Resep Bakso Tidak Akan Sulit dengan Rekomendasi Bumbu Instan Ini (2020)

Resep Bakso Tidak Akan Sulit dengan Rekomendasi Bumbu Instan Ini (2020)

Bakso merupakan kuliner yang cukup digemari semua kalangan. Kuahnya yang menggoda dan olahan daging yang dibumbui sekaligus dibentuk menjadi bulat cukup membuat bakso memiliki rasa yang lezat. Cukup diakui bahwa kuah bakso menjadi andalan kuliner ini dicari. Kamu yang ingin membuat bakso sendiri di rumah tidak perlu khawatir, ada kuah instan yang bisa kamu pakai sehingga bakso kamu dapat menggugah selera.

Bakso Jadi Makanan Populer yang Banyak Disukai Orang

Di Indonesia, bakso termasuk makanan yang paling digemari. Selain rasa yang lezat dan tekstur yang menggoyang lidah, bakso juga sangat mudah ditemui. Bahkan, mudah pula dibuat di rumah. Bakso kerap kali dijual di berbagai tempat, dari mulai pasar hingga mall-mall besar, stasiun, ataupun bandara.

Salah satu olahan bakso, yaitu mie bakso, dinobatkan sebagai pangan nasional oleh seorang ilmuwan dari Luar Negeri. Tidak hanya itu, Barack Obama, mantan presiden USA yang pernah tinggal di Indonesia semasa kecil, mengakui bahwa bakso adalah salah satu makanan favoritnya.

Bakso biasanya disajikan bersama kuah kaldu yang panas dengan berbagai tambahan sayur atau mie sebagai pelengkap. Kuah bakso menggunakan sumsum tulang sapi yang gurih dan lemak-lemak dari daging sapi yang mempertajam rasa kuahnya. Lalu, apakah bisa membuatnya sendiri di rumah? Tentu saja bisa.

Kamu tidak perlu khawatir karena banyak bumbu instan kuah bakso yang tidak kalah lezat dengan yang kamu temui di warung bakso.

Fakta Unik Bakso

Muncul di Era Dinasti Ming

Bakso sendiri mempunyai sejarah yang cukup panjang. Salah satu sejarah ditemukannya bakso ialah pada era Dinasti Ming pada abad ke-17 di Tiongkok. Konon, seorang pria bernama Meng Bo mempunyai ibu yang sudah tua dan tidak kuat mengunyah daging. Meng Bo kemudian melumat sendiri daging itu dan mencampurkannya dengan berbagai bumbu untuk direbus.

Sejak itulah, nama bakso mulai terdengar ke seluruh wilayah lain di Tiongkok dan mulai mempelajari resep bakso ini. Perlu kamu ketahui bahwa kata 'bakso' berasal dari Bahasa Hokkien, yaitu "Bak" dan "So" yang artinya "daging babi giling."

Namun, karena orang Indonesia sebagian besar merupakan masyarakat Muslim yang tidak mengonsumsi babi, resep bakso ini kemudian dimodifikasi dengan berbagai pilihan daging lainnya, seperti daging sapi, daging ayam, bahkan ikan.

Cocok Disantap di Segala Cuaca

Percaya atau tidak, semua orang menyantap bakso di segala cuaca. Sekalipun faktanya bakso ini terdiri dari kuah panas dengan bola-bola daging yang berlemak, yang lebih cocok dimakan ketika dingin, nyatanya orang-orang Indonesia memakan bakso di segala cuaca.

Tidak hanya lezat, bakso juga mengandung berbagai nutrisi penting, seperti protein dan zat besi. Tentunya bakso tetap cocok disantap ketika siang. Bakso juga bisa kamu konsumsi di sore atau malam hari di mana cuaca sudah mulai meredup. Kamu bisa mengonsumsi bakso kapan pun dan di cuaca apa pun.

