Asli Indonesia, Inilah 9 Jenis Beras Bagus yang bisa Kamu Jumpai di Pasaran

Asli Indonesia, Inilah 9 Jenis Beras Bagus yang bisa Kamu Jumpai di Pasaran

Tidak ada orang Indonesia yang tidak mengenal beras karena setiap hari beras menjadi bahan pangan utama masyarakat Indonesia. Akan tetapi, apakah Anda mengetahui beras seperti apa yang bagus? Kalau belum, mari simak pemaparan di BP-Guide ini.

Beras Adalah Bahan Makanan Pokok Orang Indonesia

Sumber gambar www.chowhound.com

Sebagian masyarakat Indonesia tidak akan merasa kenyang sebelum makan nasi. Bahkan tanpa nasi, tak akan ‘nendang’ rasanya. Maka tidak aneh, jika makan apa pun inginnya tetap dengan nasi. Bahkan makan french fries, mi instan, steak, atau bahkan burger sekali pun, nasi harus ada.

Meskipun saat ini banyak alternatif bahan makanan pokok yang tersedia. Ada ketela, jagung, sagu, ubi, dan lainnya. Namun begitu, karena saat ini sebagian besar orang Indonesia makan nasi sebagai makanan pokok, maka beras tetap tak tergantikan.

Ciri-ciri Beras yang Bagus dan Berkualitas Baik

Warnanya Putih Kekuningan

Beras yang terlalu putih warnanya pantas Anda curigai. Apalagi putihnya bukan berseri, namun pucat. Mungkin beras yang sedang Anda lihat telah diproses dengan klorin agar putih. Beras yang berkualitas bagus memang putih, namun tidak terlalu putih. Ada nuansa kuning pada buliran berasnya dan tampak mengkilap.

Beras dengan pemutih klorin bisa berdampak buruk, seperti meningkatkan potensi penyakit asma dan, bahkan, kanker kandung kemih.

Tidak Kotor

Sumber gambar www.realfoods.co.uk

Beras berkualitas bagus tentu saja melalui pemrosesan yang bagus pula. Dalam hal ini, beras yang berkualitas umumnya diproses secara higienis. Beras yang bagus tidak akan banyak tercampur dengan benda asing seperti beras oplosan kualitas rendah.

Di dalam kemasan beras berkualitas, Anda tidak akan menemukan kerikil, pasir, jerami, atau bahkan kutu beras. Sehingga Anda tidak akan khawatir saat memasaknya.

Bentuknya Panjang Bulat

Sumber gambar mall.hallohallo.com

Anda bisa melihat kualitas beras yang bagus dengan melihat bentuknya. Beras berkualitas memiliki bentuk bulir yang utuh dengan bentuk panjang bulat. Beras berkualitas juga tidak akan banyak yang patah (broken seeds), namun memiliki buliran-buliran beras yang seragam.

Jika Anda melihat beras berkualitas dalam satu wadah, maka akan terlihat bahwa persentase beras utuh yang panjang dan bulat ini sangat tinggi (dibanding broken seeds-nya).

Tidak Beraroma Apek

Sumber gambar www.3ppartners.com

Beras yang berkualitas tidak akan beraroma apek. Kalau pun wangi, Anda pun juga harus waspada. Karena beras yang wangi hanya jenis pandan wangi yang memiliki karakter dan bulir beras khas. Beras apek umumnya adalah beras yang telah disimpan lama. Beras yang wangi, walau bukan dari jenis Pandanwangi, adalah beras yang telah dicampur dengan pewangi (bisa buatan atau alami).

Oleh karena itu, pilih beras dengan cermat. Bau beras berkualitas biasanya segar khas beras, tidak wangi (jika bukan Pandanwangi), dan tidak pula apek.

