Ruangan Makin Menarik dengan 10 Rekomendasi Karpet Berikut Ini! (2020)

Ruangan Makin Menarik dengan 10 Rekomendasi Karpet Berikut Ini! (2020)

Karpet adalah elemen dekorasi di rumah yang tidak bisa dilewatkan untuk dimiliki. Simak cara memilih karpet yang benar untuk di rumah. Cek juga rekomendasi karpet terbaik dari kami!

Karpet Merupakan Elemen yang Lebih dari Sekadar Pelindung Lantai

Salah satu elemen dekorasi di rumah adalah karpet. Benda yang satu ini biasanya diletakkan di tiga bagian rumah, yaitu ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar tidur. Fungsi utamanya adalah untuk melindungi lantai dari goresan furnitur. Namun siapa sangka kalau ternyata karpet mempunyai fungsi lebih dari itu.

Karpet bisa jugad difungsikan sebagai peredam kebisingan. Berbagai suara seperti televisi, derap langkah, suara mesin pemasak, dan lainnya kadang bikin rumah terlalu ramai. Dengan adanya karpet maka suara-suara tersebut paling tidak bisa diredam sedikit sehingga suara tidak sampai ke luar rumah. Karpet akan menyerap suara dan membuat suasana lebih tenang.

Fungsi lain karpet yang kadang tidak disadari adalah membuat kita lebih nyaman berjalan. Ada saat dimana kita kadang merasa lebih nyaman dan tenang saat berjalan di atas karpet. Apalagi jika karpetnya memiliki tekstur yang lembut dan empuk, sudah pasti kaki kita jadi sangat nyaman saat menginjaknya.

Karpet bisa juga menjadi pencipta suasana dan pendukung tema di dalam suatu ruangan. Anda bisa menciptakan kesan asri dan adem dengan memasang karpet warna hijau. Contoh lainnya lagi, karpet juga bisa menghadirkan suasana romantis dengan warna merah atau pink lembut.

Jika memiliki anak kecil di rumah, karpet tentu sangat diperlukan. Ini karena karpet bisa melindungi penghuninya dari bahaya terpeleset. Karpet hadir dengan tekstur empuk dan lembut sehingga mengurangi kekhawatiran akan terbentur dan terluka parah.

Fungsi lainnya lagi dari karpet adalah bisa meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Ada jenis karpet yang bisa menyaring udara dan bisa memusnahkan debu di udara. Karpet jenis ini tentu bisa sangat berguna untuk Anda yang mengidap asma.

Tips Memilih Karpet

Pilih Ukuran dan Tekstur Karpet Sesuai Ruangan

Saat memilih karpet, ada baiknya menyesuaikan ukuran dan tekstur karpet dengan tempat ruangan dimana karpet hendak diletakkan. Ini akan bisa menambah estetika ruang dan juga bisa memberikan kesan lebih proporsional pada ruangan tersebut. Dengan mengetahui ukuran yang pas untuk setiap ruang, maka Anda jadi tidak perlu bingung saat membeli karpet karena sudah tahu ukuran berapa yang Anda inginkan.

Untuk di kamar tidur ada baiknya memilih karpet berukuran kurang lebih 185 cm. Ini akan membuat karpet terlihat seimbang dengan panjang tempat tidur. Ukuran yang satu ini juga bisa membuat Anda nyaman saat ingin duduk atau rebahan di atas karpet kamar. Pilih karpet dengan tekstur bulu yang panjang, lembut, dan juga halus. Ini akan bikin Anda lebih rileks dan nyaman saat menginjak atau duduk di atasnya.

Untuk ruang keluarga, ada baiknya memakai ukuran karpet 200 x 300 cm. Ruang ini adalah spot untuk bertemu dan menghabiskan ahkir pekan bersma keluarga. Supaya lebih nyaman saat duduk dan mengobrol, pilihlah karpet dengan tekstur bulu yang lebat dan panjang. Tekstur karpet semacam ini akan membuat ruang keluarga jadi lebih hangat dan nyaman. Waktu berkumpul bersama keluarga pun jadi semakin bermakna karena suasana jadi lebih hangat.

