10 Rekomendasi Stabilizer Kamera Terbaik untuk para Vlogger (2020)

10 Rekomendasi Stabilizer Kamera Terbaik untuk para Vlogger (2020)

Vlogger merupakan hobi yang saat ini menjadi sebuah profesi. Jika sudah demikian, tentu harus mendapatkan hasil yang maksimal. Kamera saja tidak cukup, untuk menghasilkan gambar yang maksimal, tentu membutuhkan stabilizer agar video tetap stabil. Salah satu peralatan tersebut memang wajib dimiliki oleh vlogger karena pekerjaan sehari-harinya membuat video dan memerlukan pergerakan yang cukup signifikan.

Vlogger Kini Menjadi Pekerjaan yang Banyak Diminati

Pada zaman milenials saat ini, jenis-jenis profesi bahkan semakin bertambah. Memanfaatkan koneksi internet yang bisa menghubungkan orang ke seluruh dunia, tentunya mempunyai prospek yang menjanjikan. Salah satunya adalah vlogger, yaitu blogger yang menggunakan video sebagai konten.

Profesi vlogger tidak mengenal gender karena kontennya tidak terbatas. Mulai dari penjelasan tentang pengetahuan populer, kreasi-kreasi untuk menginspirasi orang lain, musisi profesional, hingga cover-cover musik pro.

Saking tak terbatasnya, orang-orang bisa mengambil gambar-gambar sederhana dengan tema yang masih viral agar memperoleh pengikut karena video tersebut bersifat menghibur. Hal itu membuat kompetisi pun semakin meningkat tajam. Oleh karena itu, vlogger mulai meningkatkan level permainan mereka dengan perlengkapan-perlengkapan yang mendukung video konten agar menyenangkan untuk dilihat.

Beberapa Vlogger Indonesia Populer

Baim Paula

Sumber gambar liputan6.com

Mungkin kamu mengenal Baim Wong dari sinetron yang pernah ditayangkan di TV lokal swasta di Indonesia. Sekarang ini, setelah membangun keluarga kecilnya, dia dan sang istri, Paula Verhoeven, lebih memfokuskan diri untuk menjadi youtuber.

Konten yang dibawakan Baim sendiri cukup anti-mainstream dan berisi tema-tema yang menghibur. Walaupun berisi prank-prank yang sebenarnya banyak menimbulkan kontroversi, Baim juga menjadikan kontennya sebagai media membagi-bagi rezeki bagi orang yang membutuhkan.

Selain itu, konsep humble dari penampilan Baim yang apa adanya dalam video kontennya juga berhasil menarik perhatian masyarakat. Dengan konten-konten yang terkonsep dengan baik, Youtube channelnya bahkan mendapatkan penghargaan METUBE WebTV Asia Awards.

Bayu Skak

Sumber gambar entertainment.kompas.com

Youtuber Indonesia yang populer sekarang ini salah satunya adalah Bayu Skak. Berhasil meraih 2,81 juta subscriber, penghasilan Bayuk Skak ini mencapai USD 20 ribu, atau setara dengan Rp 217 juta, hingga USD 317 ribu, atau setara dengan Rp 4,2 miliar.

Dalam beberapa kesempatan, Bayu Skak bahkan memberikan tips-tips untuk menjadi vlogger yang baik. Tidak hanya soal syuting dan editing video, Bayu Skak menyatakan bahwa kamu juga harus mempunyai konsep video yang matang, membuat ciri khas yang unik dan personal, dan tentunya, memahami segmen pasar yang kamu targetkan.

Selain itu, Bayu Skak juga berhasil mengekspresikan diri dan kegiatannya sehari-hari lewat media audio visual yang tentu memberikan pesan lebih jelas dan nyata.

Edho Zell

Sumber gambar dream.co.id

Vlogger yang satu ini juga sudah mengisi hari-hari penggemar Youtube. Bernama asli Edho Pratama, youtuber satu ini berhasil memberikan konten vlog yang menarik, sekaligus menghibur para penggemarnya. Belum lagi, kisah hidupnya yang inspiratif juga berhasil mencuri perhatian penggemar.

