10 Rekomendasi Sereal Beras Ini Bikin Tubuh Makin Sehat Loh! (2020)

10 Rekomendasi Sereal Beras Ini Bikin Tubuh Makin Sehat Loh! (2020)

Sereal ada juga yang berasal dari beras loh. Kandungan nutrisinya tinggi dan pastinya menyehatkan untuk dikonsumsi sebagai sarapan. Yuk cek rekomendasi dari kami!

Mengenal Sereal yang Banyak Jadi Pilihan Sarapan

Sereal adalah biji-bijian yang kaya akan pati. Dikenal juga dengan nama serealia, tanaman biji-bijian ini anggota dari suku padi-padian. Suatu tanaman biji-bijian bisa disebut serealia jika tanaman tersebut dipanen bulir atau bijinya. Beberapa jenis serealia adalah padi, gandum, jagung, jelai, dan haver. Ada juga beberapa tumbuhan yang tak digolongkan menjadi serelia meski menghasilkan pati, contohnya sagu, ketela pohon, atau kentang. Hal ini karena sagu, ketela pohon dan kentang tidak dipanen dari bulirnya.

Serealia banyak dibudidayakan di seluruh dunia. Ini karena serealia bisa menjadi sumber energi tak hanya bagi manusia namun juga bagi hewan. Bahkan di beberapa negara, serealia bisa menjadi satu-satunya sumber karbohidrat yang tinggi.

Banyak dari kita yang mengandalkan sereal untuk sarapan. Ini karena dengan mengonsumsi sereal, maka kebutuhan karbohidrat bisa tercukupi. Saat karbohidrat tercukupi, maka kita bisa beraktivitas lebih baik dan bisa konsentrasi seharian.

Ini Dia Pilihan Sereal untuk Dikonsumsi Sebagai Sereal Sehat

Sarapan memang merupakan aktivitas penting yang tak boleh dilewatkan. Dengan sarapan, maka tubuh kita mendapat asupan untuk diolah menjadi energi yang bisa kita habiskan untuk beraktivitas. Sereal merupakan salah satu menu sarapan sehat yang kaya vitamin, serat, dan mineral. Sereal bisa jadi pilihan sarapan rendah lemak dan kalori untuk disantap supaya tubuh jadi enerjik. Nah, ternyata sereal ada banyak jenisnya jika dilihat dari bahan utamanya loh. Kenali dulu yuk, aneka pilihan sereal untuk sarapan pagimu.

Pertama ada sereal oat yang baik untuk kesehatan jantung. Sereal ini terbuat dari serelia yang tumbuh di daerah beriklim subtropis dan sedang. Sereal oat banyak juga disebut sebagai havermut. Produk yang satu ini kaya akan asam folat dan juga vitamin. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa mengombinasikan bersama buah segar supaya tidak eneg ya.

Selanjutnya ada sereal gandum yang sangat populer. Sereal yang satu ini bisa jadi sumber karbohidrat yang baik. Selain itu, sereal gandum juga menjadi sumber serat dan vitamin E. Kandungan lemaknya hanya sedikit sehingga sereal gandum lebih mudah dicerna. Tinggi serat membuat sereal gandum cocok untuk digunakan menurunkan berat badan dan membersihkan racun dari tubuh.

Selanjutnya ada sereal jelai yang bisa jadi pilihan. Sereal yang satu ini banyak digunakan sebagai makanan kesehatan. Jelai tergolong dalam anggota suku padi-padian. Sereal jelai paling cocok untuk mereka yang menderita diabetes. Jelai bisa mengontrol kadar gula darah dengan baik. Selain itu jelai juga kaya asam amino dan serat yang baik untuk tubuh.

Ada juga sereal beras yang bisa jadi pilihan. Sereal beras memiliki banyak varian tergantung jenis beras yang digunakan. Ada beras hitam, beras putih hingga beras merah yang bisa dijadikan olahan sereal untuk sarapan. Sereal beras memiliki banyak manfaat juga untuk tubuh sama seperti sereal lainnya.

Manfaat Mengonsumsi Sereal Beras

Kaya Antioksidan

Sereal beras merupakan sereal yang kaya akan antioksidan. Umumnya antioksidan banyak terdapat di buah beri-berian saja. Namun ternyata sereal beras juga memiliki kandungan antioksidan loh. Umumnya kandungan antioksidan ini terdapat pada sereal beras hitam dan sereal beras merah.

Sereal tersebut memiliki kandungan antosianin. Zat tersebut bisa mencegah aneka penyakit seprti jantung, arthritis, asma hingga kanker. Sereal beras juga bisa menurunkan kadar lemak jahat dalam darah. Dengan rutin mengonsumsi sereal beras, maka kolesterol bisa terkontrol dengan baik dan penyakit berbahaya pun bisa diminimalisir risikonya.

