10 Rekomendasi Bumbu Nasi Kuning dan Nasi Kuning Instan Ini Membuat Anda Tak Repot untuk Memasak (2020)

10 Rekomendasi Bumbu Nasi Kuning dan Nasi Kuning Instan Ini Membuat Anda Tak Repot untuk Memasak (2020)

Siapa yang tak kenal nasi kuning? Hidangan ini sering menjadi menu sarapan atau acara-acara perayaan. Penasaran bagaimana cara membuat nasi kuning? Yuk, simak artikel di bawah ini beserta rekomendasi bumbu nasi kuning dan nasi kunin instan untuk Anda yang tidak ingin repot memasaknya.

Merupakan Salah Satu Kuliner Populer di Berbagai Acara di Indonesia, Nasi Kuning sangat Praktis untuk Dibuat Sendiri di Rumah

Sebagai masyarakat Indonesia, kita sudah tidak asing dengan menu makanan nasi kuning. Nasi kuning sendiri merupakan nasi yang dimasak dengan bumbu kunyit, sehingga berwarna kuning dan menghasilkan cita rasa yang gurih. Warna kuning dari kunyit memiliki arti “kekayaan”, sehingga nasi kuning kerap diartikan sebagai makanan yang mewujudkan rasa syukur ke hadirat Tuhan.

Oleh karena itu, menu khas yang satu ini seringkali hadir di acara-acara tertentu, seperti berbagai perayaan atau upacara adat. Namun di beberapa daerah, nasi kuning kerap dijadikan menu sarapan karena rasa gurihnya yang sangat cocok dinikmati bersama teh hangat di pagi hari.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Nasi Kuning

Beras Putih

Tahap pertama membuat nasi kuning adalah menyiapkan nasinya terlebih dahulu. Untuk itu, Anda membutuhkan bahan dasar nasi yaitu beras. Gunakan beras putih untuk membuat nasinya (bukan beras merah ataupun beras hitam). Selain mengenyangkan, beras putih juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh karena mengandung berbagai macam nutrisi dan vitamin. Siapkan beras putih terlebih dahulu dengan cara mencuci hingga bersih.

Bumbu Instan Nasi Kuning

Sumber gambar shopee.co.id

Ada banyak alasan mengapa bumbu instan lebih digemari oleh masyarakat masa kini. Salah satunya adalah karena masyarakat kita tidak lagi punya banyak waktu untuk memasak. Banyak perempuan yang memutuskan untuk tetap bekerja setelah menikah, sehingga harus pintar-pintar membagi waktu antara bekerja dengan urusan rumah. Oleh karena itu, tak heran jika hal-hal praktis yang dapat mempersingkat waktu semakin digemari sekarang ini.

Bumbu instan yang semakin digemari masyarakat menawarkan berbagai kelebihan seperti lebih menghemat waktu dan tenaga, lebih mudah digunakan, dan tidak membuat kita tergantung kepada setiap musim bumbu dapur. Anda tidak lagi perlu memotong dan menyiapkan banyak bumbu dapur sebelum memasak.

Selain itu, takaran yang terkandung di dalam bumbu dapur sudah konsisten, sehingga menghasilkan rasa makanan yang lebih konsisten pula. Bumbu instan juga menjawab permasalahan dari tidak stabilnya harga bumbu dapur akibat tergantung kepada musim.

Untuk membuat nasi kuning, kini Anda tidak perlu repot-repot lagi menghaluskan kunyit dan bahan-bahan lainnya. Sudah banyak tersedia bumbu nasi kuning di pasaran sehingga Anda bisa menggunakannya kapan saja saat ingin membuat nasi kuning.

Daun Salam

Salah satu bumbu dapur penting yang diperlukan untuk membuat nasi kuning adalah daun salam. Selain untuk membuat nasi kuning, daun salam juga banyak dijadikan bumbu dapur berbagai jenis makanan berkuah atau tumisan. Kehadirannya sebagai bumbu dapur memang mampu menambah cita rasa sebuah masakan.

Daun salam baik untuk tubuh karena mengandung banyak vitamin dan mineral. Bahkan, air rebusan daun salam dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti asam urat, nyeri saat haid, diabetes, tekanan darah tinggi, dan lain-lain.

Serai

Selain rasanya yang gurih, nasi kuning juga memiliki aroma harum yang sangat menggugah selera makan kita. Dari mana asalnya aroma tersebut? Tidak lain dan tidak bukan karena dalam membuat nasi kuning, kita menambahkan daun serai. Daun serai memang dikenal sebagai bumbu dapur yang mampu memberikan aroma yang sedap seperti pada soto, opor, dan gulai. Selain itu, daun serai juga memperkaya rasa masakan kita menjadi lebih sedap.

