Suka Makanan Khas Cina? Gunakan 7 Rekomendasi Sumpit Unik Ini Agar Santapanmu Semakin Nikmat! (2020)

Suka Makanan Khas Cina? Gunakan 7 Rekomendasi Sumpit Unik Ini Agar Santapanmu Semakin Nikmat! (2020)

Makanan Cina, Jepang, atau Korea memang identik dengan sumpit. Kamu bisa lho menikmati makanan lain dengan menggunakan sumpit, tapi pilihlah sumpit yang sudah terjamin, ya. Yuk, cek dulu beberapa rekomendasinya dari BP-Guide!

Masakan Cina Punya Rasa serta Proses Masak yang Cepat

Berdasarkan sejarahnya, bangsa Cina adalah bangsa petualang. Mereka biasa pergi dari negeri mereka untuk mencari rezeki di tanah negara lain. Hal inilah yang membuat budaya mereka terserap ke budaya negara-negara lain. Salah satu yang terkenal adalah makanan mereka.

Sebagian besar orang mengenal dan menyukai makanan Cina. Dengan fokus kepada kaldu yang pekat, makanan Cina mempunyai ketebalan rasa, sekalipun tidak berlebihan karena rasa itu kental di kuah kaldu yang bersifat ringan. Biasanya, kuah kaldu ini digabung dengan mie yang kenyal

Selain masakan signaturenya yang berupa mie, masakan Cina yang juga terkenal adalah stir-fry, singkatnya mirip dengan menumis di Indonesia ini. Kamu cukup menyiangi berbagai sayur-mayur, yang bisa kamu padukan sesuka hati, lalu kamu campurkan bersama bawang putih dan bawang merah yang telah ditumis. Untuk mempertajam rasa, biasanya masakan Cina menggunakan saus tiram atau saus ikan.

Proses masak stir-fry ini bisa dibilang sangat cepat. Ketika sayur-mayur layu, kamu siap menghidangkan beragam sayur-mayur yang ada di dalamnya. Selain cepat, proses masak ini juga praktis, karena semua bahan makanan langsung digabung pada peralatan masak, yang biasa disebut wok.

Paling-paling pertimbangan yang harus kamu lakukan saat memasak dengan metode ini adalah bahan-bahan yang dimasak dalam waktu tertentu. Wortel yang keras tentu harus dimasukkan terlebih dahulu daripada sawi yang mudah layu.

Berbagai Jenis Peralatan Masak dan Makan ala Cina

Pisau Golok

Sumber gambar https://shopee.co.id/

Kalau di Indonesia, pisau besar seperti pisau golok, lebih banyak digunakan untuk memotong bahan-bahan yang alot atau keras. Misalnya saja, untuk memotong daging atau ayam yang mempunyai tulang-tulang yang sulit dipotong oleh pisau dapur biasa.

Lain halnya di Cina, pisau golok bisa dipakai untuk apa pun. Pisau golok ini memiliki mata pisau yang besar dan sangat tajam. Ketajamannya mampu digunakan untuk memotong bahan makanan apapun dengan cepat.

Pisau jenis ini bisa mengolah bahan dari yang sederhana, seperti mencincang bawang bombay atau menyiangi sayuran, hingga memotong daging ayam. Bahkan, pisau ini bisa digunakan untuk memotong dan memipihkan adonan kulit dimsum.

Klakat

Sumber gambar https://shopee.co.id

Klakat ini sering digunakan untuk mengukus dimsum. Walaupun ada yang berbahan stainless steel, klakat yang sering dipakai pada masakan Cina adalah klakat yang terbuat dari bambu. Kalau klakat stainless steel biasanya berbentuk kotak, maka klakat bambu ini berbentuk bundar.

Tidak hanya ramah lingkungan, klakat bambu ini juga menghasilkan makanan dengan aroma yang lebih harum untuk memanjakan indera penciuman kamu. Aroma ini tentunya akan memberikan kenikmatan lebih saat menyantap makanan.

Spatula Wok

Wok adalah salah satu peralatan masak yang wajib untuk masakan Cina, karena dengan wok inilah masakan stir-fry dibuat. Karena modelnya yang cekung ke dalam, wok ini membutuhkan spatula khusus untuk memasaknya.

Berbeda dengan spatula biasa yang datar pada bagian sendoknya, spatula ini berbentuk lebih cekung ke dalam dengan ujung yang sedikit melengkung ke arah luar. Fungsi dari bentuk ini adalah agar spatula ini bisa mengaduk makanan lebih mudah. Dengan ujung cembung, tentunya akan lebih mudah menyendok sayur-mayur yang tengah ditumis.

Spatula ini biasanya memiliki gagang yang panjang dengan ujung yang membulat. Gagang panjang ini memudahkan kamu untuk mencapai dasar wok yang cekung ke dalam. Pegangan yang membulat ini juga agar nyaman untuk dipegang.

