Mau Tour Keliling dengan Motor? Jangan Lupa Siapkan 10 Rekomendasi Perlengkapan Ini, Ya

Mau Tour Keliling dengan Motor? Jangan Lupa Siapkan 10 Rekomendasi Perlengkapan Ini, Ya

Peralatan touring menjadi hal wajib yang musti ada dalam tas Anda ketika dalam perjalanan. Apabila ada yang ketinggalan, tentunya akan menjadi permasalahan nantinya. Jadinya, jangan sampai ada yang ketinggalan yah. Apa saja yang diperlukan? Simak ulasan di bawah ini, yah.

Touring Adalah Salah Satu Kegiatan yang Paling Disukai oleh para Biker

Bagi biker, kegiatan touring merupakan aktivitas yang paling disukai, terutama apabila touring tersebut sampai ke luar kota. Meskipun begitu Anda dapat juga melakukan touring single pada saat musim pulang kampung. Touring seperti itu jauh lebih efisien dan praktis, walaupun tetap harus waspada terhadap risikonya.

Kegiatan touring memang menyenangkan tetapi meskipun begitu hobi ini tidak asal-asalan dilakukan, karena Anda harus melakukan iring-iringan secara aman dan nyaman. Selain itu usahakan pada saat touring tidak mengganggu pengendara lainnya dan tetap selalu menjaga keselamatan dalam berkendara. Bagi Anda yang pemula dalam touring, sebaiknya pahamilah prosedur-prosedur yang berlaku.

Tips Touring yang Wajib Diperhatikan

Cek Kondisi Kendaraan

Untuk melakukan kegiatan touring sebaiknya selalu cek kondisi motor, baik motor baru ataupun motor lama. Pengecekan ini diperlukan sebagai bentuk antisipasi terhadap kejadian yang kemungkinan dapat terjadi selama perjalanan. Kejadian tersebut dapat berupa motor macet, sehingga menimbulkan masalah yang cukup serius. Pastikan Anda telah mengecek kondisi motor dan selalu sediakan tool kit dalam motor Anda. Beberapa tips untuk mengecek kondisi motor sebelum kegiatan touring dilakukan adalah:

    Check Kondisi Rem
  • Kondisi rem harus dalam status baik, yaitu tidak terlalu pakem tetapi tangkainya tidak terlalu berat ketika diinjak ataupun ditarik. Apabila Anda menggunakan motor sewaan sebaiknya lakukan penyetelan tegangan rem pada posisi kenyamanan Anda. Selain itu check kampas rem dan pastikan rem tersebut berfungsi dengan sempurna, tidak ada kemacetan atau bahkan blong.
  • Kondisi Oli
  • Ketika akan melakukan touring, Anda harus melakukan pengecekan oli agar performa kendaraan tetap prima dan stabil. Usahakan jangan sampai motor mogok hanya karena oli, hal ini dapat membuat biaya perawatan motor menjadi jauh lebih besar.
  • Kondisi Lampu
  • Pengecekan lampu sebelum touring dilakukan pada seluruh lampu, termasuk lampu depan, belakang, sein kanan kiri serta lampu indikator yang ada pada spidometer. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi tabrakan, untuk melihat jalanan lebih jelas ketika malam tiba, serta sebagai indikator Anda akan berbelok.
  • Kondisi rantai
  • Usahakan letak rantai dalam keadaan sempurna, pas dan tepat yaitu tidak terlalu ketat dan juga tidak terlalu longgar serta berikan pula pelumas khususnya. Selain itu gantilah gear motor apabila sudah habis ataupun kondisi telah menjadi lancip. Hal ini perlu dilakukan agar keamanan lebih terjaga dan motor tidak mengalami slip.
  • Peralatan
  • Peralatan kunci motor sangat diperlukan untuk berjaga-jaga. Kunci dalam peralatan tersebut berupa kunci busi, kunci 10, kunci 12, kunci 14, kunci 17, dan lain-lain. Selain itu jangan lupa untuk menyertakan pula seperangkat alat tambal ban, terutama ban tubles berupa 1 set tire repair kit.

