Sedang Mencari Karpet untuk Anak? Cek 10 Rekomendasi Karpet Puzzle Evamat Cocok untuk Edukasi Anak-anak (2020)

Sedang Mencari Karpet untuk Anak? Cek 10 Rekomendasi Karpet Puzzle Evamat Cocok untuk Edukasi Anak-anak (2020)

Aktivitas bermain di atas lantai yang biasanya dilakukan anak-anak, tentu akan lebih aman jika menggunakan karpet. Anda bisa memilih karpet puzzle dengan berbagai warna ataupun bentuk untuk memberikan kenyamanan bagi anak. Yuk, cek dulu berbagai rekomendasi menariknya di artikel ini!

Puzzle Dapat Menjadi Permainan Edukasi Bagi Sang Buah Hati

Siapa yang tidak tahu permainan legendaris bernama puzzle? Sudah ada sejak abad ke-18, puzzle termasuk dalam permainan edukatif yang bermanfaat untuk anak.

Puzzle merupakan permainan menyusun potongan gambar dari papan kayu, spons atau karton tebal, sehingga menjadi gambar utuh. Tingkat kesulitannya dibuat berdasarkan usia dan perkembangan anak. Oleh sebab itu, puzzle sederhana bisa dimainkan anak sejak dini.

Permainan bongkar pasang atau puzzle diklaim punya banyak manfaat untuk anak-anak. Selain menstimulasi otak si kecil untuk bekerja secara optimal, puzzle berguna untuk mengasah logika dan kreativitas mereka.

Permainan tersebut juga berguna untuk melatih kesabaran dan ketekunan sang buah hati, meningkatkan koordinasi mata dan tangan, mengembangkan kemampuan motorik halus serta meningkatkan kemampuan berpikir dan kognitif. Yuk, simak manfaat bermain puzzle untuk anak berikut ini.

Ketahuilah Manfaat Bermain Puzzle Bagi Anak-anak

Meningkatkan Kemampuan Motorik

Puzzle merupakan permainan yang menyenangkan sekaligus berguna untuk meningkatkan skill motorik anak. Banyak eksplorasi gerakan yang akan dilakukan sang buah hati selagi mereka menghubungkan potongan gambar satu dengan lainnya. Gerakan seperti memegang, menggenggam dan mengambil potongan puzzle yang dilakukan anak ternyata akan merangsang perkembangan saraf motorik halusnya.

Motorik halus, tangan dan mata si kecil akan saling berkoordinasi saat mereka bermain puzzle. Dampak jangka panjangnya sangat positif pada masa mendatang karena mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang cepat tanggap akan hal di sekitarnya.Daya ingat serta konsentrasi anak juga menjadi aspek yang akan meningkat setelah berhasil menyusun kepingan puzzle dengan benar dan utuh.

Melatih Kesabaran

Kesabaran dan kegigihan adalah sifat anak yang dapat ditumbuhkan melalui permainan puzzle. Untuk menyusun potongan puzzle, mereka akan berusaha memahami langkah yang diambil dengan sabar. Kegigihan anak juga akan tumbuh melalui percobaan memasangkan potongan puzzle yang satu dengan lainnya.

Dorongan rasa percaya diri tumbuh pada buah hati Anda, jika mereka kerap memainkan puzzle. Berhasil mengatasi tantangan dalam menyelesaikan permainan tersebut akan memberikan rasa bangga, percaya diri dan harga diri yang berguna untuk pertumbuhan anak.

Mengenal Bentuk dan Warna

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Universitas Chicago, anak-anak yang bermain puzzle usia antara 26-46 bulan memiliki keterampilan spasial yang lebih baik. Diperkenalkan oleh Gardner, kecerdasan visual spasial merupakan kecerdasan dalam memahami pola dan ruang suatu objek. Puzzle menjadi prediktor signifikan dalam keterampilan tersebut.

Berencana membelikan si kecil mainan edukatif? Puzzle akan membantunya berlatih mengenal berbagai bentuk dan warna. Dengan cara mengambil kepingan puzzle dan memasangkannya, anak berlatih melakukan analisa terhadap warna, ukuran serta posisi yang tepat untuk masing-masing kepingan.

