Jangan Sembarang Cuci Mobil, Gunakan 10+ Rekomendasi Sampo Mobil Berikut agar Mobil Tetap Kinclong dan Bebas Kusam

Jangan Sembarang Cuci Mobil, Gunakan 10+ Rekomendasi Sampo Mobil Berikut agar Mobil Tetap Kinclong dan Bebas Kusam

Sumber gambar autoglym.com

Memiliki kendaraan pribadi seperti mobil bisa memudahkan aktivitas sehari-hari. Agar tetap nyaman berkendara, tentunya mobil perlu dirawat sebaik mungkin. Selain merawat bagian dalam seperti pemeliharaan mesin dan juga interior, sebaiknya pemilik mobil tidak mengabaikan penampilan eksterior dari kendaraan roda empat ini. Penampilan mobil yang bersih dan terawat juga bisa meningkatkan kepercayaan diri dan lebih sedap dipandang. Tidak sulit karena Anda bisa mencuci mobil sendiri di rumah dengan sampo mobil berikut.

Supaya Tetap Kinclong, Gunakan Sampo Mobil yang Cocok untuk Mobil Anda

Sumber gambar amazon.com

Tidak hanya tubuh yang perlu dirawat, mobil juga perlu perawatan agar tetap mulus dan kinclong. Salah satunya adalah mencuci mobil menggunakan sampo khusus. Sampo mobil berfungsi untuk mengangkat semua kotoran pada bodi mobil.

Pastikan Anda memilih sampo mobil yang tepat agar mobil bersih dan tidak kusam setelah dicuci. Perhatikan juga waktu saat mencuci mobil. Sebelum jam 8 pagi dan setelah jam 5 sore adalah waktu terbaik mencuci mobil untuk menghindari sinar matahari langsung.

Tips Memilih Sampo Mobil Supaya Tetap Kinclong

Pilih Sampo Mobil yang Mengandung Brightening Agent

Sumber gambar lenosgarage.com

Sampo mobil yang bagus adalah yang dilengkapi dengan kandungan brightening agent agar bodi mobil tampak lebih mengilat setelah dicuci. Jadi sebelum membeli sampo mobil, baca dan teliti kandungan bahan yang ada di dalamnya satu per satu. Jangan sampai salah memilih sampo untuk mobil, sehingga mobil justru terlihat kusam setelah dicuci.

Pilih yang Memiliki Daya Cuci dan Daya Lubrikasi yang Baik

Sumber gambar carbibles.com

Selain brightening agent, sampo mobil yang bagus harus memiliki daya lubrikasi yang baik. Fungsi dari daya lubrikasi adalah mencegah lecet pada bodi mobil saat dicuci. Terkadang debu dan kotoran yang menempel di bodi mobil adalah jenis debu yang tajam dan bisa menggores mobil. Saat mengelap atau membersihkan mobil, gunakan kain dengan serat yang halus.

Ramah Cat Mobil

Sumber gambar blog.havells.com

Kadar pH adalah aspek yang harus diperhatikan saat memilih sampo mobil. Kandungan pH nantinya berpengaruh pada mobil setelah dicuci. Sampo mobil berkualitas memiliki kadar pH 7 yang bisa melindungi cat mobil Anda. Jangan gunakan cat mobil dengan kadar pH di bawah 7 karena bisa menyebabkan korosi dan karatan pada mobil.

Selain itu hindari sampo mobil yang mengandung silikon dan deterjen. Kedua bahan tersebut dapat merusak cat mobil dan membuat mobil tampak kusam. Sampo yang dapat melindungi cat mobil adalah sampo dengan kandungan bahan organik seperti kaolin clay dan carnauba wax, clear coat, atau varnish.

10 Rekomendasi Sampo Mobil yang Bisa Anda Jadikan Pilihan

Turtle Wax Ice Car Wash

Sumber gambar www.blibli.com

TURTLE WAX Ice Car Wash & Wax menghasilkan busa melimpah dan memberikan perlindungan pada cat mobil. Dengan kandungan kondisioner khusus yang tidak mengangkat wax sehingga tidak membuat cat mobil terlihat kusam setelah dicuci. Mencuci mobil sendiri menjadi lebih menyenangkan. Memiliki kadar pH seimbang, membuat mobil terlihat bersih mengkilat.

