10 Gadget Mobil Canggih yang Bisa Anda Pilih untuk Menambah Kenyamanan Berkendara (2018)

10 Gadget Mobil Canggih yang Bisa Anda Pilih untuk Menambah Kenyamanan Berkendara (2018)

Mengendarai mobil sudah jadi salah satu kebutuhan mobilitas saat ini dan kalau Anda ingin lebih nyaman berkendara, Anda mesti mengecek kelengkapan mobil dan jika perlu Anda juga bisa menambahkan gadget canggih yang tepat guna.

Mobil Sudah Jadi Kebutuhan Banyak Orang Setiap Hari

Sumber gambar www.theverge.com

Kendaraan selalu mempunyai peran penting didalam keluarga, baik itu mobil ataupun sepeda motor karena fungsi utama untuk menunjang kebutuhan mobilitas yang semakin tinggi. Mobilitas inilah yang mendukung keberlangsungan ekonomi keluarga karena hampir semua kegiatan memerlukan jarak yang harus ditempuh untuk melakukan perjalanan.

Dengan memiliki kendaraan dapat membantu meminimalisir jarak dan pastinya jauh lebih menghemat pengeluaran. Hal ini terlihat dari tingginya minat kebutuhan kendaraan di setiap bursa mobil murah diadakan.

Sekarang ini memang mobil masih menjadi kendaraan bergengsi dibandingkan dengan sepeda motor, meskipun nilai dari mobil semakin lama semakin menyusut.

Selain dapat membuat badan terasa tidak terlalu capek dan bisa masuk tol sehingga lebih cepat sampai tujuan, mobil juga mempunyai banyak manfaat lain :

  • Terlindung dari perubahan cuaca yang tidak menentu, baik panas atau pun hujan. Selain itu mobil dapat melindungi diri dari paparan sinar matahari secara langsung, tidak kepanasan karena menggunakan AC ataupun percikan hujan yang membasahi tubuh.
  • Membawa barang menjadi lebih mudah, terlebih lagi pada saat belanja banyak, tamasya ataupun berbisnis yang membutuhkan area luas untuk menampung barang.
  • Sumber pemasukan karena dapat digunakan untuk berbisnis rental mobil, taksi online, atau pun dipergunakan untuk berbisnis kuliner.
  • Menjadi rumah kedua karena tempat yang luas dan dapat dijadikan untuk menghabiskan banyak waktu atau pun kegiatan di dalamnya .
  • Terhindar dari terjadinya kerusakan kulit dan pernapasan karena kaca dan atap dalam mobil dapat menutup masuknya polusi ke dalam paru paru, sehingga meminimalkan polusi.
  • Mampu menampung lebih banyak orang.

Beberapa Hal yang harus Diperhatikan Sebelum Berkendara

Perhatikan Kelengkapan Mobil

Sumber gambar www.autoweekforum.com

Bagi Anda yang mengendarai mobil sebaiknya selalu memperhatikan semua kelengkapan mobil agar dapat berjalan prima. Beberapa kelengkapan mobil yang harus diperhatikan adalah:
:

