10 Rekomendasi Beras yang Harganya Tidak Bikin Kantong Bolong (2021)

10 Rekomendasi Beras yang Harganya Tidak Bikin Kantong Bolong (2021)

Sebagai masyarakat Indonesia, kita tidak bisa dijauhkan dari yang namanya nasi. Ini adalah bahan makanan pokok kita. Lauk apa pun akan terasa lebih nikmat jika nasinya enak. Nah, simak dulu tips memilih beras yang berkualitas namun harganya ramah di kantong. Cek juga rekomendasi beras murah dari kami!

Mengenal Sejarah Perkembangan Beras di Indonesia

Makanan pokok orang Indonesia adalah nasi. Padi mulai masuk ke Indonesia dari India dan dibawa oleh nenek moyang yang bermigrasi dari Asia pada tahun 1500 Sebelum Masehi. Di masa tersebut hingga masa penjajahan Hindia Belanda, sebenarnya nasi bukan bahan makanan pokok. Kala itu, masyarakat kita masih mengonsumsi nasi jagung, singkong, sagu, hingga ubi jalar.

Nasi baru jadi makanan pokok di era kemerdekaan. Masyarakat yang dulunya mengonsumsi selain beras seperti, tepung sagu, thiwul, ubi jalar, dan lainnya mulai beralih mengonsumsi beras. Kebiasaan mengonsumsi bahan makanan tersebut dianggap kurang makmur. Sementara beras dijadikan sebagai simbol kemakmuran dan keberhasilan secara ekonomi.

Saat orde baru, sektor pertanian sangat diperhatikan karena dianggap sebagai sektor penting untuk memajukan pembangunan di Indonesia. Tahun 1986, Indonesia bahkan mampu swasembada beras hingga mendapat penghargaan dari Badan Pangan Dunia FAO.

Melihat keberhasilan ini, pemerintah pun meningkatkan produktivitas pertanian. Caranya adalah dengan membangun berbagai infrastruktur pendukung, mulai dari, irigasi dan perhubungan, cara-cara bertani dan teknologi pertanian yang baru, membangun pabrik-pabrik pupuk untuk pertanian, hingga kegiatan-kegiatan penyuluhan untuk petani banyak digalakkan. Suksesnya bidang pertanian mambuat pembangunan bisa lebih meluas kala itu.

Di sisi lain, hal ini menyebabkan adanya ketergantungan terhadap beras. Kini, masyarakat kita jadi tidak bisa lepas dari beras. Bahkan ada anggapan, “belum makan kalau belum makan nasi”. Orang Indonesia belum merasa kenyang jika sehari saja belum mengonsumsi nasi.

Tips Memilih Beras yang Berkualitas Bagus

Cek Warna dan Tekstur Beras

Untuk memilih beras yang bagus maka kamu harus mengecek warna berasnya. Perhatikan warna beras secara seksama, utamanya jika kamu membeli beras putih agar kamu tidak mendapatkan beras yang sudah dicampur dengan pemutih. Hindari beras yang warnanya terlalu putih agar lebih amannya. Pilih warna beras yang sedikit memiliki warna bening dan kekuningan.

Cek juga tekstur berasnya sebelum kamu membelinya. Pilih beras yang bertekstur kuat dan tidak mudah patah saat ditekan. Beras yang mudah hancur artinya tidak layak konsumsi. Beras yang mudah patah juga menunjukkan bahwa berasnya sudah lama disimpan.

Cek Aromanya

Jangan lupa juga untuk mengecek aroma beras. Ada beberapa beras yang mengandung pewangi buatan. Ini jelas kurang sehat untuk kesehatan. Beras dengan mengandung pewangi buatan umumnya memiliki bau yang menyengat.

Hindari juga beras dengan bau yang terlalu apek. Ini menunjukkan bahwa berasnya telah berusia lama. Beras yang terlalu lama disimpan dan bau apek akan terasa tidak enak. Beras juga jadi mudah busuk kala dimasak.

Beli di Toko Tepercaya

Belilah beras di toko tepercaya. Pastikan toko tersebut tidak menimbun beras dalam waktu lama. Kamu tentu tidak mau mengonsumsi beras yang sudah ditumpuk dan ditimbun dalam waktu lama. Pastikan kamu yakin akan kualitas beras yang dihadirkan oleh toko terpercaya tersebut.

Jika kamu membeli secara online, pastikan juga kamu hanya membeli di toko yang sudah tersertifikasi. Dengan begini kamu jadi lebih yakin membelinya. Cek juga review pembeli sebelum kamu untuk tahu kualitas berasnya.