Wajan Cekung

Sumber gambar https://shopee.co.id

Kamu tentu pernah melihat orang Cina memasak. Mereka tidak hanya mengaduk masakan mereka dengan spatula, tapi dengan memaju-mundurkan wajan dengan cepat, sehingga makanan teraduk secara alami hanya dengan gerakan wajan tersebut.

Teknik memasak yang terkenal dari Cina tersebut, seperti yang telah disebutkan di atas adalah dengan teknik stir-fry. Teknik ini membutuhkan wajan khusus, yaitu wajan yang cekung dengan pegangan yang panjang. Fungsi dari model ini adalah agar kamu bisa dengan mudah mengaduk semua bahan-bahan yang tengah dimasak.

Wajan tradisional yang biasa digunakan oleh orang Cina ini terbuat dari besi baja. Walaupun berat, bahan ini mampu menghantarkan panas dengan baik, sehingga makanan juga lebih cepat matang. Tujuan lain dari bentuk wajan dengan dasar yang cekung dan dalam ini adalah agar aliran panas mengalir ke bagian bawah wajan. Sedangkan, bagian sisi yang melebar akan efektif untuk mendinginkan makanan.

Sumpit

Sumber gambar https://www.femina.co.id

Sumpit sebenarnya tidak khusus digunakan oleh masyarakat Cina. Negara-negara yang berada di Asia Timur lain juga menggunakan peralatan kutleri satu ini. Misalnya saja, Jepang dan Korea. Walaupun begitu, sumpit ini berbeda-beda, sesuai dengan budaya negara masing-masing. Mereka memiliki perbedaan model sumpit yang cukup signifikan.

Untuk sumpit Cina sendiri memiliki karakter yang bersesuaian dengan cara hidup mereka dalam bermasyarakat. Bagi orang Cina, makan adalah sarana untuk mempererat tali persaudaraan serta berkumpul dengan sanak saudara. Oleh karena itu, bentuk sumpitnya datar di bagian ujung dan lebih panjang daripada sumpit Jepang dan sumpit Korea. Hal ini membuat mereka mudah untuk berbagi makanan satu sama lain.

Sumpit Cina ini juga mempunyai 2 jenis. Sumpit yang lebih pendek digunakan untuk menyantap makanan, sedangkan sumpit yang lebih panjang digunakan untuk memasak. Tentu saja, sumpit panjang akan mempermudah mereka dalam mengaduk makanan dan menghindari uap panas dari masakan.

Sumpit Menjadi Salah Satu Peralatan Makan Khas Cina

Golden Dragon Chopstix Sumpit Melamin - Hitam

Sekalipun sumpit Cina biasanya berbentuk rata, sumpit yang biasa digunakan untuk memasak justru memiliki ujung yang meruncing. Golden Dragon Chopstick yang terbuat dari bahan melamin ini mempunyai karakter yang sama. Namun, sumpit ini tetap bisa digunakan sebagai alat untuk makan.

Sumpit ini, walaupun terbuat dari melamin, tidak berbahaya karena sudah bebas dari BPA, sehingga kamu tidak perlu khawatir memakan makanan panas dengan sumpit ini. Apalagi produk ini sudah bersertifikat SNI, artinya sudah aman untuk digunakan.

Dengan desain sederhana dilengkapi motif ulir yang elegan, sumpit ini menambah kenikmatan dalam menyantap makanan.

Harga Rp. 65.000-90.000

Sumpit Kayu Bambu Motif Hiasan Bunga (24cm)

Bagi kamu pecinta naturalisme, mungkin sumpit ini paling tepat menemanimu makan. Bahan sumpit ini terbuat dari bambu yang tentunya jauh terlihat natural dan juga ramah lingkungan. Pangkal sumpit ini dilengkapi dengan hiasan motif bunga untuk menambah semarak kegiatan makan kamu.

Biasanya, bahan pembuat sumpit ini juga menyesuaikan makanan yang disajikan. Kalau sumpit bambu paling cocok dengan makanan panas yang berkuah. Selain bambu tidak menimbulkan reaksi kimia berbahaya kala bersentuhan dengan kuah yang panas, bahan bambu juga penghambat panas. Jadi aktivitas makan kamu tidak terganggu dengan panas yang menjalar ke pegangan kamu.

Kelebihan lain dari bambu adalah harganya yang terjangkau. Karena bambu sendiri tidak memerlukan banyak proses dalam pembuatannya, sehingga tidak membutuhkan biaya produksi tinggi.

Harga Rp. 2.900-18.700

Sumpit Bahan Kayu Gaya Cina Ukuran 42 cm untuk Memasak

Karena memasak membutuhkan ruang lebih besar daripada makan, sumpit ini berukuran lebih panjang daripada sumpit untuk makan.

Sumpit berbahan kayu ini juga berukuran 42 cm, sehingga cocok untuk memasak. Dilapisi cat natural dari tumbuhan, sumpit ini bersifat anti-bakteri, bebas pula dari lapisan lilin dan minyak, sehingga mudah untuk dibersihkan.

