Dengarkan Alunan Musik Indah yang Keluar dari 8 Speaker Mobil Berkualitas

Aktivitas mendengarkan musik bisa dilakukan di mana saja, termasuk di dalam mobil. Supaya musik yang didengarkan terdengar lebih jelas, tentu dibutuhkan speaker. Speaker yang berkualitas bisa menghasilkan suara yang jernih sehingga Anda akan lebih asyik saat mendengarkan musik.

Pilih Speaker Mobil Terbaik untuk Mengusir Penat Ketika Mengemudi

Anda mungkin sering mendengar berbagai manfaat dari mendengarkan musik. Selain sebagai hiburan, mendengarkan musik juga menenangkan pikiran dan jiwa. Selain itu juga dapat membantu koordinasi fisik, mengembalikan ingatan, serta memperbaiki kemampuan kebahasaan.

Jika lalu lintas macet dan Anda terlalu lama berada di dalam mobil, musik busa menjadi solusi mengusir penat. Speaker mobil yang bagus bisa membuat aktivitas mendengarkan musik semakin asyik. Apakah Anda sudah cukup puas dengan speaker yang Anda miliki? Atau jangan-jangan malah sebaliknya? Jika iya, berikut adalah tips dari kami.

Tips Memilih Speaker Mobil yang Baik

Perhatikan Ukuran

Sebelum membeli speaker baru, hal yang harus diperhatikan adalah mengetahui lebih dulu informasi tentang spesifikasi speaker yang sudah Anda miliki. Hal ini tentu dapat membantu Anda untuk memilih jenis dan ukuran speaker yang diinginkan dengan cara membandingkan ukuran speaker lama.

Ketahui Jenis Speaker Mobil

Ada dua kategori speaker mobil, yakni komponen dan coaxial. Jenis speaker coaxial mampu menghasilkan suara musik dengan lebih jernih. Suara bass yang dihasilkan juga bagus. Sedangkan untuk jenis komponen, speaker ini mampu menghasilkan kualitas suara yang halus dan jelas serta bass yang ciamik. Harga speaker jenis ini terbilang lebih mahal ketimbang model coaxial.

Jika memilih speaker jenis yang kedua, Anda sepertinya harus menggunakan jasa ahli speaker, hal itu karena beberapa kesulitan yang ditemui dalam meng-install audio mobil dengan speaker jenis komponen ini.

Ketahui Penanganan Daya

Power handling atau penanganan daya ini mengacu pada tingkat daya (yang diukur dalam watt), biasanya pengukuran yang paling umum adalah RMS. Anda tentu harus memastikan power handling RMS maksimum speaker dalam kendaraan Anda, karena hal ini juga sangat berpengaruh pada suara yang dihasilkan dari speaker nantinya.

Bahan Speaker

Hal selanjutnya yang perlu Anda pikirkan adalah pemilihan bahan speaker. Hal ini juga dapat menentukan ketahanan serta mutu suara dari speaker. Agar mampu menghasilkan suara-suara yang jernih, speaker mesti terbuat berbahan yang kaku serta enteng.

MIsalnya saja speaker woofer/midbass yang terbuat dari bahan sintetis. Salah satu jenisnya adalah polypropylene, dengan tambahan material lain seperti mika. Hal ini dapat membuat woofer jadi lebih kaku sehingga mampu menghasilkan suara bass yang lebih akurat. Bahan lainnya adalah kain sintetis berlapis alumunium atau titanium sehingga speaker menjadi ringan namun kuat. Selain itu bahan-bahan ini juga tahan panas, tahan dingin, serta tahan lembap.

Sensitivitas

Setelah itu, sensitivitas juga jadi hal yang penting untuk Anda perhatikan. Sensitivitas ini mengacu pada besarnya daya speaker untuk mengeluarkan tingkat volume tertentu. Tingkat sensitivitas bisa diketahui dari besarnya daya head unit atau amp eksternal. Sebagai contoh, speaker dengan sensitivitas yang lebih tinggi biasanya membutuhkan daya yang lebih kecil.

8+ Rekomendasi Speaker Mobil yang Bisa Diandalkan

YAMAHA Amplifier Receiver [RX-V679]

Sumber gambar www.ebay.in

Speaker ini memiliki fitur andalan yaitu built-in WiFi dan bluetooth. Fitur extra bass bisa menghasilkan suara bass yang lebih berkualitas dari speaker yang lebih kecil. Selain itu, speaker ini juga mudah dipasang dan digunakan. Kualitas suaranya juga sangat bagus. Speaker jenis ini bisa Anda dapatkan di bhinneka.com dengan harga Rp 11.500.000.


JBL Speaker Mobil [GT7-4]

Sumber gambar www.blibli.com

Selanjutnya ialah speaker jenis JBL GT7-4 yang merupakan 2 way car speaker yang memberikan kualitas suara yang jernih. Memiliki elemen RMS Power Range 30 Watts, Sensitivity 90 dB, dan Peak Power Handling 90 Watts. Jika tertarik, silakan membeli di Lazada seharga Rp 775.000.

