Yuk Hias Tumpengmu dengan 10 Hiasan Alami Berikut Ini! (2019)

Yuk Hias Tumpengmu dengan 10 Hiasan Alami Berikut Ini! (2019)

Tumpeng pasti terlihat terlalu polos jika tidak diberi garnis. Untuk hiasannya kamu bisa manfaatkan aneka hiasan alami, baik dari aneka sayur atau bahkan dari telur. Cek bersama BP-Guide yuk, hiasan alami apa saja yang bisa kamu pakai untuk tumpeng!

Nasi Tumpeng Banyak Jadi Pilihan Sajian dalam Acara Khusus

Olahan nasi khas Nusantara tidak terhitung jumlahnya. Tapi satu yang paling digemari kala ada acara khusus adalah sajian nasi tumpeng. Sajian satu ini unik karena nasinya dibentuk kerucut lalu disekelilingnya ditata aneka lauk pauk yang beragam. Nasi yang dipakai untuk hidangan nasi tumpeng adalah nasi kuning meskit tak jarang juga memakai nasi putih atau nasi uduk.

Nasi tumpeng merupakan hidangan istimewa yang disajikan di atas tampah anyaman bambu. Sebelum ditata, bagian tampahnya dihias dulu dengan daun pisang supaya aroma nasi dan masakannya jauh lebih sedap dan nikmat. Menata nasi tumpeng tidak bisa asal saja, kamu bisa memilih untuk menatanya dengan rapi supaya lebih sedap untuk dipandang dan lebih menggugah selera. Untuk itu, BP-Guide menghadirkan cara untuk membuat dan menyusun tumpeng.

Tips Membuat dan Menyusun Tumpeng

Pusat Perhatian

Nasi tumpeng sebaiknya mampu menjadi pusat perhatian. Maka dari itu nasi dibentuk kerucut dan meninggi. Ada makna tersendiri mengapa nasi dibentuk mengerucut. Ini menandakan harapan agar hidup selalu sejahtera, melambangkan tangan merapat untuk selalu menyembah Tuhan, dan pengharapan agar kesejahteraan hidup semakin baik dan sukses.

Supaya nasi tumpeng jadi lebih menarik perhatian, kamu bisa menghias bagian pucuk tumpengnya. Kamu bisa memberi hiasan makanan seperti misalnya hiasan daun pisang atau bunga cabe supaya nasi tumpeng tampak lebih meriah. Selain nasi, kamu juga bisa menjadikan aneka lauk sebagai pusat perhatiannya. Kendati demikian, ingatlah supaya tinggi lauk atau besarnya lauk tidak lebih tinggi dari nasinya sendiri ya.

Mencetak Nasi

Sumber gambar notepam.com

Sebelum kita mencetak nasi tumpeng, ada hal lain yang perlu kamu lakukan. Kamu perlu memikirkan dulu nasi apa yang akan kamu jadikan tumpeng. Kamu bisa memilih nasi putih, nasi gurih atau nasi kuning. Jika sudah diputuskan nasi apa yang digunakan, maka sekarang kamu bisa memikirkan bentuk dari nasi tumpengnya.

Bentuk tradisionalnya adalah bentuk kerucut. Namun sekarang ini, nasi tumpeng sudah tak melulu kerucut. Nasi bisa dibentuk kotak bersusun, love dan lain sebagainya sekreatif mungkin. Untuk membentuk nasinya, kamu bisa gunakan aneka cetakan berbahan alumunium yang tersedia di pasaran ya.

Warna Lauk yang Kontras

Sajian nasi tumpeng memiliki ciri khas dibanding nasi yang lainnya. Umumnya memakai nasi kuning sehingga warnanya tampak sangat menggoda. Yang tidak kalah menariknya lagi adalah, nasi ini disajikan dengan warna lauk yang kontras dengan warna nasi.

Supaya sajian nasi tumpeng jadi lebih berkesan, sebaiknya kamu menata lauk pauk berdasarkan warnanya. Misalnya untuk lauk yang memiliki warna senada tidak disandingkan bersama. Kamu bisa menyelingi warna lauk yang sama dengan sayuran supaya tampak lebih berwarna dan menarik.

Citarasa

Saat membuat dan menyusun tumpeng kita tentu memperhatikan faktor keindahan dan keserasian. Namun ada yang lebih penting dari semua itu, yakni masalah citarasa. Percuma saja kita menyajikan sesuatu yang menarik jika rasanya tidak karuan.