Turtlewax T-472R Ice Wash & Wax kemasan 1’42 L dijual di Bhinneka dengan harga Rp 162.000 dan di Blibli dengan harga Rp 190.000.

Waxco Nano Super Wax Shampoo

Sumber gambar www.blibli.com

Waxco Nano Super Wax Shampoo dibuat dengan teknologi nano yang secara efektif membersihkan mobil hingga bagian yang paling dalam. Mobil lebih mengilap dan terlindung dari debu dan kotoran setelah dicuci. Kelebihan lain dari produk ini adalah memberi perlindungan dari sinar UV, antikarat, dan antijamur. Tidak merusak wax dan lapisan cat mobil Anda.

Dengan kemasan 1 liter, sampo ini bisa digunakan hingga 20 kali mencuci. Sangat hemat bukan? Waxco Nano Super Wax Shampoo - Shampoo Mobil (1 Liter) dijual di Blibli dengan harga Rp 90.000 dan di Tokopedia dengan harga Rp 85.000.

3M Car Wash Soap Gold Series

Sumber gambar www.blibli.com

3M Car Wash Soap Gold Series memiliki pH yang netral sehingga aman untuk perlindungan cat mobil. Kandungan antistatic agent mencegah debu dan kotoran. Mobil tidak perlu sering dicuci, namun tetap bersih. High gloss formula membuat mobil lebih mengilat setelah dicuci. Sifat antikorosif tidak membuat permukaan mobil berkarat. 3M Car Wash Soap Gold Series dijual di Tokopedia dan Blibli dengan harga Rp 32.400.

Kit Wash and Glow

Sumber gambar www.blibli.com

Kit Wash and Glow aman untuk bodi mobil, tidak mengikis lapisan cat dan tidak membuat warna cat mobil terlihat kusam. Dioerkaya dengan premium polymer, membuat cat mobil lebih berkilau dari sebelumnya dan cocok digunakan untuk segala jenis cat mobil.

Namun, sampo ini sebaiknya tidak digunakan pada cat mobil dengan lapisan wax, karena kandungan di dalamnya bisa merusak lapisannya. KIT Wash & Glow Car Shampoo (1000 mL/botol) dijual di Tokopedia dengan harga Rp 19.900 atau di Blibli dengan harga Rp 28.000.

Waxco Wash and Wax Car Shampoo

Sumber gambar www.blibli.com

Waxco Wash and Wax Car Shampoo adalah sampo mobil yang dapat menjaga keawetan dan merawat cat mobil metalik Anda. Tidak hanya cat jenis metalik, sampo mobil ini juga bisa digunakan untuk semua jenis cat mobil lain. Menghasilkan busa melimpah saat mencuci mobil, semua debu dan kotoran yang menempel akan terangkat dengan sempurna.

Sampo mobil ini anti korosif sehingga tidak akan merusak wax atau lapisan cat mobil. Bodi mobil terlihat lebih mengilap setelah dicuci. Waxco Car Wash & Wax Shampoo (1000 mL) dijual di jd.id dengan harga Rp 49.000 dan di Tokopedia dengan harga Rp 50.000.

Auto Magic E-Z Suds Liquid Concentrate

Sumber gambar www.blibli.com

Auto Magic E-Z Suds Liquid Concentrate mampu menghilangkan segala macam debu, kotoran, dan tanah yang menempel pada bodi mobil. Dapat membersihkan lebih cepat dari produk lain sehingga Anda bisa lebih menghemat waktu untuk mencuci mobil. Ditambah wangi lemon yang menyegarkan, membuat Anda semakin betah mencuci mobil.

