9 Rekomendasi Mesin Kopi untuk Kafe yang Cocok untuk Membuat Secangkir Kopi yang Nikmat

9 Rekomendasi Mesin Kopi untuk Kafe yang Cocok untuk Membuat Secangkir Kopi yang Nikmat

Sumber gambar isorepublic.com

Bisnis kedai kopi kini sangat menjanjikan. Banyaknya anak muda yang suka ngopi, membuat kafe-kafe di berbagai kota tidak pernah sepi pengunjung. Kamu tertarik membuka kafe sendiri? Yuk, simak rekomendasi mesin kopi dari BP-Guide untuk melancarkan bisnismu.

Kafe Merupakan Tempat yang Banyak Dikunjungi Masyarakat di Kota Besar

Sumber gambar austin.eater.com

Jika beberapa tahun yang lalu oleh-oleh kekinian sedang hits dimana-mana, kini tren sudah agak bergeser. Kabar baik bagi penikmat kopi, kini semakin banyak bermunculan kedai kopi lokal yang menjual berbagai macam menu kopi yang sedap. Terlebih lagi di kota besar, kedai kopi bisa ditemukan di semua sudut, mulai dari mal hingga warung pinggiran.

Tingginya minat masyarakat pada kopi membuat bisnis kedai kopi menjadi ladang yang menjanjikan, termasuk bagi pebisnis di kota kecil. Didukung dengan tren nongkrong anak muda saat ini, membuka kedai kopi dijamin laris, apalagi jika beroperasi 24 jam. Kini kedai kopi adalah tempat berkumpul favorit bagi mahasiswa dan pekerja di sore hingga malam hari.

Saat Ini Minum Kopi Sudah Menjadi Gaya Hidup di Indonesia

Dulu istilah ngopi biasa dimiliki bapak-bapak usia 40 tahunan ke atas. Sangat jarang, bahkan tidak ada sama sekali anak muda yang dijumpai di kedai kopi. Berbeda dengan tren ngopi yang saat ini menjadi milik kaum milenial dan muda-dewasa.

Konon, menyeruput kopi akan lebih nikmat jika dilakukan di tempat yang nyaman. Apalagi dengan kehadiran kawan-kawan, ngopi menjadi kegiatan kongkow-kongkow yang menyenangkan. Tidak bisa dipungkiri, ngopi telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern.

Bahkan sampai ada istilah "jangan sampai kerjamu mengganggu ngopimu" yang menunjukkan kecintaan mereka terhadap minuman hitam pekat itu. Kedai kopi yang hadir di masyarakat juga menyesuaikan dengan selera dan kantong masing-masing. Kamu bisa memilih ngopi di kedai kopi terkenal atau di pinggir jalan, yang penting jangan sampai tidak ngopi.

Alasan Kedai Kopi Jadi Tempat Nongkrong Favorit

Memiliki Banyak Penikmat Kopi

Sumber gambar earth.com

Kopi adalah minuman yang sangat familiar di Indonesia. Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, hal tersebut memang sudah wajar. Angka penikmat kopi di Indonesia juga sangat tinggi lho. Terbukti dengan ramainya kedai kopi, kapan saja dan di mana saja.

Namun pencinta kopi sejati biasanya lebih suka menyeruput kopi hitam tanpa tambahan apapun. Hanya sesekali mereka memesan kopi yang diberi campuran seperti latte atau capuccino. Atau jika sedang ingin minum kopi dingin pilihannya jatuh pada iced americano dan cold brew. Rasa esensial kopi memberi kenikmatan tersendiri bagi pencintanya.

Tidak jarang pencinta kopi berburu biji kopi di berbagai penjuru daerah untuk menemukan rasa khas yang belum pernah mereka cicipi sebelumnya.

