10 Rekomendasi Stabilizer Terbaik Untuk Peralatan Elektronik di Rumah Kamu (2020)

10 Rekomendasi Stabilizer Terbaik Untuk Peralatan Elektronik di Rumah Kamu (2020)

Tegangan listrik PLN yang tidak stabil bisa membuat barang elektronik di rumah Anda cepat rusak. Cara untuk membuatnya lebih awet adalah dengan menggunakan stabilizer. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi stabilizer terbaik untuk berbagai barang elektronik di rumah Anda.

Perangkat Elektronik yang Terlalu Banyak Memakan Daya Listrik Pastinya Bikin Boros

Sumber gambar ecrshopping.com

Alat elektronik merupakan kebutuhan dasar dalam rumah tangga yang wajib ada. Di dalam rumah, benda-benda seperti kulkas, rice cooker, hingga Air Conditioner dapat membantu memudahkan kehidupan sehari-hari. Jika Anda bekerja, maka keberadaan perangkat elektronik tambahan seperti komputer juga harus ada di rumah.

Semakin banyak alat elektronik yang dimiliki, semakin mudah pula hidup Anda. Namun konsekuensi yang harus dihadapi adalah semakin banyak pula daya listrik yang dikonsumsi oleh peralatan tersebut. Tidak perlu bingung, stabilizer bisa menjadi solusi untuk menstabilkan tegangan listrik di rumah Anda.

Biasanya alat elektronik tidak dilengkapi dengan penahan arus yang menyebabkan konsumsi arus naik turun tidak menentu. Akibatnya, penggunaan listrik semakin boros dan menjadi tidak stabil. Selain itu, arus listrik yang dialirkan oleh PLN juga tidak selalu sesuai dengan kebutuhan alat elektronik tertentu. Ini beresiko menyebabkan korsleting yang bisa membahayakan keselamatan Anda dan keluarga.

Kini stabilizer menjadi barang yang sangat mudah ditemukan di pasaran. Anda bisa memilih berbagai macam merek dengan spesifikasi masing-masing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Berhati-Hati Saat Membeli Stabilizer

Jangan sembarangan membeli stabilizer, apalagi hanya karena tergoda harganya yang murah. Pastikan stabilizer yang Anda beli memiliki spesifikasi mumpuni dan sesuai dengan kebutuhan rumah tangga Anda.

Aspek pertama yang wajib dipertimbangkan adalah maksimal daya yang bisa dikeluarkan oleh stabilizer. Setiap stabilizer memiliki maximum output power masing-masing yaitu 50%, 60%, 70%, 80%, hingga 100%. Tidak disarankan menggunakan daya stabilizer hingga 100%. Harus diberi ruang untuk faktor keamanan sebesar 20%. Itu artinya, daya maksimum keseluruhan stabilizer harus dikurangi lagi 20%.

Fitur lain yang biasanya ada pada stabilizer adalah soft start atau auto return. Ini merupakan sistem yang memungkinkan stabilizer untuk hidup kembali dengan aman dan ringan setelah terjadi pemadaman listrik dari PLN sehingga tidak menyebabkan anjloknya MCB.

Jenis-Jenis Stabilizer

Stabilizer Servo / Motor

Sumber gambar electric-energymeter.com

Stabilizer jenis servo atau motor adalah yang paling banyak dijumpai di pasaran. Komponen utama dari stabilizer ini adalah gulungan dinamo yang menjadi sumber dayanya. Stabilizer servo banyak digunakan oleh masyarakat karena harganya yang murah namun kualitasnya tetap terjamin.

Jangkauan fluktuasi listriknya cukup tinggi dibandingkan dengan tipe stabilizer yang lainnya. Sayangnya, kelemahan dari stabilizer servo adalah response time yang lama untuk menstabilkan tegangan, yaitu sekitar 2 sampai 5 detik.

