Masak Rawon Lebih Praktis dengan 10 Rekomendasi Bumbu Instan Rawon! (2020)

Masak Rawon Lebih Praktis dengan 10 Rekomendasi Bumbu Instan Rawon! (2020)

Ingin makan rawon namun malas mau keluar rumah dan membelinya? Kamu bisa bikin sendiri dengan bumbu instan rawon! Cek rekomendasi dari kami ya!

Rawon, Sup Hitam Khas Jawa Timur yang Melegenda

Bicara soal kuliner, Indonesia memang gudangnya kuliner enak. Setiap daerah memiliki kekhasan tersendiri dalam hal sajian kuliner. Bahkan untuk satu kuliner yang notabene sama pun, berbagai daerah di Indonesia memiliki varian uniknya sendiri, baik itu dari segi penambahan lauk, kondimen dan lain sebagainya.

Jawa Timur menjadi salah satu daerah di Indonesia yang kulinernya banyak disukai. Diantara aneka kuliner lezat yang menggoda selera, Rawon menjadi salah satu yang paling diminati. Ini merupakan sup dengan kuah warna hitam. Isiannya bisa dikreasikan sesuai selera, namun pada umumnya isiannya adalah daging sapi berlemak serta urat yang kenyal. Daging bisa disuwir atau bisa juga dipotong kecil-kecil. Rasa kuahnya sedikit manis namun bisa jadi pedas jika kamu menambahkan sambal saat memakannya.

Dalam pembuatan rawon ada bahan khusus bernama keluwak. Ini adalah buah dengan nama latin Pangium Edule. Keluwak hanya tumbuh di rawa-rawa, rasanya unik dan juga gurih. Berkat adanya keluwak, maka rawon bisa berwarna hitam dan aromanya jadi khas. Namun memilih keluwak juga tak bisa asal, sebab keluwak ada juga yang pahit. Jika salah pilih keluwak maka rasa rawon jadi pahit dan tidak enak.

Bahan lain yang ada dalam rawon adalah bahan khas Indonesia seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas dan ketumbar. Selain itu ada juga serai, kunir, dan garam. Campuran bumbu akan dihaluskan lalu ditumis hingga harum baru kemudian dimasukkan ke dalam kaldu bersama rebusan daging. Penyajian rawon bisa dilengkapi tauge pendek, sambal terasi, bawang goreng dan tentu saja kerupuk.

Mau Coba Bikin Rawon yang Enak? Kamu Bisa Gunakan Resep yang Satu Ini!

Rawon memang selalu bisa menggugah selera. Sajian yang satu ini kerap disajikan sebagai salah satu hidangan saat ada hajatan seperti pernikahan, khitanan, atau bahkan acara lainnya. Namun meski tak ada acara besarpun, kita bisa menikmati rawon dengan membeli atau membuatnya sendiri. Ada banyak kreasi rawon yang sudah melegenda. Tapi kalau kamu suka dengan rasa yang original, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep berikut ini.

    Bahan:

  • 300 gram daging sapi yang dipotong dadu
  • 2 lembar daun salam
  • 6 gelas air
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai yang dimemarkan
  • 2cm lengkuas dimemarkan
  • garam dan merica secukupnya

    Bahan bumbu dihaluskan:

  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 5 buah kluwek diambil isinya
  • 2 cabai merah buang isinya

    Bahan pelengkap:

  • Tauge pendek
  • Telur asin
  • Sambal terasi
  • Kerupuk

    Cara Membuat:

  • Panaskan sedikit minyak dalam wajan lalu tumis bumbu bersama serai dan lengkuas.
  • Masukkan daun salam dan daun jeruk lalu aduk hingga aromanya harum.
  • Masukkan garam dan merica lalu aduk merata.
  • Rebuslah 6 gelas air pada sebuah panci kemudian masukkan bumbu yang telah ditumis
  • Masukkan daging lalu masak hingga dagingnya empuk dan tambahkan air secukupnya.
  • Untuk menyajikan, tambahkan tauge pada mangkuk lalu beri bahan pelengkap sesuai selera.

