5 Rekomendasi Tempat Wisata dan 11 Oleh-oleh Khas Kota Batu yang Tidak Boleh Dilewatkan

5 Rekomendasi Tempat Wisata dan 11 Oleh-oleh Khas Kota Batu yang Tidak Boleh Dilewatkan

Berkunjung ke Jawa Timur tentu identik dengan Batu, kota wisata di Jawa Timur. Banyaknya destinasi wisata di Batu tak pelak membuat kota yang sejuk ini jadi incaran para wisatawan. Nah jika sedang atau akan mengunjungi Batu, BP-Guide punya rekomendasi oleh-oleh Batu yang sayang jika dilewatkan.

Batu, Kota Wisata Terlengkap Se-Jawa Timur

Sumber gambar www.initempatwisata.com

Dahulunya kota Batu merupakan bagian dari Kabupaten Malang. Namun pada Maret 1993 kota Batu menjadi kota administratif dan ditetapkan menjadi kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang pada Oktober 2001. Kota Batu dikenal memiliki hawa sejuk khas pegunungan serta dikenal sebagai penghasil apel. Sudahkah Anda mengunjungi kota penuh wisata ini?

Kota Batu terletak di lereng dua gunung besar yakni Arjuna dan Welirang. Kota ini berhawa sejuk dan segar karena dikelilingi 8 gunung yang menjulang. Berlokasi di kaki lereng gunung dengan ketinggian 700 hingga 1700 DPL membuat kota ini nyaman untuk dikunjungi dan disinggahi.

Kota ini juga dikenal memiliki sejumlah wisata yang sangat menarik loh. Bahkan tergolong memiliki wisata paling lengkap se-Jawa Timur. Yuk segera jelajah kota Batu yang penuh pesona ini bersama BP Guide.

Objek Wisata Favorit di Kota Batu

Kusuma Waterpark

Sumber gambar www.mesikapw.com

Objek wisata pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Kusuma Waterpark. Dulu objek ini sempat jadi primadona sebelum akhirnya Jatim Park Group membuka sejumlah tempat wisata yang menarik lainnya. Kusuma Agrowisata iin begitu dikenal dan masih terus berkemabang hingga saat ini.

Yang populer dari wisata ini adalah wisata petik buahnya. Ada juga Kusuma Agrowisata Waterpark yang bisa dikunjungi disini. Waterparknya modern dan memiliki fasilitas lengkap. Ada wahana dan kolam yang diberi nama seperti buah-buahan.

Berdiri apda ketinggian 1.100 mdpl wisata ini berada di kaki gunung Panderman. Masuk ke kawasan ini bisa membeli tiket Rp 35.000 per orang.

Batu Secret Zoo

Sumber gambar www.17sekians.com

Batu Secret Zoo mempersembahkan 9 zona yang menarik. Ini merupakan tempat wisata sekaligus kebun binatang populer yang ada di kota Batu. Berdiri di area seluas 14 hektar kawasan ini memiliki beraneka binatang dari kawasan Asia dan Afrika.

Kebun binatang ini terawat dan bersih sehingga pengunjung juga nyaman. Ada juga berbagai wahana yang mulai dari Animal Show hingga Fantasy Land dan kolam renang anak. Aneka wahana ini bisa dinikmati tanpa harus membayar lagi.

Lokasi Batu Secret Zoo ini ada di Jalan Oro-Oro Ombo No. 9 kota Batu Malang. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga pukul 6 petang. Untuk tiketnya adalah Rp 75.000 untuk weekday dan Rp 105.000 untuk weekend.

Museum Angkut

Sumber gambar travelspromo.com

Ini dia tempat wisata yang paling digemari di kota Batu, Museum Angkut. Baru dibuka 2014 lalu namun kepopulerannya tak bisa diremehkan. Unik dan berbeda dari museum lainnya loh. Memiliki lebih dari 300 alat angkut klasik sampai yang modern dari berbagai negara di seluruh belahan dunia.

Museum ini konsepnya terbilang istimewa loh karena memiliki 16 zona sesuai kota ternama di dunia. Mulai dari London hingga Gangster Town sampai Hollywood juga. Ada pula Runway 27 dimana ada koleksi pesawat yang dipamerkan. Seperti Boeing 737-200 dengan interior mewah selayaknya pesawat kepresidenan. Anda bisa berfoto dalam kabin pesawat dan bisa juga jadi pilot dengan Flight Simulator di dalam kokpit pesawat ini.

