Resep Ayam Goreng Lezat dari Seluruh Dunia yang Patut Dicoba

Resep Ayam Goreng Lezat dari Seluruh Dunia yang Patut Dicoba

Ayam goreng masih jadi makanan favorit tak hanya di Indonesia, tapi juga di berbagai negara. Beberapa di antaranya juga masih mengolah ayam dengan tepung terigu. Namun, setiap negara memiliki ciri khas resep dan pendamping ayam goreng yang berbeda-beda. Anda pecinta ayam goreng, yuk coba resep ayam goreng dari berbagai negara berikut ini.

Ayam goreng berwarna coklat keemasan adalah favorit semua orang di seluruh dunia. Ayam goreng juga bisa dipasangkan dengan wafel, sayuran, kentang goreng, pasta, atau nasi. Begitu juga dengan adonan penuh rempah-rempah atau pelapisnya yang berbeda-beda, tapi tetap terasa lezat dengan tampilan yang sederhana. Tidak heran jika ayam goreng sangat populer dan mungkin setiap negara memiliki resep tradisional yang sangat digemari.

Southern Fried Chicken

Sumber gambar culturalxplorer.com

Banyak orang berpikir bahwa ayam goreng berasal dari Amerika Selatan, tapi resep ini pertama diciptakan di Eropa Barat dan Asia jauh sebelum sampai ke Amerika Serikat. Cukup populer, Southern Fried Chicken berasal dari Amerika Selatan. Makanan khas ini sering dinikmati selama masa perbudakan dengan menggoreng ayam yang direndam dalam buttermilk yang menghasilkan citarasa gurih namun empuk. Dilapis dengan tepung yang memberikan sensasi gurih dan renyah, kemudian dipadukan dengan waffle. Perpaduan rasa gurih dan manis membuat kuliner ini sempurna dinikmati sebagai sarapan, makan siang, atau makan malam.

Dakgangjeong

Sumber gambar www.youtube.com

Merupakan hidangan yang sangat populer di Korea karena teksturnya yang renyah. Hal ini didapat dari metode penggorengan dua kali dan pelapisan tanpa tepung sehingga memberikan lapisan yang sangat tipis dan transparan, namun garing di bagian kulitnya. Sebelum disajikan, ayam goreng dibalut dengan saus pedas manis dan dibumbui dengan kedelai, cuka, biji wijen, minyak dan madu. Buat yang menyukai sensasi tendangan pedas, digunakan saus gochujang atau pasta cabai merah khas Korea yang banyak digunakan sebagai bahan utama hidangan Korea yang pedas.

Frango a Passarinho

Sumber gambar www.expatwoman.com

Ayam goreng khas Brasil ini dipotong kecil-kecil sebelum dibumbui dan digoreng. Dilapisi dengan campuran tepung terigu atau tepung jagung, membuat cita rasanya lembut di bagian dalam dan renyah di bagian luar. Dilengkapi dengan topping yang terbuat dari campuran bawang putih, peterseli, zaitun dan minyak zaitun panggang dan disajikan dengan bir dingin yang disebut gelada chope.

Tori Karaage

Sumber gambar suggestive.com

Orang Jepang menyebutnya, "kara-age atau Tatsuta-age." Ini adalah bentuk ayam goreng yang ringan, tidak berminyak, dan sangat renyah karena tepung beras yang digunakan sebagai lapisan dasar sebelum digoreng. Sebelumnya potongan ayam akan direndam dalam parutan jahe, kecap, cuka, anggur beras Jepang dan mirin, anggur beras Jepang yang manis. Biasa dijadikan isian kotak bento, tori karaage dipotong kecil-kecil, tanpa tulang, dan dilapisi dengan saus mustar madu yang tajam atau mayones dan biji wijen.

Chicken Chicharron (Chicharrón de Pollo)

Sumber gambar www.expatwoman.com

Dikenal juga sebagai Chicharrones de Polloin di Republik Dominika, hidangan ini mendapat sentuhan Spanyol dan salah satu masakan yang paling banyak dikonsumsi dari tanah Karibia. Ayam direndam dalam jeruk nipis, bawang putih, rum, kecap, dan paprika, lalu dilapisi tepung berbumbu dan digoreng. Disajikan dengan kacang atau irisan kentang.

Kozhi Porichathu

Sumber gambar suggestive.com

Ayam goreng khas Kerala, India ini menggunakan rempah-rempah beraroma kuat seperti kunyit, jahe, bawang putih, cabe, ketumbar, dan garam masala. Beberapa akan melengkapi hidangan ini tambahan santan kental yang kaya rasa krim kelapa yang kaya rasa dan daun kari yang digoreng.

Pollo Fritto

Sumber gambar www.buonissimo.org

Ayam goreng ala Italia ini dimulai dengan merendama potongan ayam dengan lemon, minyak zaitun, bawang putih, dan rosemary. Resepnya mengikuti cara memasak ayam goreng yang agak tradisional yaitu dilapis dengan tepung, mencelupkan ke dalam telur kocok, lalu melapisinya kembali dengan tepung. Apa yang membuat pollo fritto berbeda dari resep ayam goreng lainnya di dunia? Pollo Fritto dilengkapi dengan jantung artichoke yang digoreng dan tambahan perasan jeruk lemon.