Menu yang Bervariasi

Sumber gambar yelp.com

Karena kopi telah menjadi gaya hidup, tidak semua yang datang ke kedai kopi adalah pecinta kopi lho. Itulah mengapa banyak pebisnis yang ramai-ramai menciptakan variasi menu kopi di kedai mereka. Tidak jarang setiap kedai memiliki menu unik yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Ada puluhan bahkan ratusan variasi menu kopi yang bisa ditemukan. Cappuccino, latte, dan mochaccino yang manis sangat disukai anak muda. Ada juga menu hand drip, cold drip, cold brew, dan masih banyak lagi. Yang jelas, semua menu ini mengakomodasi selera masyarakat modern yang suka berkunjung ke kedai kopi.

Tempat untuk Bekerja atau Mengerjakan Tugas

Sumber gambar virgin.com

Bekerja lepas atau freelancing menjadi tren di kalangan anak muda saat ini. Tidak perlu ke kantor setiap hari, bebas menentukan jam kerja, dan bisa kerja di mana saja. Banyaknya freelancer menjadi alasan mengapa kedai kopi selalu ramai sepanjang hari. Untuk mendapatkan inspirasi, mereka biasanya membawa pekerjaan mereka atau bertemu dengan klien di kedai kopi favorit.

Selain pekerja, mahasiswa juga pasti suka banget nongkrong di kedai kopi. Apalagi kalau tempatnya nyaman dengan fasilitas WiFi dan listrik yang memadai, dijamin betah deh mengerjakan tugas sampai larut malam. Kedai kopi tidak sekadar tempat tongkrongan, tetapi juga sarana untuk memancing produktivitas anak muda masa kini.

Nyaman

Sumber gambar contemporist.com

Desain kedai kopi yang minimalis, modern, dan lapang memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya. Memang dibuat demikian agar siapa saja yang datang ke sana betah berlama-lama di sana. Hanya dengan ditemani segelas kopi, mahasiswa atau pekerja bisa menyelesaikan tugas mereka dengan nyaman.

Tidak hanya desain, fasilitas publik yang lengkap juga dapat membuat pengunjung merasa nyaman. Asalkan ada WiFi, soket listrik, toilet, dan tempat ibadah, para pengunjung dijamin tidak akan buru-buru beranjak dari sana. Jika tempatnya nyaman, meminum kopi juga lebih menyenangkan.

Instagramable

Sumber gambar pinterest.com

Ini dia nih yang khas anak muda banget. Mereka suka berburu kedai kopi untuk mendapatkan spot foto yang instagramable. Tidak heran pemilik kedai kopi mendesain kedai mereka seunik mungkin untuk menarik pengunjung. Ini juga bisa jadi sarana pemasaran yang menguntungkan, lho.

Asalkan kedai kopi terlihat cantik dan unik, anak muda pasti akan berbondong-bondong mengunjunginya, berfoto, lalu mengunggahnya di akun media sosial mereka. Feed Instagram yang estetis memang menjadi tren tersendiri di kalangan anak muda, yang membuat mereka rela berkunjung ke kedai kopi di luar kota, selama tempat itu hits dan layak masuk Instagram.

Rekomendasi Mesin Kopi yang Cocok untuk Membuat Secangkir Kopi yang Nikmat

Getra QLT-Q006

Sumber gambar ottencoffee.co.id

Getra QLT-Q006 adalah mesin kopi otomatis untukmu yang ingin memulai bisnis kedai kopi. Hadir dalam warna hitam yang elegan, mesin ini memakan daya sebesar 1500 watt. Fitur menarik yang ditawarkan adalah sekali sentuh saja untuk membuat Latte, Cappuccino, Espresso, Black Coffee, Hot Water, dan Hot Milk.

Dilengkapi dengan boiler ganda untuk memisahkan uap dan kopi serta 19 bar pompa ULKA asli dari Italia. Tabung susu dengan kapasitas 600 ml bisa dilepas pasang dengan mudah dan dapat dibersihkan secara terpisah. Mesin ini memiliki 3 pilihan suhu untuk kopi yang disesuaikan dengan volume bubuk dan tingkat kekasaran yang diinginkan. Mesin ini tersedia di Blibli seharga Rp 7.800.000 dan di Otten Coffee seharga Rp 10.890.000.