Untuk di ruang tamu, Anda bisa memakai karpet ukuran 150 cm x 200 cm. Karpet semacam ini paling pas diletakkan di depan sofa. Pilih karpet yang sedikit lebih lebar dari sofa supaya lebih proporsional dilihat. Untuk teksturnya, Anda bisa memilih karpet dengan bulu pendek. Ruang tamu merupakan tempat menerima tamu. Tidak jarang ada remahan kue, debu, dan lainnya yang tercecer. Dengan memilih karpet berbulu pendek maka Anda bisa lebih mudah membersihkan noda atau remahan biskuit pada karpet tersebut.

Pilih dari Bahannya

Ada baiknya juga Anda memilih karpet dari bahannya saat akan membelinya. Ada banyak bahan pembuatan karpet. Bahan karpet sebaiknya disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda di rumah atau di tempat karpet diletakkan.

Karpet berbahan nilon, akrilik, atau wol bisa jadi pilihan utama. Karpet semacam ini harganya terjangkau dan teksturnya tebal sehingga nyaman digunakan. Karpet berbahan tersebut paling cocok diletakkan di ruang tamu. Hal ini karena bahannya tahan panas dan mudah dibersihkan dari tanah maupun noda makanan dan minuman.

Anda bisa juga memilih bahan karpet sesuai dengan kondisi daerah tempat tinggalmu. Karpet bahan katun paling cocok untuk daerah yang memiliki hawa udara panas. Bahan katun memiliki daya serap yang baik dan lebih cepat kering. Ini membuatnya bisa memberikan tekstur adem saat disentuh.

Di sisi lain untuk yang tinggal di daera berhawa dingin bisa mengandalkan karpet bahan wol. Dengan karpet yang satu ini maka dinginnya lantai bisa dihalau dengan baik. Bahan lain yang bisa digunakan untuk hawa dingin adalah bulu, flanel, dan quilt. Ini akan membuat Anda jadi merasa hangat dan nyaman saat tiduran atau menonton TV di lantai.

Karpet bahan microfiber cocok untuk digunakan di segala daerah. Selain cocok di daerah panas juga cocok di daerah dingin. Ini karena sifatnya yang lembut dan tidak lengket. Bahan yang satu ini bisa menyesuaikan dengan cuaca dan tetap memberi rasa nyaman di kaki.

Pilih Desain dan Warna Sesuai Kebutuhan

Setelah melihat ukuran dan tekstur, kini saatnya Anda memilih desain dan warna karpet yang sesuai. Anda bisa memilih desain dan warna sesuai dengan tempat ruangannya. Desain karpet persegi panjang cocok untuk segala ruangan, sementara karpet bentuk bulat terkesan lembut dan lebih cocok untuk kamar wanita.


Anda bisa juga memilih warna karpet sesuai kesan yang ingin ditonjolkan. Misalnya untuk ruang yang smepit, Anda bisa pakai karpet warna putih untuk memberikan kesan ruang lebih luas dan lebar. Anda bisa memberikan kesan dingin dan hangat lewat pemilihan warna karpet juga.

Untuk motif karpet pun bisa disesuaikan dengan tema ruangan. Hindari karpet dengan motif ramai jika ruangan sudha berkesan ramai dengan dekorasi. Sebaliknya, pilih karpet dengan motif ramai untuk ruangan yang terlalu polos.

Pilih Karpet yang Mudah Dibersihkan

Karpet tidak hanya digunakan saja namun kita juga harus bisa membersihkannya. Pastikan karpet lebih mudah dicuci saat membelinya. Ada karpet yang bisa dicuci dengan mesin dan ada pula yang harus dicuci secara manual. Jenis manapun yang Anda beli, pastikan Anda tidak akan kerepotan saat membersihkannya.

