10 Rekomendasi Makanan Berbahan Sereal yang Sehat untuk Tubuh Kita Sehari-Hari

10 Rekomendasi Makanan Berbahan Sereal yang Sehat untuk Tubuh Kita Sehari-Hari

Sumber gambar unsplash.com

Menjaga kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan makan makanan yang sehat. Tidak perlu ribet, makanan sehat sebenarnya sangat sederhana, lho. Yuk simak rekomendasi makanan sehat ala BP-Guide buat kamu yang super sibuk.

Makanan Sehat Merupakan Makanan dengan Beragam Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh

Sumber gambar economictimes.com

Tubuh yang sehat adalah idaman bagi semua orang. Sebenarnya menjaga tubuh agar tetap sehat bukan hal yang sulit. Mulailah dari kebiasaan kecil seperti makan makanan yang sehat. Dengan memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari, tubuh akan lebih kuat dan terhindari dari penyakit.

Sayangnya makanan sehat identik dengan rasanya yang tidak enak, sehingga banyak orang tidak menyukainya. Padahal kandungan yang ada di dalamnya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Makanan sehat kaya akan vitamin, mineral, protein, dan karbohidrat yang bisa menunjang aktivitas sehari-hari dan membantu tubuh melawan berbagai penyakit yang mungkin datang.

Olahraga Membuat Tubuh Kita Menjadi Sehat

Sumber gambar watchfit.com

Selain mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, rutin olahraga bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Tidak perlu olahraga yang berat, beraktivitas fisik per hari selama 30 menit bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Meski aktivitas sedang padat, jangan pernah menyepelekan pentingnya olahraga. Dengan olahraga, metabolisme tubuh dapat terjaga dan sel-sel dalam tubuh dapat beregenerasi dengan cepat.

Tips Makan Sehat yang Harus Kita Ketahui

Sarapan di Pagi Hari Adalah Hal yang Penting

Sumber gambar self.com

Banyak orang melewatkan sarapan di pagi hari karena berbagai alasan seperti kesibukan yang padat, malas makan di pagi hari, hingga takut gendut.

Sarapan adalah aktivitas penting yang manfaatnya sangat besar bagi kesehatan tubuh. Selain memberi suplai energi untuk beraktivitas, sarapan juga membantu mengendalikan kadar gula dalam darah.

Bagi kamu yang sedang berdiet, jangan beranggapan bahwa tidak sarapan bisa membantu menurunkan berat badan ya. Menurut survei American Dietic Association, seseorang yang terbiasa sarapan cenderung mengonsumsi kalori yang lebih sedikit sepanjang hari.

Pilih menu sarapan yang bergizi dan kaya kandungan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, sereal, oatmeal, sayur, yoghurt, susu rendah lemak, atau avokad.

Minum Air Putih Minimal 8 Gelas Sehari

Sumber gambar pickthebrain.com

Minum air putih adalah elemen penting dalam pola hidup sehat yang tidak boleh dilewatkan. Dengan asupan cairan yang cukup, tubuh akan terhindar dari dehidrasi. Minum air putih dapat membantu mencegah gangguan saluran pencernaan, menjaga sirkulasi darah, dan memaksimalkan pencernaan nutrisi dari makanan.

Manfaat lain yang bisa diperoleh adalah kelembapan kulit terjaga, jaringan saraf tulang terlindungi, serta proses pembuangan limbah makanan melalui urine dan tinja semakin lancar.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Sumber gambar eatthis.com

Sayur dan buah adalah dua makanan yang wajib dikonsumsi untuk mendapatkan tubuh sehat. Di dalamnya terdapat kandungan nutrisi yang lengkap mulai dari vitamin A, C, E, zat besi, kalium, asam folat, fosfor dan masih banyak lagi.

Rutin mengonsumsi buah dan sayur dapat mencegah datangnya berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, stroke, dan gangguan pencernaan. Sayur dan buah juga rendah kalori, sehingga merupakan pilihan makanan wajib bagi yang sedang berdiet.

Kurangi Makan Junk Food

Sumber gambar medicalnewstoday.com

Siapa yang tidak tergoda dengan junk food? Rasanya lezat dan tersaji dengan cepat, pasti membuat siapa saja ingin memakannya lagi dan lagi. Namun di balik kelezatan junk food, makanan tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan.

