Sehat dengan Mengkonsumsi 10 Rekomendasi Beras Hitam Berikut Ini

Sehat dengan Mengkonsumsi 10 Rekomendasi Beras Hitam Berikut Ini

Nasi yang sehari-hari kita makan biasanya berwarna putih. Namun, tahukah kamu bahwa ada beras yang berwarna hitam? Ingin tahu lebih lanjut? Mari simak artikel berikut ini!

Setelah Beras Merah dan Cokelat, Kini Giliran Beras Hitam yang Mulai Menjadi Primadona Pengganti Beras Putih

Sumber gambar lifestyle.kompas.com

Bagi beberapa orang yang sedang menjalani diet ketat, beras hitam merupakan salah satu makanan alternatif pengganti nasi putih. Memiliki bulir yang lebih mengkilap, panjang, dan ramping. Beras ini memiliki warna yang akan memudar menjadi keunguan setelah dimasak. Setelah matang, nasi dari beras tersebut punya cita rasa yang cenderung gurih.

Beras merah dan beras hitam merupakan jenis beras dengan warna kulit ari merah atau hitam. Masa penanamannya lebih lama ketimbang beras putih dan ternyata beras hitam mengalami penggilingan yang tak sempurna. Hal tersebut membuat vitamin yang ada pada beras ini menjadi tidak hilang.

Beras Hitam Kaya Manfaat

Beras hitam si kaya manfaat

Kaya akan Vitamin dan Mineral

Beras hitam mengalami proses penggilingan yang tidak sempurna, sehingga kandungan vitamin, mineral, dan serat yang ada di dalamnya tetap terjaga. Beberapa kandungan vitamin dan mineral penting yang ada di dalam beras hitam, antara lain adalah: vitamin E, B1, B2, B3, B6, zinc, magnesium, dan fosfor.

Manfaat kandungan antioksidan vitamin E pada beras hitam berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh, mencegah kerusakan sel, dan menjaga kesehatan mata dan kulit. Sedangkan vitamin B, magnesium, dan zat besi merupakan penghasil energi untuk tubuh. Zinc dan mineral berguna sebagai penjaga sistem imunitas, serta fosfor baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Di dalam satu porsi nasi hitam, akan terpenuhi 8% asupan harian zinc, 6% zat besi, dan 20% fosfor. Tidak hanya itu saja, kandungan riboflavin di dalamnya berperan penting terhadap perlindungan sel dari stress oksidatif dan radikal bebas penyebab kanker.

Bebas Gluten

Sumber gambar www.healthline.com

Gluten adalah protein yang terkandung dalam gandum dengan tekstur yang kenyal. Bagi para penderita penyakit celiac, gluten menjadi salah satu hal yang dihindari, karena sensitivitas, gejala, dan efek samping dari gluten dapat merusak dan meningkatkan resiko usus bocor.

Apabila kamu memiliki alergi terhadap gluten, beras hitam menjadi salah satu makanan alternatif yang pas untukmu. Aman dari gluten, beras ini kaya akan protein yang umumnya ditemukan pada produk yang mengandung gandum. Dijamin bebas alergi gluten!

Mengandung Antosianin Tinggi

Sumber gambar devimarzel.blogspot.com

Warna hitam keunguan pada beras hitam menandakan bahwa kandungan antosianin yang ada di dalamnya sangat tinggi. Diklaim memiliki kandungan antosianin yang lebih tinggi ketimbang blueberry. Antioksidan pada beras hitam mampu mencegah terjadinya penyakit pembuluh darah atau aterosklerosis.

Masih banyak fakta mengenai antosianin yang ada di dalam beras hitam. Beras hitam merupakan santapan rendah gula dengan nilai indeks glikemik yang rendah, beras hitam berguna untuk mencegah kanker, penyakit jantung, dan peradangan, seperti asma dan arthritis. Beras ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pasien penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Sebagai Antioksidan yang Efektif

Sumber gambar mediskus.com

Di dalam satu sendok makan nasi hitam, terkandung antioksidan, serat, dan vitamin E yang jauh lebih tinggi daripada satu sendok blueberry. Seperti yang sudah kamu ketahui, bahwa jenis buah berry memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, namun ternyata masih kalah dengan nasi hitam.

Direkomendasikan untuk menderita penyakit jantung dan diabetes, beras atau nasi hitam memiliki kandungan antosianin yang berguna untuk menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. Tak hanya itu saja, kandungan tersebut juga bisa meningkatkan fungsi otak dan mengurangi terjadinya peradangan.

