Kamu Pecinta Korea? Harus Punya Peralatan Makan ala Korea, Dong! Ini 10 Rekomendasinya (2020)

Kamu Pecinta Korea? Harus Punya Peralatan Makan ala Korea, Dong! Ini 10 Rekomendasinya (2020)

Jangan bilang kamu pecinta Korea kalau nggak punya peralatan makan ala Korea. Setidaknya kamu memiliki sumpit untuk menikmati berbagai hidangan, mulai dari makanan olahan mie hingga makanan ala Korea. Dengan peralatan makan ala Korea kamu bisa merasakan makan ala orang Korea. Dan pastikan kamu juga tahu tradisi makan orang Korea, ya!

Negeri Gingseng Memiliki Budaya Makan yang Menarik untuk Kita Telusuri

Korea Selatan yang juga disebut sebagai Negeri Ginseng ini juga dikenal dengan kulinernya yang lezat. Sebut saja, ramyeon, kimbab, dan kimchi yang merupakan sebagian kecil dari makanan Korea yang kini telah dikenal di banyak negara.

Bicara soal makanan, budaya makan orang Korea pun berbeda dengan kebanyakan negara di dunia. Cara orang Korea menikmati makanan dan minuman dalam kesehariannya ini terlihat sangat unik. Keunikan tradisi makan mereka tentu juga tak lepas dari peralatan makan ala Korea yang tak biasa.

Tradisi Makan Orang Korea

Banchan

Banchan merupakan hidangan pendamping untuk makanan utama yang sudah umum dihidangkan di berbagai restoran dan tempat makan di Korea.

Hidangan pelengkap yang umum sediakan adalah kimchi yang terbuat dari lobak atau sawi putih. Berbeda dengan restoran yang ada di Indonesia atau negara lainnya, banchan ini disajikan secara gratis lho! Bahkan pelanggan bisa meminta banchan dalam jumlah banyak secara cuma-cuma.

Dilarang Mendahului Orang Tua saat Makan

Sumber gambar tianjin.goexpats.com

Masyarakat di Korea Selatan sangat menjunjung tinggi nilai kesopanan dan hal ini juga diterapkan dalam budaya makan mereka. Seperti saat makan bersama orang yang lebih tua atau senior, yang lebih muda tidak boleh makan lebih dulu sebelum yang tua memulainya.

Walau hanya untuk mencicipi banchan yang terlihat sangat menggoda. Jika dilanggar, artinya yang muda tidak sopan dan tidak menghargai yang lebih tua. Begitu juga saat makan, jangan terlalu lambat atau pun cepat.

Lebih Memilih Air daripada Soda

Sumber gambar yen.com.gh

Menyantap aneka jenis makanan tentu tak lengkap jika tidak ada minuman. Soal minuman, orang Korea pun lebih memilih untuk meminum air putih ketimbang soda saat makan. Hal ini dikarenakan air mineral jauh lebih murah dan sehat pastinya dibanding soda yang banyak mengandung gula. Lebih suka minum air putih ini ternyata juga menjadi rahasia dibalik sehat dan mulusnya kulit orang Korea, lho!

Menghargai Makanan yang Disajikan

Sumber gambar www.natgeotraveller.in

Berbagai budaya yang unik di Korea Selatan memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Seperti budaya makan orang Korea yang selalu mengucapkan 'Jalmeokgesseumnida' yang berarti 'Saya akan makan dengan nikmat' saat hendak menyantap hidangan yang tersaji.

Begitu pun setelah selesai makan, orang Korea akan mengatakan 'Jalmeogeossseumnida'. Tradisi ini bentuk dari sikap menghargai makanan dan ucapan terima kasih untuk makanan yang telah tersaji.

Etika Menggunakan Sumpit dan Sendok

Peralatan makan ala Korea Selatan yang terkenal tentunya adalah sumpit atau disebut juga dengan ‘cheot-garak’. Sumpit Korea bentuknya lebih pendek dan pipih dari sumpit Jepang, namun lebih panjang dari sumpit China dan materialnya pun terbuat dari logam. Tidak semua makanan di Korea yang disantap dengan sumpit.

Untuk menyantap bubur, nasi, dan sup, orang Korea memakai sendok berganggang panjang. Sementara untuk menyantap makanan kecil, mie, dan lauk barulah mereka menggunakan sumpit. Dalam budaya makan orang Korea pun sangat dilarang untuk memakai sumpit bekas untuk menyantap hidangan karena akan dianggap tidak sopan.