  • Periksa oli mesin dan pastikan dalam kondisi volume cukup. Untuk menceknya lakukan memeriksa level di stik oli. Apabila berada pada garis di antara L dan F atau sedikit lebih kebawah dari F berarti dapat menambahkan oli
  • Periksa air radiator dan air reservoir. Pastikan air radiator selalu dalam kondisi penuh dan air reservoir dalam batas level (tidak perlu harus terlalu penuh). Selain itu selalu periksa kondisi selang radiator dan selang penghubung reservoir agar terhindar dari selang pecah ditengah jalan
  • Filter dan selang bensin dalam kondisi baik diperlukan agar tidak mengalami kebocoran atau pun keretakan dan juga bensin tidak mengalami tersumbat
  • Periksa putaran kipas pendingin. Apabila belt kipas telah mengalami retak retak sebaiknya segera diganti. Periksa juga tension belt agar putaran kipas dapat bekerja maksimal
  • Lakukan pemeriksaan pendinginan mesin mobil oleh kipas mesin dengan cara memperhatikan jarum pointer pada penunjuk temperatur. Apabila posisi jarum melebihi dari garis tengah, berarti kondisi mesin mobil mengalami panas.
  • Gantilah Timing Belt apabila telah dipergunakan sejauh 50.000 KM meskipun tidak mengalami kerusakan
  • Air Filter (saringan udara) secara rutin perlu dibersihkan sebelum melakukan perjalanan jauh sekitar 10.000 KM
  • Aki (Accu) perlu diperhatikan terutama pada baut katup aki. Selain itu aki perlu dibersihkan dari kotoran atau pun kerak kerak yang menempel. Jangan lupa untuk memeriksa level air aki, apabila telah berkurang bisa ditambahkan air aki murni (bukan air zuur H2SO4)
  • Cek kondisi ban, termasuk tapak ban dan tekanan angin. Batas normal tekanan ban adalah 30 - 34 psi
  • Cek kondisi rem dengan melakukan pemeriksaan level minyak rem di reservoir. Apabila telah berkurang dari batas level minimal berarti kemungkinan terjadi kebocoran. Lakukan pemeriksaan juga pada sistem rem dan pastikan bekerja dengan baik
  • Cek kondisi keseluruhan lampu berfungsi optimal dan menyala normal
  • Cek fungsional wipper kaca sudah bekerja maksimal
  • Cek kondisi oli mesin terutama di pagi hari dan mobil dalam kondisi mesin mati. Pengecekan ini lebih diprioritaskan pagi karena kondisi oli terkumpul sempurna
  • Cek tekanan angin ban karena komponen ini menggerakkan mobil sekaligus langsung berinteraksi dengan aspal
  • Cek air washer pembersih kaca depan (windshield washer) yang berfungsi dapat membersihkan kotoran pada saat kaca mengalami kotor
  • Chek minyak rem (brake fluid) karena dapat memberikan tekanan pada piston rem dan juga penggerakkan sepatu rem

Perhatikan Kebersihan Mobil

Sumber gambar www.today.com

Perlunya menjaga kebersihan mobil bukan hanya pada saat cuaca kering saja, melainkan juga pada musim penghujan. Meskipun hujan datang bukan berarti cuci mobil gratis, karena kandungan asam dari air hujan dapat berpotensi membuat cat memudar. Apabila sudah terlanjur terkena air hujan, sebaiknya segera bilaslah mobil Anda.

Merawat mobil bukan hanya pada bagian luarnya saja, melainkan juga di dalamnya agar tercipta kenyamanan pada saat berada didalamnya. Kebersihan mobil perlu selalu dijaga dengan cara:

  • Rutin mencuci mobil agar kotoran yang melekat pada body kendaraan tersingkir
  • Menjaga kebersihan bodi kendaraan dari serangan jamur yang menyerang pada lapisan cat atau pun kaca
  • Bersihkan jok secara merata dan teratur dengan menggunakan alat kebersihan sesuai dengan jenis dari jok tersebut

Tambahan Aksesori atau Gadget yang Sesuai

Sumber gambar www.rufus.pl

Umumnya pemilik mobil selalu menambahkan aksesori mobil agar terlihat lebih baik lagi. Penambahan aksesoris bisa bermacam macam sesuai dengan selera pemiliknya, bisa jadi beraliran feminin, macho, modern, atau bahkan cute. Meskipun begitu usahakan untuk menambahkan aksesori tanpa merubah fungsi komponen asli, sekaligus masih tetap dapat melindungi mobil.

Jangan sampai salah memilih aksesori karena fungsional dasar dari mobil dapat terganggu, seperti mengubah kaca film menjadi terlalu gelap yang berakibat mengganggu pemandangan dari dalam mobil.

Pilihlah aksesoris yang tepat yang dapat membantu fungsional secara tepat, seperti penggunaan aksesori tanduk bumper pada mobil jeep, mobil offroad, atau pun petualangan yang dapat berfungsi melindungi mobil dari benturan, sekaligus menambah kesan mobil terlihat gagah dan kokoh.