Setiap masakan Indonesia memiliki kekhasan rasa sendiri. Misalnya saja makanan Jawa Tengah cenderung terasa asin dan pedas, sementara makanan khas Jogja cenderung kepada rasa manis. Nasi tumpeng pun memiliki kekhasan rasa tersendiri yakni rasa gurih. Nasinya dimasak degan santan dan garam, sementara lauknya pun kebanyakan bercitarasa gurih.

Hiasan yang Menarik

Hidangan akan makin menggoda selera kala kita menyajikannya dengan hiasan. Nasi tumpeng pun akan terasa kurang lengkap jika disajikan tanpa garnis. Kamu bisa gunakan semua kekreatifan kamu untuk menghias tumpeng.

Saat menghias gunakan aneka bahan yang segar supaya saat dipasang tidak tampak layu. Kamu bisa gunakan aneka sayuran hingga buah. Umumnya yang banyak dipakai untuk menghias adalah wortel, cabai, aneka daun hingga telur.

Tutorial Membuat Hiasan Tumpeng

Bunga Mawar dari Tomat

Buah tomat bisa banget kamu gunakan sebagai garnis untuk tumpeng spesial kamu. Bentuk tomat yang bulat bisa kamu sulap menjadi sebuah bentuk bunga mawar yang cantik. Kamu bisa mengawalinya dengan mengupas kulit tomat secara melingkar hingga menjadi lembaran tipis. Iris kulitnya memanjang memakai pisau yang tajam dan jangan sampai terputus. Jika sudah, langkah selanjutnya adalah membuat gulungan dari kulit tomat tersebut hingga membentuk bunga mawar mekar. Kamu bisa menyusun kelopak mawar tomat ini di sekeliling nasi tumpeng. Lebih lengkapnya silahkan saksikan video di atas ya.

Bunga Aster dari Wortel

Sayuran berupa wortel juga akan sangat cantik jika dijadikan garnis. Kamu bisa memakainya untuk menghias tumpeng yang kamu persiapkan. Ambil wortelnya lalu kupas memakai pisau pengupas kulit buah. Selanjutnya iris wortel melingkar hingga membentuk bulatan dengan ketebalan sekitar 3 mm. Supaya mudah, kamu bisa memakai cetakan kue berbentuk bunga yang kecil untuk membuat pola kelopak bunga di sekelilingnya. Sekarang kamu bisa mengiris bagian tenganya memakai pisau supaya bisa menyerupai bagian putik dari bunga. Untuk cara lain dalam membentuk hiasan dari wortel, kamu bisa saksikan video yang disediakan ya.

Kelopak Bunga dari Cabe

Nasi tumpeng yang identik dengan nasi kuning pasti makin meriah jika ditambahkan aneka hiasan. Adanya hiasan bisa menggugah selera mereka yang melihat nasi ini. Untuk membuat hiasan tidak perlu terlalu rumit, kamu bisa memakai bahan seperti cabai. Gunakan cabai merah yang besar dan panjang. Pilih cabai yang masih bertangkai lalu belah cabai merah menjadi dua bagian. Silahkan gunting bagian bawah cabai hingga ke atas jangan sampai putus. Lalu gunting sisi lainnya secara bergantian dan ulangi terus hingga membentuk kelopak bunga yang diinginkan. Kamu bisa membuang biji dan serat-serat cabai hingga bersih supaya lebih cantik hasilnya. Cek juga video di atas untuk tahu hiasan cabai yang bagus.

Pagar dari Kacang Panjang

Nasi tumpeng memang disajikan di atas wadah yang luas. Selain tampah, kamu bisa memakai aneka wadah lainnya. Supaya nasi tumpeng jadi lebih menawan kala dipajang, ada baiknya kamu membuat hiasan berupa pagar untuk tumpengnya. Gunakan saja kacang panjang sebagai pagar pada wadah alas. Gunting beberapa kacang panjang kurang lebih sepanjang tusuk gigi, lalu masukkan ke dalam tusuk gigi yang sudah terpancang di sekeliling tampah. Selanjutnya ambil kacang panjang yang masih utuh, gunting rapi ujungnya. Sekarang kamu bisa mulai melilitkan kacang panjang ke sekliling pagar tusuk gigi. Akhiri lilitan tepat di depan atau di belakang tiang kacang panjang dan guntingi kelebihannya. Lakukan hingga 5 atau 7 susun kacang panjang. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa cek video di atas ya.