Jika Dimakan Dapat Terasa Pera atau Terasa Pulen

Sumber gambar tasty.co

Beras berkualitas jika dimakan bisa berasa pera dan pulen. Kedua sensasi rasa itu disebabkan oleh kandungan amilosa dan amilopektin di dalam buliran-buliran berasnya.

Jika Anda ke warung Padang, maka kemungkinan besar akan menyantap beras pera. Begitu pula saat Anda akan memasak nasi goreng. Akan lebih mantap jika Anda menggunakan nasi pera. Nasi pera memberi sensasi gigitan yang lebih dan bagi sebagian besar orang, nasi pera juga gampang membuat kenyang.

Sebaliknya, jika Anda ingin membuat nasi yang empuk atau bubur ayam yang sedap, maka Anda akan menggunakan nasi yang pulen. Beras pulen terasa lembut dan lunak jika digigit.

Berbagai Jenis Beras Unggulan yang Harus Anda Cicipi

Beras Setra Ramos

Sumber gambar www.tokopedia.com

Jika ada beras unggulan yang menjadi incaran semua kalangan, itu mungkin beras Setra Ramos. Beras ini memang berkualitas premium. Bulir berasnya cukup panjangnya. Tak ada aroma khusus dari beras Setra Ramos ini. So, jika Anda mendapati beras Setra Ramos wangi, maka jangan Anda beli. Karena beras itu telah dicampur dengan bahan kimia pewangi. Beras ini juga terasa pulen jika telah menjadi nasi (dan dimakan).

Anda bisa membeli beras Setra Ramos pilihan FS Melati Setra Ramos yang tidak mengandung pengawet atau pun pemutih. Anda bisa mendapatkannya di Tokopedia dengan harga Rp 150.000 (per 10kg).

Beras Rojolele

Sumber gambar www.bukalapak.com

Salah satu beras enak dan unggulan legendaris dari Indonesia adalah beras Rojolele. Beras Rojolele banyak ditanam di Klaten, Jawa Tengah. Disebut Rojolele, karena pada ujung padinya ada tonjolan semacam duri mirip sungut lele.

Beras ini dikenal memiliki aroma khas. Bulirnya tidak bening, namun ada sebagian yang berwarna putih susu. Berbeda dengan jenis padi modern, padi Rojolele ini memiliki masa tanam-panen hingga 5 bulan. Meski begitu, perawatannya sepadan dengan rasa yang dihasilkannya.

Anda bisa mendapatkan beras Rojolele Super Quality (5kg, tanpa pengawet, pemutih, atau pewangi) di Bukalapak dengan harga Rp 55.000.

Beras Pandan Wangi

Sumber gambar shopee.co.id

Seperti Rojolele, beras Pandan Wangi juga merupakan beras lokal. Beras Pandan Wangi merupakan varietas beras lokal daerah Cianjur. Disebut Pandan Wangi karena beras ini memang memiliki wangi harum, layaknya pandan.

Karena sangat terkenal dan enak, beras jenis pandan wangi juga banyak dipalsukan. Satu varietas beras tertentu akan dicampur dengan pewangi sehingga mirip Pandan Wangi. Beras Pandan Wangi memiliki bulir bulat tidak sempurna dengan warna putih kekuningan dan mengandung warna putih susu di bagian tengahnya.

Untuk mendapatkan beras Pandan Wangi asli, beli saja beras yang telah mendapatkan sertifikasi. Anda bisa mendapatkan beras Pandan Wangi di Shopee seharga Rp 10.800 per 1 liter.

Beras Mentik Susu

Sumber gambar www.tokopedia.com

Satu lagi varian beras lokal yang unggul adalah Mentik Susu, saudara dari Mentik Wangi. Beras Mentik Susu dikenal pulen dan agak lengket mirip beras Jepang. Disebut Mentik Susu, karena beras ini berwarna putih seperti susu (bukannya bening transparan).