Karpet yang bisa dicuci dengan mesin cuci tentu akan mempermudah pekerjaanmu. Selain lebih cepat, pastinya juga lebih praktis untuk dikerjakan. Namun, pastikan Anda mengecek ukurannya apakah muat di mesin cuci atau tidak. Bobot karpet juga perlu diperhitungkan agar tidak memberatkan mesin cuci dan merusak mesin cuci,

Karpet yang dicuci dengan tangan memang butuh waktu lama untuk membersihkannya. Untuk mengeringkan karpet semacam ini pun butuh waktu lama. Anda butuh pengering khusus jika ingin mengeringkannya dalam waktu singkat. Ada baiknya memilih produk berukuran kecil supaya tidak butuh waktu lama membersihkannya.

Ini Dia Rekomendasi Karpet untuk Rumah Anda

Ikea Ibsted 120 x 180 cm

Ikea Ibsted merupakan karpet yang bisa jadi rekomendasi pertama. Produk yang satu ini hadir dalam ukuran 120 x 180 cm. Jenis karpet ini mudah dirawat karena bahannya dari serat sintetik.

Karpet ini juga memiliki lapisan anti selip di baliknya sehingga aman untuk dipijak di berbagai permukaan karena bisa meminimalisir risiko tergelincir. Produk ini juga mudah dibersihkan.

Cukup bersihkan pakai vacuum cleaner saja. Jika ada noda basah, cukup serap memakai kertas tisu. Motif karpet ini simpel sehingga bisa mendukung ruang bertema minimalis.

Harga Rp. 336.000-449.000

Rug Seagrass/Karpet Anyaman D120 cm

Rug Seagrass /Karpet Anyaman D120cm adalah pilihan tepat selanjutnya untuk Anda. Produk yang satu ini unik karena bentuknya bundar. Diameter karpet ini adlaah 120 cm. Terbuat dari seagreass kombi, karpet ini nyaman di kaki.

Karpet yang satu ini fleksibel dan cocok untuk mempercantik ruangan. Bahannya ramah lingkungan sehingga aman saat akan dibuang karena tidak digunakan lagi. Produk ini tahan lama dan pastinya bikin Anda tidak perlu membeli karpet baru dalam waktu dekat.

Harga Rp. 228.000-280.000

Karpet Bulu Polypom Ukuran 150 x 100 x 2 cm

Jangan lewatkan untuk memiliki Karpet Bulu Polypom Ukuran 150 x 100 x 2 cm. Produk yang satu ini empuk dan pastinya nyaman dipijak. Karpet ini memiliki alas bintik anti selip sehingga aman untuk dipijak. Karpet ini berisi busa polypom sehingga tidak akan mudah kempes saat digunakan.

Anda bisa menjemurnya di tempat panas agar busanya bisa mengembang dan membuatnya lebih empuk. Produk ini sebaiknya tidak direndam terlalu lama saat dicuci. Karpet ini hanya bisa dicuci manual. Produk ini memiliki ketebalan 2 cm jadi lebih empuk untuk duduk dan lainnya.

Harga Rp. 149.000-212.000

Karpet Motif Monokrom Hitam Putih 160 x 210 cm

Karpet Motif Monokrom Hitam Putih 160 x 210 cm tentu bisa jadi pilihan berikutnya. Karpet yang satu ini terbuat dari bahan polypropylene. Produk ini fleksibel dan cocok untuk menghias rumah bernuansa modern.

Dengan karpet ini, Anda bisa menghadirkan suasana hangat dan menyenangkan di rumah. Letakkan di ruang keluarga atau ruang tamu.

Desainnya indah dan minimalis sehingga membuatnya cocok untuk rumah bertema modern. Bahanya kuat karena buatan mesin sehingga karpetnya tahan lama.

Harga Rp. 329.000-533.000

Karpet Lipat Microsatin

Karpet Lipat Microsatin adalah produk yang sayang untuk dilewatkan. Karpet yang satu ini mudah dibawa kemana saja karena mudah untuk dilipat. Produk ini anti air dan mudah dibersihkan. Anda bisa memasangnya di ruang tamu, ruang keluarga, alas kamar bayi, dan tempat bermain anak.