Selain itu, stabilizer servo juga membutuhkan carbon brush untuk pengoperasiannya. Carbon brush bisa habis dan aus seiring berjalannya waktu, harus diganti agar stabilizer tetap bisa bekerja dengan baik. Carbon brush sendiri bisa bertahan selama 2 hingga 3 tahun.

Stabilizer Ferro Resonant

Sumber gambar klikglodok.com

Stabilizer ferro resonant sangat bisa diandalkan. Ada banyak keunggulan dari stabilizer ini, antara lain adalah response super cepat yang hanya membutuhkan 0,04 detik saja. Dibandingkan dengan jenis yang lain, ferro resonant lebih stabil dan dapat menyaring gangguan listrik dengan lebih baik.

Penggunaan trafo isolasi dan kapasitior dapat meredam spike, sag, noise, surge, dan petir. Nama lain dari stabilizer ferro resonant adalah Line Conditioner atau Power Conditioner. Dengan performa yang lebih stabil, Anda jelas akan lebih nyaman menggunakan stabilizer jenis ini.

Digital Control

Sumber gambar bhinneka.com

Stabilizer digital control juga termasu yang paling stabil dengan cara kerja yang lebih canggih dan mumpuni. Sistem yang digunakan oleh stabilizer ini adalah line conditioner yang membuatnya mampu memberikan reaksi cepat, hanya 0.04 detik saja untuk mencapai kestabilan listrik.

Fitur lain dari stabilizer ini adalah penyaring dari gangguan listrik untuk menjaga performa tetap stabil dan tidak mudah terganggu. Selain itu, pengaturan pada stabilizer menggunakan instrumen digital yang sangat membantu dan memudahkan pengguna.

Stabilizer Relay

Sumber gambar electric-energymeter.com

Seperti namanya, stabilizer ini menggunakan beberapa relay saat bekerja menstabilkan tegangan listrik yang naik turun. Meski reaksinya sangat cepat, kestabilannya tidak terlalu baik. Kelemahan lain dari stabilizer relay adalah tidak dilengkapi dengan filter atau penyaring untuk berbagai macam gangguan listrik eksternal seperti petir dan gejolak dari gardu. Range kestabilan alat ini sangat minim, biasanya kurang dari 5 persen.

Pilihan Stabilizer Terbaik untuk Perangkat Elektronik di Rumah

Toyosaki SVC-1000N Stabilizer 1000VA

Toyosaki SVC-1000N Stabilizer 1000VA memiliki voltase yang cukup besar dengan dua output. Output 110VAC dapat digunakan untuk alat elektronik yang diproduksi dan dibeli di luar negeri. Sementara output kedua yaitu 220VAC cocok untum barang elektronik produksi lokal yang biasa dipakai sehari-hari.

Stabilizer ini dibekali dengan banyak keunggulan. Antara lain adalah auto return yang aman dan nyaman setelah terjadi pemadaman dari PLN. Dinamo pada alat ini juga sangat kuat, didukung spool yang tahan panas. Ada sekring pengaman untuk memudahkan pengoperasian.

Kelebihan lainnya adalah stavol ini juga dapat menjaga listrik dari serangan petir yang menyambar. Cocok digunakan jika rumah Anda sering mengalami naik-turun tegangan yang tidak menentu dari PLN. Gunakan pada alat elektronik yang paling rentan terhadap ketidakstabilan arus seperti komputer dan lemari es.

Harga Rp. 324.000-325.000

Matsunaga Voltage SVC-1000N Stavolt Motor Stabilizer

Matsunaga Voltage SVC-1000N Stavolt Motor Stabilizer adalah alat buatan Jepang yang memiliki ketahanan sangat baik. Stavol dari Matsunaga bisa bertahan sampai 10 tahun pemakaian. Kapasitasnya pun beragam, mulai 350VA hingga 10.000VA.