Dengan subscriber yang mencapai lebih dari 3,7 juta orang, Edho Zell ini berhasil meraih pendapatan yang cukup menguntungkan dari Youtube. Estimasinya mulai dari USD 33 ribu, atau setara dengan Rp 447 juta, hingga sekitar USD 522 ribu, atau setara dengan Rp 7,4 miliar.

Mak Beti

Sumber gambar wowkeren.com

Vlogger yang mengubah identitas di Youtube bukan hal baru. Begitu pula konsep yang ditawarkan oleh vlogger Youtube satu ini. Nama asli sebenarnya adalah Muhammad Arif, tetapi ia lebih sering memerankan karakter 'Mak Beti' yang lucu di vlognya.

Ada alasan di balik pemilihan karakter ini. Arif menyatakan bahwa karakter di vlognya ini terinspirasi oleh tetangga-tetangganya di Indonesia, yang sering membangunkannya di pagi hari dengan aktivitas-aktivitas mereka. Ketika menjadi TKI, kerinduan Arif dengan suasana di rumahnya membuat Arif akhirnya memutuskan untuk menciptakan karakter ini.

Kanal Youtube Mak Beti ini sudah menghiasi jagad Youtube dengan video sejumlah 116 video dan Mak Beti sudah berhasil meraih 9,3 juta subscriber.

10 Rekomendasi Stabilizer Kamera

Brica B-Steady Pro

Menangkap setiap aksi dan gerakan sangat penting untuk memaksimalkan hasil video kamu. Brica B-Steady Pro ini mempunyai fitur smart tracking, di mana stabilizer smartphone ini bergerak secara otomatis mengikuti objek yang sudah ditentukan. Smart tracking ini termasuk mendeteksi wajah, objek, dan gerakan.

Kamera ini bisa kamu setting supaya fleksibel, mengikuti kebutuhan kamu. Kamera ini bisa menangkap gerakan dari berbagai posisi, sehingga kamu akan mendapat tangkapan gambar dengan sempurna. Ia juga bisa menangkap gambar panorama, sehingga mempercantik foto pemandangan yang kamu ambil.

Selain bisa menangkap video dari berbagai posisi, kamu juga bisa memberikan efek ke dalam video kamu. Kadang kala, ada momen-momen dalam video kamu yang sifatnya monoton. Dengan fitur time lapse dan motion lapse, kamu bisa tetap menunjukkan momen ini dalam efek yang dipercepat.

Stabilizer kamera Brica B-Steady Pro ini juga mempunyai kontrol zoom dan fokus untuk menangkap gambar lebih sempurna. Bobotnya yang ringan dengan penggunaan bisa sampai 12 jam, kamu bisa mengambil gambar sepuasnya. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai powerbank.

Harga Rp. 1.059.337-1.099.800

Glidecam HD – 2000

Beberapa video membutuhkan presisi yang tinggi untuk menghasilkan gambar yang jelas dan sempurna. Misalnya saja, kalau kamu mau menangkap momen dengan mobilitas yang tinggi. HD-2000 dari Glidecam ini mempunyai sistem handheld yang stabil. Dengan struktur kaki monopod yang dilengkapi counterweight agar bisa berdiri seimbang, kalau-kalau kamu ingin mengambil gambar tanpa memegang kamera.

Dengan telescoping post, kamu bisa mengatur zoom sesuai dengan kebutuhanmu. Pegangan yang nyaman di bawah kamera akan membantu menstabilkan pegangan kamu. Kamu juga bisa dengan santai mengambil gambar karena bobot stabilizer ini cukup ringan.

Harga Rp. 6.750.000-7.999.900

Ikan EC1 Beholder 3-Axis Gimbal Stabilizer

Kamera DSLR sekarang ini sudah dilengkapi banyak fitur canggih yang membuatmu mampu menangkap momen dengan baik. Namun, kamera masih mempunyai keterbatasan dengan posisi pengambilan gambarnya. Stabilizer kamera Beholder EC-1 ini membuat kamera mampu berotasi penuh dengan 3 axis posisi, sehingga gambar lebih jelas dan menghindari shaking pada gambar.

