10 Rekomendasi Tirai Jendela Kece untuk Mempercantik Setiap Sudut Rumah Anda (2020)

10 Rekomendasi Tirai Jendela Kece untuk Mempercantik Setiap Sudut Rumah Anda (2020)

Dekorasi rumah sangat banyak macam dan bentuknya. Salah satunya adalah tirai jendela. Gorden atau tirai jendela bisa mempermanis sudut rumah Anda dan membuatnya lebih enak dipandang. Tidak percaya? Cek dulu rekomendasi tirai jendela dari BP-Guide berikut ini!

Jendela Berfungsi Sebagai Ventilasi Udara dan Jalan Masuk Cahaya

Jendela sangat dibutuhkan di setiap rumah. Fungsi utama jendela tentu saja sebagai jalan masuknya cahaya dan udara. Keberadaan jendela juga sangat bermanfaat untuk kesehatan para penghuni rumah. Jika sirkulasi udara di dalam rumah lancar dan sinar matahari bisa masuk tanpa halangan, maka berbagai jenis kuman dan bakteri bisa hilang secara alamai.

Bentuk klasik dari jendela adalah persegi atau persegi panjang, namun kini banyak juga jendela dengan bentuk menarik yang tidak terlalu beraturan. Meskipun demikian, hal ini tidak mengurangi atau mengubah fungsi jendela tersebut sedikit pun. Semakin unik bentuk jendela, maka dapat memberika nilai tambah pada desain eksterior atau interior sebuah bangunan.

Oleh karena itu, saat membangun rumah atau akan membeli rumah, pastikan bangunan tersebut memiliki jumlah jendela yang cukup untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

Jendela Memerlukan Tirai yang Memiliki Fungsi Berbeda-Beda

Mendesain rumah adalah hal yang sangat menyenangkan. Anda bisa bermain dengan kreativitas dan menuangkan ide-ide menarik untuk merancang rumah yang tidak hanya nyaman tetapi juga sedap dipandang. Setidaknya ada 4 ruangan yang wajib ada dalam setiap rumah yaitu ruang tamu, dapur, ruang makan, dan kamar tidur.

Pastikan keempat ruangan tersebut memiliki jumlah jendela yang cukup sebagai jalan masuknya sinar matahari dan sarana keluar masuknya udara bersih. Ada jendela tentu saja harus ada tirai sebagai penutupnya. Namun fungsi tirai tentu saja lebih dari sekadar penutup atau penghalang sinar matahari yang terlalu terik di siang hari.

Tirai atau gorden jendela memiliki fungsi yang berbeda-beda, demikian pula dengan bentuknya. Ada gorden dengan bentuk klasik berbahan kain, namun ada juga yang berbentuk roller blind yang terbuat dari besi, plastik, atau kayu. Bagaimana bentuk dan warna gorden untuk tiap-tiap jendela tergantung pada selera pemilik rumah.

Tips Memilih Tirai yang Cocok untuk Jendela di Rumah Anda

Pemilihan Warna Menjadi yang Utama

Warna adalah aspek yang sangat penting untuk menciptakan suasana tertentu dalam sebuah ruangan. Tergantung gaya apa yang diinginkan, tinggal sesuaikan saja warna yang diinginkan. Misalnya untuk desain interior yang minimalis, warna emas atau cokelat adalah pilihan terbaik. Selain itu, warna dasar seperti hitam dan putih dapat menciptakan gaya minimalis yang tak lekang oleh waktu.

Sementara itu, warna-warna cerah seperti oranye, kuning, atau merah dapat menciptakan suasana ceria dalam ruangan. Rumah bisa terkesan sejuk dengan pilihan warna gorden tertentu seperti hijau muda atau biru langit.

Jangan lupa sesuaikan juga pemilihan warna gorden dengan warna furnitur yang ada di dalam ruangan tersebut.

Pemilihan Bahan juga Harus Diprioritaskan

Bahan apa yang akan digunakan pada gorden ruangan juga sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya jika jendela menghadap langsung ke arah matahari dan bisa terasa sangat terik di siang hari, bahan gorden tebal yang bisa memblokir ruangan dengan sempurna (blackout) adalah pilihan terbaik. Dengan demikian, sinar matahari tidak bisa menembus hingga ke dalam ruangan dan menjaga suhu ruangan tetap sejuk dan dingin.

Berbeda lagi jika Anda lebih suka tampilan yang kasual. Pilihlah bahan yang ringan seperti linen dengan tekstur tenunan yang bisa mendistorsi cahaya dari luar dengan sangat indah. Untuk kesan yang lebih dramatis, pilih gorden dengan bahan tipis yang bisa jatuh secara alami dan bergoyang ketika tertiup hembusan angin.

Bahan gorden lain yang bisa dipilih adalah beludru untuk memberi kesan mewah. Bahan sutra juga bisa memberi kesan yang sama.

Model Gorden yang Sesuai Harus Diperhatikan

Urusan model memang sangat penting dalam memilih gorden. Tidak usah khawatir, ada banyak model gorden yang tersedia di pasaran untuk berbagai macam desain rumah. Mulai dari gorden minimalis polos tanpa warna hingga gorden bermotif spektakuler seperti gorden model Spanyol.

