Mau Modifikasi Motor untuk Drag Race? Ini 10 Rekomendasi Motor Drag 2018 yang Cocok untuk Kamu

Mau Modifikasi Motor untuk Drag Race? Ini 10 Rekomendasi Motor Drag 2018 yang Cocok untuk Kamu

Kamu penggemar balap drag bike dan tertarik untuk memodifikasi motor seperti para pembalap drag bike? Kamu bisa jadikan beberapa motor berikut ini sebagai acuan untuk memulai hobi balapmu. Kira-kira kamu ingin motor drag yang mana?

Balap Motor Drag Cukup Populer di Indonesia

Bagi para muda, pasti tak asing dengan istilah balap motor drag. Ini merupakan ajang balap trek lurus yang sangat populer di tanah air kita. Balapan trek semacam ini banyak digelar dan diminati mulai dari kawasan Jawa Barat hingga Jawa Timur.

Penggemar dari balapan semacam ini juga banyak. Hal ini terbukti dari banyaknya penonton yang hadir kala balapan digelar, bisa mencapai ribuan loh. Meski harus membayar saat menontonnya, namun penonton rela berdesakan demi melihat balapan motor drag ini. Saking populernya, drag bike juga sudah masuk pada agenda kejuaraan nasional.

Ketahui lebih lanjut mengenai balap motor drag bersama BP-Guide yuk. Selanjutnya intip juga rekomendasi motor drag dari kami ya.

Fakta Seputar Balap Motor Drag

Sejarah Lahirnya Balap Motor Drag

Sumber gambar balapmotor.net

Mari kita sedikit belajar mengenai sejarah hadirnya balap motor drag. Sejak tahun 1950-an lalu balap motor drag ini mulai dikenal. Awalnya muncul di Amerika Serikat dan di sana juga sebagai tempat awal digelarnya drag race motor secara profesional. Sebuah asosiasi bernama AMA yang merupakan asosiasi sepeda motor Amerika menggelar kejuaraan drag race motor pertama kali di Pomana, California pada tahun 1953.

Di Indonesia sendiri, balap motor drag ini mulai muncul tahun 1955. Namun keberadaannya ada dan tiada, usai muncul lalu tenggelam kembali. Hal ini karena kurangnya event dan jenjang internasional untuk balap motor drag. Pada akhirnya, mereka yang hobi motor drag jadi turun ke jalan untuk mengadakan balapan liar.

Perkembangan Teknis Motor Drag

Sumber gambar trangcongnghe.com

Balap motor drag juga memiliki alur dari masa ke masa yang patut ditilik. Dalam evolusi perkembangannya, balap motor drag mengalami banyak perubahan dari segi teknis hingga lainnya.

Dulunya motor drag race dirancang dengan mengacu prinsip-prinsip balap. Misalnya dari pemangkasan bobot motor dengan cara mencopot komponen-komponen yang tidak diperlukan.

Selanjutnya pemakaian wheelbase akan lebih panjang dari motor pada umumnya. Dengan begini maka rancang bangun motor secara keseluruhan ikut melar. Perubahan yang demikian itu dilakukan untuk mengejar aerodinamika terbaik. Hal itu juga dilakukan supaya ban depan motor tidak mudah terangkat.

Peraturan Balap Motor Drag di Indonesia

Sumber gambar otonity.com

Sebagai sebuah induk olahraga otomotif di tanah air, Ikatan Motor Indonesia (IMI) menjelaskan bahwa ada peraturan baku balap motor drag yang berlaku untuk kompetisi setingkat kejuaraan nasional. Hal tersebut mereka tuangkan dalam website resminya.

Mengenai lintasan pacu adalah sejauh 201 meter yang disambung lintasan pengereman yang juga punya panjang 201 meter. Kemudian untuk lebar lintasan minimal 4 meter tiap jalurnya. Sementara itu untuk pagar pembatas penonton tertutup rapat minimal berjarak 1,5 meter dari tepi jalur.

Bagi para pembalap sendiri juga ada aturannya. Pertama harus memiliki Kartu Izin Start dari IMI. Dan tiap peserta hanya boleh mengikuti maksimal tiga kelas utama. Nomor start wajib digunakan peserta dan mereka hanya boleh mendaftar satu kali di kelas yang sama.

Kelas yang dipertandingkan ada kelas campuran, kelas bebek, dan kelas sport. Selain itu ada juga kelas pendukung lainnya. Untuk teknis lomba biasanya kejuaraan drag race motor akan digelar dalam dua heat. Urutan start Heat kedua ditentukan dari hasil Heat awal.

Jika peserta lomba telat hadir 5 menit setelah peserta terakhir di kelas maka dianggap mengundurkan diri. Larangan lain dalam balap ii adalah memperbaiki kendaraan di area start, memindahkan gigi dengan tangan hingga mengangkat kaki ke atas jok.

Untuk peraturan penilaian, juri akan menilai dari catatan waktu yang ditorehkan peserta. Kalau sama maka pemenang ditentukan dari catatan waktu terbaik Heat kedua.

