Tahun Baru Semakin Meriah dengan Sajian 10 Rekomendasi Resep Masakan Daging Bebek yang Cocok Dinikmati bersama Keluarga Besar

Tahun Baru Semakin Meriah dengan Sajian 10 Rekomendasi Resep Masakan Daging Bebek yang Cocok Dinikmati bersama Keluarga Besar

Tahun baru menjadi momen yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga besar. Anda masih bingung akan menyajikan makanan apa? Tepat sekali, BP-Guide merekomendasikan aneka olahan masakan dari daging bebek yang pasti lezat untuk disantap bersama keluarga. Yuk, langsung cek resepnya!

Tidak Cuma Ayam, Masakan Bebek juga Banyak Diminati

Sumber gambar www.indoresep.web.id

Jenis unggas yang paling banyak dikonsumsi masyarakat kita adalah ayam. Namun ada juga nih, pesaing ayam yang juga banyak diminati, yaitu bebek. Unggas yang satu ini tak kalah lezat dari ayam. Bisa diolah menjadi aneka masakan dari sup hingga digoreng, bebek juga begitu populer di semua kalangan.

Ciri khas dari daging bebek sendiri adalah gurih dan lembut. Kemudian, aroma bebek yang khas juga menjadikan segala masakan yang berbahan bebek jadi begitu istimewa. Jika sudah mencicipi daging bebek, pastinya terasa bedanya dengan daging ayam. Daging bebek lebih crunchy dan pastinya jauh lebih gurih karena memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi.

Dalam daging bebek terkandung protein, kalori serta lemak sehat. Ada juga zat besi, vitamin B12 dan juga mineral yang baik untuk tubuh. Nah, yang belum pernah mencoba makan bebek, yuk segera coba memasak dan memakannya.

Sebelum Memasak Bebek, Anda Harus Tahu Cara Menyiapkannya agar Empuk dan Tak Amis

Bersihkan Daging Bebek

Sumber gambar www.masakapaya.com

Saat akan memasak bebek tentu ada beberapa catatan yang harus Anda ketahui. Salah mengolah daging bebek dari awal proses bisa mempengaruhi rasa dari bebek itu sendiri kala sudah dimasak. Selain itu, bau dari bebek juga akan amis jika salah dalam pengolahannya.

Awali memasak bebek dengan cara membersihkan dagingnya. Bersihkan bulu secara sempurna dan jangan sampai bersisa. Jika ada sisa bulu, yang ada kenikmatan makan akan jadi berkurang. Buang juga bagian jeroan dan cuci sampai bersih. Gunakan air mengalir untuk mencuci bebek supaya darah dan kotorannya benar-benar hilang.

Gunakan Daun Pepaya dan Jeruk Nipis untuk Menghilangkan Aroma Amisnya

Sumber gambar vemale.com

Potong daging bebek sesuai selera lalu kembali cuci bersih sebelum diolah. Pada langkah selanjutnya, Anda bisa memakai daun pepaya untuk mencuci bebek lalu diamkan sesaat sebelum membilasnya lagi dengan air bersih. Gunakan air jeruk nipis untuk melumuri daging bebek.

Diamkan 30 menit atau lebih untuk menghilangkan bau amis pada daging bebek. Cukup sebentar saja supaya daging tak mudah hancur karena penguraian protein pada bebek akan lebih cepat terjadi jika diberi air jeruk nipis yang kaya vitamin C. Bilas lagi dengan air bersih supaya sisa perasan jeruk tak menempel pada daging bebek dan merubah rasanya kala dimasak.

Rebus Daging Bebek dan Rempahnya Minimal 1 Jam

Sumber gambar idntimes.com

Daging bebek memang memiliki aroma yang tajam. Supaya bisa hilang dengan sempurna, maka Anda bisa merebusnya dengan air yang sudah dicampur dengan aneka rempah yang biasanya terdiri dari serai, daun salam, dan jahe. Anda juga bisa memasukkan daun jeruk dan lengkuas dalam campuran rempahnya.

Diamkan atau rebus daging bebek bersama rempah kurang lebih 1 jam lamanya. Dengan rebusan ini, maka daging bebek bisa menjadi lebih empuk. Selain itu bau amis juga akan hilang dan warna daging bebek juga jadi lebih cantik, jika Anda menambahkan kunyit dalam rempahnya.