AUTOMAGIC E-Z Suds Liquid Concentrate Shampoo Mobil dijual di Blibli dan Tokopedia dengan harga Rp 105.900

Bullsone First Class Car Shampoo

Sumber gambar www.blibli.com

Bullsone First Class Car Shampoo tidak hanya mengangkat segala jenis kotoran dari bodi mobil dengan mudah, sampo ini juga mampu memberikan perlindungan pada cat mobil Anda. Dengan aroma jeruk yang segar, membuat Anda semakin bersemangat untuk mencuci mobil.

Selain itu sampo ini juga hemat dalam penggunaan, yaitu dapat digunakan hingga 15 kali pencucian untuk kemasan 530 ml. Anda juga bisa menggunakan sampo ini untuk membersihkan kaca, roda, bumper, dan karpet mobil. BullsOne Car Shampoo Cairan Pembersih Mobil dijual dengan harga Rp 84.000 di Blibli dan di Tokopedia dengan harga Rp 90.000.

Sonax Gloss Shampoo Concentrate

Sumber gambar www.blibli.com

Sonax Gloss Shampoo Concentrate adalah produk yang tepat jika Anda menyukai busa melimpah saat mencuci mobil. Manfaat busa melimpah ini adalah kemampuan membersihkan noda yang semakin baik, sehingga mobil terlihat semakin mengilap.

Busa sampo mengandung minyak yang membantu mobil menjadi lebih licin sehingga lebih mudah dibersihkan. Memberikan hasil akhir yang berkilau dan bebas dari noda. Sonax Car Gloss Shampoo Concentrate dijual dengan harga Rp 120.000 di Blibli dan Tokopedia.

Sensha Body Clean Car Shampoo

Sumber gambar www.sensha.com.au

Sensha Body Clean Car Shampoo adalah merek sampo mobil asal Jepang yang sangat hemat, bisa digunakan untuk 30 sampai 60 kali pencucian untuk kemasan 800 ml. Dengan busa melimpah sehingga lebih efektif untuk membersihkan segala jenis debu dan kotoran yang menempel di bodi mobil.

Sampo ini aman karena tidak meninggalkan noda dan tidak mudah menggores bodi mobil selama pencucian. Anda yang alergi dengan bau menyengat tidak perlu khawatir karena sampo ini sama sekali tidak berbau. Sensha Tubuh Bersih 400 Ml Profesional Netral Car Salesman-Intl dijual di Sensha dengan harga Rp 435.000.

Meguiar’s Gold Class Car Wash

Sumber gambar www.blibli.com

Meguiar’s Gold Class Car Wash diperkaya dengan kondisioner sehingga mobil lebih cepat bersih tanpa khawatir akan tergores. Sampo ini memberikan hasil akhir bodi mobil yang mengilap setelah dicuci tanpa mengikis lapisan wax pada cat mobil. Segala macam kotoran seperti debu, tanah, dan noda lainnya dapat dibersihkan dengan mudah.

Meguiar's Gold Class Car Wash Shampoo & Conditioner G7164 64oz 1890ml 1pc dijual dengan harga Rp 259.000 di Monotaro, di Tokomeguiars dengan harga Rp 256.950, dan di Blibli dengan harga Rp 271.282.

Infografik berikut ini bisa Anda cermati untuk menambah informasi. Bahkan, tips-tips lain bisa didapatkan pula di Instagram BP-Guide lho!

bpguide_id
instagram.com
From our editorial team

Keringkan Jendela dengan Kain Bebas Serat

Jendela jadi salah satu elemen penting pada mobil sehingga sebaiknya bagian ini selalu dijaga kebersihannya. Setelah dicuci, jendela kaca mobil bisa dikeringkan menggunakan kain berbahan microfiber, handuk kertas atau koran yang bisa dengan cepat menyerap sisa-sisa air. Usapkan perlahan pada jendela yang sudah dicuci menggunakan sampo mobil dan biarkan di bawah sinar matahari juga terkena angin. Anda juga tidak dianjurkan menempelkan stiker-stiker di jendela depan atau belakang yang bisa mengganggu penglihatan pengemudi. Ingat, kenyamanan berkendara juga diiringi oleh prinsip safety riding sehingga sebaiknya hindari modifikasi mobil yang bisa mengganggunya.