Boleh saja mengonsumsi junk food seperti burger, ayam goreng, dan kentang goreng sesekali, asalkan tidak terlalu sering. Tetapi jika bisa, sebaiknya hindari junk food sama sekali.

Junk food memiliki kandungan nutrisi yang rendah namun kaya akan kalori. Inilah mengapa junk food sangat mudah menyebabkan obesitas, terutama pada remaja dan anak-anak.

Makan Makanan Sehat

Sumber gambar dailytimes.com.pk

Kesehatan sangat mahal harganya. Segala cara harus dilakukan agar tubuh terhindar dari penyakit. Mulailah dari hal yang paling dasar, yaitu mengonsumsi makanan yang sehat. Pilih menu makanan sehat yang disarankan oleh para ahli. Agar tidak bosan, variasikan jenis makanan setiap hari. Misalnya telur, roti, dan gandum yang dikonsumsi secara bergantian.

Awalnya mungkin terasa tidak enak, namun jika sudah terbiasa tubuh akan jadi lebih sehat dan fit. Produktivitas pun akan semakin meningkat jika tubuh sehat.

10 Rekomendasi Makanan Sehat yang Mudah Diperoleh di Supermarket

Quaker Instant Oatmeal

Sumber gambar www.blibli.com

Awali hari dengan makanan yang sehat seperti Quaker Instant Oatmeal. Terbuat dari gandum Australia utuh yang kaya serat dan berfungsi untuk menjaga saluran pencernaan dan menjaga kesehatan jantung. Bubur oat ini baik untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Konsumsi oatmeal rutin ini dapat membuat tubuh lebih kuat dan sehat.

Pilihan rasanya beragam yaitu cokelat, soto, kari ayam, dan original yang lezat. Penyajiannya praktis, tinggal diseduh dengan air atau susu panas. Sangat cocok buat kamu anak kos, bukan? Tambahkan topping favoritmu di atasnya agar sarapan jadi lebih menyenangkan.

Quaker Instant Oatmeal 800g dapat dibeli di Blibli seharga Rp 39.440 atau di Tororo seharga Rp 38.000.

KELLOGG'S Corn Flakes Sereal

Sumber gambar www.blibli.com

Sereal adalah pilihan makanan sehat yang sangat praktis di pagi hari. Selain cepat disajikan, kandungan nutrisinya sangat lengkap. Kelloggs Corn Flakes Cereal kaya akan kandungan serat, karbohidrat, dan 9 vitamin. Rasanya renyah dan lezat sehingga disukai anak-anak dan orang dewasa.

KELLOGG'S Corn Flakes 150g dapat dibeli Bukalapak seharga Rp 20.000 dan di Blibli seharga Rp 30.000.

Milo Cereal

Sumber gambar www.jd.id

Mengawali hari dengan kelezatan Milo bisa memberimu energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Sereal ini dibuat dengan gandum utuh serta mengandung 5 vitamin B, zat besi, dan kalsium yang menyehatkan bagi tubuh. Tambahan 3 macam kacang yaitu tree nuts, hazelnut, dan almond menambah gizi sereal Milo. Tambahkan susu favoritmu agar rasa Milo semakin lezat.

NESTLÉ MILO Cereal 330g tersedia di Kalbe Store seharga Rp 40.000. Sementara itu kemasan 170g dapat dibeli di jd.id seharga Rp 22.000 dan di Shopee seharga Rp 23.500.

Haverjoy Rolled Oat

Sumber gambar www.blibli.com

Haverjoy Rolled Oat terbuat dari gandum Australia yang kaya akan serat dan vitamin B. Makanan ini adalah pilihan tepat untuk sarapan di pagi hari karena dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah, menurunkan berat badan, dan mengurangi lemak tak jenuh dalam tubuh. Aman dikonsumsi karena tidak mengandung bahan pengawet.

Haverjoy Rolled Oat 1 kg dapat dibeli di Jakmall seharga Rp 31.000 dan di Blibli seharga Rp 37.000.

Kalbe Fitbar Chocolate Snack Bar

Sumber gambar www.tokopedia.com

Terburu-buru di pagi hari bukan alasan untuk melewatkan sarapan. Jika tidak ada waktu, ada snack sehat dari Fitbar yang bisa mengganjal perut dari rasa lapar.