Melatih Koordinasi Tangan dan Mata

Koordinasi tangan dan mata buah hati Anda juga akan terlatih melalui permainan puzzle. Tidak hanya yang bertemakan teka-teki saja, segala bentuk permainan puzzle ternyata akan melibatkan kemampuan anak dalam melakukan koordinasi objek yang dilihat mata dengan informasi yang digambarkan oleh otak serta tangan yang menata kepingan puzzle pada tempatnya. Jika permainan ini dimainkan secara rutin, kemampuan respons anak terhadap hal tersebut akan terasah secara sempurna.

Tips Membeli Karpet Puzzle yang Sesuai untuk Sang Buah Hati

Pilihlah Produk Sesuai Ukuran

Karpet puzzle atau playmat biasanya menjadi area bermain serta tempat si kecil beraktivitas. Banyak orang tua yang membelikan playmat sesaat setelah anak lahir. Oleh sebab itu, setiap tepi karpet puzzle dibuat tumpul supaya tak berbahaya.

Dengan permukaan yang rata, karpet puzzle biasanya dibuat cukup tebal dan empuk. Hal tersebut bertujuan agar si kecil tak terluka sewaktu bermain maupun terjatuh di sana.

Supaya bisa dimainkan anak, Anda wajib memilih karpet puzzle dengan ukuran yang pas untuknya. Playmat yang ideal untuk si kecil memiliki ukuran yang tak lebih besar dari separuh badannya. Selain itu, karpet tersebut sebaiknya tidak terlalu berat, sehingga anak akan leluasa saat memainkannya.

Jangan Ragu Memilih Karpet yang Antislip

Standar keamanan harus diperhatikan saat memilih karpet puzzle untuk si kecil. Agar tak terjatuh saat bermain di sana, Anda dapat membelikan playmat puzzle untuk anak yang dilengkapi dengan anti slip pada bagian bawahnya.

Perhatikan juga material yang digunakan untuk membuat karpet puzzle! Hindari karpet puzzle berbahan BPA atau Bisphenol-A. Termasuk ke dalam zat kimia sintetis, BPA memiliki ikatan yang tidak stabil dan biasa digunakan pada beragam produk konsumer. Kandungan ini ternyata bisa menganggu sistem hormon manusia dan hewan, jika masuk ke dalam tubuh.

Supaya praktis, karpet puzzle dengan bahan anti air yang dilengkapi tas sangat direkomendasikan. Apabila menggunakan bahan anti air, playmat akan mudah dibersihkan jika terkena tumpahan cairan, makanan hingga ompol si kecil. Karpet yang dilengkapi dengan tas akan memudahkan Anda saat membawanya bepergian.

Pilih Produk dengan Desain Menarik

Menginjak usia 4-6 bulan, anak mulai belajar tengkurap sehingga keberadaan alas lantai yang empuk sangat dibutuhkan. Bayi yang terbiasa tengkurap dan berguling di atas playmat akan lebih mudah belajar milestone berikutnya, yaitu merangkak.

Setelah aspek keamanan dan kenyamanannya terpenuhi, desain menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih playmat. Dengan warna dan gambar yang menarik bagi si kecil, playmat ternyata akan membantu merangsang kemampuan sensorinya.

Pertimbangkan Harganya

Di pasaran sudah tersedia berbagai karpet puzzle dengan pilihan warna, bentuk dan harga yang variatif. Biasanya ukuran dan ketebalan playmat akan berpengaruh pada harga jualnya.

Sebelum membeli playmat puzzle, pertimbangkanlah harga dan bujet yang Anda miliki. Jika terasa cukup mahal, Anda bisa menunggu program diskon yang diberikan oleh produsen, marketplace atau toko oflline.

Rekomendasi Karpet Puzzle Evamat Cocok Untuk Edukasi Anak-Anak

Evamat Gambar Angka Tikar

Perkenalkan angka pada anak selagi mereka bermain. Playmat berbahan foam padat dari Evamat Pratamafoam tersedia dalam bentuk puzzle bergambar angka. Dibuat ke dalam alas lantai puzzle warna-warni, Evamat mampu merangsang kreativitas si kecil dan meningkatkan kecerdasannya.

Alas lantai puzzle angka dari Evamat berukuran 30 x 30 x 1 cm, cukup tebal bukan? Selain akan melindungi buah hati dari benturan ke lantai, permukaan alas lantai puzzle Evamat memiliki tekstur dan tak licin. Meski demikian, alas tersebut mudah dibersihkan dan tahan lama.