Diamkan Bebek yang Telah Direbus Semalaman

Sumber gambar www.wikihow.com

Untuk membuat olahan berupa daging bebek goreng, pastinya semua ingin yang renyah dan juga gurih. Cara paling tepat yang bisa dilakukan adalah dengan mendiamkan dulu bebek yang sudah direbus semalaman. Anda bisa menyimpan bebek dalam kulkas atau juga dalam panci yang tertutup.

Jika ingin menggoreng, hindari menggoreng terlalu lama. Cukup sampai bagian luar terlihat garing. Terlalu lama digoreng hanya membuat daging bebek jadi keras dan kurang enak disantap.

Aneka Olahan dan Cara Memasak Bebek yang Maknyus

Cara Memasak Bebek Madura

Sumber gambar resepkoki.id

Bahan-bahannya adalah 1 ekor bebek, 2 batang serai, 5 lembar daun jeruk, 2 butir asam jawa, 1 buah jeruk nipis, garam dan gula secukupnya. Bahan bumbu halus terdiri dari 8 siung bawang putih, 10 siung bawang merah, 4 butir kemiri, 1 sdt ketumbar, 1 ruas lengkuas, 1 ruas jahe, 1 ruas kencur, 1 ruas kunyit.

Cara membuat, yaitu ambil bebeknya lalu silahkan mulai dipotong. Sebaiknya buang bagian ekornya karena akan terlalu amis untuk diolah. Memarkan batang serai lalu sisihkan dulu. Ambil asam jawa lalu rendam dalam 100 ml air bersih dan sisihkan. Bersihkan daging bebek dan cuci bersih. Lumuri memakai jeruk nipis dan diamkan 30 menit sebelum dibilas lagi.

Rebus air bersama bebek supaya bau amis bebeknya jadi hilang. Tiriskan usai direbus lalu sisihkan dulu. Tumislah bagian bumbu halus sampai harum baru masukkan serai dan juga daun jeruk. Jika bumbu sudah matang, Anda bisa masukkan bebeknya.

Taburi dengan gula dan garam lalu beri air asam jawa dan tuang minyak kurang lebih 4 sdm. Masaklah bebek hingga bumbu meresap memakai api kecil. Jika sudah matang siap disajikan dengan nasi hangat dan sambal bawang.

Cara Memasak Bebek Peking

Sumber gambar foody.id

Bahan-bahannya adalah daging bebek muda dan serai. Bumbu rendaman terdiri dari angkak, ketumbar, 1 sdm bumbu go hiong, jahe, madu secukupnya, dan merica. Saus terdiri dari kecap manis, cabe merah dihaluskan, gula putih secukupnya, 1 sdm minyak wijen, air secukupnya, dan garam secukupnya.

Cara membuatnya, yaitu bersihkan dulu daging bebek dengan cara mencucinya lalu tiriskan. Rebuslah daging bebek dengan air dan juga serai. Jika daging bebek sudah lembek, maka tiriskan daging bebek. Siapkan wadah beri madu dan angkak. Lalu masukkan jahe, ketumbar dan merica. Masukkan juga bumbu ngo hiong lalu aduk rata dan tambahkan daging bebeknya.

Biarkan meresap dan diamkan dalam kulkas supaya bumbu terserap daging bebek dengan sempurna. Panggang daging pada oven dan jangan lupa dibolak balik agar matang. Untuk sausnya, Anda bisa menumis cabai merah yang sudah dihaluskan bersama minyak wijen. Masukkan kecap bango, lalu tambahkan gula dan garam dan siap diaduk rata untuk disajikan.

Cara Memasak Bebek Rica-rica

Sumber gambar vemale.com

Bahan-bahannya adalah 1 ekor bebek, 5 batang serai, air secukupnya, 2 buah tomat dibelah jadi 4, dan minyak goreng secukupnya. Bumbunya terdiri dari 15 siung bawang merah, 10 siung bawang putih, 10 buah cabai merah, 15 buah cabai rawit, 10 cm jahe, 10 cm lengkuas, garam secukupnya, gula secukupnya, kaldu ayam bubuk. merica secukupnya, 4 lembar daun jeruk, dan 2 lembar daun salam.