Menariknya lagi ada Pasar Apung Nusantara loh disini dengan aneka masakan tradisional yang dijajakan. Yuk segera ke jalan Terusan Sultan Agung nomor 2 Ngaglik Batu. Untuk masuk kesini Anda perlu membayar Rp 100.000. Tempat ini buka mulai jam 11 pagi hingga tutup jam 7 malam.

Taman Kelinci dan Rumah Hobbit

Sumber gambar www.liputan6.com

Kota Batu Malang juga memiliki rumah Hobbit layaknya yang ada dalam film Lord of the Ring loh. Nama lokasinya adalah Taman Kelinci alias Rabbit Field. Tempatnya ada di daerah Pujon di bukit Paralayang Gunung banyak.

Rumah-rumah hobbit dibangun pada lubang tanah yang berundak sehingga makin mirip dengan aslinya. Selain berfoto di rumah Hobbit, para pengunjung juga bisa menikmati indahnya taman kelinci yang memiliki latar Gunung Arjuno dan Gunung Kawi. Memang tempatnya belum jadi 100 persen namun sudah banyak sekali pengunjungnya terutama saat liburan.

Anak-anak bebas bermain dengan kelinci yang dilepas di taman lapang hijau ini. Sudah ada mushola hingga toilet dan fasilitas lain di sini sehingga pengunjung betah berlama-lama di sini. Untuk masuk ke sini tiketnya dihargai Rp 10.000 dengan jam buka dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam.

Jatim Park 3

Sumber gambar blog.reservasi.com

Setelah sukses dengan kedua taman rekreasinya yakni Jatim Park 1 dan 2 kini Jatim Park Group kembali menghadirkan taman rekreasi unik di tengah keluarga. Ada Jatim Park 3 yang tak kalah keren dari pendahulunya. Wisata ini mengusung konsep edukasi seputar Dinosaurus dan jaman prasejarah.

Memasuki kawasan seluas 6 hektar ini pastinya Anda bakal terkagum dengan aneka patung Dinosaurus yang besar layaknya ukuran sesungguhnya. Pas banget untuk Anda yang hobi berselfie deh. Ada juga aneka wahana lain seperti Aquarium 4 dimensi hingga Dino Mall dan The Rimba. Nikmati juga indahnya Rumah Kaca dan juga Music Gallery hingga gedung Teather yang indah disini.

Lokasinya ada di jalan Ir. Soekarno 144 Beji Kota Batu. Meski baru dibuka wisata ini ramai didatangi pengunjung. Untuk masuk ke kawasan wisata Anda butuh mengeluarkan uang tiap masuk ke suatu area. Misalnya saja untuk ke area Dino Park Rp 100.000 lalu ke galeri musik Rp 50.000. Untuk masuk ke Infinite World butuh Rp 30.000 dan Funtech Rp 30.000. Sedangkan, untuk masuk ke Jurrasic Action harus bayar Rp 25.000 dan Rp 20.000 untuk House of Zombie.

Pusat Oleh-oleh di Batu

Toko Kayana Oleh-oleh

Sumber gambar dilokasi.com

Ketika mengunjungi kota Batu pasti tak puas hanya dengan mengunjungi wisatanya. Kala pulang harus bawa oleh-oleh dong ya. Nah Anda bisa menuju jalan WR Supratman 52 yang berada di sekitaran alun-alun kota Batu. Ada toko Kayana yang menjual beragam oleh-oleh khas dari Batu.

Beragam barang dan makanan yang dijual disini dibanderol dengan harga yang terjangkau sehingga tak perlu risau membelinya. Memiliki lahan parkir luas tempat ini juga menyediakan resto dan juga toilet. Pengunjung makin betah dengan adanya pemandangan alun-alun yang indah.

Untuk restorannya sendiri juga didukung oleh beberapa pengusaha catering yang berpengalaman dalam melayani rombongan wisata. Maka dari itu tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat mampir berburu souvenir.

Mahajaya Oleh-oleh

Sumber gambar www.tripadvisor.co.uk

Mau tempat beli buah tangan yang lengkap? Anda bisa kunjungi Jalan Mojorejo 63, Batu, karena ada Mahajaya Oleh-oleh. Toko ini menjual lengkap aneka suvenir khas Batu selain itu ada juga beragam batik yang menarik. Untuk batiknya ada dari Pekalongan hingga Malang dan Batu serta Madura.