Kelopak Bunga dari Timun

Sayuran seperti timun tentu sangat dibutuhkan dalam melengkapi nasi tumpeng. Rasanya yang segar akan sangat cocok disandingkan dengan nasi dan lauk yang gurih. Akan lebih menggoda jika timunnya dibentuk lebih menarik. Awali dengan mencuci timun lalu memotongnya menjadi dua bagian yang rapi. Buatlah potongan yang tipis dan rapi lalu potong bagian dasar agar mentimun dapat berdiri dengan baik. Selanjutnya belah kelopak bunga supaya bisa merekah sempurna. Potong bagian tengah mentimun yang berisi biji mentimun. Rapikan kelopak dengan memotongnya secara diagonal. Kamu bisa mengisi bagian tengah bunga mentimun dengan sayuran lain supaya makin cantik. Untuk cara lainnya kamu bisa cek video yang disediakan.

Bunga Teratai dari Tomat

Tomat bisa dijadikan hiasan berupa bunga teratai loh. Ini bisa kamu pasang pada tumpeng untuk lebih menarik perhatian yang melihatnya. Pilih saja tomat berukuran sedang dan pilih yang bentuknya sedikit lonjong. Awali dengan memotong tomat menjadi 2 bagian. Lalu potong lagi tiap bagian menjadi 2 bagian sama besar. Kemudian kamu bisa menyayat kulit ari dari setiap bagian tomat namun jangan sampai terputus. Tekuk keluar sayatan kulit ari tomat sehingga menyerupai kelopak. Lalu susun kelopak-kelopak tomat pada bagian atas piring saji. Untuk selengkapnya kamu bisa cek video di atas.

Burung-burungan dari Telur puyuh

Selanjutnya, kamu bisa manfaatkan telur puyuh untuk hiasan nasi tumpeng loh. Gunakan telur ini untuk membuat hiasan berupa burung-burungan. Rebus dulu telurnya lalu kupas dari kulitnya sampai bersih. selanjutnya kamu bisa meletakkan telur puyuh secara berdiri tegak. Beri ujung cabai merah pada bagian depan telur puyuh untuk membuatnya mirip paruh burung. Lalu pakai isi cabai untuk jadi mata burung. Kamu bisa juga memakai irisan wortel ataupun tomat sebagai hiasan burungnya. Cek video di atas untuk lebih detailnya ya.

Bunga dari Cabe

Kamu juga bisa loh membuat hiasan berupa bunga dari cabai. Pilih cabai merah yang besar dan gemuk serta masih memiliki tangkai. Potong cabai menjadi dua bagian yaitu dengan memotong 1/3 bagian dan menyisakan 3/4 bagian. Lalu kamu bisa membelah kulit cabai dari bawah sampai keatas jangan sampai putus dengan menggunakan pisau. Selama melakukan proses ini jangan sampai menyenggol atau memotong biji cabe. Ulangi terus membelah hingga membentuk bunga. Biarkan biji cabenya utuh supaya jadi bunga yang cantik. Cek video di atas juga untuk mendapat inspirasi lainnya.

Kipas dari Timun

Timun bisa dibentuk menjadi kipas yang cantik. Awali dengan memotong timun sepanjang 6cm dan potong sedikit ujungnya agar rapi. Lalu belah mendatar menjadi 2 bagian yang sama. Ambil sepotong timun, buat dua sayatan melintang sedalam sekitar 3mm di permukaan kulit timun. Untuk selanjutnya kamu bisa memotong bagian atas dan bawah agar rapi. Iris timun hingga membentuk lembaran tipis. Sekarang, kamu bisa menekan setengah bagian irisan menggunakan sisi pisau hingga melebar kebawah. Lakukan hal yang sama untuk sisi lainnya. Cek video selengkapnya untuk tahu lebih detail ya.

From our editorial team

Garnis dengan Bentuk Menarik Bikin Tumpeng Makin Menggoda

Jika menyajikan tumpeng dalam suatu acara, tentu saja kita harus menghiasnya. Untuk hiasan tumpeng, kita cukup memakai bahan alami saja. Akan lebih baik jika hiasan tersebut bisa dikonsumsi juga. Maka dari itu manfaatkan saja aneka sayuran untuk hiasan tumpeng. Bentuklah garnisnya semenarik dan seunik mungkin. Makin cantik bentuknya makin menarik untuk dicoba. Untuk tutorial menghias, bisa cek di atas ya!