Kamu Suka Minum Kopi? Inilah 10 Rekomendasi Mesin Kopi yang Bikin Rasa Kopimu Semakin Nikmat

Kamu Suka Minum Kopi? Inilah 10 Rekomendasi Mesin Kopi yang Bikin Rasa Kopimu Semakin Nikmat

Sumber gambar www.pexels.com

Menyeduh kopi sebelum beraktivitas menjadi hal yang dilakukan sebagian besar orang. Selain karena kopi mampu memberikan energi, rasa kopi yang khas membuat beberapa orang tidak pernah bisa lepas dari minuman satu ini. Namun, jika harus membeli setiap hari tentu jadi boros, ya? Nah, BP-Guide punya rekomendasi mesin kopi terbaik yang dapat menghasilkan secangkir kopi lebih nikmat.

Tanaman Kopi Menjadi Salah Satu Kekayaan Alam Indonesia

Sumber gambar https://www.pexels.com

Kopi dari Indonesia sudah terkenal akan keragaman dan keunikan rasanya di mata dunia. Komoditas ini mampu menghasilkan kurang lebih 660.000 ton pada tahun 2016 dan berhasil menduduki peringkat keempat sebagai penghasil devisa tanah air di bidang agrikultur, setelah kakao, karet, dan minyak sawit.

Kurang rasanya jika berbicara kopi namun tak menyinggung sejarahnya. Tanaman ini dibawa oleh Belanda pada tahun 1696. Melalui VOC, Belanda mengembangkan biji ajaib ini sebagai komoditas utama hingga Indonesia mendapat kemerdekaan. Sempat mengalami kemunduran pasca memerdekakan diri, para petani kopi kembali mengembangkan tanaman tersebut di lahan perkebunan nasionalisasi hingga hasilnya bangkit kembali.

Karena letak Indonesia berada di garis khatulistiwa, maka tanahnya kaya unsur zat hara sehingga sangat cocok untuk tanaman kopi. Beberapa daerah di tanah air yang begitu kencang akan produksi kopinya, yaitu Sumatra, Jawa, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, dan Papua.

Indonesia Memiliki Banyak Jenis Kopi

Sumber gambar https://www.pexels.com

Di Indonesia sendiri dikenal ada lima jenis kopi yang cukup diminati oleh banyak orang di dunia. Lima jenis kopi tersebut memiliki cita rasa dan aroma yang sangat nikmat sehingga digemari banyak pecinta kopi. Umumnya jenis kopi tersebut berupa kopi arabika. Di Tanah Air, arabika adalah jenis kopi yang jumlahnya lebih besar ketimbang robusta. Jenis kopi ini terkenal akan harga yang lebih mahal namun lebih nikmat rasanya.

Jenis Kopi Indonesia yang Digemari Masyarakat Dunia

Sumber gambar https://www.pexels.com

Diantara belasan jenis kopi di Indonesia, setidaknya ada 5 yang menjadi favorit masyarakat Indonesia dan mancanegara.

Kopi Gayo

Sumber gambar https://kopitree.co.id

Sejak tahun 1908, kopi gayo sudah dikembangkan di Aceh Tengah, tepatnya di Kabupaten Bener Meriah. Ada yang menyebut kopi ini berasal dari Gayo, Aceh Tenggara dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Jenis kopi arabika yang satu ini memiliki wangi yang khas, tekstur encer, dan rasa sedikit asam. Kopi gayo pernah dinobatkan menjadi kopi terbaik dunia dan mendapatkan sertifikasi.

Disebut sebagai kopi terbaik pertama di Indonesia, petani kopi gayo biasanya mengolah dengan dua cara. Umumnya digunakan metode kering atau dry method yang akan menghasilkan biji kopi dengan rasa cenderung manis. Metode lainnya adalah fermentasi yang akan menghasilkan rasa kopi yang menyerupai wine.