Selain tanduk bumper, aksesori moulding juga dapat dipergunakan agar tampilan eksterior menjadi lebih elegan dan dapat melindungi dari benturan samping ketika pintu dibuka.

Tips untuk memilih aksesori yang tepat:

  • Pilihlah aksesori yang tidak merusak komponen utama mobil
  • Pilihlah aksesori yang bersifat knock down atau bongkar pasang
  • Pilihlah aksesori yang tidak melakukan pengeboran pada bodi, panel atau pun tempat di mobil yang dapat memungkinkan terjadinya kebocoran, sehingga ketika aksesori tersebut dilepas tidak menimbulkan bekas atau pun meninggalkan cacat.
  • Apabila Anda suka bisa menambahkan aksesoris digital, seperti gadget yang sesuai

Rekomendasi Gadget Mobil yang Bisa Menambah Kenyamanan Berkendara

GPS Tracker

Sumber gambar www.ebay.com

Untuk mengantisipasi tindak pencurian, Anda bisa memasang GPS Tracker pada mobil. Cara kerja dari GPS Tracker ini adalah secara otomatis akan mengirimkan letak keberadaan kendaraan yang telah dipasangi GPS pada gadget Anda. Umumnya laporan otomatis ini akan terkirim setiap beberapa detik sekali, sehingga posisi kendaraan terlacak secara realtime.

GPS Tracker ini dibanderol dengan harga USD 69,95 atau setara dengan Rp 907.251 yang dapat dibeli di toko CCTV, tempat aksesoris mobil atau pun online shop. Anda juga bisa mendapatkan Pelacak kendaraan terintegrasi dengan GPRS, jaringan SMS, dan GPS di Lazada seharga Rp 270.000.

Selain itu memasang GPS Tracker juga dapat bermanfaat untuk:


  • Untuk mengetahui posisi kendaraan, apabila mobil sedang dipinjam atau dibawa oleh supir
  • Untuk memantau konsumsi bahan bakar agar lebih efisien secara ekonomis
  • Untuk mendengar suara percakapan didalam kabin kendaraan secara realtime
  • Untuk lebih menenangkan hati agar tidak khawatir terjadi apa apa di mobil Anda
  • Agar mobil tidak disalah gunakan apabila mobil dipinjam

Rear View Camera

Sumber gambar www.dhgate.com

Car Rear View Camera merupakan kamera tanpa kabel (wireless) yang dipasang pada bagian belakang, biasanya terletak diatas plat nomor mobil.

Kamera ini bekerja untuk melihat keadaan di belakang mobil dan efektif memancar pada frekuensi 2.4 Ghz dengan dan langsung ditangkap oleh layar monitor 2.5" yang telah dipasang pada bagian cigarette lighter. Umumnya kamera mundur ini sudah satu paket dengan perangkat kamera depan.

Car Rear View Camera menggunakan sumber power yang disambungkan langsung pada aki mobil atau bisa juga disambungkan pada jalur listrik lampu mundur, sehingga camera ini akan aktif ketika mobil masuk dalam posisi gigi mundur. Berdasarkan dari jenis kabelnya, camera ini dibagi menjadi dua bagian yaitu kamera balik kabel dan kamera reverse nirkabel.

Kamera kabel balik merupakan kamera belakang yang menggunakan kabel, sedangkan kamera reverse nirkabel tidak menggunakan kabel sama sekali namun memakai receiver nirkabel tambahan.

Car Rear View Camera dapat dibanderol dengan harga Rp 2.850.000/paket yang dapat dibeli di toko CCTV, tempat aksesori mobil atau pun online shop.