Ascaso Dream Up V2.0

Ascaso Dream Up V2.0 Espresso Machine bisa jadi pilihan yang tepat. Meski tergolong baru, mesin kopi ini akan membuatmu jatuh cinta. Desainnya yang stylish dengan sentuhan retro bisa jadi pelengkap dekorasi yang manis.

Bahan dasar mesin terbuat dari aluminium, namun diluncurkan dalam banyak pilihan warna menarik. Mesin ini cocok untuk pemula karena pengoperasian yang mudah, cukup menyalakan saklar daya pusat saja untuk mulai memanaskannya. Rocker switch pada mesin berfungsi untuk mengontrol steaming dan mengendalikan coffee brew. Tangki air yang berkapasitas 48 oz pada mesin bisa dilepas pasang dengan mudah.

Deretan lampu indikator pada mesin dapat memberitahukan proses yang berjalan, seperti status mesin (on/off) hingga kadar suhu di dalamnya.

Harga Rp. 9.000.000-12.000.000

Oxone OX-212 Coffee and Tea Maker

Sumber gambar www.blibli.com

Oxone OX-212 Coffee and Tea Maker hadir dalam warna pilihan yang elegan yaitu hitam. Mesin dengan kapasitas 1,25 liter dan daya 650 watt ini bisa menghasilkan 12 cangkir kopi sekaligus. Mesin ini memiliki 2 bagian utama, yaitu bagian atas untuk membuat kopi serta bagian bawah untuk menampung dan menghangatkan kopi. Kabar baik buat pecinta teh, mesin ini bisa digunakan untuk menyeduh teh favoritmu juga. Mesin ini tersedia di Blibli seharga Rp 443.000

Breville Duo Temp Pro Espresso Machine

Sumber gambar www.blibli.com

Mesin pembuat kopi profesional ini asli buatan negeri kanguru, Australia. Breville Duo Temp Pro Espresso Machine adalah mesin dengan 15 bar pompa yang bisa memberikan tekanan rendah ke dasar kopi dan menaikkan tekanan dalam tahap ekstraksi.

Fitur Duo-Temp Pro dapat mengontrol sistem pemanas agar minuman di dalamnya tidak hangus. Disertai Razor yang berfungsi untuk memangkas dosis, memastikan ukuran yang dimasukkan ke dalam mesin sudah benar. Alat pembuat kopi canggih ini bisa dibeli di Blibli seharga Rp 6.960.000.

Sigmatic Coffee Maker 100 SS

Hanya dengan bubuk kopi, Sigmatic Coffee Maker 100 SS bisa menghasilkan minuman yang kamu inginkan. Mesin ini bisa menghasilkan varian minuman kopi yang lengkap, mulai dari espresso, moccacino, cappuccino, hingga latte. Dari mesin yang sama, kamu juga bisa menyeduh teh.

Mesin ini menggunakan aluminium boiler sehingga air dapat panas lebih cepat. Fitur knop pengatur memudahkanmu untuk mengoperasikan mesin karena kopi dan uap diatur secara otomatis. Steam pressure 15 bar yang dilengkapi dengan safety system adalah keunggulan tersendiri yang ditawarkan mesin ini. Tidak akan terjadi panas atau tegangan berlebih serta ampas kopinya mudah dibersihkan. Kapasitas airnya cukup besar yaitu 1,5 liter sehingga kamu bisa menyeduh hingga 12 cangkir kopi sekaligus.

Harga Rp. 2.199.000-2.682.800

Krups XP5620

Sumber gambar www.blibli.com

Krups XP5620 adalah mesin pembuat kopi dari produsen ternama Jepang, Krups. Telah memproduksi mesin sejak tahun 1900-an, kualitasnya tentu tidak perlu diragukan lagi. Dari segi desain, mesin ini terlihat sangat elegan dengan warna perak dan abu-abu. Memberikan kesan mewah dan berkelas pada ruangan. Pas untuk digunakan untuk pribadi, usaha, atau di kantor.