Terbuat dari dark chocolate yang kaya antioksidan untuk menjaga kesehatan jantung serta multi grain yang terdiri dari australian oat, whole wheat, dan quinoa. Snack ini dapat menurunkan kolesterol dalam darah, menstabilkan gula darah dalam tubuh, dan menurunkan risiko diabetes.

Fitbar Multigrain Chocolate 5x24gr Kalbestore seharga Rp 17.000 atau di Tokopedia seharga Rp 30.000. Kemasan satuan tersedia di Alfacart seharga Rp 4.500.

Granolab Muesli Australian Baked Oats Granola Rasa Fruit & Nut Sereal

Sumber gambar www.blibli.com

Granolab Muesli Australian Baked Oats Granola Rasa Fruit & Nut Sereal dibuat menggunakan rolled oat australia dengan tambahan kacang almond, walnut, peanut, biji labu, biji bunga matahari, kismis, serta cranberry impor.

Produk ini tanpa pemanis buatan sehingga sudah terasa manis dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Kandungan seratnya sangat tinggi, sehingga 1 kotak Granolab sama dengan 1,2 kg bayam. Jadikan Granolab sebagai sumber protein terbaik dalam tubuh.

Granolab Muesli Australian Baked Oats Granola Rasa Fruit & Nut Sereal 210 g dapat dibeli di Blibli seharga Rp 51.500 dan di Shopee seharga Rp 75.000.

Captain Oats Quick Cook Oatmeal Cereal

Sumber gambar www.blibli.com

Captain Oats Quick Cook Oatmeal Cereal terbuat dari oat australia premium yang terjamin kualitasnya. Lengkap dengan kandungan semua nutrisi yang bisa membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Tanpa bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi segala usia. Konsumsi makanan ini dapat membuat tubuh semakin sehat dan bugar.

Captain Oats Quick Cook Oatmeal Cereal 800 g tersedia di Shopee seharga Rp 38.000 dan di Blibli seharga Rp 45.000.

LIGO Havermout Cooking White Oats

Sumber gambar www.blibli.com

LIGO Havermout Cooking White Oats dibuat dari white oat Australia dan dapat dijadikan makanan diet yang sehat karena mengandung banyak manfaat. Makanan ini dapat menjaga berat badan, menstabilkan gula darah, menurunkan kolesterol, dan mencegah risiko penyakit jantung serta kanker.

Kandungan antioksidan di dalamnya melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Konsumsi di pagi hari dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga mengontrol jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

LIGO Havermout Cooking White Oats 500 g tersedia di Blibli seharga Rp 16.000 dan di Shopee seharga Rp 17.100.

Nestle Nestum Original Bubur Sereal Multigrain

Sumber gambar www.blibli.com

Nestle Nestum Bubur Sereal Multigrain adalah bubur sereal yang kaya serat dan baik untuk memulai hari. Mengandung 7 jenis vitamin, zat besi, dan biotin untuk menutrisi otak dan menjaga kekebalan tubuh. Memberikan energi yang optimal di pagi hari, cocok untuk mereka yang memiliki aktivitas padat dan perlu menjaga stamina.

Tersedia dalam berbagai pilihan rasa yaitu Original, Manis, Susu, Susu+Pisang, dan Cokelat. Nestle Nestum Bubur Sereal Multigrain 350gram dapat dibeli di Blibli seharga Rp 22.900 dan di Bukalapak seharga Rp 35.000.

Naraya Oat

Sumber gambar www.blibli.com

Snack sehat yang satu ini punya rasa cokelat yang sangat enak. Manfaatnya juga sangat banyak sehingga baik dikonsumsi saat kamu tidak sempat sarapan. Kandungan di dalamnya cukup lengkap mulai dari serat, kalsium, karbohidrat, protein, zink, kalium, serta vitamin B dan E.

Konsumsi 3 bungkus Naraya Oat Choco sama dengan mengonsumsi segelas minuman sereal bernutrisi. Naraya Oat Choco Original 400 gram tersedia di Shopee seharga Rp 35.000 dan di Blibli seharga Rp 55.000.

From our editorial team

Makanan Sehat Baik Dikonsumsi Setiap Pagi

Agar kesehatan tetap terjaga dan berenergi sepanjang hari, jangan pernah melewatkan sarapan pagi. Tidak perlu makanan yang berat, mulai pagi hari dengan makanan sehat dan berserat. Rasanya juga lezat dan bersahabat di kantong. Yuk, pilih sarapan sehat favoritmu dari rekomendasi BP-Guide di atas.