10 Peralatan Makan Ini akan Membuat Kamu Merasakan Makan ala Orang Korea

Buqento Stainless Steel 304 Set Alat Makan Korea

Sumber gambar https://www.blibli.com

Sebagai pecinta Korea, pastinya kamu juga ingin menikmati makan ala mereka bukan? Seperti mencoba berbagai makanan Korea yang kini sudah cukup banyak dijual di Indonesia, hingga peralatan makan ala Korea. Dengan memiliki Buqento Stainless Steel 304 Set Alat Makan Korea, kamu bisa kok menikmati makanan ala Korea.

Satu set alat makan ini terdiri dari sumpit yang panjangnya 23.5 cm dan sendok sujeo dengan panjang 2.2 cm. Materialnya terbuat dari stainless steel 304 berkualitas yang 100% antikarat. Alat makan yang simpel dan nyaman ini juga digunakan di berbagai restoran Korea, lho! Kamu bisa membelinya di Blibli seharga Rp 74.500.

Stainless Steel Set Alat Makan Korea (Mangkuk Nasi Korean RiceBowl + SujeoSet)

Sumber gambar https://www.blibli.com

Peralatan makan ala Korea yang juga harus kamu miliki sebagai pecinta Negeri Ginseng ini adalah mangkuk. Dalam budaya makan Korea, mengangkat mangkuk untuk mengambil makanan dianggap tidak sopan, lho! Mangkuk yang bisa kamu miliki agar nuansa makan ala Korea-nya makin terasa adalah Stainless Steel Set Alat Makan Korea.

Dengan membeli satu set, kamu akan mendapatkan mangkuk plus tutup, sumpit, dan sendok berbahan stainless steel. Mangkuknya berukuran 10 x 10 x 4 cm dan panjang sendok sujeo-nya 23 cm. Satu set alat makan ini dijual seharga Rp 90.000 di Blibli.

Tanica Sendok Sumpit Mangkuk Korea Set – Peralatan Makan

Menyantap makanan dalam nuansa tradisional Korea juga bisa kamu rasakan dengan memakai Tanica Sendok Sumpit Mangkuk Korea Set. Mangkuknya dilengkapi dengan tutup sehingga makanan akan tetap hangat lebih lama. Satu set peralatan makan ala Korea ini terdiri dari sepasang sumpit klasik khas Korea yang pipih, sendok, dan mangkuk.

Panjang sendok dan sumpitnya 23 cm dan mangkuknya berukuran 10.3 x 5 cm. Sementara untuk materialnya terbuat dari prime grade stainless steel berkualitas yang tahan korosi. Merek Tanica sudah berpengalaman lebih dari 40 tahun dalam memproduksi peralatan dapur dan rumah tangga sehingga kualitasnya sudah terjamin.

Harga Rp. 104.000-146.000

Pot De Miel Korea Food Tray Spoon Fork for Kids Baby - Red

Pot De Miel Korea Food Tray Spoon Fork for Kids Baby cocok dijadikan sebagai tempat bekal anak maupun orang dewasa. Desainnya unik, cute, mewah, dan praktis dengan kontruksi yang kuat.

Peralatan makan ala Korea yang satu ini produksi dari brand Korea, materialnya dari olahan jagung berkualitas tinggi sehingga aman dan bebas racun. Sebagai tableware yang unik dan berkualitas, Pot De Miel juga mendapat penghargaan Red Dot Award 2016, lho!

Harga Rp. 550.000-660.000

DongHwa Ttukbaegi Panci Keramik Madona Lily Pattern

Peralatan makan ala Korea selanjutnya yang juga bisa kamu miliki adalah DongHwa Ttukbaegi Panci Keramik Madona Lily Pattern. Alat makan ini terbuat dari tanah liat yang kuat dan tahan lama karena dibakar pada suhu 1.000 - 1.300 derajat Celcius yang kemudian diglasir secara alami. Panci ini eco friendly karena bebas kadmium (Cd), arsenik (As), dan timbal (Pb) yang telah lulus uji Sucifondo - SNI.

Panci masak sekaligus alat makan ini dirancang heat resistant sehingga cocok untuk semua jenis hidangan berkuah. Karena menyerap panas, panci ini pun membuat makanan tetap hangat selama 40-60 menit. Panci ini juga bisa digunakan untuk memanaskan makanan dalam oven dan microwave serta aman juga dimasukkan ke dalam dishwasher.