Evamat alas lantai puzzle angka ternyata bisa dikreasikan dengan seri lain dari Evamat. Sudah mengantongi sertifikat SNI, alas lantai tersebut dijamin aman untuk anak dan berkualitas tinggi.

Harga Rp. 64.000-67.000

Evamat Puzzle Gambar Bus Tayo Alas Bermain Anak

Karpet bermotif kartun bisa menjadi pilihan yang pas untuk alas ruang bermain anak. Bus Tayo menjadi salah satu karakter yang digandrungi saat ini. Anda bisa membeli karpet puzzle dengan gambar Bus Tayo untuk si kecil.

Bisa digunakan sebagai alas lantai maupun dekorasi dinding, karpet puzzle Bus Tayo dari Evamat berukuran 30 x 30 x 1 cm tiap lembarnya. Dengan ketebalan 1 cm, karpet ini bisa mencegah udara dingin dari lantai dan tidak mudah rusak karena dibuat dari bahan berkualitas.

Model dan warna karpet puzzle tersebut sangat eksklusif dan desain yang imut. Evamat melengkapi desain gambar Bus Tayo dengan jalur-jalurnya, sehingga karpet puzzle seri ini terlihat sangat menarik untuk anak-anak. Karpet puzzle dari Evamat memang bertekstur namun mudah dibersihkan.

Harga Rp. 87.000-107.000

Evamat Tikar Huruf Besar Kecil ABC Polos Abjad Polos Puzzle Karpet

Tidak hanya membuat seri angka dan karakter saja, Evamat juga menyediakan karpet atau alas lantai puzzle dengan desain abjad bergambar. Tiap lembar puzzle karpet ini memiliki ukuran 30 x 30 x 1 cm, sehingga bisa digabungkan dengan karpet puzzle Evamat seri lainnya.

Selain digunakan sebagai alas lantai maupun dinding, Evamat karpet abjad dapat membantu si kecil untuk mengenal huruf. Dibuat dari bahan eva sponge, karpet puzzle tersebut mudah dibongkar dan pasang sesuai dengan kreativitas.

Produk ini akan melindungi sang buah hati dari udara dingin dan benturan ke lantai, karpet Evamat abjad cocok dipakai untuk sekolah, playground, arena bermain, hingga ruang kamar anak.

Harga Rp. 185.000-235.000

Karpet Puzzle Busa Edumats Polos Hitam Putih

Lengkapi kamar anak dengan karpet puzzle bernuansa hitam putih. Punya kesan netral, karpet puzzle dari Edumat sangat direkomendasikan untuk dekorasi multifungsi rumah Anda.

Karpet puzzle Polos Hitam Putih Edumat sangat mudah dibongkar dan dipasang kembali. Sudah lulus SNI, alas lantai tersebut sangat aman untuk si kecil.

Edumat karpet puzzle polos dijual per pak dengan isi 8 potongan puzzle. Ukuran setiap lembarnya adalah 30 x 30 x 1 cm. Ideal untuk alas bermain anak, bukan?

Harga Rp. 60.000-97.500

Kidzntoys Puzzle Evamats Polos Tikar

Meskipun dibuat polos tanpa motif, Evamat Puzzle Polos Tikar punya warna-warna yang menarik. Sudah bersertifikat SNI, alas lantai tersebut sangat aman saat digunakan oleh anak.

Evamat Puzzle Polos menggunakan bahan eva sponge yang berkualitas. Dengan ketebalan 1 cm dan panjang lebarnya mencapai 30 x 30 cm setiap lembarnya, alas lantai ini dijamin empuk dan akan melindungi sang buah hati dari benturan langsung ke lantai.

Permukaan tikar polos puzzle dari Evamat tidak licin saat dipijak. Seperti alas lantai puzzle Evamat lainnya, seri polos warna-warni ini juga sangat mudah dibersihkan.

Harga Rp. 54.999-60.500

Karpet Puzzle Evamat Abjad Gambar

Ajarkan huruf pada sang buah hati dengan cara menarik melalui alas lantai berbentuk puzzle. Matras tikar dengan motif huruf a-z dari Evamat bisa menjadi sarana edukasi bagi anak sekaligus alas lantai untuk bermain.