Cara membuatnya, yaitu ambil bebeknya lalu cuci bersih dan potongi sesuai selera. Cuci lagi bebeknya agar lebih bersih dan tiriskan. Ambil serai memarkan atau bisa diiris kecil. Ambil bawang merah dan bawang putih lalu irisi kecil. Cabai merahnya silakan dibuang isinya lalu haluskan bersama cabai rawit. Parut lembut jahe dan juga lengkuas lalu sisihkan.

Rebus daging bebek sampai empuk dan selagi menunggu empuk, Anda bisa mulai menumis bumbu. Haluskan bawang merah dan putih bersama cabai lalu tumis bersama dengan jahe dan lengkuas. Masukkan serai dan merica dalam tumisan lalu tunggu sampai harum.

Masukkan bumbu yang sudah harum pada rebusan bebek. Taburi garam dan gula lalu masukkan kaldu ayam dan tomat. Masukkan juga daun jeruk dan daun salam. Aduk rata lalu tutup panci dan lanjutkan merebus sampai 30 menit. Jika bumbu sudah meresap, bebek siap disajikan.

Cara Memasak Bebek Goreng Empuk

Sumber gambar resepcaramasak.org

Bahan-bahannya adalah 1 ekor bebek muda, 1 buah perasan jeruk nipis, 6 lembar daun jeruk purut, 3 batang serai dimemarkan, 3 cm lengkuas digeprek, 1 bungkus penyedap rasa ayam, 2 sendok teh gula pasir, dan minyak goreng secukupnya.

Bumbu yang dihaluskan terdiri dari 10 siung bawang merah, 4 cm jahe, 7 cm lengkuas muda diparut, 4 butir kemiri, 3 sendok teh ketumbar disangrai dulu sebelum dihaluskan, 4 cm kunyit, 7 siung bawang putih, 4 sendok teh garam, 2 batang serai diambil bagian putihnya dan iris halus, dan 2 sendok teh merica biji.

Cara membuatnya, yaitu ambil bebek lalu potongi sesuai selera. Bersihkan bulu bebek dan cuci sampai bersih. Lumuri bebek dengan air perasan jeruk nipis dan diamkan 30 menit dalam kulkas. Haluskan bumbu halus lalu sisihkan dulu. Ambil daging bebek dan cuci lagi dari perasan jeruk sampai bersih.

Rebus bebek dalam panci bersama bumbu halusnya. Biarkan daging bebek sampai empuk lalu cicipi rasanya. Matikan kompor dan diamkan 1 jam agar bumbu rempah lebih meresap dalam daging. Goreng daging bebek yang sudah didiamkan hingga kering dan renyah.

Cara Memasak Bebek Betutu

Sumber gambar widhiaanugrah.com

Bahan-bahannya adalah 1 ekor bebek utuh, 150 g daun bayam, dan daun pisang untuk membungkus. Bumbu yang dihaluskan terdiri dari 10 buah bawang merah, 6 siung bawang putih, 15 buah cabai rawit merah, 1 batang serai, 3 cm lengkuas kupas, 3 cm kunyit kupas, 1 sdm ketumbar, 1 sdt merica, 5 butir kemiri, 2 sdt jintan, 3 buah cengkeh, 2 cm kayu manis, 3 buah kapulaga, 1/2 sdt buah pala bubuk, 1/2 sdt terasi bakar, 1 sdm perasan jeruk nipis, 3 sdm minyak goreng, garam halus secukupnya, 1 sdt gula pasir, dan 2 sdm air putih.

Cara membuatnya, yaitu ambil bebek lalu cuci bersih dan sisihkan dulu. Panaskan wajan dan minyak lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Jika sudah harum baru angkat. Ambil sepatuh bumbu yang sudah ditumis lalu pakailah untuk melumuri bebek dan bungkuslah memakai daun pisang. Biarkan selama 2 jam supaya bumbu meresap dalam daging bebek. Kukuslah olahan bebek memakai api kecil. Kukus selama 60 menit lalu baru dioven hingga matang.