Menyusun Rencana Touring

Untuk melakukan touring, Anda harus melakukan persiapan matang terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan selama perjalanan Anda harus dapat menangani seluruh permasalahan sendiri. Rencana touring dapat dilakukan jauh-jauh, termasuk menyiapkan rute yang akan dipilih. Usahakan pilih medan jalan yang baik serta rute jalan lebih pendek.

Apabila Anda tidak familiar dengan destinasi dari touring, sebaiknya sebelum memulai harus melakukan survey tempat dengan cara memanfaatkan google maps. Bagi spontaneous traveler tidak perlu melakukan rencana touring ini agar Anda dapat menikmati kejutan-kejutan yang Anda dapatkan dalam perjalanan tersebut.

Persiapkan pula dana untuk touring agar tidak mengalami kekurangan di tengah perjalanan. Dana tersebut meliputi biaya konsumsi, biaya masuk lokasi, dan lain-lain. Selain itu usahakan pula Anda memiliki dana cadangan untuk mengatasi kemungkinan mendadak yang terjadi, seperti memasukkan motor ke bengkel karena rusak parah.

Siapkan Perbekalan yang Cukup

Untuk melakukan touring motor, Anda harus menyiapkan pembekalan terlebih dahulu. Pembekalan tersebut dapat berupa jaket motor yang tebal, sarung tangan, jas hujan, masker, helm, rompi, sepatu, pakaian ganti, serta air mineral.

Selain itu usahakan Anda selalu membawa surat-surat berharga seperti STNK, SIM, dan KTP. Anda juga harus membawa ruang penyimpanan tambahan atau yang biasa disebut dengan side box. Tambahkan pula beberapa peralatan darurat seperti kunci pass untuk membuka busi dan as roda. Anda dapat menggunakan GPS untuk mendapatkan informasi jalur yang lebih akurat.

Daftar Perlengkapan Touring yang Wajib Kamu Bawa

Jaket Anti Hujan

Sumber gambar blibli.com

Anda perlu menggunakan jaket selama melakukan touring untuk melindungi dari kondisi dan cuaca yang tidak menentu. Jaket anti hujan dapat membuat badan Anda tetap kering sekaligus terhindar dari rasa kedinginan yang menyerang. Sedangkan jaket biasa dapat melindungi badan Anda dari panas, terpaan angin, debu, dan polusi di jalanan.

Alpinestars Alux Waterproof Jacket Touring dapat menjadi pilihan menarik bagi Anda yang gemar touring. Jaket ini terbuat dari kualitas baik yaitu kain 600 D yang dilapisi PU dan water repelling treatment, sehingga sangat nyaman digunakan. Desain jaket yang elegan mempunyai perlindungan serta tahan air.

Selain itu pada jaket tersebut juga dilengkapi dengan kompartemen pelindung dada dengan bantalan yang nyaman serta ventilasi pada sekitar leher. Ventilasi tersebut dapat membantu mengalirkan udara tambahan merata ke tubuh. Alpinestars Alux Waterproof Jacket Touring dilengkapi dengan 2 kantong tangan beresleting untuk eksternal dan internal. Jaket ini dapat Anda beli di Blibli dengan harga Rp 2.500.000.

Alas Kaki yang Nyaman

Sumber gambar blibli.com

Dalam melakukan touring, Anda harus membawa alas kaki yang nyaman dipakai. Hal ini sangat diperlukan untuk mengantisipasi kemungkinan perjalanan ditempuh lebih dari 1 hari. Pemilihan alas kaki juga harus dilakukan secara tepat agar meminimalkan terjadinya cedera kaki ataupun terpeleset karena sepatu licin.

Usahakan Anda menggunakan sepatu touring dengan ukuran tingginya di atas mata kaki dan berada di bawah lutut, serta ukuran tersebut jauh lebih besar daripada sepatu normal. Hal ini harus dilakukan agar kaki Anda tidak merasa lelah dan tidak nyaman. Selain itu Anda dapat memilih sepatu dengan bahan yang dapat meredam panas sekaligus memberikan rasa nyaman.