Milanesa de Pollo

Sumber gambar suggestive.com

Milanesa de pollo adalah hidangan tradisional yang dimakan di berbagai negara di Amerika Selatan. Potongan ayam ditumbuk sampai tipis dengan ketebalan sekitar satu sentimeter. Fillet tersebut kemudian dilapisi dengan tepung, dicelupkan ke dalam telur yang sudah dikocok, dan dilapisi kembali dengan remah-remah panko. Milanesa de pollo disajikan hangat, dengan irisan jeruk nipis, dan sering kali, sayuran hijau.

Ga Chien

Sumber gambar aromasian.com

Bukan hanya terkenal dengan pho, kuliner Vietnam yang juga mejadi hidangan yang cukup populer adalah ga chien. Citarasa khasnya berasal dari bumbu-bumbu dan rempah yang dipakai, mulai dari cabai, saus ikan, jeruk nipis, ketumbar, mint segar, dan bawang putih. Setelah digoreng, ayam dicampur dengan kecap ikan, bawang putih, dan sedikit gula untuk menciptakan glasir yang manis, lengket, dan beraroma harum. Ayam goreng Vietnam sering disajikan dengan mie sohun dan sayuran.

Ayam Goreng Thailand

Sumber gambar suggestive.com

Umumnya ditemukan di jalanan Bangkok dan Chiang Mai, ayam goreng adalah makanan jalanan yang populer di Thailand. Resep ayam goreng ini menggunakan campuran rempah-rempah dan rempah-rempah termasuk jinten, ketumbar, dan ketumbar. Apa yang membuat ayam goreng khas Thailand adalah kulit renyah yang begitu ringan dan dikemas dengan rasa sensasional yang berasal dari campuran kecap dan saus ikan.

Schnitzel

Warga Jerman dikenal biasa menyantap daging babi dengan kulitnya yang garing. Namun bukan berarti mereka tidak memiliki resep ayam goreng khas yang tak kalah lezatnya, Schnitzel. Ayam dipotong kecil-kecil dan bulat lalu ditumbuk hingga tipis. Daging ayam tersebut kemudian dilapisi dengan tepung roti dan tepung terigu lalu digoreng dalam minyak canola.

Chicken Kiev

Sumber gambar culturalxplorer.com

Hidangan ini disebut berasal dari Ukraina, tapi ada juga yang beranggapan jika kuliner berbahan ayam ini berasal dari Rusia. Chicken Kiev terbuat dari daging ayam yang ditumbuk sampai rata, lalu digulingkan dalam mentega berbumbu, ditutupi remah-remah roti, dan kemudian dipanggang. Meskipun secara teknis bukan ayam goreng, tekstur remah-remah roti pada ayam mengingatkan pada tekstur ayam goreng.

The Senegalese Chicken

Sumber gambar www.expatwoman.com

Salah satu kuliner berbahan ayam ini cukup populer di daratan Afrika. Selain dibumbui dengan kacang yang memberikan tekstur renyah, cita rasanya pun berubah sangat unik di setiap gigitannya. Tidak ketinggalan penggunaan bumbu dan rempah-rempah tradisional yang digunakan untuk membumbui ayam sebelum digoreng. Sajikan hangat bersama dengan nasi.

Chinese-Style Fried Chicken

Sumber gambar www.yummy.ph

Jika ayam goreng di berbagai negara mengandalkan lapisan tepung dan glaze yang memberikan cita rasa manis atau pedas, maka hal berbeda diperlihatkan kuliner yang berasal dari daratan Cina ini. Penggunaan Chinese five spice untuk memberikan ayam goreng citarasa yang unik dan daging yang terasa empuk. Daging ayam ini kemudian akan dikukus dan digoreng hingga menimbulkan warna unik di permukaannya yang bernuansa karamel, mengkilat, dan renyah.

Buffalo Chicken Wings

Sumber gambar culturalxplorer.com

Buffalo Wing merupakan makanan khas Amerika yang tidak sengaja dibuat pada tahun 1964 di Anchor Bar and Restaurant di Buffalo, New York. Sebelumnya, sayap ayam selalu dibuang karena dianggap sebagai bagian yang paling tidak diinginkan dari ayam. Kini, Buffalo Wings identik dengan bar dan olahraga, khususnya Superbowl. Tip untuk membuatnya adalah pisahkan bagian pertama dan kedua dari sayap ayam menggunakan pisau dan buang ujung sayap sebelum menggorengnya. Punya citarasa dan penampilan yang sama-sama uniknya, ayam goreng di berbagai negara ini siap menggoyang lidah.

From our editorial team

Masukan resep dalam daftar menu harian

Itulah beberapa resep ayam goreng dari berbagai negara yang bisa dicoba. Selain mudah didapat, ayam goreng cocok disajikan dalam berbagai suasana. Beberapa bahannya juga masih bisa didapatkan di Indonesia. Masukkan resep ayam goreng tersebut ke dalam daftar menu harian agar tidak bosan dengan menu ayam goreng yang itu-itu saja. Selamat mencoba.