Penggemar Rawon Wajib Coba Rawon Legendaris Berikut Ini!

Rawon Nguling

Sumber gambar explorewisata.com

Kalau kamu mengaku sebagai penggemar kuliner Rawon, tentu saja kamu wajib mencoba aneka kuliner rawon yang melegenda. Salah satu yang melegenda adalah Rawon Nguling. Ini merupakan Rawon asal Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan dan sudah ada sejak tahun 1942. Usaha rawon ini dirintis oleh Mbah Lik dan hingga kini sudah ada 7 cabang di berbagai kota besar seperti Malang, Surabaya, Jakarta dan lainnya.

Kesemua cabang Rawon Nguling dioperasikan oleh adik-adik dari Mbah Lik yang berjumlah 11 orang sehingga keaslian cita rasanya tetap terjaga. Dari bumbu hingga pembuatan menu berada di bawah pengawasan Mbah Lik dan saudara-saudaranya sehingga tak pernah mengalami perubahan. Proses pembuatan rawon masih konsisten dan kompor dibiarkan menyala terus supaya kuah tetap hangat dan siap menyambut pelanggan kapan saja.

Rawon Nguling cukup terkenal, karena beberapa keluarga mantan Presiden RI pernah juga mencobanya. Selain itu banyak juga orang-orang top yang mampir dan mencicipi kelezatan Rawon Nguling. Untuk seporsi Rawon Nguling, kamu cukup mengeluarkan biaya Rp 35.000. dengan harga tersebut kamu bisa mendapatkan nasi rawon dengan sambal dan tauge. Kuahnya tak terlalu hitam dan ada banyak potongan dagin besar nan empuk. Kamu bisa juga menambahkan lauk seperti jerohan, tempe, mendol hingga perkedel yang disediakan di warung.

Rawon Setan

Sumber gambar www.hipwee.com

Kuliner rawon selanjutnya yang melegenda adalah Rawon Setan. Yang satu ini adanya di Surabaya dan cukup terkenal hingga sleuruh pelosok Jawa Timur. Ketika mendengar namanya, kita pasti langsung berpikir rawonnya bercita rasa pedas karena ada embel-embel kata “setan” yang merujuk pada artian pedas. Padahal arti “setan” di sini sama sekali bukan pada kata pedas loh!

Rawon ini disebut Rawon Setan karena jam buka warungnya adalah jam 2 dini hari. Kendati baru buka malam hari namun selalu ada banyak antrian orang yang penasaran ingin mencoba rasa lezat dari rawon setan. Rasa bumbunya khas dengan kuah hitam kental sehingga menggoda selera. Belum lagi isian dagingnya bervariasi dari jeroan, telur hingga buntut sapi tersedia di sini.

Warung ini berdiri sejak tahun 1953 dan didirikan oleh Mbah Musiati. Usahanya dilanjutkan secara turun temurun pada cucu dan menantunya yakni mbak Endang dan Bu Sup. Berada di Jl. Embong Malang, Surabaya, warung yang satu ini kini tak lagi buka tengah malam. Kini warung ini buka jam 8 pagi dan tutup pada pukul 10 malam. Untuk seporsi Rawon nan lezat ini kamu cukup mengeluarkan biaya Rp 25.000.

Rawon Rampal

Sumber gambar travelingyuk.com

Berikutnya ada Rawon Rampal yang berada di kota Malang. Rawon yang satu ini tak kalah enak dengan rawon lainnya. Kuliner ini sudah ada sejak tahun 1957 dan banyak diburu sebagai menu sarapan atau santapan siang. Berada di Jalan Panglima Sudirman, Kota Malang, rawon yang satu ini tak pernah sepi oleh pengunjung.

Usaha rawon ini awalnya dijalankan sepasang suami istri bernama Sangadi dan Sariah. Sekarang ini usaha diteruskan oleh anak-anak dan keluarganya. Cita rasa masakannya tak pernah berubah dan inilah yang membuat rawonnya terus berjaya. Mereka tetap memakai bahan bakar arang untuk memasak kuahnya sehingga rasanya lebih autentik. Untuk seporsi rawon harganya adalah Rp 41.000. kamu bisa meminta nasi dan kuah rawon yang dicampur atau dipisah. Ada juga tambahan lauk lain seperti empal, babat, paru, dan otak yang disediakan.

