Mau Lebih Sehat? Konsumsilah 10 Rekomendasi Beras Terbaik untuk Menunjang Kesehatan (2021)

Mau Lebih Sehat? Konsumsilah 10 Rekomendasi Beras Terbaik untuk Menunjang Kesehatan (2021)

Beras memang menjadi makanan pokok orang Indonesia. Sebagai makanan utama, kita sebaiknya mengenal aneka jenis beras yang ada. Dengan begini, kita bisa memilih dan memilah mana beras yang cocok untuk menunjang kesehatan dan memenuhi kebutuhan pangan harian kamu. Simak berbagai jenis beras berdasarkan warnanya. Cek juga rekomendasi beras terbaik untuk kamu konsumsi!

Beras Memegang Peranan Penting Sebagai Makanan Pokok

Negara kita menjadi salah satu negara besar yang makanan pokoknya nasi. Sebagian besar wilayah di Indonesia mengonsumsi nasi. Sementara wilayah lain di Indonesia yang tidak mengonsumsi nasi, mengonsumsi aneka sumber karbohidrat lain seperti ketela, sagu, jagung, ubi, dan lain sebagainya. Namun, karena nasi menjadi makanan yang paling banyak dikonsumsi maka sebagian besar daerah di Indonesia menjadi tempat untuk menanam beras demi mencukupi kebutuhan akan pangan dalam negeri.

Apalagi ada anggapan, “belum makan kalau belum menyantap nasi”, hal ini memang terbukti. Masyarakat umumnya belum merasa sudah makan jika dalam seharian belum makan nasi meski sudah menyantap aneka jajanan yang mengenyangkan. Hal ini kemudian membuat nasi menjadi makanan pokok orang Indonesia.

Di negara kita, ada banyak jenis beras yang dijual di pasaran. Berasnya berbeda dari bentuk, warna, dan aroma. Setiap beras memiliki kandungan gizi berbeda-beda. Kita bisa menyesuaikan beras yang kita masak dengan lauk yang akan disajikan. Atau bisa juga menyesuaikan dengan kondisi kesehatan kita. Nah, agar tak salah pilih beras, simak aneka jenis beras berikut!

Mengenal Jenis Beras Berdasarkan Warnanya

Beras Putih

Beras putih merupakan beras yang paling umum untuk ditemukan. Beras berwarna putih karena dilakukan proses pengelupasan kulit ari hingga ke bagian dalamnya. Ini membuat berasnya hanya memiliki sedikit kandungan serat alami. Beras putih memiliki karbohidrat sederhana yang sangat mudah diserap tubuh. Jenis ini juga mampu meningkatkan gula darah secara instan.

Kandungan serat yang minim membuat karbohidrat dari beras putih lebih mudah menjadi lemak dan menumpuk dalam tubuh. Maka dari itu, jika sedang diet atau mengalami diabetes, kamu tidak disarankan untuk mengonsumsi beras yang satu ini.

Beras Merah

Varian beras lain yang wajib kamu tahu adalah beras merah. Jenis beras ini hadir dengan banyak kandungan yang menyehatkan seperti, zinc, fiber, zat besi, selenium, vitamin B, mangan, magnesium, dan lain sebagainya. Ini membuat beras merah kaya akan antioksidan yang lebih tinggi dibanding beras putih.

Mengonsumsi beras merah mampu membuat sistem pencernaan bekerja dengan baik. Metabolisme tubuh pun menjadi lebih seimbang. Beras ini cocok untuk kamu yang sedang diet. Beras ini juga aman untuk penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang lebih rendah.

Beras merah di Indonesia hadir dalam banyak varietas sesuai tempat penanamannya. Warna merah pada beras terjadi karena kandungan gen antosianin. Tekstur beras ini lebih kasar dan keras. Ini membuatnya butuh waktu lama untuk dimasak agar lebih empuk dan bisa dikonsumsi dengan lebih baik.

Beras Cokelat

Beras cokelat menjadi jenis beras berikutnya yang wajib kamu tahu. Diberi nama demikian karena warnanya cokelat. Beras ini diproses dengan proses penggilingan minimal sehingga kulit ari dari beras itu pun sengaja tidak dibersihkan. Hal ini membuat nutrisi dalam beras cokelat terbilang lebih baik dari beras putih pada umumnya.