Kopi Toraja

Kopi memang identik dengan rasa pahit namun tidak dengan kopi toraja. Sensasi pahit dari biji kopi hanya terasa saat tegukan pertama, setelah itu kamu tak akan merasakan pahit lagi. Berasal dari Tana Toraja, kopi ini punya tingkat keasaman yang rendah dan tak terlalu pahit. Kopi toraja biasanya diekspor ke Jepang dan Amerika karena kedua negara ini punya kebiasaan minum kopi yang cocok dengan jenis ini.

Kopi Kintamani

Bukan tanpa alasan kalau kopi kintamani menjadi populer di Jepang, Eropa, dan beberapa negara Arab. Kopi asal dataran tinggi Kintamani ini sangat cocok untuk pencinta kopi dengan rasa yang lembut dan tidak pahit, maupun sepat.

Hal yang membuat kopi ini sangat spesial adalah tanamannya yang ditumbuhkan pada ketinggian minimal 900 mdpl, diairi dengan sistem subak tradisional, dan menggunakan pupuk organik khusus untuk tanaman jeruk. Hasil biji kopi ini sudah mendapatkan sertifikat HAKI dengan kondisi geografis dan sertifikat tambahan dari CIRAD.

Kopi kintamani adalah jenis kopi arabika dengan aroma dominasi asam citrus segar dan wangi bunga, serta rasa asam dan kekentalan yang sedang. Rasanya yang lembut tak lepas dari proses fermentasi selama 12-36 jam dan dijemur secara alami.

Kopi Flores

Keluar sebagai jenis kopi terbaik arabika maupun robusta, kopi flores bajawa adalah kopi dengan cita rasa cokelat dan vanili yang dominan, serta after taste sedikit nutty. Meskipun tingkat keasamannya rendah, tetap ada rasa asam murni dengan nuansa lemon. Saat diminum, rasa pahit medium dan asam yang sedang akan bertahan lama di mulut.

Ditanam pada ketinggian 1.000-1.550 mdpl dataran tinggi Ngadha, kopi flores menjadi salah satu komoditas kopi besar yang diekspor ke Negeri Paman Sam. Tanaman kopi ini sendiri ditumbuhkan di salah satu kawasan di antara dua lereng gunung berapi dengan suhu rerata 15-25⁰Celcius, tepatnya di daerah Bajawa, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Kopi Jawa

Kopi jawa atau java coffee adalah kopi yang berasal dari Pegunungan Ijen, ujung timur Pulau Jawa. Ditanam pada ketinggian 1.400 mdpl, tanaman ini sudah dibudayakan sejak zaman kolonial Belanda abad ke-18 dan berhasil menjadi komoditas terbesar di dunia pada masanya.

Termasuk dalam jenis kopi arabika, kopi jawa yang terkenal adalah jampit dan balawan. Biji kopi jawa punya bentuk yang lebih besar. Ketahanan biji kopinya yang mencapai 8 tahun, lebih awet ketimbang jenis robusta. Paling nikmat, jenis kopi ini dimasak dengan cara sangrai menggunakan kayu bakar.

Kopi jawa sendiri umumnya dibuat dengan cara basah atau wet process. Rasanya yang tipis dan keasaman unik membuat kopi jawa sangat dicintai masyarakat dunia. Jumlah ekspor biji kopi ini mencapai ratusan ton karena kualitas premiumnya yang belum tertandingi.

Apa pun Jenis Kopinya, Lebih Enak Dibuat dari Rekomendasi Mesin Kopi Terbaik di Indonesia Ini

COSMOS Coffee Maker CCM-307

Sumber gambar https://www.blibli.com

Morning Coffee Routine makin praktis dengan mesin pembuat kopi Cosmos CCM-307. Mampu menampung hingga 650 ml atau 6 gelas air, mesin ini sangat mudah dalam segi penggunaan dan perawatannya. Konsumsi dayanya 600 Watt saja. Beberapa fitur juga disematkan ke Cosmos CCM-307, antara lain auto keep warm, overheat protection, dan permanent filter with handle.