Dulunya mereka membuka usaha sebagai supplier batik namun kini berubah dan diperluas bisnisnya menjadi pusat oleh-oleh yang sekaligus bisa melayani rombongan wisata di kota Malang dan Batu. Disini Anda bisa mendapa aneka keripik hingga dodol buah. Ada juga sari buah khas Batu hingga aneka batik dan kerajinan yang dijual disini.

HC Putra Pusat Oleh-oleh

Sumber gambar www.kompasiana.com

Jika habis berkunjung ke BNS atau ke Eco Green Park Anda bisa berkunjung ke HC Putra Pusat Oleh-oleh. Tempat ini menyuguhkan aneka makanan nikmat untuk bersantap sekaligus jadi pusat membeli oleh-oleh khas kota Batu. Lokasinya ada di jalan Raya Oro-oro Omb di Temas, Batu.

Tempatnya tepat sebelum Jatim Park 2 dan sangat strategis dengan parkir luas disertai mushola. Rumah makan ini berlantai dua sehingga bisa muat hingga 800 orang. Selain itu ada juga 100 kamar mandi dengan air hangat.

Istana Oleh-oleh Brawijaya

Ketika sedang mengunjungi Batu jangan lupa pulangnya mampir ke Pusat Oleh-oleh Brawijaya ya. Ada di jalan Diponegoro 86, Batu berdirilah Istana Oleh-oleh Brawijaya. Tempat ini menyediakan aneka produk khas unggulan. Dari apel hingga keripik dan minuman sari buah semuanya tersedia disini.

Menariknya selain aneka olahan buah hingga buah segarnya, Anda juga bisa menikmati fasilitas lain yang disediakan. Ada mushola dan cafe serta tempat parkir luas. Selain itu ada juga 60 kamar mandi dengan air panas dan dingin.

Pusat Oleh-oleh De Duwa

Sumber gambar www.jatimtimes.com

Lokasi tempat yang satu ini ada di jalan Diponegoro 74, Batu. Ada De Duwa yang memiliki slogan Penggungah Selera Memanjakan Rasa. Ada aneka oleh-oleh yang bisa dibeli disini. Mulai dari suvenir khas Batu hingga minuman sari buah dan dodol. Anda juga bisa dapat aneka keripik dan juga buah segarnya juga loh.

Aneka jajanan unik anak tahun 90an pun bisa didapati di tempat ini. Selain itu ada juga pernik menarik hingga jajanan terkini. Dengan lahan parkir luas, tempat ini menyediakan toilet dan kamar mandi air hangat.

De Duwa juga memiliki resto selain villa dan panggung. Cocok sebagai tempat peristirahatan sekaligus tempat berburu oleh-oleh menarik. Tempat ini sering juga dipakai sebagai pertunjukkan live musik dan kegiatan seminar loh.

Pilihan Aneka Camilan Khas Batu untuk Oleh-oleh

Buah Apel dan Olahannya

Sumber gambar www.wisataku.id

Malang memang paling identik dengan buah apelnya. Di Malang ada dua macam apel yakni manalagi yang berwarna hijau dengan rasa manis dan segar. Satunya lagi adalah apel ana dengan bentuk sedikit lonjong dengan semburat warna merah dan rasa sedikit asam.

Anda bisa membeli buah apel Malang di kota Batu di pusat oleh-olehnya. Selain itu bisa juga Anda pilih aneka olahannya seperti pastry buah ala Malang Strudel dengan varian rasa. Bisa juga Anda memilih jenang atau dodol buah. Ada juga sari buah apel yang segar dan terdiri dari beragam merek yang tinggal Anda pilih.

Selain itu ada juga Pia apel yang bisa jadi pilihan Anda. Untuk harga oleh-olehnya bisa dibeli mulai dari harga Rp 30.000.

Aneka Keripik Buah

Sumber gambar oleholeh.top

Kota Batu memang memiliki tanah yang subur maka tak heran jika buah apel tumbuh dengan subur disini. Produksi apel dan buah lainnya yang melimpahmembuat masyarakat Batu kreatif dan berusaha mengolah aneka buah menjadi keripik.

Ini dilakukan sebagai upaya memberdayakan hasil perkebunan. Buah diolah menjadi produk makanan dengan nilai jual. Keripik aneka buah ini cukup banyak diminati loh. Bisa juga untuk Anda jadikan oleh-oleh dari kota Batu. Produk keripik buah tersedia dalam banyak merek dagang. Anda tinggal pilih mana yang disuka dan bisa dibeli di pusat oleh-oleh Batu. Untuk harga keripik mulai dari Rp 15.000 tergantung dari berat kemasannya.