Beras cokelat kaya akan fiberm protein, vitamin B6, dan kalium. Kadar karbohidratnya lebih rendah. Mengonsumsi beras cokelat bisa membuat kolesterol LDL menjadi hormon yang dibutuhkan tubuh. Selain itu bisa juga membantu memperbaiki keluhan syaraf. Beras ini kaya akan mangan yang bisa meningkatkan pro-oksidan untuk jadi energi yang baik untuk beraktivitas.

Beras Hitam

Beras hitam merupakan beras dengan serat yang tinggi dan kalori yang rendah. Beras ini juga bebas gula sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes dan juga mereka yang sedang diet. Beras hitam banyak ditemukan di kawasan Asia termasuk juga Indonesia. Beras yang satu ini dikenal sebagai beras kaum elit pada masanya. Ini karena di awal munculnya hanya dikonsumsi oleh raja, sultan, dan para bangsawan saja. Namun, kini beras hitam bebas dikonsumsi siapa saja yang menginginkan manfaat baiknya.

Warna beras hitam dihasilkan dari aleuron dan endosperma yang memproduksi antisianin sebagai sumber warna pada beras. Hal ini membuat warna beras jadi ungu pekat hingga menjurus kehitaman. Antioksidan dalam beras hitam bahkan lebih tinggi dibanding buah blueberry dan blackcurrant.

Mengonsumsi beras ini bisa menurunkan asam urat dan mematikan sel kanker. Selain itu, bisa juga mencegah penuaan dini akibat sinar UV.

Ini Dia Deretan Beras Terbaik untuk Kamu

Si Pulen Pandan Wangi

Si Pulen Pandan Wangi hadir dengan aroma beras yang alami. Merek yang satu ini banyak dipilih masyarakat sebagai merek beras andalan. Beras Si Pulen mudah ditemukan di supermarket hingga minimarket terdekat. Berasnya ditanam di pegunungan yang sejuk dan bersih. Hal inilah yang membuat aroma berasnya begitu alami.

Rasa pulennya juga pas di lidah sehingga bikin kita makin nikmat menyantap makanan dengan lauk sederhana sekalipun. Ada kemasan ukuran 5 kg dan juga 10 kg yang bisa dipilih. Beras ini tipenya medium grain. Cara memasaknya mudah dan pastinya keluarga akan menyukainya.

Harga Rp. 85.000-333.000

Sundakala Beras Merah Pecah Kulit Organik

Sundakala Beras Merah Pecah Kulit Organik juga termasuk dalam beras terbaik yang bisa dicoba. Kandungan serat beras merah ini lebih tinggi dengan kalori yang lebih rendah. Kamu jadi lebih cepat kenyang mengonsumsinya dan tidak mudah lapar hingga waktu makan selanjutnya. Glikemik indeks beras ini rendah sehingga aman untuk penderita diabetes.

Beras ini kaya vitamin dan mineral karena proses pemanenan dan pengemasannya tidak melewati proses pembuangan kulit yang berlebihan. Produk hanya melalui sekali penggilingan sehingga vitaminnya masih utuh. Tekstur beras lebih keras namun lebih bergizi untuk dikonsumsi. Cocok juga diolah sebagai bubur untuk memenuhi kebutuhan buah hati. Dikemas dalam ukuran 1 kg, ini merupakan jenis beras organik.

Harga Rp. 19.000-55.000

Food Station Beras Hitam

Food Station Beras Hitam kaya akan antioksidan untuk tubuh. Produk dari Food Station ini juga kaya antosianin yang tinggi. Selain itu, ada juga kandungan vitamin, antioksidan, dan beragam nutrisi lainnya. Beras terbaik ini cocok untuk kamu yang mementingkan kesehatan. Produk dalam kemasan 1 kg ini memiliki tekstur keras sehingga butuh waktu sedikit lama untuk memasaknya.

Harga Rp. 36.000-108.000

Puregreen Organic Organic Brown Rice

Puregreen Organic - Organic Brown Rice merupakan pilihan beras terbaik selanjutnya. Hadir dengan aroma khas, beras ini begitu kaya kandungan vitamin yang ada pada kulit ari yang masih menempel pada permukaan butiran berasnya. Beras ini memakai metode tanam yang alami. Lingkungan tanamnya sangat mendukung yakni lahan sawah dengan mata air alami pegunungan yang jauh dari polusi dan asap kendaraan.

Beras cokelat organik ini cocok sebagai pengganti nasi putih untuk kamu yang ingin hidup lebih sehat. Dikemas Food Grade berstandar FDA Amerika, beras cokelat ini aman sampai di tangan konsumen. Mengonsumsi beras cokelat bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan mengontrol kadar gula. Beras ini cocok juga untuk MPASI dan bubur bayi.

