Lebih Hemat Ruang dengan 10 Rekomendasi Tempat Tidur Tingkat untuk Anak!

Lebih Hemat Ruang dengan 10 Rekomendasi Tempat Tidur Tingkat untuk Anak!

Butuh tempat tidur untuk anak-anak? Anda bisa gunakan tempat tidur bertingkat untuk menghemat ruang. Simak tips memilihnya dan pilihan produknya dari kami!

Tempat Tidur Tingkat, Solusi Tepat Menghemat Ruang Tidur Anak-anak

Bagi Anda yang tinggal di rumah minimalis, tentu kadang kerepotan untuk mengatur dimana anak-anak akan tidur. Padahal kamar pada rumah minimalis umumnya terbatas. Mau tak mau, setiap anak tidak bisa mendapat kamar sendiri. Mereka harus rela berbagi kamar karena ruangnya terbatas.

Menempatkan 2 atau 3 anak dalam satu kamar tentu jadi masalah juga karena kita harus menyediakan 3 tempat tidur. Ini akan membuat ruang tidur jadi terkesan sesak dan bikin anak kurang nyaman. Jika ruang terlalu sempit, maka solusi satu-satunya adalah menggunakan tempat tidur bertingkat. Ini tentu akan sangat menghemat ruang tidur anak.

Desain tempat tidur ini bisa menampung 2 atau 3 anak tanpa memakan banyak ruang. Pilih saja tempat tidur bertingkat yang multifungsi yang dilengkapi laci. Dengan begini, buah hati bisa menyimpan baju, buku, dan keperluan lainnya pada laci tempat tidurnya tersebut.

Tempat tidur bertingkat juga cocok untuk Anda yang masih memiliki seorang anak saja. Ini karena ada model tempat tidur bertingkat dimana bagian atasnya menjadi tempat tidur sementara bagian bawahnya menjadi meja belajar atau tempat bermain.

Tempat tidur semacam ini tentu bisa menghemat banyak ruang di rumah minimalis. Dengan tempat tidur semacam ini maka kamar anak jadi terkesan lebih luas karena tempat bermain dan belajar berada di bawah tempat tidurnya.

Tips Memilih Tempat Tidur Tingkat

Pastikan Bahannya Kokoh

Untuk memilih tempat tidur bertingkat memang tak bisa asal saja. Salah satu yang wajib diperhatikan adalah bahan pembuatan tempat tidurnya. Pastikan bahan tempat tidurnya benar-benar kokoh supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti ranjang roboh dan lain sebagainya. Bahan yang dipakai harus teruji karena ini akan menentukan daya tahan dan umur tempat tidur tingkat tersebut.

Ada bahan kayu dan baja yang umum dipakai sebagai tempat tidur bertingkat. Jika tempat tidurnya bahan kayu maka cek ketebalan kayunya. Pastikan kayu tidak mudah retak atau patah. Jangan lupa untuk memilih kayu dengan finishing yang halus agar tak melukai tubuh anak. Sementara jika memilih bahan baja, maka pastikan bajanya kuat dan kokoh untuk menampung beban berat agar bisa tahan lama digunakan.

Perhatikan Desain Tangganya dan Pilih yang Memiliki Pelindung

Hal lain yang wajib diperhatikan saat membeli tempat tidur bertingkat adalah desain tangganya. Ini penting jadi perhatian karena tangga adalah akses untuk naik dan turun dari tempat tidur yang atas. Pastikan desain tangganya aman untuk buah hati Anda. Kita tentu tidak ingi sesuatu yang buruk terjadi pada si kecil saat ia naik turun tangganya.

Pastikan pijakan tangganya aman dan kokoh sehingga lebih aman untuk naik turun. Anda bisa juga memilih desain tangga yang pijakannya lebar sehingga lebih aman untuk dipijak kaki anak. Ada baiknya juga memilih desain tangga dengan pegangan jika usia si kecil masih terlalu kecil.

Jangan lupa juga untuk memilih tempat tidur bertingkat yang memiliki pelindung di tepian tempat tidurnya. Anda tidak akan mengambil risiko si kecil tergelincir dari tempat tidurnya saat akan tidur. Pastikan tinggi bingkai pelindung 25 cm ke atas. Cek bahan bingkai pelindung dan pastikan bahannya kokoh supaya bisa menahan beban berat tubuh anak jika ia bersandar pada bingkai pelindung ini.

Pilih Model yang Menarik Sesuai Usia

Model tempat tidur bertingkat juga wajib diperhatikan saat membelinya. Ada banyak sekali model tempat tidur bertingkat di pasaran. Anda bisa memilih model futon twin, desk twin, twin on twin, atau complete twin. Sebaiknya model tempat tidur bertingkat ini disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk dua anak, Anda bisa memilih tipe twin on twin yang memiliki dua buah kasur. Sementara untuk satu anak bisa memilih desk twin dimana bagian atasnya kasur namun bagian bawahnya bisa jadi tempat belajar dan bermain.