Resep dan Cara Membuat Nasi Kuning Enak

Dari tampilannya, banyak yang menyangka membuat nasi kuning rumit sekali. Sebab, kita harus membuat nasinya berwarna kuning dengan menambahkan berbagai jenis bumbu dapur. Namun, sekarang sudah ada cara praktisnya yaitu membuat nasi kuning menggunakan rice cooker. Caranya sangat mudah dan kemungkinan berhasilnya sangat tinggi.

Bahan:

  • 100 gram beras putih
  • 75 ml santan cair
  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas kunyit
  • 1 batang serai yang sudah dimemarkan
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  • Sama seperti sebelum memasak beras pada umumnya, cuci beras putih terlebih dahulu hingga bersih.
  • Tuang beras yang sudah dicuci ke dalam panci rice cooker.
  • Masukkan daun salam dan serai.
  • Haluskan kunyit yang sudah disiapkan, kemudian saring.
  • Haluskan bawang merah dan bawang putih.
  • Tambahkan kunyit, bawang merah, dan bawang putih yang sudah dihaluskan ke panci rice cooker bersama beras.
  • Masukkan santan, garam, dan air secukupnya.
  • Aduk hingga rata.
  • Tutup rice cooker, masak hingga matang seperti memasak nasi pada umumnya.
  • Setelah matang, tuang nasi ke atas piring. Nasi kuning sudah siap untuk disajikan.

Rekomendasi Bumbu Nasi Kuning dan Nasi Kuning Instan

Bamboe Nasi Kuning

Produk ini merupakan salah satu bumbu instan nasi kuning yang paling lama di Indonesia sejak tahun 1968. Bahan-bahan di dalamnya menggunakan bahan natural yang segar dan berkualitas, tanpa tambahan pewarna maupun pengawet buatan.

Oleh karena itu, umur penyimpanannya pun tidak terlalu lama, yaitu hanya sekitar 6 bulan. Selain bumbu instan untuk nasi kuning, brand ini juga memiliki banyak varian bumbu lain seperti bumbu kare, saus, masakan kuah, bumbu goreng, dan bumbu tepung.

Harga Rp. 5.000-8.000

BUMBU MASAK CAP POHON MANGGA TUMPENG NASI KUNING

Produk ini memiliki umur penyimpanan yang lebih lama daripada produk sebelumnya, yaitu 24 bulan. Dalam masa penyimpanan ini, selama kemasan tidak buka, kualitas produk tetap terjamin. Bumbu instan ini terbuat dari bahan-bahan natural dan halal seperti jnten, kapulaga, cengkih, ketumbar, salam, serai, lada, dan rempah-rempah lainnya.

Karena terbuat dari rempah asli, cara pemakaiannya pun memerlukan perlakuan khusus. Anda perlu menumis nasi terlebih dahulu dengan minyak hingga keluar aroma harum, baru tambahkan cairan ini. Sebab, jika nasi langsung ditambahkan cairan, kadang-kadang menimbulkan aroma yang berbeda.

Harga Rp. 3.000-4.100

Munik Bumbu Nasi Kuning

Jika Anda adalah seorang pemula dalam memasak, bumbu ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Pertama, tidak perlu ditumis lagi karena bumbu sudah matang. Secara instan, produk ini menghadirkan cita rasa yang gurih, enak, dan khas Indonesia karena terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia yang 100% natural yaitu gula, garam, bawang putih, minyak sayur, kunyit, kemiri, serai, dan ketumbar,

Bagi Anda yang belum pernah memasak nasi kuning menggunakan bumbu instan, tidak perlu khawatir. Petunjuk pemakaian beserta dengan takarannya sudah tertulis dengan runut dan jelas pada kemasan, sehingga semakin memudahkan Anda saat memasak.

Harga Rp. 38.600-47.700

Kokita Bumbu Nasi Kuning

Kokita merupakan salah satu produsen bumbu instan terkenal di Indonesia. Sejak awal, perusahaan ini fokus pada pembuatan bumbu dan saus instan yang menggunakan resep tradisional Indonesia. Tanpa bahan pengawet, bumbu instan nasi kuning dari Kokita memiliki umur simpan 12 bulan.

Untuk menggunakannya pun cukup mudah. Anda tinggal menambahkan bumbu instan ini ke dalam beras yang akan dijadikan nasi kuning. Aduk rata, kemudian masak menggunakan rice cooker. Nasi kuning akan matang dengan sendirinya hanya menggunakan bumbu instan dan rice cooker.

Harga Rp. 6.000-6.500

Family Rice Nasi Kuning

Ini bukan sekadar bumbu nasi kuning, karena dalam setiap paket pembeliannya juga sudah disertai dengan beras. Produk ini mengandung rempah-rempah daun jeruk, serai bubuk, bawang putih bubuk, dan kunyit bubuk. Selain itu juga sudah disertai dengan santan.
Karena menggunakan rempah-rempah asli, cita rasa yang dihasilkan pun sangatlah lezat.

Selain bumbu instan nasi kuning, ada juga varian untuk nasi liwet. Tidak ada salahnya untuk sekali-kali mencoba berkreasi menggunakan bumbu instan yang satu ini. Sajikan nasi kuning bersama dengan lauk-pauknya.