Untuk memilih kamera selain dari aspek tahan air, sebaiknya perhatikan juga beberapa aspek berikut:


  • Pilihlah Chip kamera yang berkualitas baik karena chip ini terdiri dari dua macam, yaitu CCD dan CMOS. Perbedaan kedua chip tersebut terletak pada biaya pembuatan, konsumsi daya dan kualitas gambar. Apabila Anda ingin mendapatkan gambar dengan kualitas bagus sekelas fotografi sebaiknya pilihlah CCD meskipun harganya relatif mahal dibandingkan dengan CMOS
  • Pilihlah Car Rear View Camera dengan kualitas resolusi baik  diatas garis 420 dan pastikan debugging bekerja dengan benar. Selain usahakan untuk mengurangi efek night vision agar lebih memperjelas gambar keadaan di belakang kamera
  • Pilihlah Car Rear View Camera yang mempunyai teknologi efek infra merah yang dapat bekerja efektif pada malam hari, sehingga gambar terlihat jelas

Dashcam atau Waylens

Sumber gambar www.homedepot.com

Car Dashboard Camera merupakan kamera yang dipasang pada dashboard mobil yang dipergunakan untuk merekam kondisi jalanan. Kamera ini diletakkan pada depan mobil selama mengemudi dan proses perekamannya dimulai secara otomatis pada saat mobil dinyalakan.

Keistimewaan fitur Car Dashboard Camera yang tidak ada pada kamera lainnya adalah adanya fitur continous loop yang tidak akan kehabisan memori untuk menyimpan video. Fitur ini secara otomatis menghapus rekaman paling awal dan menimpanya dengan rekaman terbaru.

Umumnya rekaman video hanya sepanjang 1-3 menit dan akan terhapus dengan sendirinya pada video paling akhir dan tergantikan dengan video rekaman terbaru. Car Dashboard juga Camera mempunyai keistimewaan lain yaitu emergency recording yang dapat mengunci beberapa bagian dalam rekaman agar tidak terhapus secara otomatis.

Penggunaan aksesoris pada kendaraan sekarang ini selain untuk mengubah penampilan juga berfungsi meningkatkan performa mesin mobil tanpa mengindahkan fungsi utamanya untuk merekam kejadian sekaligus bukti kuat apabila terjadi tabrakan dengan pengguna jalan lainnya.

Di luar negeri setiap mobil diwajibkan untuk memasang Car Dashboard Camera  untuk membantu klaim asuransi ataupun menjadi bukti kuat apabila secara tidak sengaja terjadi kecelakaan. Sedangkan di Indonesia masih menjadikan Car Dashboard Camera  sebagai aksesoris semata.

Pemasangan Car Dashboard Camera  pada mobil sangatlah mudah tidak perlu memodifikasi berat. Pemasangan ini dimulai dari menyambungkan pada lighter dalam mobil dan merapikan kabelnya pada pilar A agar tidak terlihat. Car Dashboard Camera dibanderol dengan harga mulai dari Rp 600.000 sampai jutaan rupiah.

Dalam pembelian Car Dashboard Camera  sebaiknya tidak hanya mementingkan fitur emergency recording  saja, melainkan continous loop dan G Force sensor. Countinous loop merupakan proses penghapusan rekaman awal apabila memori penyimpanan sudah penuh.

Sedangkan emergency recording sendiri dapat merekam secara detail dari awal terjadinya keadaan emergency yang dipicu oleh G-Force. Dashcam atau Waylens dapat dibeli di Tokopedia seharga Rp 5.000.000.

Beberapa pertimbangan umum sebelum menggunakan Car Dashboard Camera adalah :




  • Pilihlah kualitas gambar yang jernih sehingga dapat melihat gambar dengan jelas dari jarak jauh melalui kamera. Untuk mendapatkan kualitas seperti itu pilihlah resolusi 1080p dengan minimal 30 FPS dan lebar pengambilan gambar panjang
  • Pilihlah kualitas gambar kamera high dynamic range pada saat malam hari agar detail gambar terlihat meskipun dalam kondisi minim cahaya.
  • Pilihlah Car Dashboard Camera  dengan baterai tambahan sehingga dapat tetap merekam meskipun dalam kondisi mesin mobil mati
  • Pilihlah ukuran Car Dashboard Camera menyesuaikan dengan besar kecilnya mobil
  • Pilihlah Car Dashboard Camera yang mempunyai LCD display sehingga memudahkan dalam mengatur arah gambar secara langsung
  • Pilihlah Car Dashboard Camera  yang mempunyai memori eksternal agar dapat meminimalisir cepatnya contionous loop

Car Bluetooth

Sumber gambar www.onedayonly.co.za

Setiap mobil baru yang diluncurkan selalu dibekali teknologi terbaru dengan koneksi integral. Sekitar 3 tahun yang lalu teknologi Bluetooth telah diterapkan pada mobil baru yang diluncurkan. Untuk mobil dibawah tahun 2010 umumnya jauh dari connectivity dan convenience teknologi sehingga memerlukan memasang Bluetooth sendiri.