Menurunkan Risiko Diabetes

Sumber gambar www.everydayhealth.com

Memiliki kandungan serat 3.5 kali lebih banyak daripada beras biasa, beras hitam sangat baik untuk mencegah diabetes dan membantu program diet. Karena kandungan seratnya yang lebih banyak, kamu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengunyah dan mencernanya sehingga angka gula darah stabil dan perutmu tak akan mudah lapar.

Angka Indeks Glikemik (GI) pada beras hitam berada di 42.3 sehingga jauh lebih rendah daripada nasi putih, yaitu 89. Diet rendah indeks glikemik bisa meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin sehingga kontrol diabetes dan penyakit jantung menjadi maksimal.

Rekomendasi Berbagai Merk Beras Hitam yang Enak dan Sehat

Rekomendasi berbagai merk beras hitam yang enak dan sehat

KAZE RICE Jawa Tengah Beras Hitam Organik

Sumber gambar www.blibli.com

Berasal dari Jawa Tengah, Kaze Rice beras hitam organik merupakan beras hitam yang dibudidayakan oleh petani profesional Indonesia bersama dengan Tim Kaze. Menggunakan hasil adopsi teknologi metode dari Jepang, setelah dimasak beras ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, serta agak pulen namun tidak lengket.

Kaze Rice beras hitam organik memiliki rasa yang gurih. Dibudidayakan di lahan organik, beras ini tidak mengandung residu pestisida yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Dengan kandungan gizi dan vitamin yang lengkap, beras ini cocok dijadikan menu alternatif untuk program dietmu. Kaze Rice Beras Organik bisa dibeli secara online di Blibli seharga Rp 50.000/kg.

Si Geulis Beras Hitam

Sumber gambar www.blibli.com

Dibudidayakan secara ekologis dan diolah langsung tak lebih dari 12 jam setelah dipanen, Si Geulis merupakan beras hitam bebas aflatoxin atau toxsis yang berbahaya bagi manusia. Pengeringan gabah kering dari beras ini diproses dengan alat dan teknologi modern.

Menggunakan sistem pengering suhu rendah, beras ini menjadi terjaga struktur karbohidrat dan amilopektinnya sehingga cita rasanya khas. Si Geulis Beras Hitam juga sudah melewati proses kontrol kualitas yang ketat mulai dari penanaman hingga pengemasan, sehingga kandungan vitamin, mineral, dan fungsional lainnya tetap terjaga.

Supaya tak banyak nutrisi yang hilang, beras ini harus dimasak sesuai dengan saran penyajian. Si Geulis Beras Hitam tak perlu dicuci sebelum dimasak dan ditanak dengan takaran perbandingan beras dan air 1:1.5.

Si Geulis Beras Hitam hasil Petani Pamarican, Kota Banjar, Jawa Barat, sudah terdaftar di Kementerian Pertanian dan mendapatkan Sertifikat Uji Lab. Kamu bisa membelinya secara online di Blanja dan Bukalapak seharga Rp 35.000/kg atau Blibli seharga Rp 32.000/kg.

Saniga Rice Beras Hitam Organik Cianjur

Sumber gambar www.blibli.com

Saniga Rice adalah beras hitam organik asli Cianjur yang kaya akan serat. Baik untuk sistem pencernaan, beras ini mampu memperlambat penyerapan karbohidrat dalam darah supaya kadar gula lebih terkontrol. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya sangat bermanfaat bagi para penderita kolesterol tinggi, diabetes, hingga menghambat pertumbuhan sel kanker.

Saniga Rice Beras Hitam Organik, bisa kamu beli secara online di Shopee seharga Rp 40.000/kg dan Blibli seharga Rp 42.000/kg.

Kebun Kita Beras Hitam Organik

Sumber gambar www.bukalapak.com

Selain baik dikonsumsi para penderita diabetes, beras hitam juga bagus untuk kamu yang memiliki riwayat anemia. Memiliki kandungan zat besi tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan beras putih, beras ini memiliki serat tinggi, vitamin E, dan kadar gula yang rendah.

Kebun Kita adalah beras hitam yang diproduksi dari Bionc Farm yang sudah tersertifikasi Organik Indonesia oleh Inoffice. Kaya akan antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti kolesterol, beras hitam ini dapat kamu beli secara online. Di Bukalapak dan Tokopedia kamu akan menemukannya dengan harga Rp 43.000/kg dan Blibli seharga Rp 48.000/kg.