Jangan sampai salah membeli, karena produk Matsunaga juga dibuat di China. Namun dari segi kualitas, buatan Jepang ini jelas lebih unggul. Pilih produk yang kapasitasnya paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebelum membeli, cek dulu spesifikasi stavol yang satu ini. Keunggulannya adalah soft start, yakni bekerja dengan suara yang halus. Tersedia 3 colokan dengan output 110V sebanyak 1 slot dan output 220V sebanyak 2 slot. Alat ini juga dilengkapi dengan circuit breaker untuk mencegah korsleting pada listrik.

Penggunaan daya maksimal yang disarankan adalah 700 watt untuk mencegah korsleting dan ketidakstabilan arus.

Harga Rp. 274.900-374.000

Prolink Stabilizer PVR1000D

Prolink Stabilizer PVR1000D memiliki desain yang modern dengan display parameter digital dalam layar LCD. Tampilan yang ciamik ini didukung dengan kelengkapan indikator untuk memudahkan Anda dalam mengontrol penggunaan stabilizer. Indikator yang ada pada alat antara lain adalah Fault Indicator, AVR Indicator, Normal Indicator, dan Delay Time Setting. Selain itu ada Universal Socket yang kompatibel dengan berbagai macam alat elektronik.

Stabilizer dari Prolink ini juga sangat efisien dengan pengendali mikroprosesor untuk memberikan respon cepat serta mendeteksi dan kembali menstabilkan tegangan. Fungsi Delay Time atau penunda waktu sendiri adalah melindungi perangkat dari lonjakan balik yang bisa menyebabkan kerusakan.

Dengan kapasitas 1000VA, voltase yang ditawarkan oleh stabilizer ini adalah 220VAC.

Harga Rp. 550.000-626.000

Matsuyama Stabilizer 10 KVA-LD 140V

Matsuyama Stabilizer 10 KVA-LD 140V dirancang dengan teknologi asli Jepang untuk menghasilkan kinerja luar biasa dengan efisiensi tinggi. Tegangan listrik menjadi lebih stabil, dan respon yang diberikan super cepat terhadap fluktuasi tegangan. Stabilizer ini dapat digunakan untuk berbagai macam alat elektronik rumah tangga seperti TV, lemari es, home audio, CCTV, air conditioner, Home Audio, hingga kebutuhan industri.

Memiliki kapasitas besar yaitu 10 KVA, pilihan input pada stabilizer adalah 140 hingga 240 V sementara output-nya adalah 220 V. Sistem kontrol pada stabilizer mnggunakan microprosesor dengan servo motor. Respond time yang diberikan juga sangat cepat, yaitu hanya 1 detik saja.

Harga Rp. 7.977.000-11.943.000

Lexos ST500D

Lexos ST500D adalah stabilizer digital dengan kualitas tinggi yang bisa digunakan ke banyak perangkat elektronik di rumah Anda. Dirancang khusus untuk memberikan perlindungan over-under volatge dan over-under current. Parameter manual dan digital pada alat juga semakin memudahkan Anda dalam penggunaannya.

Terbuat dari material utama yaitu 100% gulungan tembaga murni yang aman digunakan. Tidak hanya itu, stabilizer ini juga dilengkapi dengan Automatic Cooling Fan dan Heat Sensor V untuk menjaga suhu alat tetap dingin dan tidak terlalu panas.

Kapasitas stabilizer cukup besar yakni 500VA dengan arus masuk 140-250V dan arus keluar 220-110V. Kelebihan lainnya adalah alat ini dapat bekerja secara otomatis.

Harga Rp. 507.000-646.800

Stabilizer Minamoto SM10K3

Stabilizer Minamoto SM10K3 dirancang secara khusus untuk memberikan kestabilan dan efisiensi tinggi, namun dengan desain compact sehingga tidak memakan banyak ruangan. Dengan efisiensi lebih dari 90%, stabilizer ini dapat memberikan waktu tanggap sangat cepat, sekitar 0.5 detik saja.