Pedagang Bakso Punya Induk Organisasi Resmi

Usaha bakso bisa dibilang usaha kecil dan menengah. Namun, tidak berarti pengusaha bakso tidak serius dalam menjalani usahanya. Bakso sangat digemari di Indonesia, sehingga pengusaha bakso juga memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan omset sebesar-besarnya.

Semakin besarnya arus perdagangan bakso, tidak heran jika pengusaha bakso membentuk organisasi resmi untuk mewadahi para pedagang bakso. Demi menjaga kualitas serta kode etik di antara pengusaha serta pedagang bakso, dibentuklah Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso (APMISO). Jadi, kalau kamu ingin menyantap bakso yang aman, maka pilih pedagang bakso yang tergabung dalam asosiasi ini.

Tidak hanya untuk menjaga kualitas bakso, asosiasi ini juga digunakan sebagai wadah organisasi serta untuk menjaga komunikasi antarpedagang bakso. Tentu saja, asosiasi juga menjamin kesejahteraan pedagangnya.

Populer di Negara Lain Juga, Lho

Bakso sangat umum ditemui di Indonesia, sehingga memberikan kesan bahwa bakso adalah milik Indonesia. Namun, bakso ternyata juga berkembang sama besarnya di negara lain. Tentu saja, di negara lain namanya bukan bakso. Olahannya juga sedikit berbeda daripada bakso yang ada di Indonesia.

Di Amerika, bakso ini disebut dengan meat ball. Cara mengolahnya tidak terlalu berbeda. Daging digiling hingga halus, lalu dibumbui dan dibentuk bola. Sedikit perbedaannya adalah bakso di luar negeri mempunyai tekstur yang lebih kasar serta penyajian yang lebih kering. Daripada kuah, biasanya bakso versi luar negeri ini disajikan dengan saus.

Tidak hanya di Amerika, bakso juga terkenal di Swedia, Italia, Spanyol hingga Jerman. Di Spanyol, bakso terkenal dengan nama albondigas, sedangkan di Jerman, bakso ini lebih dikenal dengan istilah bitterballen. Namun, bitterballen ini sedikit berbeda, karena bakso jenis ini menggunakan lapisan tepung roti di bagian luarnya.

Rekomendasi Bumbu Instan Bakso

Royco Bumbu Kuah Bakso

Royco telah lama berhasil mencuri perhatian ibu-ibu dengan rasa kaldu instannya. Kali ini, Royco hadir lagi dengan berbagai bumbu instan, salah satunya adalah kuah bakso. Produk bumbu instan yang dikeluarkan Royco kali ini dibuat dari lemak sapi dan sumsum tulang sapi, menghasilkan cita rasa yang gurih serta menggiurkan.

Dengan tambahan garam, gula, penguat rasa, seperti mononatrium glutamat, dinatrium inosinat, dan guanilat memperkaya cita rasa bumbu instan satu ini. Terdapat pula kandungan maltodekstrin yang memberikan sedikit rasa manis dan pewarna karamel.

Cara membuat kuah bakso dengan bumbu instan dari Royco ini cukup mudah. Kalau kamu menginginkan rasa yang lebih kuat, kamu bisa merebus 1 kg tulang sumsum dengan 10 liter air. Lalu, kamu tambahkan air 10 liter lagi, baru kamu bisa menuangkan 1 bungkus bumbu kuah bakso Royco.

Harga Rp. 28.000-38.000

Bumbu Kaldu Bakso Sapi Hj.Sony Lampung

Bakso Sony yang terdapat di Lampung sudah terkenal sebagai bakso yang paling enak di daerah tersebut. Tidak heran, jika banyak orang mengenal bakso merek Sony ini. Selain bakso, Hj. Sony juga mengeluarkan bumbu kaldu bakso sapi.

Dengan bumbu instan dari Hj. Sony ini kamu bisa membuat bakso sendiri di rumah. Caranya cukup dengan mendidihkan air sebanyak kurang-lebih 3 liter, lalu kamu tinggal tuangkan 1 bungkus bumbu kuah bakso Sony ke dalam air yang sudah kamu panaskan itu.