10 Rekomendasi Motor Drag yang Terbukti Cepat dan Tangguh

Suzuki Satria FU 150

Sumber gambar otonity.com

Suzuki Satria FU 150 merupakan salah satu motor drag yang wajib kamu lirik. Hadir dengan tampilan sporty, desainnya sungguh futuristik. Bodinya aerodinamis dan sangat agresif untuk berbagai rintangan di jalanan. Dibekali mesin baru dengan teknologi MotoGP, membuat motor satu ini menjadi motor dengan performa maksimal dan tercepat di kelas underbone 150cc.

Meski modelnya sedikit mengotak dan kaku, namun motor ini memiliki kantung alias laci penyimpanan tepat di atas back bone nya. Hal ini bisa membuat sisi akomodasi sebuah motor jadi terkesan lebih akomodatif. Kamu bisa membeli motor keren ini di dealer terdekat atau di website resmi Suzuki dengan harga Rp 22.500.000.

Suzuki Satria 2T

Sumber gambar maniakmotor.com

Suzuki Satria 2T juga tak bisa dilewatkan sebagai salah satu motor drag yang oke. Hadir pertama pada tahun 1997 lalu, kala itu varian awal bernama Satria 120S yang memiliki kopling semi otomatis dan juga transmisi manual 5 percepatan. Kini hadir tipe baru yang merupakan penyempurnaan tipe lama. Meski desain bodinya sama namun memiliki sistem transmisi manual enam percepatan.

Varian baru ini telah melepas sistem starter elektrik, sehingga yang ada hanyalah starter model kick. Keunggulan dari motor ini adalah adanya teknologi pendinginan Jet Cooled sehingga motor tak cepat panas. Memiliki rangka dual box mirip motor sport, motor yang satu ini makin keren saja.

Motor yang satu ini bisa menghasilkan tenaga hingga 13,5 PS pada putaran 7.500 rpm. Ada kopling manual dan velg casting wheel dengan piringan depan dan belakang. Tentunya hal tersebut menjadi kelebihan dari produk ini yang banyak dilirik pecinta motor. Kamu bisa mendapatkan motor ini di OLX dengan harga sekitar Rp 10 juta.

Kawasaki Ninja RR 150

Sumber gambar www.pinterest.co.uk

Kawasaki Ninja RR 150 ini merupakan motor drag pilihan. Memiliki mesin berkapasitas 150cc sehingga cukup nyaman untuk dipakai dalam jarak dekat. Mesinnya 2 Tak dan sudah memakai satu silinder sehingga tangguh di kelasnya. Ada sistem pembuangan EURO II sehingga bisa mengeluarkan power lebih maksimal yakni 21 kW perputaran 11.000 rpm.

Motor yang satu ini hadir dengan teknologi mesin Super KIPS dan HSAS yang bisa meminimalisir gas buang dan bisa memberi tenaga lebih stabil pada motornya. Dengan suara knalpot yang lembut jadi tak terlalu bising untuk kesehariannya.

Dari segi bodi, desainnya cocok untuk anak muda. Memiliki fairings kanan kiri dibagian depan bodi dan belakang yang lebih ramping jadi cocok untuk bermanuver di jalanan macet. Motor ini bisa dibeli di Bukalapak dengan harga sekitar Rp 15 juta.

Yamaha Mio

Yamaha Mio merupakan motor keren yang bisa juga jadi motor drag andalan. Motor yang satu ini memiliki bodi dengan desain yang sporty. Sangat stylish dengan pilihan warna yang menawan. Motor ini bikin pengendaranya jadi lebih percaya diri.

Memakai kerangka steel underbone membuat motor ini sangat kuat meski bobotnya ringan. Nyaman dipakai bermanuver di jalanan macet, motor sudah lengkap dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang suspensi tunggal unit swing. untuk remnya sudah cakram di depan meski rem belakangnya rem tromol.

Mesin motornya tipe 4 tak, dan motor ini memakai dua buah katup SOHC berpendingin kipas. Motor ini memiliki dua sistem starter yakni electric dan kick starter. Motor keren ini bisa dimiliki di OLX dengan harga sekitar Rp 13 juta.

Yamaha RX Series (RX King, RX Z)

Sumber gambar www.pinterest.co.uk

Yamaha RX Series juga tergolong motor drag yang oke. Yamaha RX King dikenal sebagai motor sport yang tangguh. Dari segi bodi sudah sangat rupawan karena mewakili jiwa remaja.

Motor yang satu ini hadir dengan mesin 2 tak berkapasitas 132 cc. Memiliki 5 speed, motor ini juga dilengkapi dengan kopling manual basah multiplat. Dengan rangka Double Cradle, motor ini kapasitas tangkinya mencapai 9,5 liter.

Untuk remnya, motor dibekali rem cakram di bagian depan dan rem tromol di bagian belakang. Motor ini sangat ergonomis dan nyaman digunakan. Bisa dibeli di Bukalapak dengan harga sekitar Rp 15 juta.