Harga Rp. 20.000-54.500

Pa Tani Nasi Kuning

Satu lagi produk lengkap berisi beras dan bumbu nasi kuning, yaitu Pa Tani Nasi Kuning. Produk yang satu ini sangat praktis, hingga cocok untuk dijadikan bekal saat bepergian ke luar kota maupun sebagai oleh-oleh. Cara memasukkannya cukup mudah, tinggal masukkan produk ke dalam magic com hingga matang.

Berasnya berasal dari beras kualitas terbaik di Bandung dan tidak perlu dicuci lagi. Bumbu-bumbunya pun terbuat dari bahan alami, sehingga menghasilkan makanan dengan aroma dan cita rasa yang tinggi. Untuk kemasan 500 gram, bumbu ini sudah menghasilkan 5-6 porsi nasi kuning.

Harga Rp. 26.125-35.000

Cara Penyajian:

  • Masukkan beras dengan bahan pelengkap yang tertulis di kemasan, kecuali bawang goreng, ke dalam rice cooker.
  • Tambahkan 1100 ml air atau 1 buku jari di atas permukaan beras.
  • Aduk hingga merata, masak menggunakan rice cooker hingga matang.
  • Setelah matang, tuang ke dalam piring dan taburkan bawang goreng.

Mari Masak - Bumbu Nasi Kuning

Kebutuhan akan bumbu instan terus meningkat seiring meningkatnya kesibukan masyarakat. Sehingga, kini banyak diperlukan bumbu-bumbu yang membuat kegiatan memasak menjadi lebih praktis. Carilah bumbu instan yang terbuat dari rempah-rempah alami, sehingga aman untuk dikonsumsi seperti produk yang satu ini. Karena tidak menggunakan bahan pengawet tambahan, umur simpan produk hanya mencapai 12 bulan.

Harga Rp. 15.000

Cara menggunakan:

  • Siapkan 250 gram beras. Cuci hingga bersih dan masukkan ke dalam rice cooker.
  • Tambahkan bumbu instan Mari Masak dan air secukupnya. Aduk hingga rata.
  • Tunggu hingga matang. Setelah matang, nasi kuning siap disajikan.

Bumbu Nasi Kuning Kebuli

Produk yang satu ini bisa membantu Anda membuat nasi kuning dan nasi kebuli yang lezat dan gurih tanpa ribet. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Tinggal masukkan bumbu ke dalam beras yang sudah dikukus. Kemudian, tambahkan santan, garam, serai, dan daun jeruk secukupnya. Aduk rata kemudian kukus kembali hingga matang. Bumbu instan ini menghadirkan cita rasa yang gurih alami karena terbuat dari rempah-rempah asli. Selain itu juga aman dikonsumsi oleh tubuh.

Harga Rp. 5.000

Nasi Instan 1001 Nasi Kuning

Perusahaan pembuat produk ini merupakan salah satu perusahaan pionir untuk bumbu nasi instan di Indonesia. Produk pertama mereka adalah bumbu instan nasi liwet. Kemudian, setelah berhasil, mereka kembali berinovasi dengan produk bumbu instan lain yaitu nasi uduk dan nasi kuning.

Produk ini dibuat dari bahan beras yang baik dan diolah secara khusus. Karena terbuat dari rempah-rempah khas Indonesia, rasanya pun lebih mudah diterima oleh lidah orang Indonesia. Satu kemasan 250 gram bisa untuk 4 porsi nasi kuning.

Harga Rp. 22.800-58.000

Cara menggunakan:

  • Masukkan beras dan bahan pelengkap ke dalam rice cooker. Beras tidak perlu dicuci karena sudah melalui proses penggilingan dan penyaringan sebelumnya.
  • Tambahkan air secukupnya.
  • Aduk semua bahan, masak hingga matang.
  • Sajikan di atas piring dengan lauk sebagai pelengkapnya sesuai selera.

Dua Kuali Bumbu Nasi Kuning

Produk ini menghasilkan rasa nasi kuning yang khas dan enak. Anda hanya tinggal menambahkan beras dan santan untuk mendapatkan hasil nasi kuning yang nikmat.

Bahan-bahan yang digunakan berasal dari bahan alami dan segar yang diproses secara tradisional dengan resep asli Indonesia. Bumbu yang telah diolah ini langsung dikemas sehingga rasa dan aromanya tetap terjaga.

Harga Rp. 6.500-17.500
From our editorial team

Nasi Kuning adalah Makanan Khas Indonesia yang sangat Nikmat

Indonesia memiliki berbagai macam olahan makanan yang memang sangat enak dan lezat, nasi kuning salah satunya. Biasa disantap saat acara-acara khusus atau bahkan dijadikan sarapan harian, nasi kuning tidak kehilangan kelezatannya. Selamat mencoba membuat nasi kuning dari BP-Guide, ya!