Sekarang ini, mirrorless mulai banyak digunakan. Kalau kamu menggunakan kamera jenis ini, kamu tidak perlu khawatir karena stabilizer kamera ini juga kompatibel dengan mirrorless kamera, sama halnya dengan kamera DSLR biasa.

Beholder EC-1 ini memiliki OLED screen display dengan 32-bit controller dan 12-bit encoder. Dilengkapi dengan OLED screen display, sehingga kamu bisa melihat mode operasi dengan jelas. Kamu bisa menggunakan stabilizer ini selama 2 hingga 3 jam, menggunakan sumber energi dari baterai Lithium yang ramah lingkungan.

Harga Rp. 8.670.000

Feiyu Tech G6 Plus 3

Stabilizer Feiyu G6 Plus ini bisa kamu gunakan untuk berbagai jenis kamera, dari mirrorless kamera, action kamera, kamera pocket, bahkan kamera dari smartphone kamu. Dengan teknologi splashproof dan waterproof, kamu tidak perlu takut untuk menggunakan stabilizer ini dalam berbagai kondisi.

Kelebihan dari Feiyu G6 Plus ini adalah fitus koneksi Wi-Fi dan Bluetooth yang membantu kamu mengatur kamera GoPro dengan bantuan koneksi Wi-Fi, yang bisa kamu atur lewat aplikasi Feiyu Apps yang terhubung lewat bluetooth ke smartphone kamu. OLED display membantu kamu mengetahui status Gimbal.

Feiyu G6 Plus ini juga bisa memberikan efek video time lapse, sehingga memberikan sentuhan cantik pada video kamu. Ditambah dengan bodi yang solid serta pergerakan motor yang halus, kamu bisa menangkap momen-momen yang kamu butuhkan dengan jelas.

Harga Rp. 1.779.700-3.800.000

DJI Ronin SC Pro

Stabilizer kamera yang satu ini khusus untuk kamu yang mempunyai kamera mirrorless. Dengan rotasi pengambilan gambar mencakup roll, pan, dan tilt motion, yang bisa berputar pada 3 axis, stabilizer ini membantu menangkap momen dengan sempurna. Kamu bisa mengontrol pergerakan Ronin-SC ini lewat smartphone yang bisa kamu hubungkan via bluetooth.

Terdapat extended grip mini tripod yang bisa berdiri dengan stabil saat kamu mengambil gambar. Fokus motor dengan wheel & rod mount-nya membantu fokus kamera secara otomatis. Stabilizer ini juga dilengkapi dengan quick release camera dan riser kamera.

Bobotnya ringan, sehingga kamu bisa menggunakan dan membawanya dengan mudah. Gerakannya lebih fleksibel, dengan active tracking, sehingga stabilizer ini secara otomatis akan mengikuti objek yang telah ditentukan.

Harga Rp. 3.799.000-5.815.000

Wondland Magic 3+ MAG105

Wondlan Magic 3+ MAG105 ini memiliki rancangan yang memungkinkan kamu menangkap momen dengan lebih sempurna karena aman dari guncangan.

Fitur-fitur tambahan yang ada di stabilizer ini bisa dilepas dan dipasang ke body lainnya, seperti light stand, monopod atau tripod. Selain itu, ada pula handheld yang bisa kamu gunakan untuk mengatur gerakan stabilizer, sehingga kamu bisa mendapatkan angle yang tepat. Kamu tentu tahu, angle sangat menentukan keindahan gambar, sekaligus pesan yang ingin disampaikan dalam gambar.

Stabilizer kamera ini ringan, sehingga mudah dibawa kemanapun kamu hendak mengambil gambar. Bisa kamu gunakan untuk kamera DSLR, digital camera, camcoders dan smartphone, jadi kamu punya banyak pilihan untuk mengambil gambar.

Harga Rp. 2.500.000-3.000.000

Gudsen MOZA Air Cross

Moza Aircross Gimbal sangat kompatibel untuk kamera mirrorless. Desain yang ramping dan ringan membuat stabilizer kamera ini mudah dibawa-bawa serta digunakan pada berbagai kesempatan. Dengan sistem quick release universal dengan baseplate berukuran mulai dari 50,5 mm hingga 55 mm, sehingga mudah untuk melepas kamera dari stabilizer, tripod, atau rig.

