Sedang Berkumpul Bersama Keluarga? Ini 7 Rekomendasi Film yang Bisa Ditonton Selama Ramadhan 2019

Sedang Berkumpul Bersama Keluarga? Ini 7 Rekomendasi Film yang Bisa Ditonton Selama Ramadhan 2019

Libur Ramadhan tentu menjadi waktu yang ditunggu-tunggu. Selain berkumpul bersama keluarga, Anda bisa menyaksikan beberapa film menarik yang diputar selama Ramadhan. Siapa tahu Anda belum sempat menyaksikan film ini. Meskipun sudah cukup lama berlama berlalu, beberapa film ini masih termasuk kategori film sepanjang masa lho.

Saat bulan Ramadhan, berkumpul bersama keluarga telah menjadi kewajiban. Apalagi saat menunggu berbuka atau bercengkrama setelah shalat tarawih. Di Bulan Ramadhan ini, Anda bisa mengajak keluarga Anda untuk menonton film bersama. Tentu tidak semua jenis film yang dapat Anda tonton saat Ramadhan karena beberapa diantaranya dapat membatalkan puasa. Anda harus memilah film mana yang cocok untuk di tonton saat suasana ramadan. Film dengan makna yang kuat seperti persaudaraan, perjuangan agama islam atau film yang meningkatkan kasih sayang antar umat manusia serta kepada Tuhan YME. Ada beberapa film yang patut Anda tonton bersama keluarga di bulan Ramadhan. Simak berikut ini

1. Ayat-ayat Cinta (2008)

Sumber gambar kupang.tribunnews.com

Film karya Hanung Bramantyo ini bertemakan film religi yang merupakan hasil adaptasi dari novel best seller karya Habiburrahman El Shirazy. Film Ayat-Ayat Cinta pastinya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bercerita tentang perjalanan hidup seorang mahasiswa Indonesia bernama Fahri yang sedang menggapai gelar master di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir. Sosok yang tampan dan Sholeh bernama Fahri asal Indonesia ini kerap mencuri hati mahasiswi yang sedang menempuh pendidikan di Al-Azhar. Bahkan, meskipun ia sudah menikah dan memiliki istri, godaan dari wanita idaman lain atau orang ketiga kerap mewarnai perjalanan kisah asmara Fahri. Betapa pun ia mencoba untuk terus bertahan, sangat manusiawi jika ia terkadang juga merasakan getaran-getaran cinta karena ia hanya manusia biasa. Film ini sarat dengan kisah dramatis yang meneteskan air mata.

Puncaknya, Fahri harus dihadapkan dengan dilema sulit ketika memutuskan untuk menikahi wanita pilihannya. Emosi penonton akan tersedot dan mengharu biru banjir air mata. Ada pesan moral yang terselip dibagikan untuk penonton tentang nilai-nilai poligami (menikah lebih dari satu istri) yang bisa menambah referensi pengetahuan Anda. Film Ayat-ayat Cinta memperhatikan sisi religi dan ajaran agama yang tidak terkesan menggurui. Banyak pelajaran yang dapat Anda petik dari film ini. Film Ayat-ayat cinta sudah rilis untuk yang kedua pada tahun 2018. Tentunya tidak kalah mengejutkan endingnya serta memiliki pelajaran yang mendalam. Dibintangi oleh Fedi Nuril, Dewi Sandra, Tatjana Safira, dan sederet aktor dan aktris papan atas Indonesia lainnya. Film ini cocok untuk Anda yang suka dengan drama melankolis. Siapkan tisu ketika menontonnya karena dapat menyayat hati dan perasaan Anda.

2. Sang Kiai (2013)

Sumber gambar www.pemeranfilm.com

Film bersutradarakan Rako Prijanto ini bertemakan perjuangan yang dibalut dengan nuansa Islam. Mengisahkan tentang penjajahan Jepang 1942 yang melarang adanya pengibaran sang saka merah putih, Indonesia Raya serta paksaan bagi rakyat Indonesia untuk melakukan Sekerei (menyembah matahari). Ini membuat K.H. Hasyim Asy’ari yang merupakan tokoh besar di pondok pesantren Nusantara dan sejak kecil lahir dibesarkan dalam lingkungan Islam, menolak mentah-mentah ajaran yang dibawa penjajah dari Negeri Matahari Terbit.

Hasyim Asy’ari tidak mau bila ia diminta menyimpang dari aqidah agama Islam. Meskipun, sejumlah santrinya menjadi korban karena dibunuh saat menolak perintah para serdadu Jepang menyembah matahari. Seorang Islam hanya wajib menyembah kepada Allah SWT. Film ini sangat menginspirasi betapa besarnya perjuangan rakyat Islam dalam membela agamanya. Cocok untuk semua kalangan dan untuk anak-anak agar mempelajari betapa pentingnya perjuangan itu.

