10 Rekomendasi Stabilizer Stang Terbaik agar Performa Motor Lebih Stabil (2020)

10 Rekomendasi Stabilizer Stang Terbaik agar Performa Motor Lebih Stabil (2020)

Sumber gambar pixabay.com

Melaju dengan akselerasi yang tinggi tentunya membuat motor memiliki getaran yang mengganggu. Oleh karena itu, adanya stabilizer stang ditujukan untuk meredam getaran tersebut. Berikut BP-Guide akan mengulas stabilizer stang dan rekomendasinya.

Penggunaan Stabilizer Stang Kini Marak Dilakukan oleh Kalangan Biker

Sumber gambar www.apriliaforum.com

Bagi para penggemar modifikasi motor, tentunya tak asing dengan proses pemasangan steering damper atau bisa disebut stabilizer stang. Stabilzer stang ditujukan agar motor tersebut menjadi lebih stabil. Jadinya, bisa menjadi lebih nyaman ketika menaikinya.

Motor yang biasa dipasang stabilizer stang adalah motor sport untuk balapan. Tujuannya adalah agar getaran yang terserap lebih minim sehingga motor tetap stabil dalam kecepatan tinggi. Meski demikian, banyak motor biasa yang juga dipasangi stabilizer untuk tujuan tertentu.

Tips Memilih Stabilizer Stang

Pilihlah Panjang yang Sesuai

Sumber gambar www.apriliaforum.com

Pertama pertimbangkan panjang dari stabilizer stang tersebut. Karena, setiap varian memiliki panjang berbeda-beda dan tentunya fungsinya berbeda-beda pula. Jadinya, pilih panjang yang sesuai dengan kegunaan yang Anda butuhkan.

Ukuran stabilizer stang adalah mulai dari 26 cm, 28 cm, 35,5 cm sampai 37 cm. Ukuran 26 hingga 28 ditujukan untuk trek yang lurus. Misalnya pada motor balap 200meter, drag race, dan sebagainya. Hal itu dikarenakan radius putar stang cukup sedikit.

Sedangkan untuk panjang di atas itu, misalnya 35,5 maupun 37 cm, maka sebaiknya digunakan di jalan yang lebih panjang, banyak tikungan, dan perlu banyak melakukan manuver. Berada di jalan yang kerap terjebak kemacetan bisa menjadi penyebab stabilizer stang ini digunakan.

Mempunyai Sistem Hidraulik

Sumber gambar sg.carousell.com

Stabilizer stang yang tepat dan lebih bagus adalah yang memiliki sistem hidraulik yang halus. Semakin halus sistem hidrauliknya, maka gaya hidraulik yang diberikan akan semakin lancar. Gaya hidraulik ini dibutuhkan untuk mengurangi getaran dari permukaan jalan yang sampai ke stang atau pegangan tangan.

Bila motor Anda ketika berbelok memberikan sedikit sendatan atau malah arah yang berlawanan, tentunya stabilizer stang yang terpasang memiliki kualitas yang kurang baik. Hal ini bisa membahayakan diri Anda ketika berada di kecepatan tinggi.

Kelebihan Penggunaan Stabilizer Stang

Stang Motor akan Lebih Stabil

Sumber gambar www.pexels.com

Bila Anda menggunakan stabilizer stang ini, maka getaran permukaan jalan (saat motor bergerak apalagi dalam kecepatan tinggi), tidak sampai menggetarkan setang motor. Getarannya akan diredam sehingga stang jauh lebih stabil.

Jadi, bila memang Anda membutuhkannya, maka akan sangat baik digunakan dan dipasangkan di motor Anda. Sayangnya, bila hal itu justru digunakan untuk gaya-gayaan, malah bisa menjadi bahaya bagi Anda.

Menambah Kesan Racing

Sumber gambar www.pexels.com

Stabilizer setang tentunya lebih sering digunakan pada motor balap. Karena menikung dan melaju dalam kecepatan tinggi membuat motor sangat perlu distabilkan. Tidak hanya itu, pemasangan stabilizer stang ini juga menjadikan bentuk motor lebih unik, apalagi bila dibandingkan dengan motor yang standar. Motor menjadi lebih terkesan racing dengan menggunakan stabilizer stang ini.