Mencegah Diabetes

Manfaat lain dari mengonsumsi sereal beras untuk sarapan adalah bisa mencegah diabetes. Ini merupakan salah satu penyakit yang dipengaruhi oleh kadar gula darah dalam tubuh. Saat kadar gula meningkat maka penderita diabetes bisa kambuh dan bisa membahayakan kesehatan bahkan nyawanya. Mengonsumsi sereal beras bisa menjaga untuk menyeimbangkan kadar gula.

Serat yang ada pada sereal beras bisa memperlama proses pencernaan makanan. Hal inilah yang pada akhirnya bisa menjaga konsistensi kadar gula darah dalam tubuh. Kadar gula yang rendah pada sereal beras juga bisa mencegah kemungkinan diabetes tipe 2 serta penyakit lain seperti jantung.

Melindungi Jantung

Sebagai mahkluk hidup, jantung merupakan organ tubuh yang vital. Tentu saja kesehatan jantung patut dijaga demi kelangsungan hidup kita. Untuk melindungi kesehatan jantung, selain mengonsumsi makanan rendah lemak, sebaiknya juga sering berolahraga. Untuk pilihan sarapan sehatnya, Anda bisa memilih sereal beras, utamanya beras hitam dan beras merah.

Sereal beras bisa membantu mengantisipasi adanya peningkatan tekanan darah. Sereal ini juga akan mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah jantung. Dengan begini maka kesehatan jantung terjaga karena stabilitas kolesterol jahat menurun.

Melancarkan Pencernaan

Sereal beras juga bisa melancarkan pencernaan. Sereal beras bisa meningkatkan aktivitas usus dan mencegah sembelit. Ini karena kadar serat dalam sereal beras sangat tinggi. Serat dalam sereal beras juga bisa mencegah masuknya zat beracun yang masuk bersamaan dengan makanan atau asupan lain ke tubuh. Serat akan menempel pada zat yang menyebabkan kanker kemudian menghilangkannya dan mencegahnya menempel ke dinding usus besar.

Ini Dia Rekomendasi Sereal Beras yang Bisa Jadi Pilihan Sarapan

Sereal Sari Beras Merah Bekatul Instan Rice Bran

Sereal Sari Beras Merah Bekatul Instan Rice Bran ini merupakan produk yang bisa Anda jadikan pilihan sarapan. Sereal beras ini kaya akan vitamin B kompleks, vitamin E sebagai antioksidan dan juga serat yang baik untuk pencernaan. Produk yang satu ini juga kya akan protein, mineral dan asam lemak yang baik untuk kesehatan tubuh. Sereal beras merah ini aman dikonsumsi anak-anak dan juga dewasa. Sereal dibuat tanpa bahan kimia dan bahan pengawet. Produk ini mudah diserap oleh tubuh. Sereal beras ini bisa dikonsumsi mereka yang menderita kolesterol tinggi dan diabetes. Cocok juga untuk dikonsumsi penderita asma dan jantung koroner.

Harga Rp. 25.000-32.000

Bekatul Beras Merah Sereal Instant

Bekatul Beras Merah Sereal Instant ini juga bisa jadi pilihan Anda. Produk ini kaya akan bahan alami dan dibuat tanpa bahan kimia. Dengan protein tinggi dari bekatul, sereal beras ini juga kaya akan sumber mineral yang baik untuk tubuh. Selain itu ada juga kandungan kalsium, fosfor dan magnesium di dalamnya. Sereal beras ini dianjutkan untuk penderita hipertensi, diabetes, penderita gangguan pencernaan dan juga mereka yang obesitas. Sereal beras ini tinggi kandungan serat untuk memperlanar pencernaan. Produk ini mudah dikonsumsi, tinggal seduh dengan air panas dan siap diminum. Sereal ini sudah terjamin aman karena memiliki izin Depkes dan PIRT.

Harga Rp. 40.000-57.000

Black Rice Cereal

Anda bisa juga memilih Black Rice Cereal sebagai pilihan sarapan sehat. Produk ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Diantaranya adalah bisa meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah gangguan fungsi ginjal dan bisa memperbaiki kerusakan sel hati. Produk juga bisa mencegah tumor, membersihkan kolesterol dan mencegah terjadinya anemia. Diolah dari beras hitam alami dan berkualitas, sereal ini bisa jadi tambahan nutrisi setiap hari. Cukup campur 1 sachet dengan air hangat sebanyak 250 cc. Anda bisa juga mencampurnya dengan susu atau soya.

Harga Rp. 39.000-59.000

Sereal Beras Hitam Organik BlackFit Eka Farm

Sereal Beras Hitam Organik BlackFit Eka Farm juga bisa menjadi pilihan. Sereal beras ini praktis dan mudah diolah. Produk ini memberi banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Sereal beras hitam ini memiliki rasa yang lezat. Tuang saja satu sendok makan Black Fit kedalam secangkir air hangat. Selanjutnya Anda bisa menambahkan gula aren sesuai selera. Aduk merata tunggu hangat dan siap diminum.