Anda bisa juga memilih model tempat tidur sesuai dengan usia anak. Untuk anak yang masih belajar tidur sendiri tanpa orangtua atau anak yang masih usia TK hingga SD, Anda bisa memilihkan model yang menarik. Anak-anak paling suka model yang atraktif. Anda bisa memilih yang ada perosotannya, ada karakter kartun kesukaan anak, atau yang ada fitur tangga berputarnya. Pilih juga warna-warna yang ceria supaya anak lebih betah memakai tempat tidur tingkatnya.

Untuk anak yang usianya sudah beranjak remaja, Anda bisa memilihkan desain tempat tidur yang simpel tanpa banyak detail. Anda bisa juga memilih tempat tidur bertingkat yang disertai laci dan rak tambahan di bagian tangga atau di bawah kasurnya. Ini tentu akan sangat berguna untuk mereka menyimpan dan menata barang-barang pribadinya.

Pilih dari Ketinggiannya

Ketika memilih tempat tidur bertingkat ada baiknya memilih dari ketinggian langit-langit kamar. Jika langit-langit kamar tidak terlalu tinggi, maka sebaiknya memilih tempat tidur bertingkat sedang atau rendah. Ini supaya buah hati tidak mudah terbentur langit-langit dan tetap bisa beraktivitas dengan nyaman.

Sementara jika langit-langitnya tinggi maka Anda aman saja dan bisa memilih tempat tidur tingkat yang tinggi. Jika tempat tidur bertingkatnya tinggi, umumnya di bagian bawah tempat tidur terdapat ruang kosong. Biasanya bagian bawah diberi laci penyimpanan.

Ini Dia Tempat Tidur Tingkat Menarik untuk Buah Hati

Tempat Tidur Tingkat Prosotan - Dipan Susun Anak Perosotan Lucu

Untuk buah hati yang masih TK atau SD, Anda bisa memberikan Tempat Tidur Tingkat Prosotan Dipan Susun Anak Perosotan Lucu. Ini tentu akan menarik minat buah hati Anda. Si kecil pastinya juga jadi berani mencoba tidur sendiri. Dengan tempat tidur ini, anak kembar Anda atau dua orang anak Anda bisa berbagi kamar dengan riang. Untuk naik, ada juga tangga di sisi tempat tidurnya.

Sementara untuk turun, anak bisa memakai anak tangga atau bisa juga memakai perosotan supaya lebih cepat dan lebih menyenangkan. Ukuran kasur bawah adalah 120 x 200 cm, sama dengan ukuran kasur atasnya. Produk ini terbuat dari bahan kayu mahoni solid kualitas tinggi dengan finishing cat duco.

Harga Rp. 7.800.000-14.000.000

Furniture Kamar Set Minimalis Tempat Tidur Dipan Anak Tingkat Susun 3

Anda juga bisa memilih Furniture Kamar Set Minimalis Tempat Tidur Dipan Anak Tingkat Susun 3. Produk yang satu ini terbuat dari bahan kayu jati berkualitas tinggi. Kayunya kuat dan kokoh sehingga tempat tidur ini bisa tahan lama digunakan.

Tempat tidur tingkat ini cocok untuk anak-anak dan remaja. Produk ini memakai finishing natural sehingga terkesan elegan. Dalam paket ini sudah lengkap tempat tidur, rak dipan, meja belajar, dan ada bonus kursinya. Ukuran luas tempat tidurnya adalah 200 x 100 cm. Desainnya minimalis dan bisa digunakan 3 orang sekaligus.

Harga Rp. 6.200.000-6.790.000

Ikea Tuffing Rangka Tempat Tidur Tingkat

Jangan lewatkan juga untuk memakai Ikea Tuffing Rangka Tempat Tidur Tingkat. Produk yang satu ini memiliki panjang 207 cm dan lebar 96 cm. Tinggi tempat tidur ini adalah 130 cm dengan tinggi bebas di bawah perabot adalah 14 cm. Tempat tidur tingkat ini bisa menahan beban maksimal 100 kg.

Produk ini bisa jadi solusi terbaik untuk ruang terbatas. Tempat tidur ini lebih rendah dibandingkan tempat tidur pada umumnya sehingga orang tua dapat melihat anaknya. Tangga tempat tidur ini ada di tengah sehingga lebih mudah untuk naik dan turun. Produk cocok untuk anak usia 6 tahun ke atas. Bahan dasar produk ini terbuat dari baja dengan lapisan serbuk poliester.

Harga Rp. 2.199.000-2.770.000

Tempat Tidur Tingkat Kayu Jati Duco

Anda juga tidak bisa melewatkan Tempat Tidur Tingkat Kayu Jati Duco. Produk yang satu ini cocok untuk buah hati Anda. Terbuat dari bahan kayu mahoni berkualitas tinggi, produk ini diberi finishing cat duco.

Ini adalah produk pre-order dan akan dikerjakan dengan lama 3 hingga 4 minggu. Bagian kasur atas ukurannya 100 x 200 cm sementara bagian bawah ukurannya 120 x 200 cm.

Ada dua buah laci di bawah tempat tidur yang bawah. Tempat tidur ini juga memiliki tangga samping yang bisa berfungsi sebagai laci. Tempat tidur bagian atas diberi pelindung samping tempat tidur. Produk ini juga memiliki tangga di bagian depan yang bisa digeser.