Pemasangan Bluetooth dalam mobil dapat membantu pengemudi menerima panggilan telepon secara mudah tanpa harus memegang smartphone.

Anda bisa mendapatkan Car Bluetooth Music Receiver With Handsfree seharga Rp 49.000 di Bukalapak.

Integrasi Bluetooth secara signifikan dapat membantu mengurangi gangguan yang terjadi saat mengemudi. Sebelum memutuskan untuk membeli bluetooth sebaiknya pilihlah secara selektif berbagai aspek yang ada di dalamnya, seperti:




  • Pilihlah Codec SBS (Sub Band Codec) yang merupakan codec paling standar dengan kelebihan utama dapat kompatibel terhadap seluruh perangkat Bluetooth. Meskipun begitu Codec SBS tidak mempunyai kualitas suara yang bagus, sehingga apabila Anda penikmat musik dengan kualitas suara bagus sebaiknya jangan memilih jenis ini
  • Bagi pengguna iPhone sebaiknya pilihlah Codec AAC (Advanced Audio Coding) yang dapat mengatasi berbagai kekurangan pada Codec SBS. Codec tipe ini dapat mengirimkan data lebih banyak dalam satu waktu, kualitas suara lebih baik, dan tidak mengalami jeda.

Radar Detector

Sumber gambar www.escortradar.com

Detektor radar yang dipasang di mobil mempunyai fungsi untuk mendeteksi kecepatan agar tidak melewati batas yang telah ditentukan. Dengan adanya detektor ini dapat membuat pengemudi mengurangi kecepatan mobil, sebelum ditilang karena melebihi batas kecepatan.

Detektor radar hanya dapat mendeteksi perangkat radar berbasis Doppler, sedangkan basis ANPR, sensor piezo dan VASCAR tidak dapat dideteksi. Meskipun begitu detektor radar sudah dapat mendeteksi sinyal di berbagai panjang gelombang, seperti X, K, Ka dan KU.

Di Indonesia penggunaan detektor radar ini sangat jarang ditemukan karena tidak ada peraturan penilangan terhadap ambang batas kecepatan. Meskipun begitu alat ini dapat membantu memberikan peringatan sehingga tidak khawatir terhadap tingkat kecepatan.

Detektor radar yang paling banyak dipergunakan adalah Escort Paspor 9500ix. Radar detektor dapat dibeli di toko CCTV, tempat aksesoris mobil ataupun online shop dengan harga USD 300 atau setara Rp 3.800.000.

Tire Pressure Monitoring System

Sumber gambar sg.carousell.com

Tire Pressure Monitoring System penting untuk diterapkan pada mobil karena untuk mengawasi kesehatan ban dengan menggunakan gadget. Cara kerja dari gadget ini adalah dengan menerapkan 4 sensor yang menempel pada setiap ban, kemudian dihubungkan ke layar didalam mobil untuk pemantauan.

Secara otomatis layar di mobil akan menunjukkan tekanan dari masing masing ban, sehingga secara efektif dapat mendeteksi ketika ada permasalahan pada ban.

Penerapan Tire Pressure Monitoring System pada mobil dapat membantu menentukan jumlah suhu dan
tekanan ban secara ideal. Biasanya Tire Pressure Monitoring System telah ada pada mobil mewah, sedangkan pada mobil selain itu dapat memasang sendiri.

Tire Pressure Monitoring System dibanderol dengan harga USD 99,99 atau setara Rp 1,2 juta yang dapat dibeli di tempat aksesori mobil. Dapatkan juga Hot Tire Pressure Monitoring System Steelmate TP-77- TPMS TP-77 Steelmate seharga Rp 3.192.000 di Bukalapak.