Cosmos CCM-307 terbuat dari bahan material plastik food grade, sehingga tak akan memindahkan zat beracun ke minuman yang akan diolahnya. Desain mesin kopi ini sangat glamor dan stylish dengan dimensi 21.5 cm x 19.5 cm x 27.5 cm, serta berat 2 kg. Dilengkapi dengan pengunci pada gagang teko. Mesin ini bisa dibeli secara online yaitu di Blibli seharga Rp 365.000 dan Shopee dengan harga Rp 297.500 untuk varian warna hitam.

DeLonghi ICONA ECO310BK Pump Espresso

Sumber gambar https://www.delonghi.com

Kini membuat espresso bercita rasa kaya, dengan krema sempurna tak lagi sulit berkat DeLonghi Icona ECO310BK Pump Espresso. Mesin kopi yang satu ini dapat digunakan untuk membuat kopi dari bubuk kopi favorit ataupun Easy Serving Espresso (ESE). Berkat teknogi De'Longhi, mesin ini dapat menciptakan busa yang kaya, tebal, dan tahan lama. Sistem pompa bertekanan 15-bar akan memberikan krema berbusa dengan rasa espresso yang sangat nikmat.

DeLonghi Icona ECO310BK Pump Espresso adalah mesin pembuat kopi moderen nan praktis. Terdapat filter mulitfungsi dan tamper kopi built-in yang nyaman. Dilengkapi dengan panel kontrol berupa 3 tombol indikator dengan lampu, mesin kopi ini menggunakan capuccino system yang akan mencampurkan uap, udara, dan susu untuk menghasilkan krim yang sempurna. Keunggulan lain dari mesin pembuat kopi dari DeLonghi ini adalah bahan stainless steel pembuatnya yang mampu menjaga aroma dan temperatur kopi dengan baik.

Mesin pembuat kopi DeLonghi Icona ECO310BK Pump Espresso dapat menampung kopi sebanyak 1.4 liter dan menggunakan daya 1.100 W, sehingga cocok untuk penggunaan di rumah maupun kafe kecil. Kamu bisa membelinya di Tokopedia seharga Rp 4.400.000 dan Delonghi seharga Rp. 2.646.000.

Krups XP5620

Sumber gambar https://www.blibli.com

Krups XP5620 Espresso Pump Coffee Maker sangat pas dipakai di rumah, kantor, atau kedai kecil. Produk ini memiliki desain premium bodi stinless steel polish abu-abu berukuran 23x25x30 cm. Dimanufaktur oleh perusahaan asal Jerman, mesin pembuat kopi dan espresso ini menggunakan kapastias tangki bongkar pasang bermuatan 1.1 liter.

Berbagai teknologi dapat dinikmati dalam Krups XP5620 Espresso Pump Coffee Maker. Dibekali dengan pump pressure hingga 15 bar sehingga mesin kopi ini menghasilkan ekstraksi aroma dan espresso yang konsisten, risretto, kopi panjang, dan Americano. Sistem thermoblock di dalamnya akan mempercepat dan memaksimalkan proses pemanasan dan sirkulasi air, sehingga mencegah terbentuknya limscale.

Masih banyak kelebihan lain yang dimiliki mesin pembuat kopi dair Kurps ini. Filter yang digunakannya adalah jenis universal, sehingga kompatible dengan kopi bubuk dan ESE pods. Beberapa fitur tambahan lain yang ada dalam mesin pembuat kopi ini, antara lain steam nozzle untuk frothing susu, demitasse cup warmer untuk menjaga suhu kopi, drip tray lepas-pasang dari stainless steel, auto shut-off penghemat energi, dan cake ejection yang mudah dibersikan.

Krups XP5620 Espresso Pump Coffee Maker dijual secara online. Blibli menyediakan mesin kopi ini seharga Rp 3.500.000 dan Otten menawarkannya dengan harga Rp 4.990.000.