Jangan lupa, masukan pula bakso Sony kesukaan kamu. Supaya cita rasa kuah bakso lebih lezat, kamu bisa menambahkan tulang sapi, berbagai bumbu dan bawang goreng.

Harga Rp. 6.250-7.000

MamaSuka Bumbu Kuah Bakso

Kalau kamu hobi memasak, kamu tentu tahu merek yang satu ini. MamaSuka sudah cukup lama menemani ibu-ibu memasak di dapur. Salah satu produk keluaran MamaSuka ialah bumbu kuah bakso sapi.

Bumbu instan ini menggunakan bahan-bahan pilihan dengan rasa gurih yang bisa menggoyang lidah kamu. Walaupun tanpa bumbu-bumbu lain, kamu tetap mendapat kelezatan kuah bakso yang kaya rasa dengan bumbu instan ini.

Tidak hanya rasa yang lezat, produk ini juga memastikan makanan kamu tetap awet karena bahannya mencegah bakteri pembusuk tumbuh di makanan kamu. Selain itu, produk ini juga higienis dan tidak menggunakan bahan pengawet apa pun serta dijamin halal.

Harga Rp. 4.300-7.500

Bumbu Munik Kuah Bakso

Di zaman serba cepat ini, orang-orang juga semakin membutuhkan kepraktisan, termasuk soal makanan. Bumbu Munik memberikan konsep ini lewat namanya, yang merupakan singkatan dari "Mudah" dan "Nikmat." Dengan kekayaan alam Indonesia, bumbu Munik memberikan bahan rempah yang alami, segar, higienis, serta halal.

Bahan yang terkandung di dalamnya termasuk gula, garam, minyak sayur yang tentu saja bisa memperkaya cita rasa kuah kaldu bakso kamu. Ditambah tepung tapioka untuk memberikan tekstur lebih tebal pada kuah serta penyedap rasa untuk memperkuat rasa. Kamu akan mendapatkan kuah bakso yang nikmat. Dalam bumbu ini terkandung pula merica dan natrium benzoat.

Bumbu keluaran Munik ini juga terjamin kesehatan dan keamanannya karena telah mendapatkan sertifikasi dan persetujuan dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Harga Rp. 33.500-40.000

Pazar Bumbu Kuah Bakso

Kalau bumbu instan yang lain tersaji dalam bentuk bubuk, bumbu instan yang satu ini justru terbuat dari pasta. Keuntungan dari bumbu berupa pasta ialah kamu bisa menumisnya kalau kamu suka. Biasanya, menumis bumbu akan mengeluarkan aroma harum dari bumbu sehingga masakan jadi terasa lebih lezat.

Pazar bumbu kuah bakso ini dibuat dari bahan-bahan alami yang berkualitas tinggi. Selain itu, proses pembuatan bumbu ini terjamin higienis dan sesuai dengan standar keamanan pangan. Jadi, kamu bisa menikmati kelezatannya tanpa perlu khawatir dengan kandungannya.

Harga Rp. 5.000-8.500

Bumbu Kuah Bakso Sae Mas

BIasanya kuah kaldu bakso cenderung beraroma amis karena terbuat dari tulang sapi dan terdapat lemak-lemak yang bisa pula menempel di langit-lagit mulut. Tenang saja, kamu bisa menghindarinya dengan bumbu kuah bakso sapi Sae Mas ini.

Sae Mas sendiri merupakan produk dari Kayarasa, yang pada tahun 2009 berhasil memproduksi tepung bakso pertama di Indonesia. Melihat antusiasme konsumen akan tepung bakso ini, akhirnya Kayarasa turut memproduksi bumbu instan untuk kuah bakso.

Selain untuk kuah bakso, kamu juga bisa menggunakan bumbu instan ini untuk penguat rasa sop. Karena telah mendapat sertifikasi dari MUI dan BPOM RI, kamu juga bisa memastikan bahwa bumbu instan satu ini aman untuk dikonsumsi.