Blind Spot Monitor

Sumber gambar blog.carandus.com

Blind Spot merupakan titik buta dalam berkendara, di mana pengemudi tidak dapat mengetahui kendaraan yang berada di sekitarnya, sehingga mempunyai resiko potensi kecelakaan. Untuk mengantisipasinya Anda bisa memilih mobil yang menerapkan teknologi blind spot monitor.

Cara kerja dari blind spot monitor ini adalah dengan menggunakan gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dari bagian belakang mobil. Kemudian gelombang tersebut akan menangkap objek yang ada pada belakang atau pun samping kanan kiri mobil.

Blind Spot Monitor memantau objek yang ada disekitar mobil sampai pada posisi 50 meter ke belakang dan 4-16 meter di samping kanan kiri. Teknologi ini akan menginformasikan secara suara apabila terdapat objek yang mendekat tertangkap secara visual melalui lampu yang menyala pada spion kanan kiri.

Blind Spot Monitor dapat membantu meminimalkan kecelakaan, meskipun begitu pengemudi tetap harus berkonsentrasi dan menggunakan intuisi tinggi untuk berkendara.

Sayangnya tidak semua mobil menerapkan teknologi Blind Spot Monitor dan apabila Anda memilih untuk memasangnya sendiri kemungkinan tidak akan compatible dengan mobil tersebut.

Pemasangan Blind Spot Monitor harus sesuai dengan sensor, aktuator spion dan logic yang ada pada ECU. Teknologi ini hanya ada pada mobil Toyota Camry Hybrid, Mazda6 dan beberapa line up Mercedes Benz. Dapatkan Reveal Blind Spot di Tokopedia seharga Rp 33.000. Cukup murah bukan?

Immobilizer

Immobilizer merupakan sistem keamanan mobil yang bertujuan untuk melumpuhkan mobil apabila terjadi kunci kontak salah. Teknologi ini dapat dipergunakan untuk mengantisipasi tindakan pencurian. Cara kerja dari Immobilizer adalah menggunakan kunci unik yang ditanami microchip dan ditempatkan pada gagang kunci.

Microchip ini berfungsi untuk mengirimkan sinyal pada sistem kelistrikan mobil agar mesin mobil dapat hidup. Pada setiap mobil mempunyai kunci unik yang berbeda beda, sehingga tidak dapat dipergunakan sembarangan.

Ketika kunci kontak dimasukkan dalam ignition switch dan diputar ke posisi On, secara otomatis Immobilizer control unit receiver akan mengirimkan sinyal ke dalam transponder. Immobilizer unit receiver sendiri menggunakan dua unit yaitu IMOES Unit dan ECM (Engine Control Module) atau PCM (Powertrain Control Module).

Apabila kunci sesuai, maka mesin mobil dapat menyala saat di-starter, namun jika kode tidak dikenal mobil tidak akan bisa dihidupkan. Kecanggihan Immobilizer dapat berfungsi sebagai anti pencurian tetapi kelemahannya adalah kunci asli tidak dapat diduplikasikan,

Apabila kunci tersebut hilang maka penggantian harus total mulai dari kunci, rumah kunci, penerima sinyal dan ECU. Selain itu kunci asli tidak dapat dipublikaskan, sedangkan harga Immobilizer sendiri mencapai jutaan rupiah. Dapatkan Kunci BMW E46 E53 EWS Immobilizer Remote With Chips seharga Rp 350.000 di Bukalapak.

Phone Holder

Smartphone Car Holder dapat membuat navigasi menjadi jauh lebih mudah ketika berkendara. Teknologi ini dapat membuat solusi paling aman dan nyaman saat melakukan komunikasi  ketika berkendara, baik di mobil ataupun sepeda gunung sehingga meminimalisir tingkat kecelakaan.

Smartphone Car Holder sudah terkoneksikan dengan Google Maps ataupun Apple Maps sehingga mempermudah dalam pengoperasionalnya.