Respiro D-Trenz Alpha Canvas Sepatu Boot dapat menemani aktivitas touring Anda dan menjadikan kaki tetap merasa nyaman. Sepatu high cut boots ini menggunakan bahan kanvas yang berkualitas tinggi serta didesain menarik. Selain itu sepatu tersebut anti slip dan sangat cocok dipakai dalam kondisi cuaca hujan. Sepatu ini dapat Anda beli di Blibli dengan harga Rp 748.000.

Obat-obatan dan Kotak P3K

Sumber gambar blanja.com

Dalam touring motor, Anda wajib menyediakan Kotak P3K beserta isinya. Hal ini penting untuk pertolongan pertama apabila terjadi kecelakaan sekaligus untuk berjaga-jaga mengatasi gejala tidak enak badan yang dapat muncul.

Obat-obatan yang perlu Anda bawa adalah obat merah, pembersih luka antiseptik, plester luka, dan kapas atau kasa steril. Bila perlu siapkan juga minyak kayu putih, losion anti nyamuk, hand sanitizer, tisu basah, dan salep antijamur.

Kotak P3K untuk mobil/rumah/kantor/camping terbuat dari bahan nylon dengan size 23 x 13 x 16.5 cm dapat menjadi teman touring Anda. Kotak ini memiliki berat 110 gram dengan type side lift yang terbuat dari bahan berkualitas. Selain itu kotak tersebut bersifat waterproof dan memiliki banyak saku. Anda dapat membelinya di Shopee dengan harga Rp 35.200.

Uang Tunai

Sumber gambar www.pegipegi.com

Saat melakukan touring, sebaiknya pisahkan uang tunai menjadi beberapa bagian dan simpanlah pada tempat tertentu. Usahakan Anda tidak mencampurnya menjadi satu karena untuk mengantisipasi apabila terjadi sesuatu, seperti pemerasan ataupun dompet hilang, Anda dapat mengganti dompet dengan pouch agar mudah untuk diselipkan di balik pakaian.

Selain itu dapat juga menggunakan e-money yang merupakan fitur mata uang yang bisa dipergunakan di manapun dan diisi ulang kapa npun jua. E-money dapat memberikan rasa nyaman ketika touring karena lebih efisien dan tanpa menggunakan uang kertas ataupun logam.

Tool Kit

Sumber gambar blibli.com

Tool kit sangat diperlukan ketika touring untuk membantu Anda memperbaiki kerusakan minor, seperti baut-baut motor mengendur atau melakukan penggantian sendiri beberapa part tertentu. Dengan membawa alat ini, kekhawatiran Anda dapat sedikit berkurang apabila terjadi kerusakan dan tidak menemukan bengkel terdekat.

Kenmaster set tool kit dapat menjadi pilihan Anda untuk diandalkan. Alat ini terbuat dari bahan besi dan berdesain simpel namun tetap praktis. Selain itu alat tersebut dikemas dalam koper khusus, sehingga memudahkan Anda membawa kemana pun. Kenmaster Set Tool kit dapat Anda beli di Blibli dengan harga Rp 149.000.

Flat Tire Repair Kit

Sumber gambar bukalapak.com

Flat Tire Repair Kit bagi sebagian pengguna motor tidak begitu penting karena jarang sekali digunakan. Meskipun begitu alat tersebut sangat bermanfaat ketika Anda melakukan touring motor yaitu untuk mengatasi kebocoran.

Alat tersebut berisikan pompa/tabung gas, obeng, lem, serta karet untuk menambal. Selain serangkaian alat itu terdapat pula alat untuk menambal ban bocor, seperti Geigi dari Grup Samurai yang merupakan Tire Inflator. Alat ini hanya dipergunakan pada saat ban bocor saja dan tidak perlu diisi ulang kembali. Anda dapat membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 83.000.