Modelnya yang meruncing di bagian ujung juga membuat sumpit ini bisa digunakan untuk memasak dengan metode deep fry dan merebus, karena bisa mengangkat makanan yang telah matang dengan mudah.

Harga Rp. 33.060

Nanaunique Store Mirinka Chopstick 5 pcs Sumpit Kayu

Mirinka Chopstick ini terbuat dari kayu yang dibentuk dengan ujung yang meruncing dan bundar pada ujungnya. Fungsi bentuk yang meruncing ini adalah agar kamu bisa menyumpit benda-benda kecil dengan mudah, seperti butiran nasi atau kacang-kacangan.

Sumpit ini mempunyai motif kayu yang berkesan natural, jadi sumpit ini memberikan nuansa pedesaan pada meja makan kamu. Sepanjang sumpit ini dihiasi dengan serat yang cantik ditambah dengan ukiran bergerigi membuat sumpit ini akan terlihat cantik saat mendampingi peralatan makan kamu. Apalagi, kalau kamu sandingkan dengan peralatan makan yang juga bernuansa kayu.

Dengan dua pasang sumpit dan sebuah tatakan, kamu bisa mendapatkan sumpit Mirinka ini dengan harga Rp 45.000 di Tokopedia. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan sumpit yang terbuat dari kayu aren dengan dimensi ukuran 2 x 2 x 24 cm ini di Dekoruma dengan harga Rp 62.000.

Sumpit Makan Melamin - Hitam (24 cm/ 10 Pasang)

Melamin sendiri sebenarnya aman sebagai peralatan makan dengan syarat kamu menggunakannya setelah makanan menjadi agak dingin. Bahkan, Food and Drugs Association (FDA) tidak menyatakan zat ini berbahaya.

Sumpit ini berbahan melamin yang tidak bisa bersentuhan langsung dengan panas tinggi dan bisa meleleh karenanya. Namun, sumpit ini dibuat dari bahan melamin yang berkualitas sehingga aman dipakai untuk makan selama tidak terkena panas tinggi.

Sumpit makan melamin ini berwarna hitam yang elegan dengan ukuran 24 cm, yang ukurannya pas sekali untuk makan sehari-hari. Kamu juga bisa mendapatkan sumpit ini di Dekoruma dengan harga Rp 20.000 dan di Blibli dengan harga Rp 13.000.

Jiabao Sumpit Gading Isi 20 Pcs 23 cm

Sumber gambar https://www.dekoruma.com

Sumpit gading punya sejarah jauh ke belakang, dari Dinasti Shang. Dulunya, sumpit gading digunakan oleh Raja Zhou untuk menunjukkan gaya hidup mewah bersama keluarganya. Kalau istilah sekarang ini, pencitraan.

Berbahan melamin yang berkualitas, sumpit ini juga bisa memberikan kesan elegan seperti keluarga Raja Zhou. Dengan panjang sumpit 24 cm, sumpit ini cocok digunakan untuk makan sehari-hari. Selain itu, sumpit ini mudah dibersihkan dan bisa kamu pakai berkali-kali, sehingga kamu bisa mengurangi sampah dan menjaga lingkungan.

Kamu juga bisa mendapatkannya di Dekoruma dengan harga Rp 52.375. Sumpit Jiabao di Dekoruma ini dilengkapi dengan motif khas Cina yang menarik.

HAN Sumpit Melamine 24 cm 10 Pasang - Merah

Sumber gambar https://www.blibli.com/

Sumpit ini mungkin terbuat dari melamin, tetapi sumpit ini tetap aman saat dipakai untuk menyantap makanan. Kalau sampai terkena panas berlebih, seperti bersentuhan langsung dengan wajan panas, sumpit ini bisa saja meleleh, tetapi tidak akan menimbulkan masalah apabila hanya terkena air panas atau makanan panas saja.

Jadi, pastikan kamu menggunakan sumpit melamin ini khusus untuk makan dan bukan untuk memasak. Warna merah yang merupakan salah satu warna yang biasa digunakan oleh budaya Cina, membuat sumpit ini memberikan nuansa Tiongkok di meja makan kamu.

Dengan harga Rp 20.000, kamu sudah mendapatkan 10 pasang sumpit berukuran 24 cm yang cocok untuk dipakai menyantap makanan. Kamu bisa memesan sumpit ini di Dekoruma dan Blibli.

From our editorial team

Yuk, Cobain Sensasi Makan dengan Sumpit!

Sumpit menjadi alat makan yang tentunya tidak asing lagi bagi kita. Saat datang ke restoran Cina biasanya kita akan diberikan alat makan seperti sumpit yang digunakan untuk menyantap makanan tersebut. Pastikan agar bahan pembuat sumpit terbuat dari bahan yang aman, ya.