Smartphone Car Holder dapat menopang smartphone yang diletakkan pada dashboard mobil, tanpa harus memegang smartphone ketika sedang berkendara. Selain itu Smartphone Car Holder ini dapat dipergunakan sembari menggunakan fitur GPS, sehingga dapat beraktivitas lebih nyaman dan aman.

Sebelum membeli Smartphone Car Holder sebaiknya pilihlah :

1.     Memiliki secure locking mechanism sehingga tidak mudah bergeser dan jatuh ketika terjadi guncangan, terutama ketika kendaraan melaju pada jalan rusak dan berlubang

2.     Terdapat suction lock yang kuat untuk menopang beban. Pada saat pembelian pastikan bagian bawahnya terdapat suction lock agar terlihat merekat.

3.     Dilengkapi dengan bantalan lembut agar ponsel yang diletakkan tidak mudah tergores dan mengalami lecet.

4.     Dapat diputar ke berbagai arah (flexible bending neck minimal 360 derajat) untuk memudahkan Anda ketika mengkontrol ponsel pada posisi sudut pandang yang tepat

Smartphone Car Holder yang terbaik dan dapat dipergunakan sebagai referensi adalah iOttie Smartphone holder. Rearth Ringke Monster Car Mount Holder ORIGINAL dapat Anda dapatkan seharga Rp 380.000 di Tokopedia.

Hum by Verizon

Sumber gambar www.ebay.com

Hum by Verizon merupakan alat yang dipergunakan untuk memonitoring mobil agar menjadi mudah dikontrol dan mengetahui kondisi mobil baik baik atau sedang mengalami kendala. Untuk dapat menggunakan Hum pada mobil Anda, pastikan Hum terkoneksi dengan Bluetooth dan akun teregistrasi pada Verizon.

Penggunaan Hum by Verizon pada dapat membuat mobil lama menjadi lebih aman, terkoneksi dan nyaman. Hal ini tidak menutup kemungkinan dapat membuat mobil Anda mempunyai perangkat kecil yang diletakkan dalam OBD II port.

Hum by Verizon diproduksi oleh perusahaan teknologi dari Amerika Serikat tepatnya di Verizon yang mampu menaklukkan jalanan macet dengan cara memodifikasi menjadi lebih tinggi. Mobil
ini melewati macet dengan cara mengangkangi mobil mobil lain .

Pada awal pembuatan, prototipe Verizon diterapkan pada mobil Jeep Cherokee dengan menggunakan sistem lift hidrolik. Teknologi semacam ini memungkinkan mobil untuk menjulang lebih tinggi sampai 1,5 meter.

Selain menerapkan lift hidrolik, perusahaan ini juga menerapkan 4 kamera yang memungkinkan pengemudi untuk dapat melihat kondisi dibawah mobil dan lingkungan sekitarnya. Sayangnya mobil ini belum diketahui apakah akan diproduksi secara massal ataukah tidak.

Hum dapat dipergunakan untuk mensetting batas maksimal laju kendaraan agar tidak melewati batas. Apabila memang melewati batas, biasanya akan mendapat notifikasi dari email. Dari berbagai kecanggihan tersebut, membuat Hum dapat dipergunakan untuk memonitoring putra  dan putri Anda.

Meskipun begitu Anda dapat menikmati aplikasi dari Verizon yang dapat dipergunakan untuk memonitoring mobil dengan cara berlangganan untuk semua layanan yang ada di dalam Hum by Verizon.

Hum juga sudah tersedia secara online dengan syarat penggunaan harus memiliki app di android atau ios. Hum by Verizon dapat dibeli di tempat aksesoris mobil atau online shop seharga $50 atau sekitar Rp 750.000.

From our editorial team

Pilih Gadget Mobil yang Sesuai dan Tepat Guna

Melengkapi mobil dengan gadget canggih tentu bisa menambah kenyamanan saat berkendara dan meminimalkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Saat memilih gadget mobil, pastikan Anda memilih gadget yang sesuai dengan mobil Anda dan berkualitas agar tidak cepat rusak. Pastikan juga harganya sesuai agar tidak membuat kantong jadi bolong.