10 Rekomendasi Beras Merah Organik untuk Menunjang Diet Sehat (2021)

10 Rekomendasi Beras Merah Organik untuk Menunjang Diet Sehat (2021)

Sebagian orang telah beralih dari beras putih ke beras merah yang dinilai lebih baik untuk kesehatan. Banyaknya produk beras merah di pasaran tentu membuat Anda perlu selektif dalam memilihnya. Berikut adalah 10 rekomendasi beras merah organik yang diproduksi bebas bahan kimia untuk menunjang kesehatan Anda.

Mengenal Perbedaan Beras Merah Organik dan Biasa

Beras telah menjadi salah satu komoditas pangan pokok bagi masyarakat di Indonesia. Semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan membuat sebagian orang memilih untuk beralih dari beras putih ke beras merah. Beras merah dinilai lebih unggul karena proses pengolahannya yang lebih singkat, sehingga kandungan nutrisinya tidak banyak terbuang. Untuk mendapatkan beras merah yang lebih sehat, tentu beras organik lebih disarankan.

Beras organik adalah beras yang dihasilkan melalui budidaya organik tanpa pupuk dan pestisida kimia. Beras tersebut kemudian mendapatkan sertifikasi oleh badan independen. Apabila memenuhi kriteria tersebut, maka beras merah dapat disebut sebagai komoditas organik. Proses pemeliharaan beras merah organik tentu juga menggunakan pupuk dan pestisida organik yang bebas dari bahan kimia berbahaya.

Manfaat Beras Merah Organik bagi Kesehatan

Melancarkan Pencernaan

Bukan rahasia lagi bahwa beras merah organik memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Manfaat yang pertama adalah mampu melancarkan pencernaan. Beras merah organik mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang terbilang tinggi. Kandungan tersebut yang berperan dalam melancarkan pencernaan.

Serat dan karbohidrat mampu menjaga bakteri baik di usus, sehingga proses pencernaan makanan dapat berjalan dengan lancar. Bagi Anda yang kerap mengalami sembelit, beralih ke beras merah mungkin bisa menjadi salah satu solusinya. Beras merah juga bisa dikonsumsi untuk mencegah terjadinya sembelit.

Mengendalikan Berat Badan

Jika dibandingkan dengan beras putih yang umum dikonsumsi, beras merah memang mengandung serat, karbohidrat kompleks, hingga protein yang lebih tinggi. Kandungan-kandungan tersebut memiliki peran penting dalam mengontrol berat badan. Dengan demikian, beras merah organik sangat cocok untuk Anda yang ingin menjalani prosedur diet.

Selain melancarkan pencernaan, kandungan-kandungan nutrisi tersebut akan membuat Anda mersa kenyang lebih lama. Beberapa riset bahkan menunjukkan, bahwa orang yang mengonsumsi beras merah secara rutin akan memiliki berat badan yang lebih terkontrol. Tentu hal ini membuat beras merah organik sangat baik dikonsumsi untuk mencegah obesitas.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Beras putih adalah salah satu komoditas pokok yang memiliki indeks glikemik tinggi. Dengan demikian, konsumsi nasi putih dapat meningkatkan kadar gula darah. Gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol dapat menyebabkan terjadinya resistensi insulin, sehingga memicu penyakit diabetes.

Untuk mencegah tingginya kadar gula darah, maka Anda dapat mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang lebih rendah. Salah satu solusinya adalah dengan beralih dari beras putih ke beras merah. Memiliki indeks glikemik yang rendah, beras merah mampu mengurangi risiko terjadinya diabetes tipe 2.

Mencegah Penyakit Kardiovaskuler

Tak hanya kaya serat, beras juga mengandung kalium, magnesium, antioksidan, dan zat lignan. Kandungan ini dapat mencegah terjadinya penumpukan kolesterol atau lemak jahat dalam darah. Selain itu, kandungan tersebut juga mampu mengontrol tekanan darah.

Penyumbatan pada pembuluh darah arau aterosklerosis juga dapat dicegah. Efek tersebut membuat beras merah organik lebih baik dikonsumsi untuk mencegah berbagai risiko penyakit kardiovaskuler. Sehingga, jantung dan pembuluh darah menjadi lebih sehat.