Harga Rp. 3.500

Kuah Baso Nafisa Bumbu Instan

Penyedap rasa, atau Monosodium Glutamat (MSG), telah terbukti tidak berbahaya apabila dikonsumsi secukupnya. Namun, bagi para penderita penyakit tertentu, seperti hipertensi atau vertigo, konsumsi MSG ini bisa menimbulkan efek samping. Namun, kamu tidak perlu bingung, karena bumbu instan untuk kuah bakso dari Nafisa ini tidak mengandung MSG dan bahan pengawet.

Kamu juga bisa memanfaatkan bumbu instan ini untuk anak-anak agar mereka tidak terbiasa dengan MSG. Kamu juga tetap bisa menghasilkan makanan yang lezat dengan cara yang praktis.

Bumbu instan ini terdiri dari berbagai macam rempah-rempah, gula, garam, bawang putih, bawang merah, dan lada putih. Tentu saja, tak ketinggalan kaldu yang menjadi bagian paling penting dari kuah bakso.

Untuk menggunakan bumbu ini, kamu cukup mencampurkan 2 liter air dengan 1 bungkus bumbu kuah bakso Nafisa. Setelah mendidih, kamu bisa memasukkan bakso dan memasaknya hingga matang. Setelahnya, kamu tinggal menyajikannya dengan bahan pelengkap bakso lainnya, seperti mie kuning atau bihun, seledri, dan lain-lain.

Harga Rp. 6.500

Bumbu Kuah Bakso Harum Alami

Bumbu Koki Jempol ini menggunakan bahan-bahan alami yang segar. Proses pengawetannya pun tidak menggunakan pengawet sintetik, melainkan dengan cara memasak semua bahan hingga matang sepenuhnya, lalu diawetkan dengan garam dapur. Cara ini membuat bumbu menjadi lebih sehat untuk dikonsumsi.

Rahasia cita rasa yang lezat adalah takaran tiap-tiap bumbu yang sesuai dan seimbang. Walaupun menggunakan bumbu dapur dasar, seperti bawang putih, bawang merah dan bumbu-bumbu masak lainnya yang ada di dapur kamu, bumbu instan ini tetap memberikan cita rasa yang nikmat.

Untuk menggunakannya, cukup campur 1 bungkus bumbu kuah bakso dengan air panas sebanyak 1 liter, lalu rebus hingga mendidih. Kalau kamu menginginkan rasa gurih yang lebih tajam, kamu bisa menambahkan tulang sapi, lalu baru masukan bakso sapi atau tahu bakso. Sajikan dengan pelengkap yang lain.

Harga Rp. 6.300-8.000

Bumbu Kuah Bakso Kaldu Sapi Cap Bakso Super

Bumbu yang satu ini bisa membantumu menghasilkan bakso yang lezat. Kalau kamu sering mengolah daging sapi menjadi bakso untuk masakan di rumah, bumbu ini tidak hanya membantu memberikan rasa yang lezat, tetapi juga menambah tekstur bakso. Jadi, lebih terasa enak ketika digigit.

Kamu tinggal menambahkan tulang iga sapi untuk memberikan rasa gurih pada kuah. Ditambah dengan bumbu-bumbu, seperti bawang putih dan seledri, kamu bisa menyesuaikan kuah ini dengan rasa bakso yang kamu racik sendiri.

Kalau kamu bosan dengan bakso yang direbus, kamu bisa mengolah bakso dari tepung bumbu ini dengan cara menggoreng atau membakar bakso. Tepung bumbu bakso ini akan membuat tekstur bakso menjadi lebih renyah.

Harga Rp. 6.900-7.300
From our editorial team

Ingin makan bakso kapanpun jadi mudah!

Buat penggemar bakso, bumbu instan bakso enak di atas tak boleh absen dari tempat persediaan makanan. Kapan pun ingin makan bakso, tinggal masak air dan siapkan bumbu instannya. Saat mendidih, celup bakso dan nikmati selagi hangat!