Harga Rp. 43.500-255.000

Hotel Beras Merah Premium

Hotel Beras Merah Premium jangan sampai kamu lewatkan sebagai pilihan. Beras merah paling pas untuk yang sedang diet atau penderita diabetes. Dengan kandungan serat yang tinggi maka pencernaan jadi lebih lancar. Beras ini juga membuat kamu bisa kenyang lebih lama. Kamu juga tidak akan banyak ngemil karena tidak mudah merasa lapar.

Produk ini sudah mendapatkan sertifikasi dari Sucofindo. Kaya akan thiamine dan selenium, beras merah juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Beras ini juga kaya akan asam amino yang bisa memperkuat otot. Beras dikemas dalam ukuran berat 2 kg.

Harga Rp. 59.000-141.000

Beras Rojolele

Beras Rojolele dihasilkan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ciri khas berasnya adalah memiliki aroma harum. Selain itu, beras ini juga memiliki warna seputih susu. Ketika dimasak, beras Rojolele memiliki tekstur pulen dan lembut sehingga cocok menjadi pendamping aneka lauk.

Harga beras terbaik ini memang cukup mahal dibanding varietas lain. Merek beras Rojolele begitu dikenal masyarakat luas karena dipercaya tanpa memakai bahan pengawet. Beras ini aman dikonsumsi hingga 60 hari setelah kemasan dibuka.

Harga Rp. 41.800-289.000

Nusa Beras Hitam Organik

Nusa Beras Hitam Organik juga merupakan produk unggulan yang sudah dikenal masyarakat luas. Beras ini mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Mengonsumsinya secara rutin mampu meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan sistem imun. Warna hitam beras berasal dari pigmen flavonoid yang kaya akan antioksidan. Beras ini tersedia dalam kemasan ukuran 1 kg, 2 kg, dan 5 kg.

Harga Rp. 36.000-174.000

Beras Sumo Super Premium

Beras Sumo Super Premium adalah beras yang praktis untuk dimasak. Kamu bisa memasaknya tanpa mencucinya lebih dahulu. Perpaduan dari beras pandan wangi dan setra ramos pada produk ini membuat berasnya makin unggul. Aroma pandan begitu kuat tercium namun tidak mengganggu. Tekstur berasnya pulen sehingga nikmat di lidah dan tenggorokan.

Beras ini telah melewati proses pencucian tiga kali sehingga lebih bersih. Produk dikemas dalam pilihan kemasan 5 kg, 10 kg, dan 20 kg. Beras putih ini memiliki tipe medium grain.

Harga Rp. 64.000-370.000

Beras Mentik Wangi Susu Organik - Eka Farm

Beras Mentik Wangi Susu Organik - Eka Farm merupakan sumber karbohidrat yang lebih sehat untuk seluruh keluarga. Beras ini ditanam tanpa pupuk dan pestisida kimia. Pupuk yang digunakan adalah pupuk olahan atau pupuk kandang. Selain itu, cara membasmi hama dan serangga pun alami tanpa bahan kimia sehingga menghasilkan beras berkualitas tinggi.

Beras ini banyak disukai konsumen. Ini adalah gabungan antara Mentik Wangi dan Mentik Susu. Aroma berasnya begitu wangi dan memiliki tekstur pulen yang sempurna. Beras organik ini sangat menyehatkan. Kaya akan flavonoid sehingga bisa mengikat gula di dalam tanaman.

Harga Rp. 31.000-74.000

Beras Maknyus

Beras Maknyus menjadi rekomendasi terakhir untuk kamu. Diproduksi oleh PT Indo Beras Utama, ini adalah beras berkualitas bagus. Tekstur nasinya pulen dan sempurna sebagai teman lauk sederhana hingga yang mewah. Berasnya tanpa pemutih, pengawet, serta pewarna sehingga dijamin rasa dan mutunya. Gabah beras diproses menggunakan teknologi tinggi. Beras ini juga dikeringkan secara optimal sehingga bisa bertahan dalam waktu lama.

Harga Rp. 62.000-162.000
From our editorial team

Pastikan Membeli Beras di Toko Tepercaya

Saat membeli beras, pastikan juga tokonya tepercaya dan menyajikan produk beras yang berkualitas dan baru, bukannya beras yang sudah lama disimpan dan berbau apek. Jika membeli secara online, kamu bisa memastikan kredibilitas toko dengan mengecek ulasan pembeli sebelumnya agar kamu bisa menemukan beras terbaik untuk kamu konsumsi.