Yamaha Jupiter Series

Sumber gambar maniakmotor.com

Yamaha Jupiter Series merupakan rekomendasi motor drag selanjutnya. Motor yang satu ini memiliki mesin yang gahar. Dengan mesin 4 tak, 2 valve, dan silinder tunggal, motor ini dibekali teknologi mesin SOHC.

Cocok untuk segala medan, motor Jupiter ini hadir dengan rangka dan suspensi yang kokoh. Sudah memakai rangka steel pipe underbone dan juga teleskopik untuk suspensi depan, motor ini bagian suspensi belakang memakai Swingarm Double Shock. Motor ini nyaman dipakai untuk bermanuver di berbagai jalanan. Motor yang satu ini bisa dibeli di OLX dengan harga sekitar Rp 15 juta.

Honda Kharisma

Honda Kharisma ini merupakan motor dengan mesin 125cc. Motor ini bisa juga menjadi motor drag untuk kamu. Desainnya nyaman dengan posisi tempat duduk yang jauh lebih rendah dari stang motor. Hal ini membuat posisi berkendara menjadi lebih nyaman.

Masih dalam hal tempat duduk, motor ini dudukannya dirancang mendatar sehingga nyaman dibuat boncengan juga. Meski desainnya kurang sporty, namun motor ini banyak diminati juga karena memiliki banyak kelebihan lainnya. Misalnya saja di bagian kaki karena motor sudah memakai suspensi yang nyaman.

Lalu di bagian depan motor sudah menggunakan rem cakram meski di belakang masih jenis rem tromol. Motor satu ini bisa dimiliki di OLX dengan harga kisaran Rp 4 juta hingga Rp 7 juta.

Yamaha Force One

Yamaha Force One ini hadir dengan desain yang modern. Sangat sporty sehingga banyak jadi pilihan anak muda. Lampu utama terpasang di stang meski lampu sein terpasang terpisah pada bagian body depan samping. Dari bodi belakang pun, motor ini keren dengan desain meruncing ke atas.

Hadir dengan velg sporty dengan model palang 5, motor dibekali kunci pengaman bermagnet yang bikin pengguna terasa lebih aman. Dengan memakai rem disc di bagian depan, motor ini memakai rem tromol untuk bagian belakangnya. Motor Yamaha Force One ini memiliki mesin tipe 4 tak yang lengkap dengan dua katup berteknologi SOHC.

Kapasitas mesin motor ini adalah 114cc dan bisa memberikan daya maksimal mencapai 7.000 rpm. Motor ini bisa memberikan torsi maksimal hingga 5.500 rpm. Kamu bisa mendapatkannya di OLX dengan harga sekitar Rp 8 juta.

Honda Beat

Sumber gambar otomotif.kompas.com

Honda Beat merupakan motor yang cocok juga menjadi motor drag. Dengan keunggulan berupa sistem keamanan canggih, bisa bikin pengendara aman tanpa takut kecolongan kala diparkir. Mesinnya memiliki performa tinggi dan bikin berkendara lebih nyaman. Hadir dengan sistem injeksi membuat motor ini irit konsumsi BBM.

Meski demikian, ada juga beberapa kekurangan dalam motor yang satu ini. Ukuran joknya masih terlalu sempit. Lalu pada bagian space pijakan dirancang pendek, selain itu pada posisi penataan mesinnya yang tampak tidak rapi membuatnya kurang enak dilihat. Motor yang satu ini bisa dibeli di OLX dengan harga sekitar Rp 15.650.000.

Yamaha Nouvo

Sumber gambar www.otosia.com

Yamaha Nouvo hadir dengan desain membulat yang unik. Memiliki lampu sein belakang yang menonjol, motor ini dimensi panjangnya hampir 2 meter. Motor ergonomis ini memiliki bagasi luas sehingga bisa dipakai meletakkan helm full face.

Hadir dengan kesan elegan, motor ini memiliki speedometer analog. Jok sepeda ini lebar dan juga cukup empuk. Dengan knalpot model tabung berlapis chrome, motor ini makin keren. Ada velg berukuran 16 inci dan juga shockbreaker ganda di bagian belakang sehingga membuat motor stabil meski menghadapi berbagai medan. Kamu bisa membelinya di OLX dengan harga sekitar Rp 10 juta.

From our editorial team

Melaju Cepat dengan Motor Drag yang Tepat!

Balap motor drag memang cukup digemari di Indonesia dan jika kamu suka dengan aktivitas balapan yang satu ini kamu bisa gunakan motor yang tepat untuk balapan. Kalau kamu adalah pemula yang baru ingin mencoba balap motor drag, kamu bisa pilih salah satu motor rekomendasi di atas dan memodifikasinya sesuai kebutuhanmu. Pastikan motor selalu dalam kondisi prima saat akan balapan dan perhatikan juga keselamatan saat berkendara. Stay save!