Jika sudah menjadi nasi, beras ini akan bertekstur empuk dan beraroma wangi spesial. Beras Mentik Susu juga dianggap bisa melancarkan metabolisme, menurunkan kadar gula darah, cocok untuk penderita hipertensi atau diabetes. Anda bisa mendapatkan beras Mentik Susu organik di Tokopedia dengan harga Rp 110.000 per 5kg.

Beras Beureum Sengit

Sumber gambar www.maitreyavoice.com

Di daerah Cianjur, selain memiliki beras Pandan wangi, ada pula beras kualitas istimewa, yaitu beras Beureum Sengit. Beras Beureum Sengit dikenal legit dan harum saat disantap. Beras ini juga sangat bagus untuk kesehatan, karena mengandung banyak serat dan bisa menurunkan kadar kolesterol. Sayang sekali jenis beras ini sudah mulai langka di pasaran. Karena itu, harganya juga lumayan mahal.

Beras Menthik Wangi

Sumber gambar www.tokopedia.com

‘Saudara’ dari Mentik Susu adalah beras Menthik Wangi. Beras ini juga lokal, banyak ditanam di daerah Magelang, Jawa Tengah. Memilki buliran penuh dan berbentuk bulat-lonjong dengan warna putih susu. Beras organik ini dikenal memiliki berbagai kelebihan, seperti membantu menjaga tekanan darah, mencegah obesitas, merawat kulit, hingga mencegah kanker serta Alzheimer.

Anda bisa mendapatkan Beras Delanggu Mentik Wangi di Tokopedia dengan harga Rp 81.000 per 5kg. Produk ini aman untuk seluruh keluarga Anda, karena tidak mengandung pengawet atau pun pewangi buatan.

Beras IR42

Sumber gambar www.bukalapak.com

Jika Anda menyukai nasi pera a la nasi padang, nasi goreng, atau nasi uduk, coba beli beras IR42. Beras ini bulirannya memanjang seperti IR64, hanya saja ukurannya lebih mungil. Jika dimasak, maka nasinya menjadi pera, tidak pulen. Karena masa tanamnya cukup lama (135-145 hari), IR42 jarang ditanam. Walau begitu, Anda bisa mendapatkannya di Bukalapak (Beras Pera Super IR 42 Mercy) dengan harga Rp 12.000 per 1 liter.

Batang Lembang (Beras Jepang)

Sumber gambar www.tokopedia.com

Beras lokal berkualitas yang selanjutnya adalah Beras Organik-Batang Lembang (Beras Jepang). Beras ini dikenal sangat pulen. Teksturnya mirip beras jepang setelah dimasak menjadi nasi, maka tidak heran jika beras Batang Lembang ini juga dikenal sebagai beras jepang lokal Indonesia. Buliran beras ini panjang, dengan warna jernih.

Seperti jenis beras Beureum Sengit, beras Batang Lembang juga termasuk barang langka, karena jarang ditanam. Anda bisa mendapatkan Beras Organik-Batang Lembang (Beras Jepang) di Tokopedia dengan harga Rp 122.000 per 5kg (asli beras organik).

Beras C4

Sumber gambar www.tokopedia.com

Beras C4 merupakan beras berkualitas yang juga harus Anda rasakan. Beras ini mirip IR64, hanya saja butirannya lebih kecil. Nasinya juga memiliki tekstur pulen mirip dengan IR64 juga, namun bahkan lebih pulen. Cocok untuk masakan berkuah atau juga yang kering. Anda bisa mendapatkan Beras SLYP Super C4 PBRA dengan harga Rp 65.800 per 5kg di Tokopedia.

From our editorial team

Pilih Beras yang Tepat Sesuai Selera

Meskipun ada berbagai macam jenis beras yang telah disebutkan di atas, namun tentu saja pilihan kembali kepada Anda untuk menentukan beras apa yang ingin Anda beli, apakah pulen atau pera, lonjong atau pendek, dan sebagainya. Apa pun itu, no rice no feast :).