Rekomendasi Stabilizer Stang

Palang Stang Stabilizer Model Robot Full CNC Beat Street Xride PCX

Produk yang direkomendasikan pertama adalah Palang Stang Stabilizer Model Robot Full CNC Beat Street XRide PCX. Produk satu ini merupakan jenis stabilizer stang yang dibuat dengan bahan full CNC yang berkualitas tinggi.

Produk satu ini bisa dipasangkan di berbagai jenis motor seperti Beat Street, XRide, PCX, RX King, Tiger, dan sebagainya. Pemasangannya sangat mudah dan menjadikan motor tidak goyang dan jauh lebih stabil. Produk ini juga bisa Anda dapatkan dalam dua warna yang memukau, yakni gold dan blue.

Tapi, bila hanya untuk aksesori motor, sebaiknya jangan digunakan ya. Karena selain mengganggu kenyamanan berkendara Anda juga malah membahayakan.

Harga Rp. 49.500-50.000

Stabilizer Stang Kitaco CNC Universal

Produk berikutnya adalah Stabilizer Stang Kitaco CNC Universal. Produk satu ini kelebihannya adalah bisa digunakan untuk berbagai jenis motor alias stabilizer stang yang berlaku universal.

Stabilizer stang yang satu ini menjadikan putaran stang jauh lebih lambat. Jadinya, ketika berada dalam kecepatan tinggi, motor akan tetap stabil. Pelambatan putaran stang tersebut menggunakan sistem hidraulik yang berfungsi sangat baik.

Selain itu, produk berbahan CNC ini juga tersedia dalam empat pilihan warna yang keren. Antara lain warna perak, kuning, merah, dan biru yang bisa Anda pilih sesuai warna motor Anda.

Harga Rp. 220.000-346.500

Stabilizer Stang Ohlins Magnesium

Produk berikutnya adalah Stabilizer Stang Ohlins Magnesium. Produk satu ini sudah dilengkapi dengan bracket two tone. Terlebih, karena dibuat dari bahan magnesium yang berkualitas tinggi, menjadikan produk satu ini lebih kuat, antikarat, dan tahan lama.

Stabilizer stang yang satu ini dilengkapi dengan sistem hidraulik berkualitas tinggi, jadinya motor sangat stabil ketika berada dalam kecepatan tinggi dan bermanuver. Tidak hanya itu ada pula fungsi setelan 18 klik. Panjang keseluruhan stabilizer ini adalah 26 cm.

Kelebihan lainnya, stabilizer ini memiliki kode tertentu dan terdiri dari tiga warna yang elegan yakni emas, perak, dan hitam.

Harga Rp. 400.000-698.400

STEERING DUMPER YAMAHA R25 STABILIZER STANG

Berikutnya, khusus untuk pengguna dan pencinta motor Yamaha R25. Produk yang sangat pas untuk Anda adalah Stabilizer Stang Yamaha R25.

Untuk pemasangannya cukup simpel, karena sudah dilengkapi dengan braketnya. Jadi, Anda tinggal memasangnya saja di motor Anda. Namun, untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa menyerahkannya pada ahli di bengkel. Pemasangan ini hanya memerlukan penyesuaian dudukannya saja, sehingga bisa Anda lakukan di bengkel mana saja.

Harga Rp. 850.000-1.152.000

Stabilizer Stang Samping RXK

Bila Anda sedang mencari stabilizer stang samping, maka Stabilizer Stang Samping Universal satu ini bisa Anda jadikan pilihan jitu. Karena terbuat dari bahan CNC yang berkualitas, maka produk satu ini sangat pas digunakan di motor apa saja.

Produk satu ini menjadikan pemasangan stabilizer menjadi cukup mudah. Tidak hanya itu, penyerapan getarannya juga lebih baik, apalagi bila digunakan di arena balap.

Anda bisa memilih dari empat varian warna yang ada, antara lain merah, emas, biru, dan hitam. Tentunya, bisa disesuaikan dengan warna motor Anda agar lebih cocok.

Harga Rp. 115.000-194.120

STERING DUMPER NINJA 250 FU STEERING DUMPER

Anda pengendara motor Ninja dan FU? Dua motor tersebut dikenal sebagai motor yang mampu melaju dalam akselerasi yang sangat tinggi.