Susu dan Olahannya

Selain buah dan keripik, jangan lupa nikmati juga susu KUD khas dari Batu. Ya kota dingin ini juga memproduksi susu serta beragam olahannya loh. Susu KUD dari kota Batu ini dudah dikemas dan diberi aneka rasa yang nikmat loh. Untuk produk olahan susunya ada yoghurt yang dikemas juga dalam aneka rasa.

Segera saja datang ke KUD Batu atau ke Slimming Coffee n Yoghurt dan bisa juga ke Milk Story. Tempat tersebut menyediakan aneka polahan susu dari yoghurt hingga permen susu loh.

Anda bisa juga menuju Depot Susu Sapi Ganesha yang ada di depan alun-alun kota Batu yang sudah berdiri sejak tahun 1986. Aneka produk susu dan olahannya bisa dibeli dari mulai harga Rp 2.000 hingga Rp 15.000.

Buah Stroberi

Sumber gambar selamethariadi.com

Silakan berkunjung ke the Highland Pujon Strawberry untuk memetik buah stroberi secara langsung. Ini merupakan tempat wisata petik buah yang populer di kota Batu.

Dengan membayar sebesar Rp 55.000 maka Anda bisa menikmati segelas jus stroberi segar dan pastinya bebas menimati buah stroberi yang dipetik langsung dari pohonnya.

Anda bisa juga membawa pulang buah stroberinya dengan membayar Rp 15.000 untuk setiap kilogramnya. Di kebun ini terdapat 3 jenis stroberi dari jenis Cherly hingga California dan Holibert.

Kebun ini berada di ketinggian 3500 mdpl pada lahan seluas 2000 meter persegi. Terletak di Pandesari Pujon Malang, tempat ini bisa dikujungi dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

Kue Ladu

Sumber gambar travel.radarmalang.id

Nah yang hobi makan kue kering yuk coba kue ladu khas Batu ya. Kue ini sangat direkomendasikan loh karena merupakan kue tradisional dari Batu. Kendati begitu kue ini hampir tergerus loh eksistensinya karena bahan pembuatannya makin lama makin mahal harganya.

Kue kering ini diolah dari beras ketan dengan memiliki rasa gurih bercampur manis. Bertekstur lembut dan lumer kala digigit kue ini biasanya ditemukan kala hari raya Lebaran tiba. Proses pembuatannya lama dan butuh 4 hari untuk membuatnya. Kue Ladu ini bisa ditemukan di dusun Kandangan, desa Gunungsari, kota Batu.

Kue ini bisa tahan hingga 6 bulan lamanya sat disimpan pada wadah tertutup. Bisa dibeli di pusat oleh-oleh pada harga Rp 32.000 untuk 1,2 kilogram.

Kue Pia

Sumber gambar brawijayaoleholeh.com

Kue pia mungkin memang bisa didapatkan dimana saja. Namun Pia Brawijaya khas dari Batu ini wajib dicoba loh. Hadir dalam aneka rasa dari rasa durian hingga rasa keju, pianya jelas sangat nikmat. Banyak dicari wisatawan dari luar daerah Jawa Timur.

Yang paling best seller adalah varian durian dengan harga Rp 66.000 dan varian original isi kacang hijau dengan harga Rp 35.000. Anda tak perlu khawatir karena isiannya diproses dari buah asli dan bukan dari perasa buatan. Pia ini tekstur kulitnya kering dan renyah namun bagian dalamnya sangat lembut.

Anda juga wajib coba nih varian rasa lain yang tak klah enak seperti rasa cokelat hingga rasa kopi dan keju. Produk pia Brawijaya dibuat dengan tanpa bahan pengawet maka pia hanya bisa bertahan dalam waktu 2 minggu saja. Anda bisa ke jalan Semeru 25, Batu, untuk membeli pia ini mulai dari harga Rp 35.000.

Suvenir Menarik Khas Batu

T-shirt Mahajaya

Sumber gambar www.facebook.com

Saat pulang dari berlibur di Batu pastinya Anda wajib mampir ke pusat oleh-oleh ya. Selain memborong aneka makanan khas Anda juga bisa nih beli suvenir menarik. Silahkan ke T Shirt Mahajaya yang ada di jalan Diponegoro 8 Batu.