Harga Rp. 23.000-65.000

Sereal Beras Merah Redfit EkaFarm

Anda bisa juga mengonsumsi Sereal Beras Merah Redfit EkaFarm. Sereal yang satu ini mudah diolah dan rasanya sangat enak. Anda bisa menyeduhnya seperti teh dan bisa juga dijadikan sereal untuk sarapan. Produk ini cocok juga untuk makanan pendamping ASI bagi balita 6 bulan ke atas. Sereal beras ini kaya kandungan B1, B12 dan B6. Selain bisa membantu pembentukan energi, sereal beras ini juga baik untuk perkembangan otak bayi. Sereal beras ini juga akan memenuhi kebutuhan asupan zat besi dalam pertumbuhan bayi. Produk ini juga cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Harga Rp. 20.000-31.000

Sereal Beras Hitam Organik N790

Jangan lewatkan juga untuk mencoba Sereal Beras Hitam Organik N790. Minuman sereal ini berbahan beras hitam organik tanpa campuran. Sereal ini mudah dibuat karena tinggal seduh dengan air panas. Produk ini bisa menjaga kesehatan jantung, memperbaiki fungsi ginjal dan bisa menurunkan risiko diabetes. Sereal beras ini juga bisa berfungsi sebagai antioksidan efektif dan bisa membangun sistem pencernaan yang sehat. Produk dari Malang, Jawa Timur ini bisa dikonsumsi oleh semua anggota keluarga.

Harga Rp. 18.000-22.000

Bekatul dr. Liem

Bekatul dr. Liem tentu bisa jadi pilihan sereal beras selanjutnya. Produk yang satu ini halal dikonsumsi. Kaya akan serat dan tinggi vitamin, sereal beras ini cocok untuk jadi makanan dan minuman sehat sehari-hari. Sereal ini kaya kandungan vitamin B15 sebagai penyempurna proses metabolisme di dalam tubuh. Produk juga kaya akan asam lemak, protein, omega 3 dan 6. Sereal beras ini bisa menjaga kita dari risiko diabetes, kolesterol, hipertensi hingga serangan jantung. Untuk mengonsumsinya cukup seduh dengan air panas dan beri sedikit madu. Anda bisa juga mencampurnya dengan susu.

Harga Rp. 21.000-65.000

Super Cereal Brown Rice

Super Cereal Brown Rice adalah produk andalan selanjutnya untuk sereal beras. Produk yang satu ini dihadirkan dari Malaysia. Sereal rendah lemak ini baik untuk kesehatan tubuh. Sereal beras ini cocok untuk minuman sarapan pagi. Paduan unik dari jagung, oats, dan beras merah ini bisa bikin kita kenyang hingga waktu makan siang tiba. Selain mudah diolah, sereal ini juga mudah dikonsumsi. Hadir dalam bentuk sachet sehingga bisa mudah dibawa kemana saja.

Harga Rp. 43.000-66.000

AlphaMeta Brown Rice - Minuman Sereal Beras Merah

AlphaMeta Brown Rice merupakan sereal beras merah yang baik untuk kesehatan tubuh. Produk ini mudah diserap sel tubuh karena ukurannya sangat kecil. Sereal ini bisa meremajakan sel tubuh sehingga organ tubuh menjadi sehat. Kaya akan 18 amino acids, ada juga mineral dan vitamin B kompleks di dalamnya. Sereal beras ini juga kaya selenium sehingga bisa menjinakkan sel kanker. Produk ini aman untuk ibu hamil dan juga anak. Sereal beras ini bisa mengatasi kerusakan sel syaraf otak dan sum-sum tulang belakang.

Harga Rp. 1.500.000-2.450.000

Kelloggs Rice Krispies

Kelloggs Rice Krispies juga bisa jadi pilihan sereal beras untuk Anda. Sereal ini dibuat dari beras pilihan dengan kualitas terbaik yang dipanggang. Tinggi kandungan serat, sereal ini bisa memberikan energi saat Anda sedang memulai aktifitas sehari-hari. Rasa serealnya lezat dan juga renyah sehingga bikin Anda makin semangat mengonsumsinya.

Harga Rp. 17.000-45.000
From our editorial team

Sereal Beras, Pilihan Nikmat untuk Hidup Sehat

Untuk menu sarapan, ada banyak yang bisa kita pilih. Namun supaya kesehatan lebih terjaga, tak ada salahnya jika kita memperhatikan apa yang kita konsumsi sebagai menu sarapan. Salah satu contoh sarapan yang menyehatkan adalah sereal beras. Sereal yang satu ini tinggi akan serat dan rendah lemak sehingga bisa menunjang kesehatan tubuh dengan baik. Sereal beras cocok untuk penderita diabetes, pelaku diet dan mereka yang ingin menjaga kesehatannya dengan cara yang enak.