Singkong Bisa Diolah jadi Aneka Makanan Lezat, Lho, Inilah 13 Rekomendasi Resep Makanan dari Singkong dan Tips Memilih Singkong yang Baik

Singkong Bisa Diolah jadi Aneka Makanan Lezat, Lho, Inilah 13 Rekomendasi Resep Makanan dari Singkong dan Tips Memilih Singkong yang Baik

Singkong menjadi sumber karbohidrat yang bisa dijadikan pilihan sebagai makanan pokok maupun camilan. Nah, BP-Guide punya resep-resep yang berbahan dasar singkong nih. Dijamin, resep singkong ini super lezat dan sehat. Yuk, simak aja, ya!

Singkong Sebagai Makanan Pokok Penghasil Karbohidrat

Sumber gambar www.vebma.com

Singkong atau ketela adalah jenis ubi yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Alasannya, karena simpel penanamannya. Cukup ditanamkan saja batangnya dengan kedalaman sekitar 10-15 cm, lalu dibiarkan saja tanpa pupuk dan perawatan sebagainya, singkong sudah bisa tumbuh sendiri. Lalu, beberapa bulan kemudian, sudah siap dipanen. Itulah yang menjadikan banyak petani menanam singkong di kebunnya.

Nah, umbi singkong ini ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh, lho. Meski rendah kalori, namun tinggi karbohidrat. Masih banyak lagi kandungan baik dari tanaman yang satu ini.

Singkong Dapat Diolah Menjadi Aneka Kue dan Makanan

Sumber gambar sajiansedap.grid.id

Karena mudah ditemukan dan murah harganya, singkong banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan. Indonesia memiliki banyak makanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar singkong. Tetapi, jangan meremehkan makanan dari singkong, ya. Rasanya itu bisa bikin ketagihan, lho.

Karena disebut sebagai makanan tradisional dan murah harganya, ada banyak anak zaman sekarang yang tidak mau makan singkong. Singkong dijadikan simbol makanan yang irit biaya dan tidak kekinian. Tapi, coba saja dulu makanan dari singkong, lalu nikmati bagaimana rasanya.

Tips Memilih Singkong yang Baik dan Enak

Warna

Sumber gambar www.acepimg.com

Jika singkong masih melekat pada batangnya, pertama lihat dulu warna dari daun singkong tersebut. Kalau warna daunnya sudah terlalu hijau atau hijau tua maka hindari makan singkong tersebut.

Apalagi kalau kulit luar singkongnya berwarna putih dan kadar airnya tinggi, bisa-bisa singkong tersebut beracun. Untuk mendapatkan singkong dengan rasa yang mantap, cari singkong yang kulit luarnya berwarna cokelat dengan kulit dalam berwarna merah atau merah marun.

Mudah Retak atau Patah

Sumber gambar detik.net.id

Singkong terbaik sangat mudah patah. Bila singkong yang Anda dapatkan mudah dipatahkan, bisa dikatakan bahwa singkong tersebut sangat segar dan rasanya enak.

Kulit Mulus

Sumber gambar apakabar2.blogspot.com

Hindari memilih singkong yang kulitnya sudah terbuka. Bila terbuka atau tidak mulus, maka bisa jadi singkong tersebut tidak berkualitas baik. Jadi, cari singkong yang kulitnya mulus dan tidak terbuka, juga lembut. Itu adalah ciri-ciri singkong berkualitas baik dan mantap rasanya.

Hindari Singkong yang Berkayu pada Pangkalnya

Sumber gambar www.mmindustri.co.id

Seringkali ditemukan singkong yang berkayu di bagian pangkalnya. Singkong jenis ini bukan jenis terbaik, jadi hindari apabila tidak ingin mendapatkan singkong dengan rasa yang kurang enak. Ditambah lagi, singkong yang warnanya kebiruan. Hindari sebisa mungkin, karena kemungkinan singkong itu sudah beracun atau rasanya sudah tidak enak lagi.

13 Resep Aneka Makanan dari Singkong

Singkong Saus Gula Merah

Sumber gambar sugar.halalmartindo.com

Resep pertama yang bisa Anda buat dari singkong adalah Singkong Saus Gula Merah. Makanan ini sangat pas untuk jadi camilan di sore hari saat santai dan Anda pasti suka rasanya. Cara membuatnya, siapkan 1 kg singkong berkualitas baik dan 2 buah gula merah ukuran sedang. Bahan lain yang diperlukan adalah air dan garam secukupnya juga 3 lembar daun pandan.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan, Anda hanya perlu merebus singkong dengan air, lalu tambahkan garam dan daun pandan. Teruskan merebus, sampai mendidih dan singkongnya menjadi empuk. Bila perlu, rebus sampai airnya tersisa setengah dari awal tadi. Lalu, masukkan gula merah yang sudah disisir atau dihaluskan. Aduk sampai gulanya merata. Setelah itu, singkong saus gula merah sudah siap disajikan.