Harga Rp. 7.000.000-9.000.000

Ranjang Tidur Susun Expo M-BB-04

Anda juga bisa melirik Ranjang Tidur Susun Expo M-BB-04. Produk yang satu ini hadir dengan ukuran 210 x 130 x 180 cm dengan ranjang bawah kasur ukurannya 120 x 200 cm dan ranjang atas berukuran 90 x 200 cm. Tempat tidur yang satu ini memiliki pilihan warna hitam dan warna merah.

Ranjang yang satu ini memiliki knockdown system sehingga bisa dibongkar pasang. Produk ini sudah memenuhi standard ISO 9001. Dengan bahan besi yang kokoh, tempat tidur ini bisa kuat saat menahan beban dan tidak goyang. Tempat tidur ini juga lengkap dengan kasur Milano yang empuk.

Harga Rp. 2.205.000-3.532.000

Tempat Tidur Tingkat Modern Finishing Natural Jati Jepara

Tempat Tidur Tingkat Modern Finishing Natural Jati Jepara ini juga menarik untuk jadi pilihan. Tempat tidur bertingkat yang satu ini bisa menghemat ruang tidur yang minimalis. Produk ini terbuat dari material kayu jati yang sudah teruji kualitas ketahanannya.

Dengan finishing khas Jepara, produk ini juga terkesan sangat elegan dan indah. Tempat tidur bertingkat ini memakai finishing duco putih, salak brown, natural wood, atau sesuai selera. Desainnya keren.

Ada anak tangga yang lebar pijakannya. Selain itu di samping anak tangga ada rak untuk meletakkan banyak barang. Tempat tidur bagian atas memiliki pelindung model pagar.

Sementara tempat tidur bagian bawah memiliki pelindung model jendela klasik. Bagian bawah tempat tidur ada laci dengan penutup.

Harga Rp. 7.800.000-10.997.000

Orbitrend Ranjang Susun D-Square

Orbitrend Ranjang Susun D-Square ini merupakan tempat tidur yang cocok untuk anak remaja dan dewasa. Produk yang satu ini simpel modelnya dan sangat unik kesannya. Terbuat dari bahan metal, tempat tidur bertingkat ini memakai finshing powder coating.

Produk ini kuat dan tahan lama sehingga nyaman saat digunakan. Ukuran kasurnya adalah 200 x 90 x 20 cm. Pembelian sudah lengkap dengan Kasur Springbed Javaland New Panda Size 90 x 200 cm.

Harga Rp. 1.695.000-1.914.000

Ranjang Susun Multifungsi Custome Multi Purpose Loft Bed With Stair

Ranjang Susun Multifungsi Custome Multi Purpose Loft Bed With Stair ini merupakan produk selanjutnya untuk Anda pilih. Tempat tidur tingkat yang satu ini terbuat dari bahan plywood yang kuar dan kokoh.

Anda juga bisa menyesuaikan ukuran dengan lokasi ruangannya akan diletakkan. Bagian atas adalah tempat tidur dengan pelindung di bagian pinggirannya sehingga aman ditempati.

Produk ini bagian bawahnya bisa jadi meja belajar dan tempat anak berkreasi. Ada juga laci di bagian tangganya untuk menyimpan banyak barang.

Harga Rp. 3.600.000-4.410.000

Siantano RJS 01 Ranjang Susun

Siantano RJS 01 Ranjang Susun merupakan produk yang sayang untuk dilewatkan. Tempat tidur ini kokoh dan kuat karena terbuat dari bahan besi.

Produk ini tahan lama digunakan. Ukuran produk ini 210 x 99 x 180 cm dengan ukuran kasurnya 90 x 200 cm. Tempat tidur bertingkat ini cocok untuk anak remaja dan dewasa karena modelnya simpel.

Harga Rp. 1.615.000-3.490.000

Norddal Rangka Tempat Tidur Tingkat

Norddal Rangka Tempat Tidur Tingkat merupakan rekomendasi kami selanjutnya. Tempat tidur tingkat ini terbuat dari bahan kayu pinus. Tangganya bisa dipasang di sisi kiri atau kanan tempat tidur.

Produk ini unik karena bisa dibagi menjadi dua tempat tidur single. Tempat tidur ini cocok untuk remaja dan dewasa. Produk yang satu ini bisa menghemat space di dalam kamar yang minimalis.

Harga Rp. 7.250.000-10.000.000
From our editorial team

Sesuaikan Ukuran Kasur dan Gunakan Hanya yang Berkualitas

Saat memilih kasur untuk tempat tidur betingkat, pastikan Anda memilih kasur yang ukurannya sesuai dengan ukuran yang tersedia pada tempat tidur tersebut. Jika kasurnya terlalu kecil maka akan ada celah yang bisa membuat anak terjepit. Jika ukurannya kebesaran maka Anda jadi kesulitan memasangnya. Pilih juga kasur yang berkualitas agar buah hati bisa tidur lebih nyaman dan keesokan harinya bisa beraktivitas dengan enerjik.

Tag