Kamera ini juga mempunyai sensor responsif cepat dengan Mimic Motion Control yang menggunakan thumb controller. Jadi, gimbal akan bergerak mengikuti secara otomatis sesuai dengan gerak yang kamu lakukan lewat remote controlnya.

Tidak hanya itu, stabilizer ini bisa digunakan dengan bantuan aplikasi khusus yang kompatibel dengan sistem iOS dan Android. Dengan bantuan aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan gambar dengan efek-efek yang kamu butuhkan.

Harga Rp. 3.699.000-8.229.000

Taffware Steadycam S40

Steadicam Pro membantu kamu menghasilkan gambar yang shake-free dengan counterweight yang bisa diatur sisi kiri dan kanannya agar tetap stabil. Stabilizer ini bisa digunakan untuk kamera dan camcorder DSLR maupun smartphone.

Kamu juga bisa menggunakan dua kamera kecil sekaligus dan tidak perlu khawatir smartphone kamu jatuh, karena ada desain anti-slip pada bagian platenya. Dengan teknologi Gimbal yang membantu rotasi kamera untuk menjaga kestabilan gambar, kamu bisa mengambil video dalam berbagai posisi dan situasi.

Pegangannya membantu kamu menggenggamnya dengan mantap. Bahannya juga tahan terhadap benturan, jadi kamu tidak perlu takut stabilizer ini rusak ketika kamu membawanya ke mana-mana ketika mencari konten.

Harga Rp. 316.000-345.000

Zhiyun Tech Smooth 4

Stabilizer Zhiyun Smooth 4 memiliki desain panel kontrol yang terintegrasi dengan kamera atau smartphone. Kamu bisa mengendalikan stabilizer tanpa menyentuh layar atau menggunakan tombol hot-key.

Zhiyun Smooth 4 ini mempunyai desain handwheel yang bisa kamu atur cukup dengan menekan tombol sakelar FN untuk pengambilan gambar yang fokus. Setelahnya, kamu cukup menggunakan handwheel ini untuk mengubah fokus sehingga video kamu mempunyai presisi gambar yang tinggi.

Fitur lainnya yang sangat membantu adalah pelacakan objeknya. Setelah kamu menyetting objek yang ingin kamu rekam, stabilizer akan bergerak mengikuti objek secara otomatis. Ditambah dengan kekuatan motoriknya yang semakin besar dibanding pendahulunya, smooth 4 ini bahkan bisa menangkap gambar dengan jelas ketika kamu banyak bergerak.

Ditambah lagi, stabilizer dengan teknologi gimbal, membuat gambar lebih jelas dan presisi dengan pengaturan rotasi yang fleksibel.

Harga Rp. 1.085.000-1.430.000

Sevenoak Mini Action Stabilizer SK – W08

Stabilizer yang ringan sangat membantu kamu untuk mengambil video dengan gambar yang stabil. Sevenoak tidak hanya ringan, tetapi mempunyai desain yang sederhana dan ringkas serta pegangan yang nyaman. Ditambah dengan adanya counterweight, kamera akan jauh lebih stabil.

Dengan gimbal, tangkapan gambar dari kamera menjadi lebih halus dan jelas. Bahkan, kamu bisa mencegah gerakan-gerakan kamera yang tidak diinginkan. Stabilizer ini kompatibel dengan kamera digital, Go Pro, Drift dan smartphone, walaupun untuk smartphone, kamu perlu memberikan holder tambahan.

Harga Rp. 335.000-399.900
From our editorial team

Perlengkapan yang Mendukung, Memberikan Hasil Video Maksimal

Mendapatkan hasil video yang bagus dan tanpa shake memang membutuhkan peralatan yang mendukung. Stabilizer cukup penting untuk seorang vlogger karena untuk menghasilkan kualitas video konten yang baik, sehingga penggemar juga tidak akan cepat pergi.