Jika Anda tidak suka dengan model Spanyol yang memiliki terlalu banyak motif dan aksen, Anda bisa mempertimbangkan model semi Spanyol yang lebih minimalis namun tetap terlihat mewah. Ingat bahwa gorden dapat memberikan sentuhan estetika pada ruangan sehingga tidak bisa asal tunjuk. Gorden bisa menyempurnakan desain rumah agar semakin sedap dipandang.

Panjang Kain Gorden Harus Sesuai dengan Kebutuhan

Hal yang tidak kalah penting saat membeli gorden adalah mengukur panjangnya agar sesuai dengan kebutuhan setiap jendela ruangan. Ukuran standar pemasangan gorden adalah 15 cm di atas jendela untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih tinggi dan luas.

Sementara untuk lebarnya, tambahkan sekitar 10-20 cm di kedua sisinya kemudian kalikan 2 keseluruhan lebarnya agar jendela dapat tertutup dengan sempurna. Hati-hati jangan sampai membiarkan gorden menjuntai berlebihan hingga ke lantai karena akan membuat gorden cepat kotor dan tidak enak dilihat.

Motif Tirai Jangan Dilupakan

Jika ruangan masih terkesan polos setelah menambahkan gorden, Anda boleh memilih gorden bermotif. Dari banyaknya motif yang ada, sesuaikan yang paling pas dengan desain ruangan. Gorden yang kaya motif sangat cocok untuk rumah yang temboknya polos dan tidak ditempeli dengan wallpaper.

Anda bisa memilih motif yang besar atau motif kecil yang lebih detail untuk gorden, sesuaikan saja degan selera masing-masing. Yang terpenting motif tirai bisa membuat penampilan ruangan semakin sempurna.

Rekomendasi Tirai Jendela yang Cocok Ditempatkan pada Setiap Jendela di Rumah Anda

Tirai Jendela Kain Tulle Jacquard

Tirai Jendela Kain Tulle Jacquard dapat memberikan kesan dramatis dengan desain yang sangat kental dengan sentuhan Eropa. Bahannya yang sangat tipis dan transparan akan membuat penampilan ruangan tampak berbeda. Terbuat dari kain organza tipis dan transparan, gorden ini bisa mencegah serangga masuk ke dalam ruangan.

Motif bunga yang sangat indah dan modern cocok untuk dekorasi rumah Anda. Gorden ini bisa dipasang di semua ruangan termasuk ruang tamu, ruang keluarga, hingga kamar tidur. Ukuran lebar dan panjang gorden adalah 280 x 100 cm. Jika Anda jatuh cinta dengan model gorden ini, pastikan ukurannya pas dengan lebar jendela di ruangan Anda, ya.

Harga Rp. 73.000-282.300

Tirai Jendela Panel Sheer Scarf Valances

Tirai Jendela Panel Sheer Scarf Valances hadir dalam ukuran yang cukup besar yaitu 100 cm x 200 cm. Gorden berbahan poliester ini cukup tipis dan transparan, cocok untuk rumah bergaya minimalis. Pilihan warnanya pun sangat beragam mulai dari putih, merah, biru tua, fuschia, merah jambu, ungu, hitam, biru, oranye, dan kopi. Sangat cocok jika Anda ingin menciptakan ruangan yang ceria dan berwarna.

Bahan pembuat gorden yang kuat dan tahan lama membuatnya tidak mudah robek. Selain itu gorden ini juga jatuh menjuntai secara alami ke bawah, memberikan kesan dramatis pada ruangan. Gorden bergaya modern ini tentu sangat cocok untuk desain rumah Anda yang minimalis dan modern.

Harga Rp. 27.900-99.700

Tirai dengan Motif Daun Pisang

Suka dengan gaya tropikal yang kekinian? Produk ini bisa jadi pilihan tepat buat Anda. Gorden ini terbuat dari bahan poliester yang tebal dengan motif pola daun pisang yang unik. Bahan gorden yang tebal akan memberikan privasi pada ruang yang diberi penyekat ini.

Gorden juga bisa digunakan untuk melindungi furnitur agar tidak berdebu. Ukuran gorden adalah 1,3 m x 1 m, pas untuk jendela berukuran sedang. Motif tropikal yang keren ini cocok untuk rumah-rumah bergaya minimalis dengan sentuhan natural. Tidak perlu ragu, yuk segera miliki gorden keren ini.

Harga Rp. 149.000-218.000

Tirai Jendela Bintang

Tirai jendela bisa menjadi elemen penghias ruangan yang cantik. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih motif, jangan asal tunjuk saja ya. Salah satu produk yang direkomendasikan oleh BP-Guide adalah Tirai Jendela Bintang.

Hadir dalam warna biru navy yang kece dan bertaburan motif bintang di seluruh permukannya. Gorden bergaya Amerika dan Eropa ini terbuat dari bahan voile curtain tebal dan berkualitas. Terdapat dua macam pilihan tipe yaitu tipe tebal dengan shading berukuran 100 x 130 cm atau tipe tipis (thin) tanpa shading dengan ukuran 200 x 100 cm.