Harga Rp. 120.000-280.000

Cutlery Set Alat Makan Sendok Sumpit Garpu Korean Style Travel

Kamu yang sangat peduli dengan kesehatan dan ingin menghindari risiko penyakit menular melalui alat makan, harus memiliki Cutlery Set Alat Makan Sendok Sumpit Garpu Korean Style Travel ini.

Peralatan makan ala Korea ini praktis dibawa bepergian dan bisa digunakan untuk makan kapan saja dan di mana saja. Materialnya aman karena terbuat dari jerami gandum khusus untuk alat makan. Satu setnya terdiri dari sendok, garpu, dan sumpit.

Harga Rp. 10.200-19.500

Saint James Mano Stainless Stell Spoon Peralatan Makan

Sumber gambar https://www.blibli.com

Miliki peralatan makan ala Korea Saint James Mano Stainless Stell Spoon Peralatan Makan ini untuk menikmati banyak hidangan ala orang Korea. Alat makan yang terdiri dari sendok dan sepasang sumpit ini telah bersertifikat SNI dan FDA sehingga aman untuk kesehatan dan dapat digunakan untuk oven, microwave, dan dishwasher. Materialnya terbuat dari keramik alami dan stainless stell berkualitas berlapis lama. Kamu bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 94.500.

Sendok Korea Sumpit Korea Stainless Sujeo

Sujeo merupakan alat makan Korea yang berasal dari kata sutgarak (sendok) dan jeotgarak (sumpit). Sendok makan orang Korea pun umumnya lebih panjang dibanding sendok yang ada di Indonesia. Begitu juga dengan sumpitnya, jika sumpit di Indonesia terbuat dari kayu, maka sumpit di Korea terbuat dari stainless steel sehingga terlihat lebih elegan.

Kamu pecinta Korea pasti tidak ingin melewatkan kesempatan untuk memiliki Sendok Korea Sumpit Korea Stainless Sujeo ini. Peralatan makan ala Korea ini bisa kamu gunakan untuk menikmati berbagai hidangan ala Korea atau olahan mie. Panjang sendok 22 cm dan panjang sumpitnya 22,4 cm.

Harga Rp. 14.100-55.000

Kobucca Shop Korea Sendok Garpu

Sumber gambar https://www.blibli.com

Alat makan berupa sendok dan garpu tentu semua orang memilikinya. Namun, Kobucca Shop Korea Sendok Garpu ini akan terlihat lebih manis dan elegan jika kamu gunakan sebagai alat makan di rumah.

Bahannya terbuat stainless steel tebal dengan ganggang sendok yang lebih panjang. Sepasang sendok sepanjang 21.5 cm ini juga cocok dijadikan sebagai suvenir, lho! Kamu bisa membeli peralatan makan ala Korea ini di Blibli dengan harga Rp 33.000.

Generic Korean Stainless Steel Chopsticks / Sumpit Makan Ala Korea

Sumpit yang merupakan alat makan dari negara-negara asia ini sudah digunakan sejak berabad-abad yang lalu, lho! Walau demikian, sumpit yang digunakan di beberapa negara ini memiliki perbedaan pada bentuk, panjang, dan bahan pembuatnya. Kalau kamu ingin memiliki sumpit Korea, bisa pilih Generic Korean Stainless Steel Chopsticks / Sumpit Makan Ala Korea ini.

Bahannya terbuat dari prime grade stainless steel berkualitas dengan model klasik yang pipih. Panjang sumpit 23 cm dengan tebal 3 mm yang juga bisa dimasukkan ke dalam dishwasher. Sepasang sumpit ini juga oke lho dijadikan sebagai suvenir!

Harga Rp. 9.750-19.222
From our editorial team

Peralatan Makan ala Korea Ini Bisa Membuatmu Merasakan Suasana Makan ala Negeri Ginseng

Meski impianmu untuk sampai ke Negeri Ginseng ini belum kesampaian, setidaknya kamu bisa menikmati makanan ala orang Korea dengan menggunakan sumpit dan sendok khas Korea. Untuk menemukan hidangan Korea di Indonesia juga nggak terlalu sulit kok, karena kini sudah ada beberapa restoran yang menyajikan hidangan Korea. Atau kamu juga bisa belajar bikin masakan Korea yang resepnya juga mudah didapatkan.

Tag