Serambi Botani Cempo Ireng Beras Hitam

Sumber gambar www.blibli.com

Beras hitam memang sudah dikenal memiliki kadar vitamin, mikro-elemen, dan asam amino yang tinggi dibandingkan beras lainnya. Aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, Serambi Botani Cempo Ireng merupakan beras hitam yang diproduksi oleh Kampus IPB.

Dengan nilai indeks glikemik yang rendah, Serambi Botani Cempo Ireng bisa kamu beli secara online. Untuk berat bersih 800 gram, kamu bisa mendapatkannya di Bukalapak dan Lazada seharga Rp 54.150 atau di Blibli seharga Rp 54.200.

Pure Green Organic Rice Beras Hitam

Sumber gambar www.lazada.co.id

Merupakan beras hitam organik, Pure Green Organic Rice dijamin bebas bahan kimia dan pestisida sehingga lebih sehat saat dikonsumsi. Memiliki rasa yang lebih gurih dan tahan basi, beras ini diklaim baik untuk penderita diabetes, wasir, kolesterol, asam urat, dan darah tinggi.

Pure Green Organic Rice kaya antioksidan dan zat lain yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Mampu mencegah kanker dan serangan jantung, beras ini memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang baik untuk masa pertumbuhan dan program diet. Kamu dapat membeli beras Pure Green Organic Rice secara online di Tororo seharga Rp 50.000/kg atau di Shopee dan Lazada seharga Rp 53.500/kg.

WUB JABAR Cing Chang Keling Beras Hitam

Sumber gambar www.blibli.com

Beras hitam WUB Jabar Cing Chang Keling merupakan beras hitam dengan kandungan aktif anti kanker serta penstabil gula darah dan kolesterol. Antioksidan dan asam amino yang tinggi, beras hitam ini sangat ideal untuk dikonsumsi setiap hari.

Kamu dapat membeli beras hitam WUB Jabat Cing Chang Keling secara online di Blibli seharga Rp 40.000/kg.

Beras Cililin Beras Hitam Organik Berkualitas

Sumber gambar www.jd.id

Beras hitam Cililin adalah beras hitam hasil budidaya petani Indonesia yang bebas dari pestisida dan bahan kimia berbahaya. Dengan aroma yang wangi, bercita rasa, serta memiliki tekstur yang pulen dan khas, beras ini sangat tinggi akan kandungan antioksidannya.

Cililin beras hitam memiliki kandungan protein yang tinggi dan kaya akan vitamin serta mineral sehingga baik untuk detoks hati. Tak hanya itu saja, dengan mengkonsumsi nasi hitam dari beras Cililin, maka jantungmu akan terlindungi, melancarakan pencernaan, dan baik untuk penderita diabetes karena bebas gluten.

Dengan berat bersi 5 kg, beras Cililin bisa kamu beli secara online di Lazada seharga Rp 120.000, dan jd.id seharga 115.000 atau di Blibli seharga Rp 49.280 untuk kemasan 2 kg.

FS Beras Hitam

Sumber gambar www.bukalapak.com

PT Food Station Tjipinang Jaya kini memproduksi beras hitam eksotik yang dikenal dengan nama Beras FS Hitam. Beras ini memiliki kandungan vitamin, nutrisi, dan serat yang tinggi sehingga digolongkan ke daalam super food oleh para ahli.

Warnanya yang gelap menandakan bahwa beras hitam FS kaya akan antioksidan dan antocyanin. Sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari, beras ini bisa menurunkan resiko penyakit kardiovaskular, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan imunitas tubuh.

Dengan berat bersih 1 kg, kamu bisa membeli FS Beras Hitam di Tokopedia seharga Rp 38.300 atau di Bukalapak seharga Rp 27.500.

Dua Tani Beras Hitam

Sumber gambar www.jd.id

Beras hitam Dua Tani merupakan beras hitam jenis long grain dengan kandungan antosianin dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Dikemas dengan menggunakan vacuum packaging, beras ini dijamin bebas kutu dan kelembabannya terjaga karena sudah diberikan oksigen absorber.

Sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes dan kanker, Beras Hitam Dua Tani memiliki warna hitam pekat. Sudah mengantongi izin dari Kementrian Pertanian Republik Indonesia, beras tersebut juga bagus dikonsumsi untukmu yang sedang dalam program diet. Kamu dapat membeli Beras Hitam Dua Tani secara online di Blibli seharga Rp 29.500, dan jd.id seharga Rp 32.000/kg.

From our editorial team

Beras Hitam dapat Membantumu dalam Diet

Bagi kamu yang sedang diet maka mengkonsumsi beras hitam bisa menjadi pilihan yang baik agar diet yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan tubuh pun menjadi lebih sehat supaya dapat terhindar dari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan.