10 Rekomendasi Beras Cokelat Terbaik yang Sehat namun Tetap Enak untuk Anda yang Peduli dengan Kesehatan

10 Rekomendasi Beras Cokelat Terbaik yang Sehat namun Tetap Enak untuk Anda yang Peduli dengan Kesehatan

Beras cokelat mengandung banyak serat dan vitamin yang cukup tinggi dibandingkan beras putih. Beras cokelat juga dikenal sebagai beras pecah kulit, karena prosesnya hanya dikupas kulit arinya tidak sampai putih bersih. Tetapi jangan salah, meski berwarna cokelat dan tidak semenarik beras putih, beras cokelat memiliki banyak manfaatnya, lho. Yuk simak manfaatnya di sini!

Selain Beras Putih, Merah, dan Hitam Ternyata Ada Juga Lho Beras Cokelat.

Jika bicara soal bahan makanan pokok, tentu jenisnya beragam. Mulai dari beras, gandum, hingga aneka umbi-umbian bisa menjadi pilihan makanan pokok. Beras menjadi pilihan makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Jenis beras begitu beragam. Selain beras putih, merah, atau hitam, ada juga jenis beras cokelat.

Beras cokelat berasal dari beras yang setengah digiling. Ini artinya beras hanya diproses dengan menghilangkan sekam tanpa dipoles sampai menjadi putih. Beras cokelat hampir mirip rasanya dengan beras merah.

Beras cokelat merupakan sumber serat, vitamin B, kalsium, zat besi, dan sumber antinutrien seperti asam fitat. Kandungan seratnya jauh lebih tinggi daripada beras putih.

Kalau kamu sudah pernah mengonsumsi beras merah, kini kamu bisa mulai mencoba mengonsumsi beras cokelat. Sebelumnya, ketahui manfaat beras cokelat bersama BP-Guide agar kamu makin tahu keunggulan dari beras yang satu ini.

Manfaat Beras Cokelat

Mencegah Penyakit Jantung

Beras coeklat dikenal sebagai makanan rendah glikemik. Mengonsumsinya secara teratur akan bisa membuat jantung sehat. Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi beras cokelat berhubungan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskuler sebesar 30 persen. Ini karena dalam beras coklat terkandung sejumlah komponen sehat untuk jantung, seperti mineral, antioksidan, dan juga serat makanan.

Menurunkan Kolesterol

Akhir-akhir ini makin banyak orang yang mengeluh terkena kolesterol. Ini biasanya karena gaya hidup tak sehat yang dilakukan. Ubah pola makan dan pilih apa yang sebaiknya tak dikonsumsi untuk membuat tubuh terhindar dari kolesterol.

Beras cokelat kaya akan minyak baik yang bisa mengurangi kadar kolesterol LDL. Beras cokelat memiliki dedak yang berkadar minyak dengan kandungan gamma oryzanol. Kandungan tersebut yang bisa menurunkan kolesterol jahat hingga 7%.

Membantu Menjaga Berat Badan


Beras cokelat mengandung 4 gram serat makanan dalam setiap sajinya. Ini bisa memenuhi sekitar 14% dari kebutuhan 2.000 kalori. Dari semua kandungan tersebut, beras cokelat dipercaya bisa membantu menjaga berat badan. Beras ini membuat kita lebih cepat kenyang dan juga bisa membantu pembakaran tumpukan lemak dalam tubuh.

Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar


Beras cokelat kaya akan serat yang baik untuk usus. Serat akan membantu jalannya makanan supaya nutrisi bisa terserap dengan baik dan ampas makanan bisa segera dikeluarkan. Dalam beras cokelat terkandung asam lemak rantai pendek yang menghentikan pertumbuhan sel kanker. Dengan demikian, rutin mengonsumsi beras cokelat bisa menurunkan risiko terkena kanker usus besar.

Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah


Beras cokelat kaya akan vitamin yang lengkap, serat alami, mineral, antioksidan serta kandungan nutrisi lainnya. Rutin mengonsumsi beras cokelat bisa mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dibanding yang tak pernah atau jarang mengonsumsi beras cokelat. Sementara, bagi kamu yang mengonsumsi beras putih secara berlebih bisa meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

10 Rekomendasi Beras Cokelat Terbaik yang Bisa Kamu Beli

Eka Farm Beras Cokelat Organik

Sumber gambar www.ekafarm.com

Eka Farm Beras Cokelat Organik bisa kamu beli dan pilih sebagai panganan utama pengganti beras putih. Beras cokelat ini memiliki kandungan gizi tinggi pada kulit arinya. Dalam satu takaran beras cokelat, terkandung 90 persen kebutuhan zat mangan per hari. Zat ini bisa membantu proses metabolisme tubuh.

Selain itu, kandungan dalam beras cokelat merupakan komponen enzim superoxide dismutase yang bisa melindungi mitokondria terhadap kerusakan oksidasi. Kamu bisa mendapatkan beras ini di ekafarm.com dengan harga Rp 32.500 untuk kemasan 1 kilogram.

LESTARI Beras Cokelat Organik

Sumber gambar www.blibli.com

Lestari Beras Cokelat Organik juga bisa menjadi pilihan utama kamu loh. Beras yang satu ini memiliki indeks glikemik rendah sehingga aman untuk yang menderita diabetes. Kaya serat dan juga nutrisi, berasnya pun menyehatkan usus kita. Lebih awet rasa kenyangnya kala dikonsumsi. Beras ini sudah Bersertifikat Organik Indonesia dan SNI. Cocok dikonsumsi untuk kamu yang hipertensi atau obesitas. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 35.000 di Blibli untuk 1 kg.