Rawon Brintik

Sumber gambar travelingyuk.com

Kuliner rawon lain yang melegenda adalah Rawon Brintik. Ini merupakan kuiner yang sudah ada sejak tahun 1942. Berlokasi di Malang, rawon yang satu ini dikenal akan kelezatan cita rasanya yang khas. Untuk sepiring rawon, kamu cukup mengeluarkan Rp 20.000. Selain itu ada tambahan lauk seperti tempe, paru hingga mendol yang bisa ditambahkan pada menu yang satu ini.

Nama Brintik pada rawonnya ternyata adalah julukan penjual rawon yang satu ini. Nafsiah selaku penggagas dan penjual awal rawon ini memiliki rambut keriting. Guna membedakan rawonnya dengan pedagang yang lain, maka digunakan nama tersebut. Kini usaha rawon ini dijalankan oleh para cucunya. Rawon ini sudah buka sejak jam 5 pagi loh.

Malas Meracik Bumbu? Kamu Bisa Pakai 10 Rekomendasi Bumbu Rawon Instan Berikut Ini!

Sajiku Bumbu Rawon

Buat kamu yang ingin makan rawon tapi ogah ribet, bisa banget nih masak rawon sendiri di rumah. Gunakan Sajiku Bumbu Rawon yang praktis dan lezat. Bumbunya terbuat dari paduan rempah pilihan sehingga rasanya dijamin nendang. Warna dan cita rasanya didasarkan dari karakter Rawon Jawa Timur sehingga kamu pasti puas. Sebungkus bumbu instan rawon ini cukup untuk 3 hingga 5 porsi. Cara memasaknya pun mudah, kamu tinggal merebus 8 gelas air lalu masukkan daging dan masak dengan api besar. Jika daging sudah setengah matang, masukkan bumbu Sajiku dan masak dengan api sedang. Aduk sesekali hingga empuk dan bumbu meresap, lalu rawon siap disajikan.

Harga Rp. 3.500-6.000

Nafisa Bumbu Rawon

Bumbu instan rawon berikutnya yang bisa kamu andalkan adalah Nafisa Bumbu Rawon. Dengan bumbu ini kamu bisa menciptakan rawon yang gurih dan nikmat untuk seluruh keluarga. Produk ini dibuat dengan bahan alami dan rempah pilihan. Bumbu juga dibuat tanpa MSG dan juga bebas perasa serta pewarna buatan. Komposisi dari bumbu ini adalah bawang putih, jahe, bawang merah dan ketumbar. Ada juga laos, cabe, kluwek, daun jeruk dan sereh di dalam pembuatan bumbunya.

Harga Rp. 7.000-10.000

Bumbu Masak Machmudah Rawon

Bumbu Masak Machmudah Rawon ini juga bisa jadi pilihan kamu. Untuk kamu yang hobi memasak, bumbu yang satu ini cocok banget untuk digunakan. Selain higienis, bumbunya juga bebas bahan pengawet. Bumbu yang satu ini dibuat dari bahan alami seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah dan lain sebagainya. Kamu tinggal tuang bumbunya lalu memasaknya sesuai dengan keterangan yang ada di belakang kemasn bumbu.

Harga Rp. 1.800-2.000

BUMBU MUNIK RAWON

Berikutnya ada Bumbu Munik Rawon yang bisa jadi pilihan. Ini merupakan bumbu rawon dengan rasa khas rawon Surabaya. Dengan memakai kluwek sebagai bahan utamanya, produk ini juga memakai bahan dan rempah alami lainnya. Komposisi bumbu ini adalah bawang merah, kemiri, cabai, gula merah dan kacang hitam. Ada juga bahan seperti jintan, garam, ketumbar dan lain sebagainya. Bumbu ini praktis tak perlu ditumis lagi. Ikuti petunjuk lengkap pada kemasan untuk membuat masakan yang lezat.