Nah, Stering Dumper Ninja 250 FU bisa menjadi pilihan yang pas untuk Anda. Karena ketika melewati banyak tikungan atau jalan yang memerlukan banyak manuver, harus ada pemasangan stabilizer stang ini. Produk satu ini bisa mendukung stabilitas kendali stang motor saat sedang melaju.

Anda bisa menyetelnya dengan tingkat tertentu, sesuai kebutuhan Anda. Karena penyetelannya terletak di dalam stabilizer, Anda hanya perlu memutar saja sesuai dengan kebutuhan Anda.

Harga Rp. 650.000-975.000

SCARLET RACING New CNC Motor Steering Damper Plus Breket

Selanjutnya ada Scarlet Racing New CNC Motor Steering Damper Plus breket. Dari namanya, sudah diketahui bahwa produk ini sudah menyematkan braket jadi mudah diaplikasikan.

Kelebihan lain dari stabilizer stang yang satu ini adalah bisa digunakan untuk semua jenis motor. Satu set produk beserta braketnya ini dibuat dari bahan CNC alumunium yang berkualitas tinggi dan tahan lama.

Untuk kesesuaian warna dengan motor Anda, Anda bisa memilih satu dari lima varian warna yang tersedia. Di antaranya ada merah, biru, emas, oranye, dan ungu.

Harga Rp. 775.000-877.300

Stabilizer Stang Racing Boy RCB 110 mm

Ingin motor tetap stabil ketika digunakan di arena road race ataupun drag bike? Stabilizer Stang Racing Boy RCB menjadi pilihan yang bisa Anda pertimbangkan.

Stabilizer stang berukuran 110 mm ini sangat mendukung Anda untuk tetap stabil ketika berada dalam akselerasi yang tinggi. Apalagi, bila menikung namun masih dalam kecepatan tinggi.

Produk ini memiliki tiga pilihan warna yang keren, antara lain hitam, emas, dan perak. Tentunya, bisa dipadukan dengan warna terbaik dari motor Anda.

Harga Rp. 1.000.000-1.346.700

Stabiliser Stang Ride IT Hitam Palang Stir Pendek

Berikutnya ada Stabiliser Stang Pendek Ride IT. Produk dari Ride IT ini sangat pas untuk dipasangkan di motor standar. Beberapa motor yang pas untuk menggunakan produk ini antara lain Beat Street, PCX Lokal, Vixion, CB150R, RX King, dan berbagai jenis motor lainnya. Harganya terjangkau, namun kualitas yang mumpuni menjadikan produk ini sangat pas untuk jadi pilihan Anda.

Ditambah lagi, produk ini juga memiliki dua warna yang memukau. Warna yang dihadirkan antara lain hitam dan perak yang akan serasi dengan warna motor Anda.

Harga Rp. 67.000-102.600

Stabiliser Stang Twin Fatbar - Cross Trail Supermoto Rental

Stabilizer stang berbentuk seperti as shock breaker, karena kegunaannya memang untuk meminimalkan dan menyerap guncangan. Cara pemasangannya secara horizontal dan disesuaikan dengan komstir.

Karena sifat peredam pada stabilizer stang, makanya handling akan cukup sulit. Jadinya, stabilizer stang ini justru akan menyulitkan ketika digunakan dalam kondisi jalan yang macet.

Produk yang bisa Anda pertimbangkan adalah Stabilizer Stang Twin Fatbar - Cross Trail Supermoto Rental. Produk satu ini sangat baik untuk menstabilkan motor, saat akselerasi maupun menikung. Produk yang dilengkapi dengan busa stabilizer ini terbuat dari bahan full CNC yang kuat dan tahan lama.

Harga Rp. 98.500-133.400
From our editorial team

Beli dan Pasang Stabilizer Stang Hanya Bila Anda Memerlukan

Bila Anda tidak memerlukan untuk memacu motor Anda dalam kecepatan yang tinggi, maka jangan gunakan stabilizer stang di motor Anda. Sebab, hal tersebut justru akan membuat motor Anda susah dikendalikan, bahkan bisa berbahaya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan Anda memilih produk yang tepat dan benar-benar membutuhkannya.