Produk ini juga cocok untuk dibawa liburan dan sebagai alas untuk duduk bersama keluarga. Bahan karpet ini adem dan halus sehingga bikin kita nyaman saat menginjak dan mendudukinya. Karpet ini memiliki ukuran panjang 300 cm dan lebar 150 cm.

Harga Rp. 80.000-101.000

Karpet Busa Bulu Boneka Rasfur Tebal

Karpet Busa Bulu Boneka Rasfur Tebal adalah produk yang bisa diandalkan selanjutnya. Karpet yang satu ini terbuat dari bahan busa bulu rasfur yang biasa dipakai untuk boneka.

Produk yang satu ini hadir dalam ukuran 200 x 150 cm. Busanya bagus dan tahan lama. Selain itu busanya juga memiliki ketabalan 3 cm. Produk ini dilengkapi dengan alas bintik anti selip. Ada juga reselting sehingga permukaan karpet bisa dicuci.

Harga Rp. 245.000-450.000

Pent-House Cendol Glossy

Pent-House Cendol Glossy juga menarik untuk karpet di rumah. Produk yang satu ini bisa jadi dekorasi rumah yang indah. Model bulir cendol pada karpet ini membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan. Karpet ini memiliki ukuran 140 x 190 cm.

Produk ini hadir dengan anti selip bintik pada bagian bawahnya. Bahan karpet ini lebih halus dan lembut jadi lebih nyaman di kaki. Karpet ini juga tebal sehingga nyaman diduduki. Produk ini hypoallergenic sehingga aman untuk yang menderita alergi bulu dan debu.

Harga Rp. 195.000-413.000

Karpet Bulu Korea Russian Fur White

Ada juga Karpet Bulu Korea Russian Fur White. Produk yang satu ini bulunya begitu halus dan lembut. Ini bikin kita betah menginjak atau duduk di atas karpet.

Bulunya tidak mudah rontok sehingga nyaman dipijak. Produk ini paling pas diletakkan di dalam kamar. Karpet cocok juga untuk jadi dekorasi rumah. Bulu karpetnya memiliki panjang 7 cm dengan lebar bahan karpet 150 cm.

Harga Rp. 174.000-402.000

Tren-D-rugs Karpet Lantai

Tren-D-rugs Karpet Lantai ini bisa juga jadi pilihan. Karpet cantik yang satu ini memiliki motif printing yang beragam. Anda bisa menyesuaikan motifnya sesuai selera dan tema ruangan.

Produk ini dibagian belakanganya dilengkapi karet sehingga anti selip. Produk sudha diobras keliling jadi lebih nyaman digunakan. Karpet ini hadir dalam ukuran 100 cm x 140 cm.

Harga Rp. 129.000-174.000

Karpet Permadani Turki

Karpet Permadani Turki tentu bisa jadi pilihan juga. Produk yang satu ini akan memberi kesan mewah pada ruangan tempatnya diletakkan. Motifnya klasik sehingga kesannya sangat elegan. Karpet ini permukaannya halus dan empuk sehingga bikin kita nyaman duduk dan berjalan di atasnya. Ukuran karpetnya adalah 200 x 300 cm.

Harga Rp. 446.000-1.267.000
From our editorial team

Ciptakan Focal Point Memakai Karpet

Fungsi karpet sebenarnya sangat banyak loh. Salah satu fungsinya adalah untuk menciptakan focal point pada suatu ruangan. Pilih karpet yang warnanya berbeda dari ruangan tersebut. Ini akan membuat perhatian langsung tertuju pada karpetnya. Selain memilih warna berbeda, Anda bisa juga memilih karpet dari motifnya yang menarik. Gunakan karpet motif untuk ruangan yang berkesan polos supaya bisa membuat karpet menjadi focal point pada suatu ruangan.