10 Rekomendasi Beras Merah Organik

Lingkar Organik Beras Merah

Rekomendasi beras merah organik yang pertama adalah Lingkar Organik Beras Merah. Produk keluaran Lingkara Organik ini diolah secara alami dan sehat tanpa adanya bahan sintetis. Tak hanya itu, beras merah organik juga diolah tanpa pengharum, pengental, proses rafinasi, maupun proses fortifikasi.

Lingkar Organik Beras Merah juga merupakan produk non-GMO dan terjamin tanpa pemanis, pengawet, pewarna, dan perasa. Dengan demikian, produk ini memiliki rasa yang alami. Tak hanya itu, beras merah ini diolah secara organik, sehingga lebih aman dikonsumsi.

Harga Rp. 24.900-25.000

Panino Beras Merah Organik

Produk berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah Panino Beras Merah Organik. Beras merah organik ini baik untuk diet, penderita diabetes, dan mampu menjaga kesehatan pencernaan. Tak hanya itu, produk ini juga merupakan sumber antioksidan alami, mampu menurunkan kolesterol pada darah, serta menjaga kesehatan tulang.

Panino Beras Merah Organik diproduksi bebas dari zat kimia dan pestisida. Produk ini juga tidak mengandung bahan pengawet dan pewarna, sehingga lebih aman dikonsumsi. Beras merah ini juga telah memiliki sertifikasi organik, sehingga tidak perlu dikhawatirkan lagi kualitasnya. Produk ini juga dikemas dengan kemasan vakum yang rapi dan higienis.

Harga Rp. 41.888-100.000

Nusa Organic Rice Beras Merah Pecah Kulit

Anda yang tengah mencari beras merah organik pecah kulit, Nusa Organic Rice Beras Merah Pecah Kulit bisa menjadi salah satu pilihan. Produk ini merupakan beras merah pecah kulit yang saat dimasak memerlukan air lebih banyak, atau direndam terlebih dahulu sebelum dimasak. Beras merah organik ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Nusa Organic Rice Beras Merah Pecah Kulit cocok untuk Anda yang sedang menjalani prosedur diet. Beras merah organik ini juga mampu mengatasi kelebihan kolesterol, mencegah penyakit jantung, dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Setiap produk Nusa Organic Rice Beras Merah Pecah Kulit selalu dikirim dalam keadaan vakum, sehingga terjaga kualitasnya.

Harga Rp. 24.001-35.000

Javara Organic Red Rice

Beras merah organik berikutnya yang masuk ke dalam daftar rekomendasi adalah Javara Organic Red Rice. Produk ini merupakan beras Andel Abang yang merupakan salah satu beras paling populer di Yogyakarta. Beras merah ini memiliki visual yang sangat cantik dengan warna merah yang mengkilap.

Tak hanya memiliki visual yang cantik beras merah organik ini juga cocok menjadi pilihan bergizi sebagai asupan nutrisi harian. Beras merah organik ini memiliki karakter rasa yang lezat dan gurih. Produk ini cocok diolah menjadi nasi goreng atau dimakan bersama aneka sayur dan lauk.

Harga Rp. 38.250-45.000

Asagri Beras Merah Organik

Tak hanya baik untuk menjaga kesehatan orang dewasa, beras merah organik juga cocok sebagai Makanan Pendamping ASI (MPASI). Beras merah mampu membantu pembentukan energi, baik untuk pertumbuhan, dan menjaga kesehatan pencernaan si kecil. Bagi Anda yang tengah mencari beras merah organik untuk si kecil, Asagri Beras Merah Organik bisa menjadi pilihan.

Asagri Beras Merah Organik merupakan 100% beras organik. Produk ini dikemas dengan kemasan vakum yang membuat kualitasnya lebih terjaga. Cara pengolahannya pun mudah seperti menanak nasi pada umumnya, dengan takaran beras dan air 1:3.

Harga Rp. 33.000-37.100

Puregreen Organic Rice Beras Organik Beras Merah

Puregreen Organic Rice Beras Organik Beras Merah adalah produk berikutnya yang cocok sebagai MPASI. Produk Puregreen ini kaya khasiat yang membuatnya baik untuk dikonsumsi seluruh keluarga, terutama anak-anak dan manula. Memiliki karakter yang tidak keras seperti beras merah pada umumnya membuat produk ini lebih disukai.