Singkong Rebus Pandan Wangi

Sumber gambar cookpad.com

Ini camilan yang bisa menemani sore Anda dari bahan singkong. Cara membuatnya mudah, Anda hanya perlu singkong kualitas terbaik satu buah, kemudian gula dan garam secukupnya. Siapkan pewarna makanan yang alami warna hijau serta daun pandan secukupnya. Terakhir, siapkan air secukupnya.

Cara membuatnya, Anda tinggal mencampurkan air, gula, garam, pewarna dan daun pandan, lalu didihkan. Masukkan singkong, lalu rebus sampai empuk. Kemudian, setelah selesai, angkat dan sajikan dalam keadaan hangat.

Sale Singkong (Kolak Kental)

Sumber gambar vemale.com

Suka makan yang manis-manis? Ini salah satu resep yang direkomendasikan untuk Anda. Makanan ini disebut sale singkong yang merupakan kolak kental berbahan singkong yang rasanya manis dan nikmat.

Bahan-bahannya adalah 1/2 kg singkong kualitas tinggi, 200 m santan kental, 5 sendok makan gula pasir, 2 butir gula merah, 2 lembar daun pandan, 2 lembar daun salam, 1 liter air, garam secukupnya.

Cara membuatnya, yaitu singkong yang sudah dikupas dan dibersihkan dimasukkan ke dalam air yang sudah mendidih. Rebus sampai empuk. Masukkan gula dan garam dalam rebusan singkong. Ketika singkong sudah lembut, masukkan santan dan aduk merata dengan perlahan. Masukkan bahan-bahan lain dan aduk merata. Sajikan selagi hangat.

Singkong Ovomaltine Keju

Sumber gambar tokopedia.net

Ini salah satu sajian yang manis dan bisa digunakan untuk camilan saat santai. Siapkan 200 gram singkong dan kukus sampai matang. Bahan lainnya adalah selai Ovomaltine, keju, dan minyak goreng.

Cara membuatnya, setelah dikukus, potong singkong lalu goreng. Setelah itu, angkat dan aduk dengan selai cokelat. Lalu, letakkan di piring atau wadah lainnya, taburkan keju di atasnya. Mudah, bukan?

Kroket Singkong

Sumber gambar vemale.com

Berikutnya, yang akan dibuat adalah kroket, namun dari bahan dasar singkong dengan isi daging ayam. Bahan-bahannya adalah 1 kg singkong kukus lalu haluskan, 100 gram margarin, 100 gram keju cheedar yang sudah diparut, 1 butir telur, 4 sendok makan terigu.

Bahan isi terdiri dari 300 gram daging ayam yang sudah dicincang, 2 buah wortel (bisa diganti kentang) potong dadu, 1 batang daun bawang kemudian iris-iris, 6 buah cabai merah kemudian haluskan, 5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 1/4 buah bombai potong kecil-kecil, 1/2 sdt merica bubuk, 1/2 sdt garam halus, 1/2 sdt gula pasir, 1/2 sdt kaldu bubuk rasa ayam, 500 ml air, dan minyak secukupnya.

Bahan celupan terdiri dari 2 butir telur yang dikocok lepas dan tepung panir secukupnya.

Cara membuatnya yaitu tumis bawang bombai sampai harum, lalu tambahkan bumbu halus. Masukkan daging, wortel/kentang, lalu aduk merata, masukkan lagi air, garam, gula, kaldu ayam, dan aduk terus sampai ayam dan wortel atau kentang matang benar. Masukkan daun bawang, dan aduk lagi.

Agar lebih kental, tambahkan cairan terigu. Lalu angkat dan sisihkan. Bahan utama dicampurkan menjadi satu, lalu uleni sampai merata. Kemudian, bentuk menjadi bulat-bulat, lalu pipihkan. Masukkan bahan isian yang sudah dimasak, lalu tutup adonan dan bentuk sesuai selera.

Setelah berbentuk dan tertutup, gulingkan ke kocokan telur, gulingkan ke tepung panir, lalu goreng. Lakukan berulang sampai semua bulatan tersebut habis. Goreng hingga matang, lalu sajikan selagi hangat.