Tempat ini unik karena menyediakan kaos khas Batu yang diproduksi serta didesain sendiri. Kaosnya pun tak kalah unik dan pastinya tak akan ditemui di tempat lain. Tempat ini dilengkapi mushola dan tempat parkir serta toilet juga. Untuk membeli kaos disini Anda butuh menyiapkan dana mulai Rp 30.000 hingga Rp 75.000.

Kerajinan Patung

Sumber gambar www.medanbisnisdaily.com

Silahkan menuju ke jalan Mertojoyo 130 yang ada di Dadaprejo Junrejo Batu untuk mendapat aneka suvenir unik lainnya. Disana Anda akan mendapati kerajinan patung yang menarik. Kerajinan patung merupakan indutri lokal dari Batu yang banyak digemari oleh wisatawan.

Batu alam yang dipakai sebagai bahan kerajinan mudah didapati di Batu dan sangat melimpah. Ada yang terbuat dari batu lama alias batu vulkanik. Biasanya kerajinan batu alam ini teksturnya kasar dengan warna abu gelap.

Lainnya lagi ada juga kerajinan dengan bahan batu onyx. Kerajinan dari batu onyx kesannya lebih elegan dan juga klasik serta kesannya lebih halus. Untuk harganya beragam dan tergantung dari tingkat kesulitan kerajinan.

Gerabah Cobek

Sumber gambar www.ainiaziz.com

Cobek batu pastinya dibutuhkan beberapa rumah tangga terutama mereka yang gemar makan dengan menggunakan sambal uleg. Nah Anda juga bisa beli cobek batu dari Batu sebagai suvenir nih.

Masyarakat desan Junrejo Bumiaji Batu dikenal sebagai pengrajin cobek Batu sejak dulu. Dan mereka menjual hasil karyanya sebagai suvenir untuk dibeli para wisatawan dari luar kota.

Kerajinan cobek batu pahatan ini dibuat dengan cara memahat langsung batunya. Umumnya batu diperoleh dari batu sungai yang dibeli dari Ngantang yang masih berada di Kabupaten Malang.

Lainnya ada juga cobek batu bubut yang dibuat dengan memakai mesin. Untuk cobek batu pahatan harganya Rp 10.000 sampai Rp 80.000. Sementara untuk cobek batu bubut harganya mulai dari Rp 8.000 sampai Rp 75.000.

Kerajinan Kayu Wijaya

Sumber gambar katadata.co.id

Selain kerajinan batu Anda juga bisa mendapati kerajinan kayu nih di Batu. Lokasinya masih di desa Junrejo Beji di kota Batu. Produk kerajinan kayu Wijaya ini umumnya berupa hiasan rumah tangga. Ada juga yang berupa ukiran kayu hingga aneka peralatan rumah tangga

Pusat kerajinan kayunya yakni Handicraft Kayu Wijaya bisa ditemui di desa Mojorejo Junrejo. Kerajinan kayu mereka sudah berhasil menembus pasar Korea dan Jepang loh. Segera saja ke pusat oleh-oleh Batu untuk memperoleh produk kerajinan kayu atau bisa juga langsung mendatangi tempat produksinya ya.

Kerajinan Logam Junrejo

Sumber gambar www.batutimes.com

Nah suvenir dari kota Batu bukan hanya sebatas kaos dan makanan saja ya. Ada juga nih kerajinan logam dari Junrejo Batu. Kerajinan yang ditawarkan berupa gong dan gamelan serta beragam alat pertanian.

Salah satu produsen kerajinan logan di desa Junrejo adalah Munaji. Pria berusia 81 tahun ini sudah lama memproduksi aneka kerajinan logam dari aneka alat musik Jawa sampai aneka alat pertanian. Bahkan ia mengaku produknya sudah diekspor hingga mancanegara loh. Untuk harganya bervariasi dari Rp 6.000 sampai termahal Rp 1,5 juta.

From our editorial team

Selalu Mengecek Tanggal Kedaluwarsa untuk Oleh-oleh Makanan

Oleh-oleh Batu yang seringkali berupa makanan membuat wisatawan harus sedikit waspada kapan waktu kedaluwarsanya. Hal ini mungkin tidak begitu mengganggu untuk jenis makanan kering namun jika membeli makanan basah Anda harus benar-benar memperhatikannya. Jangan sampai Anda memberikan oleh-oleh makanan yang sudah basi, ya.