Pisau Lipat

Sumber gambar blibli.com

Ketika melakukan touring, jangan lupa untuk membawa pisau lipat. Fungsi dari pisau lipat memiliki bisa untuk membantu membuat api unggun, memasak, dan lain-lain. Usahakan Anda memilih pisau lipat yang tajam sehingga tidak perlu mengasah berkali-kali.

Victorinox Signature Swiss Army Pisau Lipat yang terbuat dari bahan stainless steel dapat menjadi pilihan Anda. Selain itu pisau ini berukuran kecil dan dapat dibawa kemana saja serta dapat untuk memotong sesuatu. Anda dapat membelinya di Blibli dengan harga Rp 289.000.

Senter dan Pemantik Api

Sumber gambar blibli.com

Senter dan pemantik api dapat membantu Anda ketika touring sebagai sumber cahaya di malam hari. Selain itu pemantik api dapat dipergunakan untuk menyalakan api saat memasak ataupun membuat api unggun.

ClickShop SWAT Flashlight / Senter Police LED dapat menjadi pilihan tepat Anda karena terbuat dari bahan perpaduan logam, plastik dan rubber sehingga kuat, tahan lama, serta tahan air. Desain dari senter ini sangat simpel dan praktis. Produk ini sudah dilengkapi dengan teknologi CREE XP-E R2 LED Bulb, Zoom In/Zoom Out, kompas, dan juga 3 mode switch sekaligus. Apabila senter ini habis, Anda dapat mengisi dayanya kembali. Anda dapat membelinya di Blibli dengan harga Rp 115.000.

GPS / Peta fisik

Sumber gambar tokopedia.com

Hampir semua teknologi sudah menerapkan aplikasi GPS di dalamnya, seperti pada gadget, mobil atau bahkan motor. Anda dapat menjalankan GPS pada saat touring dilakukan, meskipun sinyal di Indonesia masih kurang begitu baik dan juga peta fisik masih kurang sempurna. Walaupun begitu GPS tetap dapat menolong Anda untuk terhindar dari jalanan macet ataupun mencari alternatif jalan.

GPS Garmin GPS eTrex 10 dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda karena menggunakan dasar peta dunia. Selain itu GPS ini menggunakan GLONASS satellites untuk lebih memperjelas dan mempercepat posisi. Baterai GPS ini mampu tahan sampai 25 jam dengan menggunakan 2 AA baterai. Untuk display-nya, GPS ini 2.2 monochrome sehingga memudahkan Anda membacanya.

Distributor Garmin Indonesia memberikan garansi 1 tahun untuk GPS ini. Anda dapat membeli GPS Garmin GPS eTrex 10 di Tokopedia dengan harga Rp 1.325.000.

Power Bank

Sumber gambar jd.id

Powerbank sangat membantu Anda ketika baterai smartphone habis waktu tengah melakukan touring. Dengan daya yang besar dapat membuat baterai smartphone Anda terisi kembali.

Anker Powerbank PowerCore sangat tepat untuk menjadi pilihan Anda. Powerbank ini memiliki kapasitas 20100 mAh dan telah terjual lebih dari 1.000.000 unit. Selain itu powerbank ini juga dilengkapi dengan teknologi sistem keamanan multi protect yang dapat mencegah terjadinya arus pendek serta perlindungan kelebihan daya. Powerbank ini juga mampu melakukan pengisian cepat sehingga smartphone Anda dapat terisi maksimal dan efektif. Anda dapat membeli powerbank ini di jd.id dengan harga Rp 679.000.

From our editorial team

Peralatan Lengkap, Perjalanan Jadi Nyaman

Apabila peralatan yang ada di daftar atas ini semuanya Anda lengkapi, maka tentunya tidak perlu lagi ragu untuk melakukan perjalanan yang jauh sekalipun. Anda bisa mempertimbangkan produk yang direkomendasikan BP-Guide untuk digunakan atau dimiliki. Selanjutnya, setelah semuanya lengkap, selamat bersenang-senang dan menikmati perjalanan Anda.