Singkong Thailand Tabur Mutiara

Sumber gambar img-global.cpcdn.com

Resep selanjutnya adalah Singkong Thailand Tabur Mutiara. Rasanya unik dan tentunya bisa menjadi camilan yang pas saat kumpul keluarga. Anda hanya perlu menyiapkan 500 gram singkong, 6 sendok makan sagu mutiara, 2 sendok makan tepung maizena, 100 ml air, 1/4 sendok teh garam untuk bahan saus, 1 sendok teh garam untuk rebusan singkong, santan instan 1 kotak, 2 sendok makan gula pasir, 200 ml air untuk saus, dan air lainnya secukupnya untuk merebus singkong dan mutiara, terakhir 1 lembar daun pandan.

Cara membuatnya, pertama-tama rebus singkong yang sudah dikupas dan dicuci bersih, lalu masukkan gula dan garam dalam rebusan. Rebus selama 45 menit, sehingga singkong benar-benar empuk. Angkat, lalu sisihkan. Lalu, siapkan air lagi untuk merebus mutiara yang sudah direndam sebelumnya. Rebus selama 10 menit. Angkat lalu sisihkan.

Campurkan tepung maizena dengan air, juga siapkan bahan lainnya, seperti air, gula, garam, pandan, santan dan sebagainya. Didihkan sambil diaduk merata, agar santan tidak pecah. Terakhir, masukkan singkong dan mutiara ke dalam satu wadah, lalu tuangkan sausnya. Sajikan selagi hangat.

Gethuk Singkong

Sumber gambar cookpad.com

Ini makanan rakyat yang bisa buat ketagihan, gethuk! Cara membuatnya adalah siapkan bahan antara lain 1 kg singkong, 1/4 kg gula pasir, 1/2 sendok teh garam, pewarna makanan yang alami, dan kelapa parut.

Kukus dulu singkong, lalu haluskan saat masih panas. Kemudian, singkong yang sudah dihaluskan tersebut dicampur dengan gula, garam dan pewarna. Kemudian, bentuk adonan sesuai keinginan Anda. Terakhir, tambahkan parutan kelapa di atasnya, lalu sajikan.

Jenang Grendul Singkong Kanji

Sumber gambar surakarta.go.id

Jenang Grendul Singkong Kanji adalah makanan yang bisa Anda buat dengan hanya 1 kerat kecil singkong saja. Siapkan 1 kerat singkong yang diparut halus, 5 sdm tepung kanji, 2 butir gula jawa, 1 liter air, 1 daun pandan, garam secukupnya, 1/4 buah kelapa parut, dan 1 gelas air.

Pertama, gula merah direbus sampai mendidih dan larut lalu saring. Kemudian, singkong yang sudah diparut, diberi tepung kanji, lalu cetak bulat-bulat. Masukkan daun pandan ke dalam air gula merah, juga masukkan garam dan singkong tadi, didihkan kembali.

Ambil lagi sisa tepung kanji, lalu masak sampai kental. Rebus santan dan tambahkan dengan segelas air, lalu masak sampai mendidih. Sekarang, sajikan siraman kental santan yang dicampurkan dengan grendul singkong dan kuah gula merah tadi.

Bubur Singkong

Sumber gambar cookpad.com

Selanjutnya, Anda bisa membuat bubur singkong. Cara membuatnya cukup mudah, Anda hanya perlu mempersiapkan 500 gram singkong, 400 cc santan, 150 gram gula pasir, 1/2 sendok teh garam dan 1 liter air.

Singkong diparut terlebih dulu, lalu masukkan dalam panci yang berisi air. Masukkan juga garam dan gula, lalu aduk merata. Nantinya, adonan tersebut akan sangat kental dan lengket yang berarti sudah masak. Masukkan ke dalam mangkuk, lalu tuangkan santan. Sajikan selagi hangat.

Keripik Singkong Balado

Sumber gambar www.agrowindo.com

Siapa yang tidak kenal dengan keripik singkong? Keripik ini mudah ditemukan di mana saja, baik di kantin sekolah sampai di Mall sekalipun. Yah, makanan asli Indonesia ini memang ternama dan nikmat rasanya.

Anda ingin membuatnya? Siapkan 1 kg singkong, 100 gram cabai merah, 6 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, cuka, gula dan garam secukupnya, juga minyak goreng secukupnya.

Cara membuatnya, singkong iris tipis-tipis. Lalu, goreng sampai renyah dan berwarna cokelat. Selanjutnya, haluskan cabai, bawang, dan garam lalu tumis dengan minyak goreng secukupnya. Tambahkan gula, lalu aduk lagi sampai kental.