Produk pengeluaran Puregreen ini merupakan beras merah yang telah bersertifikasi oganik. Beras merahnya dipanen dari lahan sawah dengan mata air alami pegunungan yang jauh dari polusi. Puregreen Organic Rice Beras Organik Beras Merah dikemas dengan kemasan food grade berstandar FDA Amerika.

Harga Rp. 42.500-64.500

Hotel Beras Merah Premium Organik

Beras merah organik berikutnya yang direkomendasikan adalah Hotel Beras Merah Premium Organik. Produk ini sangat baik untuk kesehatan dengan kandungan karbohidrat yang lebih rendah dan nilai energi yang lebih tinggi. Beras merah ini sangat cocok untuk diet karena kandungan fiber yang tinggi, sehingga membuat kenyang lebih lama.

Tak hanya dikonsumsi oleh para pelaku diet, Hotel Beras Merah Premium Organik juga cocok untuk menjaga bentuk tubuh binaragawan dan atlet. Hotel Beras Merah Premium Organik telah lulus uji coba Lab SUCOFINDO dan mendapat Sertifikat Nutrition Fact. Sehingga, produk ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Harga Rp. 59.301-64.000

Mentariku Ratu Merah Beras Organik

Mentariku Ratu Merah Beras Organik adalah beras alami yang memiliki kandungan serat dan minyak alami yang tinggi. Produk ini juga memiliki nilai energi yang lebih besar daripada beras putih, sehingga lebih kenyang dan tidak mudah lapar. Beras merah organik ini cocok untuk Anda yang menjalani diet.

Berasal dari padi yang berkualitas, Mentariku Ratu Merah Beras Organik diproses secara higienis. Produk ini juga tidak menggunakan pemutih ataupun bahan pengawet, sehingga lebih aman dikonsumsi. Beras merah organik ini bisa Anda jadikan pilihan MPASI bagi si kecil.

Harga Rp. 31.443-37.850

House Of Organix Organic Red Rice

Rekomendasi beras merah organik berikutnya adalah House Of Organix Organic Red Rice. Produk keluaran House Of Organix ini merupakan beras merah organik yang mempunyai indeks glikemik rendah. Sehingga, produk ini cocok untuk Anda yang menderita diabetes dan tengah menjalani diet.

House Of Organix Organic Red Rice merupakan beras merah varietas Cempo. Selain menyehatkan, beras merah organik ini juga pulen, sehingga lezat disantap. Dikemas secara higienis, Anda bisa menyimpannya dalam wadah yang tertutup rapat atau dalam kulkas.

Harga Rp. 26.400-35.000

Gasol Organic Red Rice

Gasol Organic Red Rice adalah produk berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi. Produk ini cocok dijadikan MPASI untuk melengkapi kebutuhan karbohidrat si kecil. Beras merah organik ini mengandung serat tinggi, selenium, magnesium, fosfor, serta vitamin.

Produk keluaran Gasol ini merupakan 100% beras merah organik yang telah disertifikasi. Beras merah organik ini diolah tanpa tambahan bahan pengawet, perasa, pewangi, maupun pewarna buatan. Produk ini juga bebas gluten, sehingga aman untuk si kecil.

Harga Rp. 34.478-38.784
From our editorial team

Kontrol Porsi Makan Meskipun Memilih Beras Merah Organik Sebagai Sumber Karbohidrat

Pemilihan beras merah organik sebagai pengganti beras putih memang menjadi keputusan yang baik untuk menunjang diet. Sayangnya, banyak yang kemudian menjadi meremehkan porsi makan karena menganggap beras merah organik tidak akan membuat gemuk dan memiliki indeks glikemik rendah. Meski memiliki berbagai kebaikan nutrisi yang lebih unggul dibandingkan beras putih, beras merah organik tetaplah berperan sebagai sumber karbohidrat yang perlu dipertimbangkan porsi atau takaranya, sehingga sesuai dengan kebutuhan tubuh.