3. Mencari Hilal (2015)

Sumber gambar younameit-id.com

Film ini mengisahkan tentang bapak dan anak dengan konflik tentang perbedaan pandangan agama. Seorang bapak yang bernama Mahmud itu memaksa untuk mencari hilal dan anaknya menemaninya dengan terpaksa. Film Mencari Hilal sukses memborong sejumlah piala di ajang Movie Award 2016. Selain dicap sebagai film berkualitas, film ini memiliki banyak makna dan sarat akan nilai-nilai keagamaan.

4. Surga yang Tak Dirindukan

Sumber gambar celebrity.okezone.com

Film yang diadaptasi dari Novel milik Asma Nadia ini menjadi salah satu film paling sukses tahun 2015. Film ini juga memiliki banyak penghargaan dan pujian. Bercerita tentang seorang arsitek bernama Prasetya yang menikahi seorang wanita bernama Arini dan munculah seorang wanita lainnya bernama Mei Rose yang berhasil diselamatkan oleh Prasetya dari depresi. Hal inilah yang menimbulkan berbagai konflik rumah tangga di dalamnya. Film ini berhasil membuat banyak wanita menangis karena konflik yang terjadi. Surga yang Tak Dirindukan berhasil dibuat sekuelnya pada tahun 2017. Cocok untuk Anda yang berkeluarga karena banyak memiliki makna dalam pernikahan yang kuat serta nuansa religi didalamnya.

5. Sang Pencerah (2010)

Sumber gambar style.tribunnews.com

Siapa yang tidak mengenal salah satu tokoh Islam sekaligus pahlawan Indonesia yang bernama K.H. Ahmad Dahlan? Film Sang Pencerah ini bercerita tentang K.H. Ahmad Dahlan yang merasa bahwa syariat Islam telah melenceng ke arah sesat. Oleh karena itu ia membuka sekolah yang mengajarkan Islam secara benar. Namun perjuangannya tidak semulus itu. Berkat dukungan Istri dan muridnya, ia sukses membangun sebuah Organisasi Islam. Tidak hanya cocok untuk orang dewasa, anak-anak sekolah juga wajib menonton film ini karena memiliki unsur sejarah Islam yang kuat.

6. Negeri 5 Menara (2012)

Sumber gambar www.merdeka.com

Film ini disutradarai oleh Affandi Abdul Rachman yang diadaptasi dari novel. Lokasi syuting Negeri 5 Menara adalah di Jawa Timur, Sumatera Barat, Jakarta, Bandung, hingga London. Bercerita tentang kehidupan 6 santri dan 6 daerah berbeda untuk menuntut ilmu di Pondok Modern Gontor, Ponorogo Jawa Timur. Enam santri tersebut dibintangi oleh David Chalik, Lulu Tobing, Andhika Pratama, Donny Alamsyah dan Ikang Fawzi.

Cocok untuk Anda tonton sebab memiliki banyak motivasi untuk mewujudkan keinginan serta penuh makna. Kalimat Man Jadda Wajadda menjadi familiar dikalangan masyarakat berkat film ini. Film Negeri 5 Menara dapat menjadi pilihan film yang dapat Anda sekeluarga tonton saat menunggu buka puasa.

7. 99 Cahaya di Langit Eropa

Sumber gambar aceh.tribunnews.com

Film 99 Cahaya di Langit Eropa sukses memetik pujian dari mantan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada pemutaran perdana di Djakarta Theatre. Film ini mengisahkan tentang kisah perjalanan hidup seorang wanita berprofesi sebagai jurnalis yang harus ikut sang suami kuliah doktoral di Vienna, Austria.

Selain itu, film ini juga mengangkat perjuangan para pelajar Islam di Eropa dalam mempertahankan keyakinan, cinta dan prinsip di tengah suasana sekulerisme dengan dibalut persahabatan, konflik serta pengungkapan misteri peradaban Islam. Film ini memiliki anggaran mencapai 15 milliar serta diadaptasi dari novel karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Film 99 Cahaya di Langit Eropa adalah film yang wajib Anda dan sekeluarga tonton karena memiliki nuansa religi dan makna yang kuat tentang Islam.

From our editorial team

Film Ramadhan menjadi pelajaran hidup bermakna

Nah, itulah beberapa film terbaik yang wajib Anda dan keluarga Anda tonton saat Ramadhan. Selain memiliki nuansa Islam, makna kuat dari film itu dapat menjadikan pelajaran hidup yang sangat bermakna. Jangan lupa ajak saudara lainnya saat menonton agar dapat menambah kekeluargaan dan silaturahmi. Selamat menonton bersama keluarga.