Harga Rp. 41.000-63.000

Bamboe Bumbu Rawon

Kamu bisa juga mengandalkan Bamboe Bumbu Rawon. Produk bumbu instan yang satu ini sudah ada sejak tahun 1968. Dibuat dari bahan alami yang segar dan berkualitas, rawon ini mudah untuk dibuat. Bumbu ini juga tak memakai tambahan pewarna buatan, MSG dan bahan berbahaya lainnya. Kemasannya praktis dan cocok untuk 4 hingga 5 porsi. Produk sudah terdaftar pada BPOM sehingga aman digunakan.

Harga Rp. 4.500-5.000

Indofood Bumbu Rawon

Indofood Bumbu Rawon juga bisa jadi pilihan lezat. Bumbu yang satu ini akan cocok untuk dipadukan dengan potongan daging yang empuk. Produk ini memakai rempah asli pilihan yang sudah dikeringkan. Bumbu ini dibuat tanpa bahan pengawet dan pewarna. Produk bisa disimpan hingga 24 bulan, perhatikan tanggal kedaluwarsa yang tertera.

Harga Rp. 4.500-6.000

FINNA Bumbu Rawon

FINNA Bumbu Rawon juga bisa jadi pilihan selanjutnya. Produk yang satu ini dibuat dari kluwek, bawang merah, bawang putih, minyak nabati, garam dan aneka rempah alami lainnya. Bumbu ini bikin kamu lebih mudah memasak rawon. Sebungkus bumbu bisa untuk 4 hingga 6 porsi rawon. Rasa rawon pun sangat gurih dan lezat.

Harga Rp. 5.000-7.000

Pronas Bumbu Instan Rawon

Pronas Bumbu Instan Rawon tentu tak bisa dilewatkan sebagai pilihan. Bumbu yang satu ini dibuat dari rempah-rempah pilihan yang berkualitas tinggi. Produk sudah mendapatkan izin BPOM dan PIRT. Bumbu ini bisa untuk 250 hingga 300 gram daging. Rawon dengan bumbu Pronas memiliki kesan bumbu ringan namun kaya akan cita rasa. Untuk kamu yang tak ingin ribet memasak, bumbu ini bisa jadi pilihan.

Harga Rp. 4.900-7.500

Enak Eco Bumbu Rawon

Enak Eco Bumbu Rawon juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini berbahan alami seperti bawang merah, laos, bawang putih, lada, minyak sayur dan lainnya. Cukup rebus air hingga matang lalu masukkan daging dan rebus sampai matang. Tambahkan air lagi lalu masukkan bumbu instan rawon yang satu ini. Rebus memakai api kecil sampai daging empuk. Bumbu ini sudah mendapat izin halal MUI dan juga PIRT.

Harga Rp. 4.000-6.000

Bumbu Rawon Cap Ibu

Bumbu Rawon Cap Ibu ini juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini hadir dalam kemasan jar. Cara memasaknya mudah, cukup masukkan daging dan bumbu lalu masak dengan air. Kamu tak perlu menambah bumbu lainnya lagi. Untuk 1 botol kemasan ini cukup untuk 8 porsi. Bumbu pasta ini hadir dengan citarasa yang kuat karena memakai rempah alami khas Indonesia. Bumbu cap Ibu sudah tak perlu diragukan lagi kualitas dan rasanya.

Harga Rp. 24.000-35.000
From our editorial team

Bumbu Instan Rawon Bikin Masak Jadi Praktis

Kuliner Indonesia memang beragam dan dikenal akan kekayaan rempahnya. Sayangnya tak semua dari kita mengerti kombinasi rempah yang pas untuk setiap masakan nusantara. Salah satu makanan yang memiliki banyak rempah adalah rawon. Hari gini masih tak bisa masak rawon? Kamu tak perlu khawatir lagi, masak rawon jadi lebih praktis dengan bumbu instan. Tak ada lagi salah bumbu atau keasinan, dengan bumbu instan rawon, kamu bisa siap sekejab dalam memasak rawon. Cek rekomendasi kami di atas ya!