Memiliki lebar dan panjang 30 x 30 cm, alas lantai bermotif abjad ini sangat mudah dibongkar dan dipasang kembali. Dapat digunakan di lantai sebagai alas, Anda juga bisa memasangnya di area dinding dengan bantuan double tape.

Ketebalan matras serbaguna berbentuk puzzle dari Evamat mencapai 1 cm, sehingga mampu melindungi si kecil dari hawa dingin dan benturan langsung ke lantai. Warna dan motif abjad pada setiap potongan puzzle ini juga sangat menarik untuk anak-anak.

Harga Rp. 185.000-400.000

Evamat Karpet Gambar Hewan Laut

Motif hewan laut warna-warni dari Evamat Matras Puzzle bisa merangsang kecerdasan dan kreativitas anak-anak. Selain menarik, material yang digunakan untuk membuat matras puzzle tersebut adalah eva foam dengan ketebalan 1 cm.

Evamat Matras Puzzle sangat direkomendasikan untuk Anda yang sedang mencari alas lantai anak untuk bermain serta belajar merangkak maupun berjalan. Bahan yang digunakan untuk membuat matras puzzle tersebut dijamin empuk dan tidak beracun.

Tak perlu khawatir, Evamat Matras Puzzle Hewan Laut sudah mendapatkan sertifikat SNI. Selain terjamin keamanannya, matras puzzle tersebut sangat praktis digunakan. Mudah dibongkar pasang, Evamat Matras Puzzle ini juga gampang dibersihkan.

Harga Rp. 60.000-88.000

Evamat Puzzle Tobot Karpet

Masih dari Evamat, rekomendasi karpet selanjutnya punya desain kartun yang menarik. Dengan motif karakter Tobot, karpet puzzle ini dibuat ke dalam ukuran 30 x 30 x 1 cm tiap lembarnya.

Evamat Karpet Puzzle Karakter Tobot sudah bersertifikasi SNI. Dibuat dari eva foam berkualitas, karpet puzzle tersebut cukup awet saat digunakan sebagai alas bermain maupun hiasan dinding. Selain berkualitas, bahan yang digunakan untuk membuatnya juga terbukti aman dan tidak beracun.

Harga Rp. 89.900-203.000

Evamat Transportasi Karpet Puzzle

Karpet puzzle Evamat bermotif transportasi ini menjadi salah satu yang direkomendasikan karena kelebihannya. Bisa menjadi alas bermain anak serbaguna, karpet puzzle tersebut juga memiliki warna-warna yang sangat atraktif. Permukaan karpet puzzle Evamat terkenal mudah dibersikan dan tahan lama.

Ukuran tiap potong Evamat Karpet Puzzle Transportasi adalah 30 x 30 x 1 cm. Praktis dan mudah saat dipasang dan dibongkar, Anda bisa membeli karpet puzzle ini di aneka market place terpercaya. Produk ini dijual per pak dengan isi 8 potong.

Harga Rp. 60.000-150.000

Evamat Motif Hewan Karpet Puzzle

Alas lantai dengan model puzzle dari Evamat memang terbukti memiliki banyak keunggulan. Dibuat dari eva sponge berkualitas dan lulus uji SNI, alas lantai ini sangat direkomendasikan untuk anak yang sedang belajar merangkak dan berjalan.

Nyaman saat didiuduki, Karpet Puzzle Evamat Motif Hewan tersebut sangat pas digunakan sebagai alas lantai bermain bagi si kecil. Mudah dibersihkan, alas lantai puzzle Evamat motif hewan juga bisa ditempelkan di area dinding.

Ruang bermain akan terlihat lebih menarik dan dinding rumah Anda akan terlindungi dari si kecil yang sedang aktif melakukan eksplorasi melalui aneka permainan yang disukainya. Ukuran tiap potongan karpet puzzle tersebut cukup ringkas, yaitu 12 x 24 x 1 cm.

Harga Rp. 33.000-150.000
From our editorial team

Pilih Karpet Puzzle dengan Bahan yang Aman bagi Anak

Kulit bayi dan anak-anak memang sangat sensitif sehingga akan lebih bijak jika Anda mencari tahu terlebih dahulu bahan karpetnya. Hal ini tentu saja agar kulit anak Anda tetap terlindungi saat mereka beraktivitas di atas karpet puzzle. Pilih juga karpet puzzle dengan banyak warna agar anak-anak dapat sekaligus belajar tentang warna dengan melihat karpet ini.