Jangan Tergiur Harga Terlalu Murah

Perhatikan harga beras di pasaran sekarang ini. Utamanya jika kamu hendak membeli beras secara ecer dan bukan kemasan kiloan. Jangan tergiur beras dengan harga yang terlalu murah dari harga pasaran saat ini. Dikhawatirkan, beras tersebut memiliki kualitas yang buruk. Makin bagus kualitas berasnya maka harga berasnya juga semakin mahal namun tentu saja rasanya makin enak.

Pilih yang Bersih dan Bebas Kutu

Berhati-hati juga saat memilih beras jangan sampai memilih yang kotor. Beras kotor bisa diakibatkan karena ada campuran gabah, batu, bahkan kutu. Beras yang bersih maka jaminannya untuk kesehatan juga lebih tinggi. Rasa beras pun dijamin lebih enak untuk dikonsumsi.

Beras yang memiliki kutu di dalamnya tandanya berasnya sudah berusia lama. Beras semacam ini tentu kurang bersih dan kurang baik untuk kesehatan. Di sisi lain, meski membahayakan kesehatan, kita juga bisa melihat bahwa beras yang berkutu menandakan bahwa berasnya tidak dicampur bahan kimia. Namun, tetap saja berasnya tidak layak konsumsi, ya.

Ini Dia Pilihan Beras Murah Berkualitas untuk Dikonsumsi

Beras Organik Nusa

Beras Organik Nusa merupakan beras dengan butiran yang panjang dan sempurna. Beras ini aman dikonsumsi karena bebas unsur pestisida kimia. Ada kandungan nutrisi dan mineral yang tinggi dalam berasnya. Produk ini juga kaya glukosa, karbohidrat dan protein yang mudah terurai. Beras cocok dikonsumsi untuk ibu hamil dan menyusui, remaja yang sedang tumbuh, dan juga anak-anak.

Beras yang satu ini cocok juga untuk penderita diabetes karena memiliki indeks glikemiks rendah, Tekstur nasinya pulen dan tidak pera sehingga mudah dikonsumsi. Mengonsumsi produk ini membuat kita awet kenyang dan mampu mencegah diabetes.

Harga Rp. 23.000-72.000

Rice Me Up Beras Coklat

Rice Me Up Beras Coklat juga tergolong sebagai beras murah berkualitas yang wajib dicoba. Dikemas dalam ukuran 1 kg dan divakum, berasnya tetap aman hingga di tangan konsumen. Berasnya berasal dari beras mentik yang membuat rasanya lebih enak karena teksturnya pulen.

Ada aroma khas pada beras yang satu ini. Berasnya kaya serat, rendah gula, dan kaya vitamin. Hal ini membuatnya cocok untuk diet dan aman dikonsumsi segala usia. Sudah ada sertifikat organik dan sudah memiliki izin edar sehingga kamu tak perlu was-was memasaknya.

Beras ini kaya magnesium, vitamin B1, zat besi, dan vitamin B3. Kamu cukup memasak berasnya lebih lama agar rasanya lebih nyaman di tenggorokan. Beras ini baik untuk pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Harga Rp. 11.000-44.000

Lingkar Organik Beras Organic Pandan Wangi

Lingkar Organik Beras Organic Pandan Wangi merupakan beras yang tinggi protein dan tinggi nutrisi. Ini membuatnya aman untuk ibu hamil dan menyusui. Beras ini cocok juga untuk aneka usia. Aroma beras ini begitu harum alami sehingga bisa menambah nafsu makan usai dimasak. Produk sangat higienis dan terjamin kebersihannya. Tekstur berasnya padat dan pulen saat diolah sehingga cocok untuk aneka lauk.

Beras kaya akan mineral, karbohidrat, dan protein yang mudah terurai. Dikemas dalam ukuran 1 kg, beras ini kemasannya tidak mudah bocor. Beras pandan wangi ini dijamin bikin ketagihan.

Harga Rp. 26.000-47.000

Beras Merah Organik 1 Kg Green 777

Beras Merah Organik 1 Kg Green 777 termasuk dalam beras yang menyehatkan namun dibanderol dengan harga terjangkau. Beras yang satu ini dikemas dalam kemasan vakum ukuran 500 gram dan 1 kg sehingga kamu bebas memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan. Beras aman dari kutu dan udara luar sehingga lebih awet. Berasnya bersih dan higienis sehingga pas untuk segala usia. Dibuat tanpa bahan pewangi, pewarna, dan pengawet, kamu tidak perlu was-was saat memasaknya.

Produk yang satu ini mampu menurunkan berat badan karena kaya akan serat yang bikin cepat kenyang dan kenyang lebih lama. Beras merah juga bisa mengontrol diabetes karena tinggi asam fitat dan serat. Mengonsumsinya rutin bisa membantu mendetoksifikasi tubuh dari racun. Beras ini juga kaya antioksidan untuk melancarkan aliran darah mencegah penyakit jantung. Beras merah juga bisa meningkatkan produksi susu ASI ibu karena bisa merangsang kelenjar susu.