Selain warna biru navy, ada pilihan warna lain juga seperti biru langit, biru tua, merah muda, hijau, dan kuning krem yang bisa disesuaikan dengan tema ruangan di rumah Anda.

Harga Rp. 64.980-114.240

Tirai Kris Venetian Blinds

Tirai atau gorden jenis blinds adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin memblokir total semua cahaya yang masuk ke dalam ruangan dan memberikan privasi yang Anda butuhkan. Tirai Kris Venetian Blinds adalah produk berkualitas, terbuat dari bahan PVC untuk menyempurnakan dekorasi ruangan Anda.

Warna cokelatnya elegan sehingga bisa juga digunakan untuk jendela kantor atau ruang kerja. Selain cokelat, ada juga pilihan warna hitam dan putih yang lebih minimalis. Ukuran blinds ini adalah 90 x 180 cm dengan pola horizontal.

Bahannya mudah dibersihkan serta dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tebal bahannya adalah 25 mm, kuat, dan tidak mudah patah.

Harga Rp. 189.000-195.000

Tirai Jendela Transparan Motif Kupu-Kupu

Gorden transparan adalah solusi jika Anda masih ingin membiarkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Tirai Jendela Transparan Motif Kupu-Kupu ini punya tampilan cantik yang bisa memperindah jendela belakang rumah lho. Dengan warna dasar putih dan kupu-kupu aneka warna, gorden ini cocok untuk segala tema dekorasi rumah.

Ukuran gorden ini standar yaitu 100 x 200 cm. Selain untuk jendela, gorden juga bisa digunakan untuk pintu kaca, sebagai pemisah ruangan, atau sekadar dekorasi untuk dinding.

Harga Rp. 31.200-39.000

Tirai Jendela Blackout Premium

Rumah bergaya modern banyak menggunakan gorden polos tebal tanpa motif atau blackout. Seperti Tirai Jendela Blackout Premium berikut ini.

Terbuat dari bahan blackout tebal premum, dijamin dapat memberikan privasi untuk ruangan di rumah Anda. Gorden ini semakin cantik dengan tekstur dove dan corak timbul.

Model gorden adalah smorking dengan 12 lubang dan 6 gelembung. Ukuran gorden adalah 140 cm x 200 cm dengan 6 warna pilihan yaitu abu tua, abu muda, coklat muda, coklat tua, ungu, dan krem. Sesuaikan pilihan warna dengan tema dekorasi ruangan Anda.

Harga Rp. 140.000-211.110

Tirai Kayu Wooden Blind

Kerai adalah tirai yang terbuat dari bahan kayu dapat memberikan kesan klasik pada desain ruangan. Tirai Kayu Wooden Blind terbuat dari kayu berkualitas. Dengan tebal slat 3 mm, tirai ini jelas bisa sangat awet dan tahan lama. Lebar tirai ini yaitu 2x1 meter, dapat digunakan sebagai penutup teras juga. Mudah dibersihkan dan bisa dibuka tutup kembali sesuai kebutuhan.

Harga Rp. 30.000-184.240

Tirai Jendela Motif Bunga Peony

Motif bunga pada gorden memang tidak pernah gagal membuat suasana rumah terlihat lebih segar dan cantik. Tidak terkecuali Tirai Jendela Motif Bunga Peony yang satu ini. Tirai jendela transparan ini terbuat dari bahan tulle yang tipis dan transparan yang cocok untuk menghiasi dekorasi rumah Anda.

Ukuran tirai adalah 200 x 100 cm dengan berbagai macam pilihan warna menarik yaitu biru, kuning, hijau, ungu, dan merah muda. Bahan gorden juga mudah dicuci dan dibersihkan. Tinggal dicuci dengan tangan dan biarkan kering oleh sinar matahari. Segera pilih warna yang paling cocok dengan tema keseluruhan rumah Anda.

Harga Rp. 45.660-130.000

Tirai Jendela Bahan Satin Motif Baba

Bahan satin yang licin dan mengkilap dapat memberikan kesan mewah pada ruangan Anda jika dijadikan sebagai gorden. Tirai Jendela Bahan Satin Motif Baba memiliki karakter yang sangat kuat dan tekstur yang lembut dan sangat halus. Bahan ini terlihat elegan karena jatuh secara alami ke bawah.

Gorden ini tersedia dalam berbagai macam pilihan warna yaitu abu-abu, hijau, krem, ungu, dan biru langit. Ukuran gorden sendiri adalah 250 x 100 cm. Bahannya tebal, namun tidak blackout sehingga sinar matahari masih bisa masuk ke dalam ruangan.

Harga Rp. 56.469-145.700
From our editorial team

Ganti Tirai Jendela Anda, Yuk!

Setelah melihat sederet rekomendasi tirai jendela yang kece dari BP-Guide di atas, Anda pasti akan tergoda untuk mengganti tirai jendela. Tirai jendela yang cantik memang bisa mengubah kesan ruangan menjadi lebih indah ya. Yuk, segera pilih mana yang jadi favorit Anda!