SHARP HM-80L(W)

Sumber gambar https://www.blibli.com

Pagimu makin bersemangat berkat kopi buatan SHARP HM-80L-W Coffee Maker. Dengan daya tampung transparan yang cukup besar, 1.5 liter, mesin pembuat kopi ini bisa menyajikan 10-20 cup kopi. Pas sekali ditempatkan di pantry kantor.

SHARP HM-80L-W Coffee Maker didesain dengan warna netral yang sangat elegan. Bahannya menggunakan bahan plastik warna putih dan menggunakan daya 700 Watt untuk mengoperasikannya. Tempat kopi yang transparan seakan membuatnya makin terlihat elegan dan praktis dalam sekali waktu.

Mesin kopi SHARP HM-80L-W masih punya fitur lainnya. Glass jar dan filter permanen yang bisa dilepas-pasang akan membuatmu mudah dalam membersihkannya. Lampu indikator pada tombol mati dan nyala serta safe thermostat control memastikan kopi yang disajikan selalu dalam keadaan hangat.

SHARP HM-80L-W Coffee Maker sudah dilengkapi dengan pengaduk dan piringan pemanas yang menjaga suhu kopi yang dibuatnya. Kamu bisa membeli mesin pembuat kopi dari Sharp ini seharga Rp 279.000 di Blibli dan Rp 269.000 di JD.

SIGMATIC SCFM-500B

Elegan dan canggih, begitulah deskripsi sederhana dari mesin kopi Sigmatic SCFM-500B. Dengan harga Rp 3.700.000 di Tokopedia, mesin pembuat kopi ini termasuk dalam jenis 3 in 1 coffee maker yang mampu membuat kopi hingga espresso dan cappuccino. Karena dilengkapi dengan 15 bar pump dan steam nozzle untuk frothing susu. Tidak hanya itu saja, kamu bisa menyeduh teh di mesin ini berkat alumunium boiler yang akan memanaskan air lebih cepat.

Sigmatic SCFM-500B sangat cocok buatmu yang sedang membuka usaha kopi layaknya Starbucks, Mr. Bean, hingga Excelsso. Mesin kopi dari Sigmatic ini memiliki display LCD kualitas tinggi berisi tampilan dan pengaturan waktu pemanasan dan time on untuk mematikan air secara otomatis.

Berkapasitas hingga 1.5 liter, mesin kopi dari Sigmatic tersebut menggunakan daya 1.850 Watt untuk pengoprasian. Mesin ini sangat mampu menghasilkan kopi dalam kapasitas besar dalam sekali waktu. Kamu pun tak perlu khawatir karena Sigmatic melengkapinya dengan alat pengaman terhadap temperatur panas.

OX-202 55 CUP Coffee & Tea Maker

Sumber gambar https://www.blibli.com

Menyeduh kopi dan teh dalam jumlah yang bayak dalam sekali waktu bukan lagi masalah karena ada OX-202 55 CUP Coffee & Tea Maker. Mesin ini mampu menyeduh 55 cup kopi, teh atau air biasa, berkat kapasitas daya tampungnya yang mencapai 9 liter. Sangat pas digunakan untuk usaha restoran ataupun rumah makan.

Dijamin matang sempurna, OX-202 55 CUP Coffee & Tea Maker punya banyak kelebihan. Dengan harga yang terjangkau, kamu akan mendapatkan mesin pembuat kopi dan teh dengan filter lepas-pasang dan mesin berbahan stainless steel yang sangat awet dan menjaga kehangatan minuman lebih lama. Switch off otomatis juga menjadi salah satu keuggulan mesin berdaya 1.000 watt ini karena akan menghemat penggunaan listrk. Blibli menawarkan mesin ini dengan harga Rp 1.295.000 dan JD seharga Rp 1.069.000.