Kebun Kita Beras Cokelat Organik

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kebun Kita Beras Cokelat Organik jangan sampai dilewatkan sebagai beras cokelat pilihan. Produk yang satu ini kaya akan karbohidrat, serat, dan vitamin B kompleks. Bisa menurunkan risiko kanker usus besar, beras ini bisa juga mencegah datangnya penyakit jantung. Mampu membantu menjaga berat badan, berasnya juga bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 31.000 untuk ukuran 1 kilogram.

Serambi Botani Beras Cokelat Organik

Sumber gambar www.bukalapak.com

Serambi Botani Beras Cokelat Organik ini bisa dilirik sebagai pilihan beras cokelat. Produk yang satu ini merupakan beras yang masih ada kulit arinya yang kaya gizi. Beras cokelat ini bisa memperlambat penyerapan karbohidrat ke dalam darah. Hal ini membuat kadar gula darah jadi jauh lebih seimbang. Kaya akan fitonutrien yang merupakan antioksidan yang bisa menjaga kekebalan tubuh. Dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 48.000 untuk 1 kg.

Pure Green Organic Rice Beras Cokelat

Sumber gambar babyzania.com

Pure Green Organic Rice Beras Cokelat ini adalah produk selanjutnya yang menjadi rekomendasi dari tim BP-Guide untuk beras cokelat. Bebas bahan kimia, sehingga aman dikonsumsi. Cocok untuk menunjang masa pertumbuhan dan aman juga untuk dikonsumsi mereka yang terkena diabetes. Beras ini bebas pestisida dan sehat dikonsumsi oleh seluruh keluarga. Aroma berasnya khas karena kaya akan vitamin. Dapatkan di Babyzania dengan harga Rp 40.500 untuk 1 kg.

Si Geulis Beras Cokelat

Sumber gambar www.blibli.com

Si Geulis Beras Cokelat ini merupakan beras yang bisa kamu pilih. Produk hasil budidaya petani padi di Indonesia ini aman untuk dikonsumsi. Diolah secara ekologis dan langsung tidak lebih dari 12 jam setelah dipanen. Ini membuat berasnya masih segar dan terhindar dari aflatoxin atau racun yang berbahaya bagi manusia.

Beras cokelat bisa dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet atau menderita diabetes. Diproses dengan alat dan teknologi yang modern, beras ini dikeringkan dengan suhu rendah agar dapat menjaga struktur karbohidrat dan amilopektin sehingga beras memiliki cita rasa yang khas. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 30.000 untuk 1 kg.

Hotel Beras Cokelat Pandan Wangi Organik

Sumber gambar www.blibli.com

Hotel Beras Cokelat Pandan Wangi Organik ini juga bisa banget jadi pilihan tepat. Produk ini diolah dengan hanya dibuang lapisan terluarnya sehingga menjadi beras cokelat. Kaya akan thiamin, zinc dan juga selenium, berasnya juga tinggi fosfor dan serat. Sudah mendapatkan sertifikat bebas pestisida, pewarna, dan pengawet, produk ini juga memiliki aroma wangi yang alami. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 86.250 untuk ukuran 2 kilogram.

House of Organix Brown Rice: Beras Cokelat Organik

Sumber gambar s0.bukalapak.com

House of organix Brown Rice Beras Cokelat Organik ini bisa banget jadi pilihan kamu. Beras ini bisa mencegah penyakit jantung, menurunkan kolesterol, dan juga menurunkan risiko kanker usus besar. Selain bisa menjaga kesehatan saraf, beras yang kaya vitamin B kompleks ini juga bisa membantu menjaga berat badan. Rendam dulu berasnya sebelum memasaknya dengan rice cooker. Dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 41.700 untuk 1 kilogram.

Keep Me Fit Beras Cokelat Organik

Sumber gambar www.blibli.com

Keep Me Fit Beras Cokelat Organik ini bisa juga kamu pilih menjadi pilihan. Beras ini banyak dipilih sebagai beras kesehatan. Bebas bahan beracun jadi aman untuk kesehatan. Bisa dikonsumsi penderita diabetes karena kaya serat dan rendah kadar gula.

Beras ini dipanen dari bibit unggul pilihan di daerah bebas pencemaran dari industri dan rumah tangga, beras ini mendapat irigasi yang baik. Sudah lolos uji dan penelitian, sehingga aman untuk dikonsumsi keluarga. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 85.000 untuk 2,5 kg.

RICE ME UP Mentik Cokelat Beras Organik

Sumber gambar www.blibli.com

RICE ME UP Mentik Cokelat Beras Organik merupakan beras rekomendasi selanjutnya. Beras dengan kemasan dus yang di vacuum ini hadir dalam ukuran 2 kilogram. Beras ini teksturnya lembut dan rasanya seperti susu bebas gula. Sudah diproses dengan cara higienis dan tanpa pengawet. Beras ini bebas pestisida dan GMO sehingga aman dikonsumsi. Bisa dibeli di Dunia Pangan pada harga Rp 55.000 untuk 2 kg.

From our editorial team

Beras Cokelat Sehat dan Bergizi Tinggi

Dari sekian banyak jenis beras yang ada di Indonesia, beras cokelat sudah mulai banyak dikonsumsi konsumen karena alasan kesehatan. Selain memiliki gizi yang tinggi, ternyata beras cokelat cocok bagi kamu yang sedang melakukan program diet tanpa harus takut mengonsumsi nasi. Tidak ada salahnya dicoba, kan?