Cara Memasak Bebek Sie Itek

Sumber gambar detik.net.id

Bahan-bahannya adalah 1 ekor bebek, 25 gram kelapa gongseng, 1 gelas santan kental, dan sedikit minyak untuk menumis. Bumbunya terdiri dari 50 gram ketumbar, 1 sdm lada putih, 3 sdm jintan, 1 sdm jintan ikan, 6 butir kapulaga putih, 3 butir bunga lawang keeling, 1 butir biji pala, 3 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 10 cabai merah kering, 1 kelingking kayu manis, 1 kelingking kunyit, 1 kelingking jahe, 5 butir kemiri, 1 batang sereh, 1 genggam daun temurui, 5 lembar daun pandan, dan garam secukupnya.

Cara membuatnya, yaitu awali memasak dengan mencuci bebek hingga bersih. Bisa juga dengan cara dipanggang sedikit supaya lemak menetes keluar, baru dipotongi. Ikat bebek yang sudah dipotongi memakai daun pandan. Tumbuk semua bumbu kecuali serai, daun temurui dan kayu manis. Tumbuk sampai halus lalu tumis dan tambahkan potongan bebek. Masukkan santan hingga bebek terendam. Tambahkan serai, temurui dan kayu manis lalu aduk merata. Masak dengan api kecil hingga daging empuk.

Cara Memasak Bebek Cabai Hijau

Sumber gambar merahputih.com

Bahan-bahannya adalah 1 ekor bebek, 2 buah jeruk nipis, 250 gr cabai hijau tua buang tangkainya, 500 ml air, 5 butir kemiri goreng, 10 buah bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 cm jahe, 2 cm lengkuas, 2 cm kunyit, 1/2 sdt lada, 1 sdt gula pasir, 2 batang serai memarkan, 3 lembar daun jeruk, 3 buah asam kandis, dan 5 sdm minyak untuk menumis.

Cara membuatnya, yaitu cuci bersih bebeknya lalu potong hingga menjadi 16 bagian. Lumuri bebek memakai air jeruk nipis dan biarkan 15 menit. Tumbuk halus cabai hijau, kemiri dan bawang merah putih. Haluskan juga jahe, kunyit, dan lengkuas. Taburi lada secukupnya lalu aduk merata.

Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan serai dan daun jeruk. Masukkan juga asam, garam dan gula. Tambahkan potongan bebek lalu aduk sampai berubah warna dan setengah matang. Tambah air secukupnya dan masak dengan api kecil. Jika daging empuk dan kuah sudah mengental, maka siap disajikan.

Cara Memasak Bebek Ungkep

Sumber gambar sindonews.com

Bahan-bahannya adalah 1 ekor bebek, 1 sendok teh air jeruk nipis, 1 sendok teh garam, 2 lembar daun salam, 2 cm lengkuas dimemarkan, 5 lembar daun jeruk, 3 batang serai dimemarkan, 1.000 ml air kelapa, 500 ml air, dan1 sendok makan kecap manis untuk olesan.

Bumbu halusnya terdiri dari 12 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 12 buah (175 gram) cabai hijau, 1 1/2 sendok teh ketumbar, 1/2 sendok teh jintan, 1/2 sendok teh merica, 5 butir kemiri disangrai, 3 buah kapulaga, 1/2 sendok teh pala, 1/2 sendok teh adas manis, 4 sendok teh garam, 1/2 sendok teh gula pasir.

Bahan lalapannya 2 buah tomat diiris-iris, 2 buah ketimun diiris-iris, 50 gram kemangi, dan 100 gram daun selada. Sedangkan bahan sambalnya terdiri dari 12 buah cabai merah keriting digoreng, 5 buah cabai rawit hijau digoreng, >50 gram tomat merah digoreng, 1/2 sendok teh garam, 1/4 sendok teh gula pasir, 25 ml air, dan 2 sendok makan minyak untuk menumis.

Bumbu halus sambalnya 1 sendok teh ebi disangrai, 2 siung bawang putih, dan 5 butir bawang merah. Cara membuatnya, yaitu ambil bebek lalu potong menjadi 4 bagian. Lumuri bebek memakai garam dan juga air jeruk nipis lalu diamkan 15 menit. Aduk rata bebek bersama bumbu halus.

