populer di berbagai kalangan karena rasanya yang enak.

Thailand

Khanom Krok

Khanom Krok merupakan salah satu kue beras yang berasal dari Thailand. Kue yang satu ini juga bisa dibilang sebagai Thai Coconut Pudding. Jajanan ini dibuat dari campuran tepung beras, garam, dan santan. Rasa dari kue ini adalah paduan gurih dan lembut. Jajanan ini bisa dibeli di pinggir jalan baik pagi ataupun sore hari. Ada banyak pilihan rasa dari original, taro, daun bawang, atau jagung. Rasa kue ini lebih mirip kue pancong di Indonesia.

Kao Noom Touy

Sumber gambar www.burpple.com

Ada juga kue Kao Noom Touy yang merupakan kue beras lainnya dari Thailand. Kue yang satu ini diolah dengan cara dikukus. Hidangan pencuci mulut ini dibuat dari gula, tepung beras, dan santan yang dicampur. Kue kemudian diberi sedikit tepung beras, garam, dan taburan wijen. Kao Noom Touy memiliki tekstur yang lembut. Kue ini bisa jadi camilan untuk menemani the atau kopi.

Bua Loy Nam King

Bua Loy Nam King adalah kue beras berikutnya dari Thailan. Kue yang satu ini terbuat dari tepung beras yang dicampur gula. Rasanya manis dan enak. Tekstur kue ini lembut dan kenyal. Kue ini biasanya diisi mentega dengan campuran wijen. Berbentuk bulat, kue ini biasanya disajikan dengan kuah jahe. Ini bisa jadi pilihan makanan untuk menghangatkan tubuh.

Ini Loh Beberapa Kue Beras yang Bisa Kamu Beli Secara Online

Kue Beras dan Lapis Pepe Jajanan Pasar

Kamu bisa membeli beberapa kue beras secara online. Salah satunya adalah Kue Beras dan Lapis Pepe Jajanan Pasar. Ada banyak macam kue basah dan kue kering yang dihadirkan. Kamu bisa pesan dari kue lapis, carabikang, apem, dan lain sebagainya. Kue basah tradisional semacam ini paling cocok untuk acara pesta, lamaran, ulang tahun, arisan, dan lain sebagainya. Untuk memesannya harus pesan 2 hari sebelumnya.

Harga Rp. 2.000-18.000

TOK-POKI (Kue Beras) Korean Street Food

Berikutnya ada TOK-POKI (Kue Beras) Korean Street Food. Ini cocok untuk kamu yang penasaran dengan rasa tteokpokki. Produk ini halal sehingga aman untuk muslim. Ini adalah produk instan yang mudah dibuat. Kamu hanya perlu memasaknya dalam air 100ml. masukkan saus dan Tok lalu masak hingga lunak. Prosuk ini rasanya enak dan pastinya bikin nagih.

Harga Rp. 31.000-60.000

Kue Moci Moaci Gemini Semarang original isi 25

Kue Moci Moaci Gemini Semarang ini adalah kue beras selanjutnya yang bisa kamu pesan secara online. Produk ini merupakan makanan khas Semarang yang rasanya tidak perlu diragukan. Dalam satu paket berisi 25 pcs mochi. Produk terbuat dari tepung beras ketan, gula, kacang, dan wijen. Mochi ini memiliki rasa kenyal, gurih, dan manis.

Harga Rp. 31.000-80.000

Moci Gulung

Moci Gulung ini juga bisa jadi pilihan selanjutnya. Kue beras yang satu ini bentuknya unik karena modelnya gulung. Produk ini aman dan halal. Rasanya enak dan ada varian kacang, cokelat, dan keju. Kue ini praktis, tinggal langsung dipotong dan bisa disajikan. Kamu bisa memakainya sebagai sajian arisan, hantaran, ulang tahun, dan lainnya.

Harga Rp. 12.000-54.000

Mujigae Topokki

Mujigae Topokki Topokki by Mujigae merupakan produk yang sayang untuk dilewatkan. Kue beras yang satu ini dijual lengkap berisi toppokki, saus, fish cake, dan dobu. Jajanan instan ini halal dan tanpa bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi. Cara penyajiannya mudah, cukup buka kemasan lalu pisah-pisahkan toppokkinya. Ambil wajan, masukkan toppokki ke wajan lalu tuangi saus. Nyalakan kompor dalam api sedang dan masak selama 4 menit hingga mendidih. Angkat dan siap disajikan.

Harga Rp. 37.000-45.000
From our editorial team

Kue Beras Bisa Jadi Camilan Enak Kapan Saja

Kue beras adalah kue yang terbuat dari olahan beras. Setiap negara memiliki kue beras-nya tersendiri yang unik. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali jenis kue beras yang enak. Kue beras umumnya memiliki tekstur yang kenyal. Kue beras cocok jadi camilan enak kapan saja. Apa saja jenis kue berasnya, tetap saja kue beras cocok jadi teman secangkir teh atau kopi. Nah, simak yuk aneka kue beras dari berbagai negara di atas!

Tag