TEAC Speaker Mobil [TE-FS60]

Sumber gambar mrjcaraudio.com

Jenis speaker selanjutnya adalah TEAC Speaker Mobil TE-FS60. Ini adalah jenis speaker mobil 2 Way Component berukuran 6,5 inci. Memiliki Power Max sebesar 500 Watt. Selain itu memilki RMS Power sebesar 85 watt, Frequency Response sebesar 85-20000Hz, dan Sensitivitas (SPL/1W/1m): 38.5mm, KVS. Speaker jenis ini bisa anda dapatkan di toko online Bhinneka dengan harga Rp 1.039.000.

NAKAMICHI Speaker Mobil [SP-W31D]

Sumber gambar www.tokopedia.com

Jika Anda mencari speaker mobil dengan suara yang jernih, dengan bahan berkualitas, dan mudah dalam pemasangan, NAKAMICHI Speaker Mobil SP-W31D adalah jawabannya.Fitur double voice coil mampu menghasilkan suara yang bertenaga. Jika Anda tertarik dengan speaker merek ini, Anda dapat membelinya di toko online Bhinneka dengan harga Rp 1.237.500


JBL Speaker Mobil [MS-62C]

Sumber gambar www.blibli.com

Selanjutnya ada speaker merek JBL MS-62C dengan ukuran 6,5 inci. Speaker jenis ini dirancang khusus untuk penanganan daya tinggi yang mampu memberikan suara terbaik. Produk ini juga sudah dilengkapi dengan woofer dalaman aluminium yang khusus untuk mengatur suhu.

Terdapat pula fiberglass laminasi berbentuk kerucut untuk ketebalan suara dan titanium set bar untuk merespons frekuensi tinggi. Dilengkapi pula dengan sepasang jaringan crossover eksternal berkualitas tinggi yang membuat kelancaran transisi antara woofer dan tweeter.

Speaker jenis ini bisa Anda dapatkan via toko online Lazada dengan harga Rp 2.450.000.

SPEAKER FULLRANGE TENSSIS for 3 WAY

Sumber gambar www.tokopedia.com

Speaker merek selanjutnya adalah SPEAKER FULLRANGE TENSSIS for 3 WAY. Produk berukuran 2,5 inci ini menggunakan bahan paper cone. Penambahan speaker dapat mengubah sistem audio mobil seperti sistem 3 way. Suara yang dihasilkan lebih berkualitas. Suara yang maksimal hanya dengan mengandalkan fitur head unit saja, tak perlu menambahkan amplifier. Jika Anda tertarik, speaker jenis ini dapat dibeli di toko online Bukalapak dengan harga Rp 600.000.

MUTANT Speaker Mobil [M-V 6.5C]

Sumber gambar www.blibli.com

Produk selanjutnya adalah Mutant M.V6.5C 2Way Component Speaker. Speaker mobil ini cocok untuk semua jenis mobil. Suara yang dihasilkan akan terdengar jernih dan nyata. Ukuran speaker mobil ini adalah 6,5 inci. Untuk mendapatkan speaker ini, Anda dapat membelinya di toko online Blibli.com dengan harga spesial yakni hanya Rp 618.750 (diskon 17% dari harga awal Rp 750.000).

PIONEER TS-F1634R Speaker Coaxial

Sumber gambar www.blibli.com

Selanjutnya adalah speaker Pioneer TS-F1634R Coaxial Speaker. Suara yang dihasilkan speaker ini terdengar lebih luas karena dilengkapi dengan 2 cone speaker dengan ukuran 6,2 inci. Output yang dihasilkan maksimal adalah 100 watt.

Harga yang dijual untuk speaker jenis ini juga sangat terjangkau dan membuat speaker ini makin diminati oleh konsumen untuk menggantikan speaker bawaan mobil standar. Anda dapat membelinya via Lazada dengan harga spesial dari Rp 247.500 menjadi Rp 189.000 (diskon 24%) saja.


EDUP Car Speaker Music Receiver phone with Handsfree Talking T1310

Sumber gambar www.gearbest.com

Nah, yang terakhir ini adalah speaker EDUP Receiver phone with Handsfree Talking T1310. Speaker ini dirancang untuk menerima musik dari ponsel atau pemancar yang menampilkan teknologi nirkabel Bluetooth. Bisa beroperasi hingga 8 jam. Jika Anda tertarik, merek ini dapat dibeli via Lazada dengan harga spesial Rp 240.000 (diskon 33%) dari harga aslinya Rp 356.300.

From our editorial team

Merawat Speaker Mobil

Speaker mobil harus dibersihkan secara berkala. Jangan biarkan kotoran menumpuk pada speaker mobil. Jangan gunakan air! Bersihkan mengunakan pengering rambut. Bisa juga menggunakan lap atau kuas untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit. Cara ini bisa membuat speaker tidak cepat rusak.