Campurkan juga bebek dengan daun salam, lengkuas dan daun jeruk. Masukkan juga serai dan air lalu masak hingga mendidih. Tuangi air kelapa perlahan sambil dimasak sampai mengental. Olesi bebek memakai sisa bumbu dan kecap manis. Lalu bakar dibara api hingga kecokelatan.

Untuk sambalnya, haluskan cabai merah keriting, tomat merah dan rawit hijau, lalu sisihkan. Tumis bumbu halus sambal hingga harum baru masukkan cabai merah halus tadi. Tambahkan air serta garam dan gula lalu aduk dan siap disajikan.

Cara Memasak Sup Bebek Jamur

Sumber gambar dream.co.id

Bahan-bahannya adalah 300 gr daging bebek, 2 sdm minyak, 3 siung bawang putih, cincang halus, 2 cm jahe memarkan, 7 buah jamur hioko kering rendam air sampai lunak dna potong tipis-tipis, 1 buah wortel potong pipih, 1 liter kaldu bebek, 1 sdm kecap manis, 3 sdm kecap asin, 1 sdm kecap inggris, 1 sdm air jeruk nipis, dan 1 sdm tepung maizena larutkan dengan 2 sdm air.

Cara membuatnya, yaitu cuci bersih bebek lalu rebus hingga empuk dan suwiri kasar. Panaskan minyak dan tumis bawang putih bersama jahe hingga harum. Tambahkan suwiran bebek bersama wortel dan jamur. Tuangi kaldu lalu biarkan mendidih. Masukkan kecap manis, kecap asin, kecap inggris dan air jeruk nipis. Jika sudah mendidih, Anda bisa masukkan larutan air tepung maizena.

Cara Memasak Bihun Bebek

Sumber gambar grid.id

Bahan-bahannya adalah 1 ekor bebek utuh, 1 sendok teh cuka, 1 sendok teh garam, 2.000 ml air, 4 cm jahe memarkan, 2 batang daun bawang diikat, 1 sendok makan minyak wijen, 5 siung bawang putih cincang halus, 3 cm jahe cincang halus, 1 sendok teh angciu, 1 sendok makan garam, 1/4 sendok teh merica bubuk, dan 1 sendok makan minyak untuk menumis.

Bahan bihunnya adalah 300 gram bihun kering seduh dengan air mendidih dna tiriskan, 50 ml minyak bawang, dan 50 ml kecap asin. Bahan pelengkapnya terdiri dari 100 gram daun ketumbar petiki daunnya, 150 gram daun selada keriting sobek kasar, 3 sendok makan bawang putih goreng, remahkan untuk taburan, dan 3 batang daun bawang kecil diiris halus untuk taburan.

Cara membuatnya, yaitu ambil bebek, potong bagian kaki dan kepalanya lalu cuci bersih. Lumuri bebek memakai garam dan cuka lalu biarkan 1 jam. Rebuslah bebek bersama air yang sudah diisi jahe dan bawang daun. Gunakan api sedang untuk merebus dan kecilkan api jika sudah mendidih. Saat daging bebek empuk, saring lalu ambil kaldunya 1500 ml. Suwiri daging bebek lalu sisihkan.

Tumislah bawang putih cincang dan jahe cincang hingga harum lalu sisihkan. Rebus kaldu bebek tadi lalu tambahkan tumisan bawang dan aduk rata. Jika sudah mendidih, masukkan garam dan merica. Masukkan juga angciu dan wijen lalu aduk.

Ambil wadah, campur bihun dengan minyak bawang dan kecap asin lalu aduk merata. Ambil wadah saji, letakkan bihun lalu taburi suwiran bebek. Tambahkan juga bawang putih goreng, daun selada, daun bawang kecil, dan daun ketumbar lalu siap disajikan dengan kuah.

From our editorial team

Perhatikan Setiap Detail Bahan dalam Resep

Menyajikan makanan olahan dengan cita rasa tinggi dari bahan utama bebek memang cukup banyak. Ada berbagai macam rempah-rempah yang harus digunakan untuk menghasilkan daging bebek yang renyah dan lezat. Jadi, jika Anda berniat untuk menyajikan olahan daging bebek untuk acara tahun baru nanti, perhatikanlah dengan detail bahan-bahan yang dibutuhkan, ya.