Stabilizer keluaran Minamoto ini juga dilengkapi dengan cooling system sehingga mesin stabilizer dapat dijaga suhunya agar tetap dingin dan tidak overheat. Stabilizer ini sangat pas untuk digunakan di dalam rumah, menjaga kestabilan tegangan listrik pada alat elektronik yang ada.

Harga Rp. 400.000-450.000

EDSON 3000VA Stabilizer

EDSON 3000VA Stabilizer disebut memiliki performa tertinggi di kelasnya dengan mengadopsi teknologi Eropa. Tidak hanya bisa diandalkan, stabilizer ini juga kuat dan tahan lama. Keunggulan dari alat ini adalah mengatasi tegangan listrik yang ekstrim dengan rentang input voltage yang luas, mulai 60V sampai dengan 250V.

Dengan kapasitas daya mencapai 99%, stabilizer ini dapat menstabilkan daya hingga 220V. Terdapat pengukuran digital dan pengukuran servo dengan automatic voltage regulator. Material pembuatnya adalah 100% tembaga murni.

Desain yang praktis dan compact tidak memakan banyak tempat. Alat ini mampu menstabilkan daya dari 130V menjadi 220V.

Harga Rp. 1.750.000-2.516.000

Nisson AVS 1KOE Stabilizer

Nisson AVS 1KOE Stabilizer menggunakan sekring pengaman 10A/220V untuk mencegah terjadinya korsleting pada peralatan listrik. Stabilizer ini sangat cocok digunakan untuk alat elektronik seperti rice cooker, dispenser, kipas angin, laptop, TV, hingga Home Audio.

Keunggulan yang ditawarkan oleh produk ini antara lain adalah dinamo yang kuat, spool tahan panas, sekring pengaman, serta output yang lebih stabil. Alat ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal di area dimana tegangan listrik naik turun tidak menentu.

Harga Rp. 215.000-244.900

Samoto Stabilizer 1000VA

Diklaim sebagai salah satu produk stabilizer terbaik yang pernah ada, Samoto Stabilizer 1000VA memiliki performa yang cukup baik dalam melindungi alat elektronik yang ada di rumah Anda. Alat ini sangat Anda butuhkan jika listrik rumah tegangannya sering naik turun dan padam.

Fitur yang ditawarkan oleh stabilizer ini antara lain adalah soft system dan auto return, menghasilkan performa kerja yang lebih mulus dan maksimal. Dual MCB dapat memberikan perlindungan ekstra, sementara Analog Meter memudahkan Anda untuk membaca informasi yang tertera pada alat.

Material pembuat stabilizer adalah 100% tembaga berkualitas tinggi. Alat ini juga dilengkpai dengan automatic cooling fan untuk mencegah stabilizer terlalu panas atau overheat. Ada juga overheat protection yang langsung memutus output jika terjadi panas berlebih.

Harga Rp. 275.000-650.100

AVS Perintis XA-1000W

AVS Perintis XA-1000W cocok untuk listrik yang memiliki tegangan di atas 180V-250V. Alat elektronik yang bisa digunakan untuk stabilizer ini adalah kulkas 1 pintu, komputer, DVD player, laptop, TV LED, kipas angin, speaker, dan masih banyak lagi.

Namun untuk alat elektronik bertegangan tinggi seperti mesin cuci, pompa air, dan air conditioner, stabilizer ini kurang cocok. Kapasitas alat ini adalah 300-1000 watt dengan voltase stabil sehingga membuat alat elektronik lebih awet dan tahan lama.

Harga Rp. 157.226-250.800
From our editorial team

Teliti Sebelum Membeli, Jangan Pilih Sembarang Produk

Stabilizer adalah alat elektronik yang sangat penting untuk dimiliki di rumah Anda. Meskipun demikian, jangan sembarang memoilih produk stabilizer yang dijual di pasaran ya. Jadilah pembeli yang cerdas dengan meneliti setiap produk yang ada dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda bisa mengeceknya lagi dari deretan rekomendasi BP-Guide pada artikel ini.