GETRA Electric Coffee and Tea Maker CP-15

Berkapasitas mencapai 15 liter, Getra Electric CP15 adalah mesin pembuat kopi dan teh dengan waktu penyajian yang relatif singkat. Terbuat dari stainless steel anti karat, mesin ini sangat praktis dalam penggunaannya. Cukup ringkas juga bila ingin membawa coffee maker untuk bepergian. Terutama bagi Anda yang tisak bisa lepas dari kopi. Menggunakan daya sebesar 1.520 Watt untuk pengoperasian, mesin penyeduh teh dan kopi dari Getra dibanderol dengan harga yang cukup murah, yaitu Rp 1.870.000 di Otten dan Rp 1.700.000 di Bhinneka.

PHILIPS Coffee Maker HD7450

Sumber gambar https://www.blibli.com

Melakukan berbagai tugas tak akan membuatmu melewatkan secangkir kopi di pagi hari. Berkat Philips HD 7450 Coffee anda Tea Maker, kebiasaan multitaskingmu tak akan terganggu. Mengapa? Jawabannya adalah karena mesin pembuat kopi dan teh yang satu ini dilengkapi dengan lampu LED penanda, sistem pengaman dropi drip, dan penahan filter ayun yang akan menghentikan tetes kopi sehingga memungkinkan untukmu membuat secangkir kopi sebelum siklus seduh penuh selesai.

Philips HD 7450 Coffee Maker bisa jadi salah satu mesin pembuat kopi dan teh alternatif yang sangat praktis. Produk ini menggunakan rangka dari plastik ABS dan tipe teko aroma dari kaca. Philips memberikannya daya tampung hingga 0.6 liter, setara dengan 4-6 cangkir kopi atau teh. Berbagai komponennya mudah dibersihkan dan dicuci. Untuk mengoperasikannya, dibutuhkan daya sekitar 650 Watt. Philips HD 7450 Coffee Maker bisa dibeli secara online. Lazada menjualnya dengan harga Rp 1.200.000 dan Tokopedia dengan harga Rp 550.000.

MIYAKO Coffee Maker CM-127

Sumber gambar https://shopee.co.id/

Bikin kopi cepat atau lambat, bisa kamu tentukan sendiri. Dengan Miyako Coffee Maker CM-127, proses mendidihkan air bisa jadi lebih cepat atau santai karena mesin ini dilengkapi dengan dua pengatur daya, yaitu 390 Watt sebagai daya rendah dan 100 watt untuk proses mendidihkan air dengan lebih cepat.

Miyako Coffee Maker CM-127 termasuk dalam mesin kopi yang ringkas. Meskipun menggunakan kapasitas tampung 1.5 liter, mesin kopi tersebut memilih material plastik dan teko kaca. Sudah dilengkapi fitur anti tetes, Miyako Coffee Maker CM-127 dapat menyajikan hingga 8 cangkir kopi sekali waktu. Kamu bisa membelinya seharga Rp 325.000 di Lazada.

ELECTROLUX Coffee Maker ECM1250

Habiskan waktu bersama pasangan dan keluarga kecilmu dengan menyeduh kopi bersama Coffee Maker Electrolux ECM1250. Menggunakan kapasitas tampung 1.25 liter, mesin kopi ini dioperasikan dengan daya 915-1080 watt.

Coffee Maker Electrolux ECM1250 punya fitur lainnya. Mesin pembuat kopi ini sudah dilengkapi dengan pengukur level air, water level window, serta saringan yang mudah dilepas dan dibersihkan. Kamu dapat membelinya secara online di Tokopedia sehagar Rp 315.000 atau di Bukalapak dengan harga Rp 415.000.

From our editorial team

Lebih Hemat Seduh Kopi Sendiri

Kegiatan minum kopi di pagi hari bagi sebagian orang adalah ritual wajib agar lebih produktif beraktivitas. Tentu bisa dibayangkan jika harus melakukan ritual ini setiap pagi pasti gaji bulananmu akan terkuras habis kalau harus memesan kopi. Lain ceritanya jika kamu membeli mesin kopi sebagai investasimu dan menikmati kopi setiap hari dalam jangka waktu yang lama. Bisa lebih hemat, kan?

Tag