Langkah terakhir, masukkan keripik singkong yang sudah digoreng ke dalam cabai tersebut, lalu aduk merata. Sajikan.

Klepon Singkong

Sumber gambar www.menuresepkue.com

Satu lagi makanan yang bisa jadi teman santai Anda adalah klepon singkong. Nah, BP-Guide kali ini akan memberikan resep membuat klepon singkong warna-warni untuk Anda.

Cara membuatnya, siapkan 500 gram singkong yang sudah diparut, 1/2 butir kelapa parut, 250 gram gula merah yang sudah disisir halus, 1/2 sendok teh garam, 1/2 sendok teh vanili bubuk, dan pewarna makanan yang Anda sukai.

Cara membuatnya, singkong yang sudah diparut disaring dulu agar airnya berkurang, lalu masukkan dalam satu wadah. Campurkan dengan garam dan vanili bubuk, lalu aduk merata. Nah, bagi adonan menjadi tiga, lalu berikan pewarna berbeda di setiap wadah. Adonan tadi dipipihkan lalu masukkan gula merah ke dalamnya dan bentuk bulat.

Sekarang, siapkan panci, lalu masukkan air dan didihkan. Masukkan adonan ke dalamnya. Jika bola singkong yang Anda buat mengapung, itu pertanda sudah masak.

Langkah selanjutnya, siapkan kelapa parut dengan garam, lalu kukus. Setelah itu, bola singkong yang sudah masak, gulingkan dengan kelapa parut kukus, lalu letakkan di wadah penyajian. Segera sajikan.

Kue Talam Singkong

Kue talam berbahan singkong menjadi salah satu makanan yang perlu dipertimbangkan untuk santai. Kue ini juga pas untuk menjadi pelengkap acara santai Anda dengan keluarga, bersama teh atau kopi tentunya.

Cara membuatnya, siapkan 650 gram singkong, lalu parut. Kemudian, siapkan lagi 1 gelas santan, 110 gram gula merah, 3 sendok makan gula pasir, 1/2 sendok teh garam halus, 1 lembar daun pandan dan 1 sendok makan tepung tapioka.

Untuk bahan lapisan putihnya, siapkan 500 ml santan, 1 sendok teh garam, 1 lembar daun pandan, 4 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan tepung tapioka.

Cara membuatnya, siapkan singkong parut yang sudah diperas airnya. Kemudian, masukkan santan dan gula, serta garam dan daun pandan ke panci, lalu panaskan. Selanjutnya, saring dan campurkan dengan singkong parut. Selanjutnya, tepung tapioka dicampurkan dengan air, tambahkan juga dalam adonan. Aduk merata sampai tercampur, lalu kukus dengan cetakan yang sudah dioles minyak tipis.

Sambil menunggu adonan singkong dikukus sampai matang, buat lapisan yang putihnya. Siapkan santan, garam, daun pandan, ke dalam panci lalu didihkan. Setelah itu, buang daun pandannnya, lalu masukkan tepung beras dan tapioka serta sedikit air, aduk sampai merata.

Nah, setelah kukusan yang pertama sudah matang. Angkat, dan giliran adonan putih lagi yang dikukus. Seteelah adonan yang putih juga sudah matang, letakkan di atas lapisan sebelumnya, lalu potong dan sajikan.

Kue Sawut Singkong

Terakhir ada resep sawut singkong. Rasanya juga nikmat loh. Ingin mencoba membuatnya? Pertama, siapkan bahan, antara lain 1 kg singkong, 250 gram gula merah, 100 gram gula pasir, 1 butir kelapa, dan garam sejumput.

Pertama, singkong yang sudah dikupas dan dibersihkan diparut kasar. Kemudian, iris kasar gula merah. Campurkan parutan singkong dengan gula merah, gula pasir, dan garam dalam satu cetakan, lalu kukus selama 30 menit. Terakhir, kukus pula parutan kelapa yang sudah dicampur garam selama 10 menit.

Nah, campurkan sawut dengan parutan kelapa selagi masih hangat.

From our editorial team

Olahan Makanan dari Singkong Begitu Beragam

Ternyata ada begitu banyak makanan yang diolah dengan bahan dasar singkong. Jenis umbi yang luar biasa bergizi ini dapat dinikmati dengan bentuk wujud lain yang tidak kalah nikmat. Belum lagi beragam jenis makanan tradisional Indonesia yang berasal dari singkong. Semakin melengkapi kuliner khas dengan bahan dasar ketela ini.