Krups mengembangkan sistem auto tamping yang telah dipatenkan untuk menghasilkan espresso dengan kenikmatan yang konsisten. Daya 1450 watt berpadu dengan bahan stainless steel untuk menghasilkan panas yang lebih cepat dengan suhu optimal. Pump pressure 15 bar memberikan rasa espresso yang sempurna. Tangki air berkapasitas 1,1 liter dapat dibongkar pasang dengan mudah. Mesin canggih ini tersedia di Blibli seharga Rp 3.500.000 dan di Otten Coffee seharga Rp 4.990.000.

DeLonghi DL Bco260CD MC Intaruska

DeLonghi DL Bco260CD MC Intaruska tidak hanya memiliki desain yang menarik dan elegan, tetapi juga mampu membuat kopi dengan cepat dan lezat. Hanya dalam hitungan menit saja, kamu sudah bisa menyesap kopi favoritmu. Kapasitasnya besar, yaitu 1,3 liter yang setara dengan 10 cangkir kopi.

Kontrol elektronik pada mesin memungkinkan kamu untuk menyetelnya agar menyala setiap pagi, sehingga kamu bisa memulai hari dengan secangkir kopi tanpa repot-repot memencet tombolnya. Sistem emulsi khusus pada mesin dapat menghasilkan cappuccino yang sangat lezat. Filter crema-nya dapat menghasilkan kopi yang nikmat. Mesin ini memiliki daya 1750 watt.

Harga Rp. 3.300.000-5.281.000

Gaggia Viva Deluxe Mesin Kopi

Sumber gambar www.blibli.com

Satu lagi rekomendasi mesin kopi yang mudah digunakan, Gaggia Viva Deluxe Mesin Kopi. Hadir dengan desain yang ringkas dan mampu bekerja secara profesional. Salah satu fitur mesin ini adalah portafilter untuk menghasilkan krim sempurna yang lezat. Fitur panarello frother susu-nya dapat menghasilkan cappuccino yang sangat lezat.

Mesin ini dapat berubah menjadi mode stand by secara otomatis setelah 9 menit tidak digunakan. Fitur ini dapat menghemat listrik bagi penggunanya. Mesin berdaya 1025 watt ini terbuat dari bahan stainless steel dengan aluminium di bagian boiler. Tersedia hanya di Blibli seharga Rp 2.589.899.

Willman Semi Auto Coffee Maker

Sumber gambar www.blibli.com

Willman Semi Auto Coffee Maker adalah mesin pembuat kopi 3 in 1 untuk segala bentuk kopi. Bisa kopi bubuk, kopi pod, atau kopi kapsul. Selain kopi, kamu juga bisa membuat heat milk, steamed milk, dan memanaskan air.

Mesin ini memiliki tekanan 202 bar dengan desain elegan dan dapat menghasilkan rasa kopi yang mantap. Nikmati rasa kelezatan cappuccino yang otentik dari mesin canggih ini. Mesin dengan daya hingga 1400 watt ini sangat cocok untuk penggunaan pribadi, di kantor, atau di kedai kopi milikmu. Dapatkan mesin ini di Blibli seharga Rp 1.750.000.

From our editorial team

Baca Ulasannya Dulu Sebelum Beli Mesin Kopi

Sebagai pembeli yang teliti, sangat penting untuk membaca ulasan sebuah produk sebelum memutuskan untuk membeli. Termasuk si mesin kopi ini. Apalagi kalau kamu masih awam dengan dunia perkopian, sebaiknya cari sebanyak-banyaknya deh ulasan pengguna yang sudah berpengalaman. Jangan sampai kamu salah beli ya. Nah, dari rekomendasi mesin kopi BP-Guide di atas, mana yang jadi favoritmu?

Tag