Harga Rp. 11.000-43.000

Beras Selerakita 5 KG

Beras Selerakita 5 KG adalah pilihan yang tidak bisa dilewatkan. Dipanen dari padi pilihan, diproses secara higienis sehingga menghasilkan beras berkualitas tinggi. Cita rasa berasnya pulen sehingga terasa enak dan bikin nagih. Produk ini dibanderol harga yang terjangkau sehingga seluruh kalangan masyarakat bisa merasakan beras yang enak dan bergizi. Beras mudah dimasak dan cocok untuk berbagai lauk.

Harga Rp. 49.000-71.000

Beras Hitam Organik - Botanik - 1kg

Beras Hitam Organik - Botanik - 1kg tentu bisa jadi pilihan menyehatkan. Beras hitam paling pas untuk yang ingin diet sehat. Ditanam tanpa pupuk dan pestisida kimia membuatnya lebih aman dikonsumsi. Tanaman padinya hanya memakai pupuk kandang atau pupuk olahan. Selain itu, para petani juga hanya memakai cara alami untuk mengusir hama dan serangga beras. Lahan pertaniannya ada di Lombok Kulon dan Bondowoso. Kedua lahan tersebut juga telah bersertifikasi internasional.


Beras Botanik telah mendapatkan Control Union Certification Belanda. Tandanya ini adalah beras organik yang bagus kualitasnya. Beras juga telah diekspor ke Swiss, Singapura, dan Jepang. Beras hitam ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengendalikan kolesterol.

Harga Rp. 35.000-76.000

Food Station - Beras Long Grain 4 Kg

Food Station - Beras Long Grain 4 Kg merupakan beras jenis long grain yang bermutu tinggi. Produk ini diproses higienis dengan teknologi modern. Beras juga tidak memakai pemutih dan pengawet jadi lebih aman dikonsumsi. Nasi hasil beras ini begitu pulen dan cocok disandingkan dengan aneka lauk. Beras ini telah mendapatkan jaminan halal. Ada juga Sertifikat PSAT KEMTAN dan SNI yang membuat kita makin yakin bahwa berasnya cocok untuk sajian seluruh keluarga.

Harga Rp. 47.000-110.000

Beras Asoka 5 Kg

Beras Asoka 5 Kg merupakan pilihan beras dengan harga terjangkau lainnya. Beras ini begitu menggoda selera. Aromanya alami dan tidak memakai pewangi yang berbahaya. Produk ini juga memiliki warna putih yang bukan dari pemutih. Cita rasa berasnya pulen dan enak.

Harga Rp. 49.000-88.000

Food Station - Beras Setra Wangi Beras 5 Kg

Food Station - Beras Setra Wangi Beras 5 Kg ini adalah rekomendasi kami selanjutnya. Beras ini hadir dari padi berkualitas yang diproses secara higienis. Dengan memakai teknologi modern, berasnya tidak dicampur pemutih atau pengawet. Hasilnya, beras memiliki aroma alami dengan tekstur yang pulen. Produk ini aman dikonsumsi seluruh anggota keluarga. Ada sertifikat halal dan SNI untuk makin meyakinkan bahwa berasnya aman bagi seluruh anggota keluarga.

Harga Rp. 64.000-112.000

Topi Koki Setra Ramos Beras

Topi Koki Setra Ramos Beras menjadi rekomendasi terakhir kami. Beras ini cukup dikenal di masyarakat sebagai beras bermutu tinggi. Harga berasnya terjangkau sehingga bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat. Jenis beras ini hadir dengan bulir beras yang panjang. Tidak ada aroma khusus sehingga dijamin berasnya tanpa pewangi. Beras juga pulen dan kokoh sehingga cocok dijadikan teman lauk apa saja. Ada kemasan ukuran 5 kg, 10 kg, 20 kg, dan 25 kg untuk dipilih sesuai kebutuhan.

Harga Rp. 61.000-104.000
From our editorial team

Pilih Beras yang Tidak Menempel saat Diremas

Memilih beras memang tidak bisa asal agar kita bisa mendapatkan beras bermutu tinggi. Salah satu tips penting yang wajib kamu ikuti adalah memilih beras yang tidak menempel saat diremas. Beras yang terlalu menempel di tangan kala diremas artinya berasnya dicampur dengan pelicin. Sebaiknya kamu menghindari beras semacam ini. Kandungan pelicin kurang baik untuk kesehatan karena bisa menimbulkan bahaya yang serius.